Published on

Lainnya

4 Manfaat Self Reminder yang Perlu Direnungkan beserta Cara untuk Memulainya

Sylvia Rheny

4_Manfaat_Self_Reminder_yang_Perlu_Direnungkan_Beserta_Cara_untuk_Memulainya.jpg

Arti self reminder adalah pengingat diri. Self reminder bermanfaat untuk seseorang sebagai alarm yang selalu mengingatkan untuk melakukan perbaikan dan menyelesaikan progres ke depan. Self reminder mampu mengingatkan seseorang bahwa ada hal-hal yang harus dikerjakan dalam mencapai impian dan ada hal-hal yang harus ditinggalkan dalam memperbaiki kesalahan. Lalu, bagaimana cara memulai dan membiasakan self reminder? Simak penjelasan lengkap tentang self reminder di bawah ini!

Baca juga: 9 Rekomendasi buku self improvement yang menarik

Apa itu self reminder?


Self reminder memiliki arti “pengingat diri”. (Sumber: Pexels)

Self reminder atau “pengingat diri” adalah sesuatu yang dapat dijadikan bahan untuk introspeksi diri. Self reminder ini bisa berupa kata-kata atau kalimat yang memotivasi seseorang untuk terus bersemangat dan bergerak maju. Selain itu, self reminder adalah sebuah bentuk upaya mengevaluasi sikap, perilaku, prinsip, dan pandangan yang dianggap kurang baik di masa lalu. Tujuannya adalah menciptakan versi diri yang lebih baik daripada sebelumnya.

Baca juga: 7 Tips untuk Membangun Self Development dan Beberapa Rekomendasi Buku Terbaiknya

4 Manfaat self reminder


Self reminder bermanfaat untuk memotivasi diri sendiri. (Sumber: Pexels)

Self reminder memiliki banyak manfaat untuk diri. Setidaknya terdapat 4 manfaat self reminder yang bisa kamu dapatkan. Beberapa manfaat self reminder tersebut adalah sebagai berikut.

1. Menciptakan ketenangan dalam diri

Saat berada dalam situasi yang tidak kondusif, menghadapi banyak masalah yang terasa sulit untuk diatasi sendiri, dan membuat diri menjadi tidak tenang dan gelisah, maka pada saat itulah kamu perlu menciptakan ketenangan dalam diri. Kamu memerlukan hal positif yang bisa membuat diri sendiri merasa lebih lega sehingga bisa membuka pikiran untuk berpikir lebih jernih lagi. Salah satu cara positif yang bisa kamu pilih adalah melalui self reminder. Dengan adanya self reminder ini, perasaan tidak tenang, panik, dan gelisah setidaknya bisa diredam, sehingga diri bisa menciptakan suatu ketenangan dalam diri.

2. Memotivasi diri sendiri

Manfaat self reminder adalah untuk memberikan motivasi terhadap diri sendiri. Setiap orang tentu memiliki keinginan, harapan, dan cita-cita yang ingin dicapai. Self reminder dapat mendorong kamu untuk lebih semangat dan termotivasi dalam mengejarnya. Tidak dipungkiri bahwa setiap orang perlu dorongan agar semakin semangat dalam segala hal.

Untuk itu, self reminder bisa membantu kamu untuk membangkitkan motivasi dan menambah kepercayaan diri dalam mengejar impian. Motivasi diri berguna untuk membantu bangkit dari keterpurukan. Oleh karena itu, ketika semangat mulai memudar, maka kamu harus ingat apa motivasimu. Selain itu, kamu juga memiliki self reminder yang bisa mendorong semangat diri kembali lagi.

3. Meningkatkan kemampuan mengontrol diri

Manfaat self reminder selanjutnya adalah untuk meningkatkan kemampuan mengontrol diri. Apabila kamu memiliki kombinasi dari sifat ceroboh dan emosi yang tinggi, maka kamu perlu lebih berhati-hati karena kamu bisa saja tanpa sadar melukai orang lain. Self reminder ini bisa menjadi sebuah usaha untuk belajar mengontrol diri, tujuannya agar kamu bisa lebih berhati-hati dalam bertindak.

4. Membantu dalam mengambil keputusan yang terbaik

Selain ketiga manfaat di atas, self reminder juga berguna dalam membantu seseorang dalam mengambil keputusan yang terbaik. Mengambil keputusan sering menjadi hal yang sulit dilakukan karena banyak pertimbangan yang perlu dipikirkan. Self reminder bisa membantu kamu untuk memikirkan keputusan mana yang terbaik, mengetahui dampak-dampak yang ditimbulkan dari apa yang kamu pilih, dan risiko yang paling mungkin terjadi jika memilih salah satu keputusan. Tetapi, kamu tidak perlu khawatir karena kehadiran self reminder adalah sebagai pengingat saat kamu bingung dalam menentukan keputusan, sehingga pada akhirnya kamu akan tahu keputusan mana yang terbaik untuk dirimu.

Baca juga: 8 Contoh Self Management Skills untuk Menunjang Karier

Cara memulai dan membiasakan self reminder


Self reminder memiliki arti “pengingat diri”. (Sumber: Pexels)

Seperti namanya bahwa self reminder sebaiknya dimulai oleh diri sendiri dan diperuntukkan kepada diri sendiri. Cara paling mudah untuk memulai dan membiasakan self reminder adalah sebagai berikut.

1. Memasang self reminder sebagai wallpaper di smartphone

Jika kamu adalah seseorang yang mengecek smartphone kamu di pagi hari selepas bangun tidur, maka kamu bisa memulai untuk membiasakan self reminder dengan cara memasang wallpaper di smartphone kamu. Wallpaper tersebut akan menjadi hal pertama yang kamu baca ketika memulai hari dan itu bisa membantu kamu untuk senantiasa termotivasi dan melakukan hal produktif pada hari tersebut.

2. Menuliskan self reminder pada fitur catatan di smartphone

Selain memasang self reminder sebagai wallpaper, kamu juga bisa membiasakan diri dengan menuliskannya pada fitur catatan di smartphone milikmu. Self reminder tersebut bisa kamu update setiap harinya mengikuti kondisi dan kebutuhanmu saat itu. Menuliskan self reminder bisa berasal dari kata-kata yang dirangkai oleh diri sendiri, namun jika kamu ingin, kamu juga bisa mencari berbagai quotes untuk self reminder di mesin pencarian atau melalui aplikasi bernama Pinterest.

3. Memasang aplikasi self reminder di smartphone

Selain kedua cara di atas, kamu juga bisa memasang aplikasi self reminder di smartphone kamu. Biasanya, self reminder berupa quotes tersebut akan berubah setiap harinya secara otomatis. Cara ini juga bisa kamu lakukan jika kamu tidak ada waktu untuk mengeset secara manual atau menuliskan self reminder tertentu pada notes di smartphone milikmu.

Baca juga: Pentingnya Self Improvement dan 20 Tips untuk Memulai Karier

Itulah tadi beberapa penjelasan mengenai manfaat self reminder beserta cara memulai dan membiasakannya. Semoga informasi di atas bermanfaat, ya!

Selain dari artikel EKRUT Media ini, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT Official. Nah, jika ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru, kamu cukup sekali sign up di EKRUT untuk mendapatkan lebih dari satu kali undangan interview oleh berbagai perusahaan ternama!

Sumber:

  • wecare.id
  • gramedia.com
  • golife.id

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_Merchandise_Pengertian__Benefit__Jenis__Hingga_Strategi_Merchandise_Marketing.jpg

    Careers

    Merchandise: Pengertian, Benefit, Jenis, dan Strategi Merchandise Marketing

    Sartika Nuralifah

    06 October 2022
    5 min read
    H1_1._Mengenal_Lebih_Jauh_Mengenai_Officer_Development_Program_(ODP).jpg

    Careers

    Mengenal Lebih Jauh Mengenai Officer Development Program (ODP) Beserta 5 Tips Suksesnya

    Anisa Sekarningrum

    06 October 2022
    5 min read
    Workshop_adalah_Pengertian__manfaat__3_jenis__dan_perbedaanya_dengan_training.jpg

    Careers

    Definisi Workshop, Manfaat, Jenis, Bedaanya dengan Training

    Sylvia Rheny

    06 October 2022
    7 min read

    Video