Published on

Lainnya

Mengenal perusahaan dagang beserta 4 hal penting yang harus diperhatikan

Anissa Trisdianty

H1_Mengenal_Perusahaan_Dagang_Beserta_4_Hal_Penting_Yang_Harus_Diperhatikan.jpg

Perusahaan biasanya dibagi menjadi tiga kategori berdasarkan aktivitasnya yaitu perusahaan jasa, perusahaan manufaktur, dan perusahaan perdagangan. Memulai perusahaan dagang seringkali menjadi pilihan bagi para pelaku bisnis untuk mengembangkan usahanya dalam skala yang lebih besar.

Baca juga: 4 Keuntungan Perdagangan Online Bagi Indonesia

Apa itu perusahaan dagang


Ilustrasi aktivitas perdagangan (sumber: pexels)

Menurut Imamul yang dikutip dari tirto.id, perusahaan dagang adalah perusahaan yang membeli barang dari pemasok dan menjualnya kembali kepada pelanggan tanpa terlebih dahulu memproses atau mengubah bentuknya. Sehingga, beban operasional lebih sederhana, hanya mencakup beban penjualan dan beban administrasi saja. Contoh dari perusahaan dagang yaitu toko, swalayan, supermarket, distributor, dan lain-lain.

Baca juga: Ingin Menjadi Entrepreneur Muda? Ini 6 Tips Suksesnya

Karakteristik perusahaan dagang


Perusahaan dagang langsung menjual produk tanpa melakukan proses produksi (sumber: pexels)

Dibandingkan perusahaan lain, perusahaan dagang memiliki karakteristik yang berbeda dilihat dari kegiatan usaha dan akuntansinya.

1. Usaha yang dilakukan

Yang dilakukan hanya kegiatan membeli dan menjual kembali. Tidak ada proses produksi untuk barang yang dijual. Artinya, produk yang dijual tidak mengalami perubahan nilai jual, hanya menaikkan harga dasar untuk memperoleh laba.

2. Kegiatan akuntansinya

Perusahaan perdagangan menyelenggarakan pembukuan melalui akun persediaan. Akun ini memiliki perhitungan biaya produksi (HPP) dan laporan laba rugi dalam bentuk level tunggal atau ganda. Berikut akun-akun yang digunakan pada perusahaan dagang.

  • Akun persediaan barang dagang
  • Akun pembelian
  • Akun retur pembelian dan pengurangan harga
  • Akun potongan pembelian
  • Akun beban angkut pembelian
  • Akun penjualan
  • Akun retur penjualan dan pengurangan harga
  • Akun potongan penjualan

Baca juga: 5 Contoh Laporan Arus Kas dan Panduan Pembuatannya

4 Hal yang penting diperhatikan dalam perusahaan dagang


Kenali poin penting dalam perusahan dagang untuk mencapai kesuksesan usaha (sumber: pexels)

Mengutip dari siscomonline.co.id terdapat 4 hal penting dalam pengelolaan perusahaan dagang yang harus diperhatikan, yaitu:

1. Cash flow (aliran kas)

Pengelolaan dana yang baik akan mempengaruhi semua aktivitas bisnis. Dana untuk operasi bisnis, hutang dagang, dll. Oleh karena itu, laporan keuangan tahunan khususnya arus kas menjadi prioritas bagi perusahaan dagang.

2. Inventory control (pencatatan persediaan)

Pencatatan persediaan dapat dibagi menjadi dua jenis: metode persediaan periodik dan metode persediaan permanen. Dalam prosedur periodik, proses pembelian di debit ke akun pembelian, bukan akun persediaan. Hal yang sama berlaku untuk transaksi penjualan. Namun dalam metode permanen, pendapatan dan harga pokok produksi dari barang yang dijual dicatat untuk setiap barang yang dijual untuk memperlihatkan jumlah persediaan yang ada.

3. Profit perusahaan

Profit menjadi salah satu penentu dalam perkembangan perusahaan. Pengembangan inovasi dan kreatifitas dalam mengembangkan bisnis menjadi salah satu cara untuk tetap bersaing dan meningkatkan profit perusahaan.

4. Kelancaran utang-piutang

Salah satu cara untuk menjaga stok persediaan agar terus ada adalah dengan manajerial utang yang baik. Supplier akan lebih terbuka jika kita melakukan pembayaran dengan lancar.

Baca juga: Lunasbos, Aplikasi Antilupa Utang

Perbedaan perusahaan dagang dengan perusahaan jasa


Perusahaan jasa memberikan layanan berbeda sesuai kebutuhan pelanggan (sumber: pexels)

Perusahaan dagang dan perusahaan jasa hanya berbeda dalam hal praktiknya saja. Lihat perbedaannya dalam tabel berikut.

Perusahaan Dagang Perusahaan Jasa
Kegiatannya melakukan pembelian dan penjualan barang dagangan Kegiatan usahanya menjual jasa sehingga tidak menyediakan produk dalam bentuk fisik
Barang yang dijual tidak melalui proses apapun sehingga perusahaan dagang tidak melakukan proses produksi Jasa yang diberikan tidak sama sehingga setiap konsumen bisa mendapatkan jenis layanan yang berbeda tergantung kebutuhan
Pendapatannya berasal dari hasil penjualan barang dagangan Pembelian barang habis pakai atau perlengkapan digunakan untuk memberikan pelayanan kepada pengguna jasa
Kegiatan akuntansi berlandaskan dengan penghitungan harga pokok penjualan (HPP) untuk menentukan besarnya laba atau rugi Penjualan jasa dilaporkan sebagai pendapatan jasa
Beban operasionalnya terdiri atas beban penjualan dan beban administrasi Dalam laporan keuangan, laba rugi usaha diperoleh dari pendapatan jasa dikurangi beban operasional

Baca juga: Apa Itu Model Bisnis? Berikut Pengertian, Manfaat dan 10 Jenisnya

Jika kamu tertarik untuk mendirikan perusahaan dagang, alangkah lebih baik untuk mengetahui lebih dalam lagi tentang seluk beluk jenis usaha ini. Di EKRUT Media, kamu bisa menemukan banyak variasi artikel terkait bisnis dan marketing untuk menambah insight seputar topik tersebut. Selamat bereksplorasi!

Untuk mendapatkan informasi penting lainnya seputar dunia kerja, pastikan kamu mengakses laman EKRUT. Kamu juga bisa melakukan registrasi di laman talent marketplace tersebut untuk dihubungkan ke berbagai perusahaan. Yuk, daftar sekarang di EKRUT!

sign up EKRUT

Rekomendasi Bacaan:

Sumber:

  • tirto.id
  • idntimes.com
  • siscomonline.co.id

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    jenis-strategi-pemasaran-EKRUT.jpg

    jobs

    12 Jenis Strategi Pemasaran yang Paling Efektif Beserta Contohnya

    Tsalis Annisa

    16 August 2022
    5 min read
    Segmenting-Targeting-Positioning-adalah---EKRUT.jpg

    jobs

    Mengenal Segmenting Targeting Positioning (STP) Marketing

    Maria Tri Handayani

    16 August 2022
    3 min read
    H1_mrp_adalah.jpg

    Careers

    Mengenal MRP (Material Requirements Planning), dari Definisi hingga Tahapannya

    Alvina Vivian

    15 August 2022
    6 min read

    Video