Published on

Careers

12 Contoh Pertanyaan Interview Social Media Specialist 2022

Lita Lia

H1-12_Contoh_Pertanyaan_Interview_Social_Media_Specialist_2022.jpg

Bekerja sebagai social media specialist tentu menyenangkan. Meski pekerjaan social media specialist terbilang baru, tetapi sangat diminati. Kamu harus siap bersaing jika menginginkan posisi yang satu ini. Tahap interview pasti harus kamu lalui terlebih dahulu ketika melamar pekerjaan ini. Agar sukses, pelajari dulu pertanyaan-pertanyaan interview social media specialist di sini!

Baca juga: Fresh grads, pelajari pertanyaan-pertanyaan untuk interview pertama

12 Daftar pertanyaan interview kerja social media specialist


Pahami daftar pertanyaan social media specialist biar sukses wawancara (Sumber: Pexels)

Pertanyaan interview social media specialist bisa berkaitan dengan bidang sosial media dan juga tentang diri kamu. Dilansir dari berbagai situs, termasuk Indeed, Simplilearn, dan Sendible, berikut beberapa pertanyaan interview social media specialist yang sering ditanyakan berikut tips menjawabnya.

1. Apa itu social media marketing?

Pertanyaan interview social media specialist mendasar ini pasti ditanyakan pewawancara. Model pertanyaanya mungkin beragam, bisa seberapa pemahaman kamu soal social media marketing, pandangan kamu soal social media marketing ke depan dan lain sebagainya. Kamu cukup menjawabnya dengan menjabarkan bahwa media sosial seperti Twitter, Instagram, dan lainnya. Akan tetapi, tambahkan tujuannya, yaitu untuk mempromosikan layanan atau produk agar mendapatkan traffic serta pelanggan.

2. Bagaimana menanggapi komentar negatif dari pelanggan/netizen?

Bekerja sebagai social media specialist, mengharuskanmu untuk menjawab berbagai ulasan dan komentar dari pelanggan. Interviewer ingin kamu tahu bagaimana menangani situasi seperti ini. Komentar dan ulasan dalam bentuk apa saja merupakan bagian tidak terpisahkan dari pekerjaan ini. Jadi, pertanyaan interview social media specialist seputar komentar negatif biasanya tidak akan terlewatkan.

Kamu bisa menjawab: "Saya suka menangani komentar atau ulasan negatif pelanggan. Saya juga suka menyapa dengan nama dan menulis tanggapannya secara tulus. Jika memungkinkan, saya akan menyelesaikan masalah sesegera mungkin. Jika penyelesaian memakan waktu lebih lama, saya perlu berkonsultasi dengan pihak lain. Privasi pelanggan juga menjadi perhatian, apabila diperlukan."

3. Bagaimana cara menciptakan sesuatu menjadi viral?

Sesuatu yang viral di media sosial memang memberi banyak keuntungan. Pekerjaan satu ini tidak lepas dari hal tersebut. Karena itu, pertanyaan interview social media specialist seputar bagaimana sesuatu menjadi viral bertujuan agar kamu bisa memberi gambaran secara baik.

Kamu bisa memberikan jawaban berupa cara dan teknis terkait algoritma media sosial bekerja. Misalnya, seperti ini: "Video viral memang acak, tetapi ada elemen yang memberi peluang lebih besar untuk viral. Saya akan fokus pada 10 sampai 20 detik pertama sehingga bisa menarik pemirsa."

4. Bagaimana media sosial serta seo berperan dalam kampanye merek yang sukses?

Media sosial lebih dari sekadar platform berinteraksi. Saat ini, perusahaan dapat menggunakannya sebagai alat pemasaran. Manajer perekrutan biasanya menanyakan pertanyaan interview social media specialist tersebut guna mengukur pengetahuanmu tentang komponen yang berbeda, ternyata bisa bekerja sama membentuk merek yang sukses.

Kamu dapat menjawabnya dengan kata-kata seperti ini: "SEO merupakan sarana yang bisa dipakai agar sebuah merek/brand bisa terlihat di mesin pencari. Platform media sosial memiliki peringkat yang baik di mesin pencari. Tentunya semakin banyak profil yang dilengkapi, tautan yang dibagikan, visibilitas juga banyak, maka peringkat di mesin pencari akan bagus. Hal ini sangat berpengaruh pada algoritma SEO. Pengunjung web saat menelusuri kata kunci, akan mendapatkan hasil potensial. Merek akan lebih mudah ditemukan, sehingga berperan dalam meningkatkan penjualan."

Baca juga: 12 Pertanyaan interview tersulit dan cara menjawabnya

5. Bagaimana seharusnya perusahaan mengukur kesuksesan marketing media sosial?

Sebenarnya untuk jawaban dari pertanyaan interview social media specialist ini sangat tergantung pada perusahaan. Kamu bisa menjawab pertanyaan secara umum saja. Misalnya, dengan menjelaskan beberapa skenario seperti: "Jika tujuan pengukurannya adalah konversi, perusahaan bisa melacak unduhan konten, penjualan, pendaftaran webinar, dan sejenisnya. Variabel pengukuran tersebut berguna untuk mengambil tindakan lebih lanjut. Jika tujuannya adalah keterlibatan, pelajari berapa banyak yang berpartisipasi dalam percakapan, baik komentar, balasan, repost, atau retweet. Jika tujuan pengukuran adalah kesadaran, bisa melihat jangkauan, paparan, serta volume sebuah konten."

6. Tim mana yang pernah kamu pegang untuk menghidupkan kampanye media sosial?

Tim media sosial biasanya diisi oleh 1 orang. Memang ada yang berisi beberapa orang untuk membuat konten, iklan, dan sebagainya. Manajer perekrutan menanyakan pertanyaan interview social media specialist tersebut guna melihat bagaimana kamu bekerja dengan tim. Selain itu, manajer juga igin tahu pengalaman yang pernah kamu raih.

Pertanyaan tersebut bisa kamu jawab dengan kata-kata misalnya: "Saya telah bekerja dengan sejumlah departemen serta individu, untuk memastikan konten yang diterbitkan adalah yang terbaik. Saya akan bekerjasama dengan desainer grafis, fotografer, videografer, dan tim lain untuk menambah elemen khusus ke sebuah konten."

7. Media sosial apa kamu rekomendasikan untuk bisnis kami dan mengapa?

Pertanyaan interview social media specialist tersebut sebenarnya menyiratkan beberapa hal lain yang ditanyakan. Pertama tentang kandidat yang sudah melakukan penelitian, sedangkan yang kedua adalah kemampuan dalam menangani platform media sosial. Untuk menjawabnya, kamu harus memperhatikan beberapa aspek. Setiap media sosial memiliki jenis user-nya sendiri. Perhatikan dulu target audiens, demografi, gaya, serta strategi keseluruhan perusahaan, baru kemudian kamu menjawab pertanyaan tersebut.

8. Bisakah menjabarkan kegagalan terbesar dalam media sosial yang pernah kamu alami?

Setiap orang pasti pernah gagal, termasuk juga kamu. Interviewer menanyakan pertanyaan interview social media specialist seputar kegagalan juga ingin tahu bagaimana kamu menanganinya. Selain itu, ada beberapa lain terkait kegagalan yang mungkin diberikan untuk mengujimu, seperti misalnya: "Google baru saja mendevaluasi teknik SEO yang telah dilakukan di masa lalu, apa yang akan kamu lakukan?". Untuk menjawabnya, kamu harus memiliki pemahaman lebih luas mengenai perubahan strategi.

Baca juga: Catat, ini persiapan wajib dalam menghadapi interview kerja

9. Apa pendapatmu tentang TikTok?

TikTok merupakan media sosial yang sangat booming di seluruh dunia. Walau cocok untuk pemasaran digital, akan tetapi untuk semua bisnis tidak relevan. Pertanyaan interview social media specialist yang diberikan interviewer ini akan menanyakan pendapatmu tentang TikTok bagi bisnis.

Kamu bisa menjabarkannya dari user media sosial, karakter pengguna, dan algoritmanya terlebih dahulu. Kemudian, jelaskan pesaing, tren yang bisa diikuti, dan bagaimana agar bisa FYP di TikTok. Baru selanjutnya, tarik kesimpulan apakah TikTok sesuai dengan karakter bisnis perusahaan yang bersangkutan.

10. Bisakah membuat giveaway di halaman Facebook dengan model like and share?

Program giveaway biasanya dilakukan untuk meningkatkan interaksi audiens. Akan tetapi, Facebook memiliki aturan tersendiri tentang program tersebut. Kamu bisa menjawab pertanyaan tersebut sebagai berikut:

"Facebook menerapkan praktik terbaik dalam operasionalnya. Akan tetapi, pelanggaran persyaratan layanan sangat berat sanksinya. Maka jawabannya adalah tidak. Hal ini disebabkan Facebook berjuang melawan postingan clickbait. Akan tetapi, perusahaan tetap bisa membangun interaksi dengan cara lain seperti membuat postingan bermanfaat misalnya." 

11. Sudahkah memeriksa akun media sosial kami? Apa pendapatmu?

Akun media sosial perusahaan pasti sudah ada, biasanya pegawai baru tinggal mengembangkannya. Pertanyaan interview social media specialist tersebut bertujuan menganalisis kesiapan kerja. Selain itu, wawasan juga akan diuji dalam pertanyaan ini. Oleh sebab itu, sebelum mendaftar sebagai social media specialist, pelajari media sosial perusahaan tersebut. Kamu bisa membuat daftar umpan balik berdasarkan pengamatan.

12. Apa yang dilakukan pesaing terhadap media sosial kita?

Persaingan sesama pebisnis pasti tidak terhindarkan. Pertanyaan interview social media specialist yang ditujukan pewawancara ini bertujuan untuk menganalisis pesaing lebih lanjut. Kamu bisa menjawab dengan analisis pesaing dalam pertumbuhan merek. Sebelumnya, sebutkan pihak yang dianggap sebagai pesaing. Pewawancara pada akhirnya akan tahu keterampilan risetmu, jika mampu menjawab dengan baik.

Baca juga: 10 Persiapan yang dilakukan dalam 15 menit sebelum interview

Tentu ada lebih banyak lagi pertanyaan social media specialist 2022 yang bisa ditanyakan saat wawancara. Selain artikel di atas, temukan juga artikel menarik lainya di EKRUT Media. Berbagai informasi dan tips menarik tersedia pula di YouTube EKRUT Official. Jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up di EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber: 

  • indeed.com
  • sendible.com
  • simplelearn.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    cara-interview-kerja-yang-baik-EKRUT.jpg

    Careers

    12 Cara Interview Kerja yang Baik Agar Bisa Diterima

    Lita Lia

    06 July 2022
    6 min read
    cover.jpg

    Careers

    12 Contoh Etos Kerja yang Penting Bagi Perkembangan Karier

    Detty Risetya

    06 July 2022
    5 min read
    H1.jpg

    Careers

    5 Contoh Biografi Diri Sendiri untuk Peluang dan Perkembangan Karier

    Alvina Vivian

    06 July 2022
    6 min read

    Video