Published on

Expert's Corner

Social Media Specialist: Tugas, skill-set, dan proyeksi karier 2021

Sherentina Rhany K

H1_Social_Media_Specialist__Tugas__Skill-set__dan_Proyeksi_Karier_2021.jpg

Adanya perkembangan industri digital dalam dunia bisnis tentu memiliki pengaruh yang besar. Perkembangan digital memaksa para pebisnis untuk terjun dalam penggunaan media sosial sebagai sarana marketing yang baru. Untuk mendapat hasil yang memuaskan, perusahaan dituntut untuk memiliki seorang Social Media Specialist. 

Pernahkah kalian mendengar istilah ini? Tahukah kalian posisi seperti apa yang dimilikinya? Untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan berikut ya!

Baca juga: Kelebihan social media marketing dan tips menerapkannya

Mengenal profesi Social Media Specialist

Mengenal profesi Social Media Specialist


Social Media Specialist bertugas mempromosikan produk secara online melalui platform media sosial. (Sumber: Pexels)

Profesi Social Media Specialist merupakan jenis profesi baru yang mulai marak ditemui di era serba digital ini. Selain itu profesi ini sedang banyak dibutuhkan di perusahaan-perusahaan sekarang ini, lho! Mengapa bisa demikian? Hal tersebut dikarenakan seiring dengan kemajuan dunia bisnis yang serba digital dibutuhkan seseorang yang mahir mengelola seluruh media sosial milik perusahaan, agar marketing yang dilakukan dapat efektif dan tepat sasaran. Di samping itu juga berfungsi sebagai usaha branding serta membangun hubungan yang baik dengan customer.

Sebelum mengunggah konten, banyak hal yang perlu dipersiapkan secara matang, maka dari itu perlu dilakukan riset terlebih dahulu agar hasilnya dapat maksimal. Hal yang perlu diperhatikan oleh seorang Social Media Specialist mulai dari pra-produksi konten hingga pasca produksi konten, yaitu tentang bagaimana content plan yang akan dilakukan berdasarkan tren dan informasi dari riset yang dilakukan, produksi konten yang menarik, serta analisa engagement dari konten yang telah diunggah sebagai evaluasi kedepannya.

Selain itu seorang Social Media Specialist juga dituntut untuk responsif membangun komunikasi yang baik terhadap feedback yang diberikan oleh pengguna media sosial yang berupa komentar atau pertanyaan lainnya. 

Baca Juga: 8 Social media marketing tools 2021

Bagaimana jenjang karier Social Media Specialist?

Bagaimana jenjang karier Social Media Specialist?
Dari seorang Social Media Specialist dapat memiliki jenjang karier yang cukup luas. (Sumber: Pexels)

Jadi, bagaimana? Apakah kalian sudah tertarik dengan Social Media Specialist? Jika kamu berminat menggeluti profesi Social Media Specialist ini, kalian memiliki kesempatan ke beberapa pilihan karier sebagai berikut:

  • Digital Marketing Specialist
  • Digital Marketing Analyst
  • Marketing Analyst
  • Brand Manager
  • Creative Director
  • Chief Marketing Officer

Baca juga: Ini perbedaan social media marketing vs content marketing

Skill-set menjadi Social Media Specialist

Skill-set menjadi Social Media Specialist
Terdapat beberapa skill-set penting yang harus dimiliki seorang Social Media Specialist. (Sumber: Pexels)

Agar dapat menjadi seorang Social Media Specialist yang dibanggakan oleh perusahaan, kamu perlu menguasai beberapa skill-set penting yang cukup menantang. Di antaranya sebagai berikut :

1. Social media friendly

Ini berarti kamu sendiri harus aktif menggunakan media sosial, sehingga kamu akan terkesan tanggap dengan perkembangan teknologi, dan kamu akan lebih mudah memahami tools yang akan digunakan nantinya. Dengan begitu kamu akan lebih mudah memposisikan diri sebagai Social Media Specialist.

2. Kreatif

Social Media Specialist dituntut untuk selalu menciptakan ide baru dalam membuat konten. Mengingat sekarang ini hampir semua perusahaan memiliki media sosial, maka kamu harus mampu membuat konten yang lebih menarik bahkan beda dari yang lain. Dengan begitu dapat berkontribusi terhadap engagement rate media sosial perusahaan. 

3. Kemampuan komunikasi yang baik

Kemampuan komunikasi ini meliputi menulis, editing, story telling, SEO, dan presentasi. Di samping itu, Social Media Specialist harus mampu berkomunikasi yang baik secara eksternal, yaitu mampu membangun interaksi yang berkesinambungan dengan pengguna media sosial, salah satunya dengan cara bersikap sopan dalam menanggapi komentar mereka.

4. Kemampuan manajemen waktu

Salah satu skill wajib seorang Social Media Specialist merupakan manajemen waktu yang baik. Manajemen waktu yang baik sangat diperlukan ketika menjadi Social Media Specialist. Di posisi ini kamu memiliki banyak tanggungjawab sehingga harus mampu mengatur prioritas mana yang perlu dikerjakan dahulu. Selain itu kemampuan multitask juga diperlukan mengingat biasanya media sosial yang dimiliki perusahaan lebih dari satu.

5. Analisis data

Untuk dapat mengidentifikasi tren yang sedang berlangsung, tentu diperlukan skill dalam menganalisis data ketika melakukan riset. Ini ditujukan agar dapat menentukan strategi media sosial yang efektif untuk diambil sehingga dapat mencapai target dengan maksimal. 

Baca juga: 8 Skills yang harus dimiliki Social Media Specialist

Proyeksi karier Social Media Specialist 2021

Proyeksi karier Social Media Specialist 2021
Social Media Specialist menjadi lowongan pekerjaan yang banyak dicari tahun 2021. (Sumber: Pexels)

Dalam lima tahun terakhir penggunaan media sosial untuk kebutuhan bisnis perusahaan semakin kompetitif dan umum dalam menjangkau target marketnya. Keberadaan Social Media Specialist akan sangat diperlukan kedepannya. Profesi ini akan gencar dicari oleh perusahaan-perusahaan, bahkan dari sekarang sudah banyak ditemui job vacancy dalam bidang ini, lho! Bagaimana? Apa kamu sudah tertarik dan tidak sabar untuk terjun menekuni profesi ini? Segera persiapkan diri untuk berperang mendapatkan posisi ini, ya!

Baca juga: 6 Alasan penting perlunya content plan untuk media sosial

Sekian penjelasan mengenai profesi Social Media Specialist yang sedang marak diperbincangkan belakangan ini. Semoga dengan artikel ini dapat menambah wawasanmu mengenai profesi Social Media Specialist. Jika kamu tertarik bekerja di bidang ini maupun bidang lainnya, kamu bisa mendaftarkan diri di EKRUT. Dapatkan juga berbagai tips & insight menarik untuk pengembangan karier kamu melalui YouTube EKRUTtv, salah satunya “Memulai karier di bidang digital” di bawah ini. 

sign up EKRUT

Sumber:

  • zippia
  • topkarir
  • niagahoster
  • idcloudhost
  • linovhr

 

Tags

Share