Published on

Lainnya

Pentingnya Self Acceptance dan 12 Tips untuk Dapat Melakukannya

Tio Derma

h1_self.jpg

Pernahkah kamu bertanya-tanya pada dirimu sendiri, apa kelebihan atau keunikan yang kamu miliki, lalu kamu terdiam dan kebingungan. Tidak jarang kamu berkata dalam hati bahwa kamu tidak memiliki kelebihan. Padahal seharusnya kamu adalah orang yang paling kenal dan mengerti tentang dirimu sendiri, namun kamu malah sangat sulit mendapatkan jawaban dari pertanyaan di atas. Ketika ditanya kelebihan, pikiranmu justru teringat akan kekurangan yang kamu miliki.

Terkadang, secara tidak langsung, kamu malah teringat dengan kelebihan orang-orang di sekitarmu dan membandingkan dengan kekurangan yang kamu miliki. Situasi tersebut membuat kamu insecure dan tidak bersyukur. Hal itu juga menunjukkan bahwa kamu belum bisa menerima diri sendiri karena kamu belum mampu mengapresiasi kekurangan dan kelebihan dirimu, serta selalu membandingkan dirimu dengan orang lain.

Baca juga: Ajukan 3 Pertanyaan Ini Jika Atasan Terus Tolak Idemu

Orang lain sering berucap kalau kamu harus terima diri apa adanya. Sayangnya, kalau sedang membicarakan penerimaan diri atau biasa disebut self acceptance, kadang kamu terlalu fokus dengan kekurangan sampai lupa memikirkan kelebihan diri. Self acceptance itu berarti mengenali dan menerima keduanya. Nah, artikel ini akan mengulas pentingnya self acceptance dan tips untuk dapat melakukannya. Untuk itu, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Baca juga: Macam-macam Hobi yang Membuatmu Semakin Percaya Diri dan Meningkatkan Self-Esteem

Apa itu self acceptance?


Self acceptance berarti menerima diri sendiri (sumber: pexels)

Secara sederhana, self acceptance adalah penerimaan diri. Menurut Dictionary of Psychology, self acceptance berarti mengakui, menerima, dan menghargai pencapaian maupun keterbatasan diri. Self acceptance disebut juga sebagai komponen utama kesehatan mental.

Self acceptance merupakan salah satu proses pembelajaran dalam mencintai diri sendiri, yang di mana sebagai individu, kamu sadar akan kelebihan dan kekuranganmu, dan secara realistis dapat menilai bakat, kemampuan, dan harga diri, serta mempunyai kepuasan terhadap diri sendiri, terlepas dari kekurangan dan pilihan masa lalu.

Saat mempraktikkan self acceptance, maka kamu akan bisa menerima diri sendiri sepenuhnya, baik itu sisi baik maupun buruk, tanpa syarat dan pengecualian. Ini juga berarti bahwa kamu perlu menerima sifat baik dan buruk diri sendiri. Tentu saja, setiap orang memiliki sifat baik dan buruk.

Baca juga: 5 Prinsip Zen Untuk Menghindari Stres Saat Bekerja

Pentingnya membangun self acceptance


Self acceptance membuatmu berdamai dengan diri sendiri (sumber: pexels)

Kamu harus menyadari bahwa manusia tidak ada yang sempurna. Justru dengan menerima kekurangan diri sendiri, kamu bisa mulai menyusun rencana untuk masa depan yang lebih baik. Orang yang memiliki self acceptance, mereka tidak malu atau merasa rendah diri untuk mengakuinya. Mereka dengan percaya diri menunjukkan kelebihan yang mereka miliki. Sehingga, mereka bisa lebih berdamai dengan diri sendiri dan tidak terus-menerus merasa cemas. Orang yang memiliki self acceptance justru menjadikan kekurangannya sebagai keadaan untuk bersyukur.

Jika sudah mampu menerima diri sendiri, maka kamu tidak takut untuk menunjukkannya secara jujur. Bahkan saat keadaan kecewa atau sedih, kamu akan lebih mudah berpikir positif karena hal itu termasuk ke dalam salah satu bentuk dari self acceptance.

Artinya, ketika kamu sudah menerapkan self acceptance dengan baik, maka kamu akan lebih mengenal apa kelebihan dan kekurangan yang ada dalam diri sendiri. Nah, kekurangan yang ada bisa dilatih agar menjadi kelebihan. Kemudian, kelebihan yang sudah ada bisa lebih ditingkatkan agar dapat menjadi bakat dan minat untuk meraih suatu pencapaian.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Self Healing Serta Bedanya dengan Self Love, Self Care, dan Self Reward

Akibat jika kita tidak bisa melakukan self acceptance


Self acceptance adalah kunci kebahagiaan (sumber: pexels)

Self acceptance bisa menjadi salah satu kunci agar kamu dapat bahagia. Sebab, self acceptance dapat menyaring persepsi negatif yang memicu stres. Selain itu, orang yang tidak memiliki kemampuan untuk melakukan self acceptance akan cenderung membandingkan dirinya dengan orang lain.

Perlu diingat bahwa kamu tidak dituntut untuk mengejar pencapaian yang sama dengan lingkungan sekitarmu. Semua orang memiliki garis waktunya masing-masing dan justru itu yang membuat hidup lebih berwarna. Menjadi diri sendiri adalah hal yang istimewa, karena sampai kapanpun, kamu tidak akan pernah bisa benar-benar sama dengan orang lain.

Tidak bisa melakukan self acceptance juga akan berakibat kamu terlalu fokus pada kekurangan yang ada padamu, sehingga kamu tidak dapat memaksimalkan potensi dari kelebihan yang kamu punya. Terlalu berkutat pada kekurangan akan membuat kelebihan yang kamu miliki memudar dan itu akan memengaruhi ketenangan batinmu.

Baca juga: 12 Cara Menghilangkan Rasa Malas dengan Sehat dan Praktis

12 Tips dapat melakukan self acceptance


Percaya diri adalah salah satu bentuk self acceptance (sumber: pexels)

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa diterapkan bagi kamu yang sedang memulai untuk menjalani self acceptance.

  1. Menerima ketidaksempurnaan
  2. Mengenali kelebihan diri sendiri
  3. Mengurangi membandingkan diri dengan orang lain
  4. Memaafkan dan mengucapkan terima kasih pada diri sendiri
  5. Bersikap baik pada diri sendiri
  6. Berpikir positif
  7. Memahami dan berbuat baik pada orang lain
  8. Tetapkan niat, tujuan, dan berani menghadapi ketakutan
  9. Percaya pada diri sendiri dan lepaskan kekurangan yang tidak dapat kamu ubah
  10. Menerima kegagalan dan kembangkan kelebihan yang kamu miliki
  11. Rayakan pencapaian yang kamu raih
  12. Jangan menyerah dan sadar bahwa self acceptance adalah jalan untuk maju

Baca juga: Mengenal Self Harm: Penyebab, Jenis, dan 3 Cara untuk Mengatasinya

Itulah pembahasan mengenai pentingnya self acceptance dan tips untuk dapat melakukannya. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untukmu, ya!

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • forbes.com
  • psychologytoday.com
  • positivepsychology.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_Merchandise_Pengertian__Benefit__Jenis__Hingga_Strategi_Merchandise_Marketing.jpg

    Careers

    Merchandise: Pengertian, Benefit, Jenis, dan Strategi Merchandise Marketing

    Sartika Nuralifah

    06 October 2022
    5 min read
    H1_1._Mengenal_Lebih_Jauh_Mengenai_Officer_Development_Program_(ODP).jpg

    Careers

    Mengenal Lebih Jauh Mengenai Officer Development Program (ODP) Beserta 5 Tips Suksesnya

    Anisa Sekarningrum

    06 October 2022
    5 min read
    Untitled_design-68.jpg

    Lainnya

    Lagi Cari Resep Makan Malam? Coba 18 Menu Simple yang Enak, Sehat, dan Praktis Ini!

    Tsalis Annisa

    06 October 2022
    10 min read

    Video