Careers

9 Smart Casual Pria untuk Keperluan Bisnis Profesional hingga Interview Kerja

Published on
Min read
5 min read
time-icon
9_Smart_Casual_Pria_untuk_Keperluan_Bisnis_Profesional_Hingga_Interview_Kerja__(1).jpg

Berbicara mengenai gaya busana pria, seringkali kita mendengar cara berpakaian smart casual. Gaya berpakaian ini dapat digunakan sehari-hari, mulai dari ke kantor hingga untuk ke acara-acara. Ciri khas gaya berpakaian smart casual pria adalah memadupadankan pakaian yang terkesan santai namun masih rapi.

Mengenal smart casual pria dalam berpakaian


Mengenal smart casual pria dalam berpakaian (Sumber: Pexels)

Pada dasarnya, gaya berpakaian smart casual ini memiliki arti yang bertentangan dari masing-masing katanya. Smart memiliki pengertian harus berpenampilan rapi, dan casual memiliki arti santai dan simple. Penggabungan kedua kata ini menghasilkan gaya berpakaian smart casual yang kerap kita dengar di dunia kerja.

Untuk menerapkan gaya berpakaian ini, kamu dapat memadupadankan dari warna, jenis pakaian, bahan, dll. Contohnya seperti mengenakan kaos disertai blazer/kemeja dan bawahan yang simple. Inti dari gaya berpakaian ini adalah menghasilkan penampilan yang sopan namun tetap santai.

1. Perbedaan smart casual dengan business casual

Banyak yang beranggapan bahwa kedua gaya berpakaian ini memiliki pengertian yang sama. Namun, faktanya keduanya sangatlah berbeda, lho! Gaya berpakaian smart casual cenderung lebih simple dan memberikan ruang bagi karyawan untuk mengekspresikan diri melalui gaya berpakaiannya, sedangkan gaya berpakaian business casual cenderung memiliki aturan berpakaian yang mengharuskan karyawan untuk berpakaian yang tidak melanggar etika berbisnis. Mulai dari warna pakaian yang digunakan, tipe pakaian yang boleh dikenakan hingga tipe sepatu yang dipakai.

2. Profesi yang memerlukan smart casual outfit

Pada umumnya, tidak ada patokan profesi apa saja yang memerlukan gaya berpakaian ini. Tetapi, seiring berkembangnya zaman, banyak perusahaan saat ini yang tidak menerapkan cara berpakaian khusus untuk karyawannya.

Baca juga: 12 Gaya OOTD Kemeja Putih yang Cocok dan Nyaman untuk Dipakai ke Kantor

9 Smart casual pria untuk keperluan bisnis profesional hingga interview kerja


Smart casual pria untuk keperluan bisnis profesional hingga interview kerja (Sumber: Pexels)

Ingin tahu bagaimana cara cara menerapkan gaya berpakaian ini? Simak beberapa tips pakaian apa saja yang dapat kamu gunakan dalam gaya berpakaian smart casual.

1. Kemeja


Kemeja adalah salah satu fashion item andalan dalam gaya berpakaian smart casual (Sumber: Pexels)

Kemeja adalah salah satu jenis pakaian yang wajib kamu punya di wardrobe-mu untuk menerapkan gaya berpakaian smart casual. Bisa dikenakan langsung sebagai atasan, namun dapat kamu kenakan sebagai luaran juga untuk menciptakan kesan yang lebih santai namun tetap rapi.

2. Blazer


Mengenakan blazer sangat mendukung gaya berpakaian ini (Sumber: Pexels)

Untuk memberikan kesan rapi namun tidak resmi, kamu dapat mengenakan blazer untuk melengkapi outfit kerjamu. Bermainlah dengan warna dan bahan agar tetap tampil stylish namun tetap rapi layaknya pekerja kantoran. Gunakanlah blazer yang berbahan tidak tebal agar menghindari kepanasan akibat teriknya matahari kota.

3. T-shirt


Kaos adalah essential penting dalam berpakaian (Sumber: Pexels)

Bagi orang-orang yang ingin berpakaian smart casual tapi ingin tetap terlihat santai, kaos adalah jawabannya. Mengenakan kaos disertai dengan bawahan formal atau mengenakan outer sangat mendukung gaya berpakaian ini. Rekomendasi kaos yang dapat kamu gunakan sehari-hari untuk bekerja adalah kaos crewneck. Untuk melihat referensi kaos crewneck, kamu dapat lihat di sini.

4. Sweatshirt


Salah satu fashion item yang nyaman digunakan untuk bekerja (Sumber: Pexels)

Sweatshirt adalah fashion item sangat nyaman untuk digunakan, terlebih untuk kamu yang bekerja di dalam ruangan ber-AC. Selain berfungsi untuk tetap terlihat modis, sweatshirt juga dapat menjaga suhu tubuh dari dinginnya suhu ruangan. Gunakanlah sweatshirt berwarna netral dan bahan yang nyaman.

Baca juga: 5 tips memilih model baju batik kantor bagi wanita karier

5. Cardigan


Cardigan sangat cocok dengan gaya berpakaian smart casual (Sumber: Pexels)

Selain blazer dan sweatshirt, kamu juga dapat mengenakan cardigan untuk menerapkan cara berpakaian smart casual. Cardigan dapat digunakan dengan dalaman kaos atau kemeja serta celana kasual. Tentunya pilihan warna sangat berpengaruh dalam mengenakan fashion item ini.

6. Celana kasual


Celana kasual sangat cocok untuk digunakan dalam gaya berpakaian ini (Sumber: Pexels)

Selain atasan, kita juga harus memperhatikan celana yang kita kenakan sehari-hari saat bekerja. Dalam gaya berpakaian ini, kita diperbolehkan memakai bawahan apa saja asalkan masih dapat terbilang rapi dan sopan. Contohnya seperti celana chino, celana bahan, celana jeans, dll. Gunakanlah celana berwarna netral dan tidak terlalu membentuk badan. Namun, terdapat beberapa jenis celana yang tidak dapat kamu kenakan saat bekerja, yaitu celana ripped jeans atau celana pendek.

7. Sepatu


Pilihan sepatu sangat berpengaruh ke outfit-mu (Sumber: Pexels)

Untuk melengkapi outfit-mu, kamu harus mengenakan sepatu casual yang nyaman dipakai namun tetap rapi. Dalam gaya berpakaian ini, kamu dapat menggunakan beberapa jenis sepatu, seperti sepatu kets, penny loafer, derby shoes, dll. Untuk mengenal jenis-jenis sepatu, kamu dapat lihat di sini.

8. Tas


Pilihan tas yang dapat kamu gunakan saat bekerja (Sumber: Pexels)

Tidak hanya pakaian, kamu juga butuh tas untuk melengkapi outfit-mu saat bekerja. Pilihlah tas yang modis namun juga dapat menampung keperluan kerjamu. Tas kulit sangat direkomendasikan untuk pria, terutama dalam gaya berpakaian ini. 

9. Aksesoris


Atribut pelengkap gaya berpakain smart casual (Sumber: Pexels)

Atribut pelengkap seperti aksesoris sangat membantu dan mendukung outfit kita, lho! Seperti jam tangan, kacamata, ikat pinggang, dll. Tetapi, tentunya tidak disarankan untuk menggunakan aksesoris yang terlalu mencolok. Dari segi warna hingga bentuk perlu diselaraskan dengan pakaian yang dikenakan.

Baca juga: Ini 8 alasan pentingnya kamu keluar dari zona nyaman

Itulah beberapa fashion item yang dapat kamu gunakan dalam gaya berpakaian smart casual. Untuk membaca artikel lainnya, dapat diakses melalui EKRUT Media. Tak hanya artikel informasi, kamu juga dapat mendapatkan informasi lowongan kerja terpercaya melalui sign up di EKRUT. Jangan lupa mengunjungi kanal YouTube EKRUT Official untuk mendapatkan informasi-informasi menarik seputar dunia kerja.


Sumber:

  • luxe.digital
  • manofmany.com
  • masterclass.com
  • fashionbeans.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1.jpg

    Careers

    Contoh Proposal Usaha Pengajuan Dana Investor Beserta Panduan Menyusunnya

    Felixitas Yolanda

    28 November 2022
    6 min read
    H1_Surat_Dinas.jpg

    Careers

    10 Contoh Surat Dinas dari Berbagai Instansi Beserta Struktur Penulisannya

    Algonz D.B. Raharja

    25 November 2022
    5 min read
    Cover_(1).jpg

    Careers

    Serba-Serbi Virtual Assistant yang Perlu Kamu Ketahui

    Yohanna Valerie Immanuella

    14 November 2022
    6 min read

    Video