Published on

Careers

10 Rekomendasi Software HRIS Indonesia dan Tips untuk Memilihnya

Tio Derma

shutterstock_161152490-min.jpg

Mengelola HR dalam sebuah perusahaan bisa menjadi tantangan tersendiri terutama pada bisnis baru. Solusi terbaik untuk mengelola HR dengan lebih mudah dan efisien adalah dengan menggunakan software HRIS terbaik yang ada di pasaran. Memilih software HRIS terbaik untuk sebagian besar perusahaan bisa jadi merupakan hal yang krusial. Apalagi software untuk pengelolaan manajemen sumber daya ini nantinya akan mengatur berbagai hal terkait karyawan perusahaan. Apabila perusahaan memiliki cukup banyak karyawan, tentu hal ini bisa menjadi sesuatu yang kompleks. Oleh karena itu, diperlukan informasi mengenai software HRIS mana sajakah yang paling baik dan optimal untuk digunakan.

Saat ini ada banyak jenis software HRIS yang digunakan di berbagai perusahaan, mulai dari perusahaan kecil hingga besar. Masing-masing memiliki nilai manfaat dan kegunaan sendiri-sendiri, serta beberapa kelemahan tertentu yang berbeda-beda. Software HRIS adalah perangkat lunak yang dapat memudahkan HR dalam mengolah dan mengelola data SDM. Aplikasi HRIS dapat memposting dan mengelola administrasi SDM secara otomatis.

Tujuan penggunaan aplikasi HRIS adalah karena pekerjaan administrasi sumber daya manusia di dalam perusahaan sangat kompleks. Mulai dari absensi, pengajuan cuti, pengelolaan gaji, pengelolaan reimbursement, dan lain-lain. Pekerjaan administrasi ini akan menjadi makin rumit seiring perkembangan perusahaan dari waktu ke waktu. Alasan itulah yang membuat perusahaan-perusahaan besar memilih untuk menggunakan software HRIS. Nah, artikel ini akan mengulas rekomendasi software HRIS Indonesia dan tips untuk memilihnya. Untuk itu, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Baca juga: HRIS adalah: Manfaat, 4 jenis, dan fitur utama di dalamnya

10 Rekomendasi software HRIS Indonesia

orang sedang mencari software hris indonesia
Software HRIS adalah perangkat lunak yang dapat memudahkan HR dalam mengolah dan mengelola data SDM (sumber: pexels)

1. Software HRIS WebHR

Software HRIS yang menyediakan fitur-fitur terlengkap dengan basis cloud, yaitu WebHR. WebHR menawarkan fitur-fitur canggih yang dapat membantu pekerjaan HR perusahaan agar makin optimal dan cepat. Salah satu fitur yang diandalkan adalah absensi karyawan. Dengan adanya fitur ini, hal-hal yang berkaitan dengan kehadiran karyawan dapat dilakukan dengan lebih mudah. Selain itu, integrasi kehadiran karyawan dengan sistem payroll memberi kemudahan tim dalam mengelola keuangan perusahaan dalam melakukan perhitungan pembayaran payroll karyawan tiap bulannya.

2. Software HRIS Talenta

Software HRIS besutan Talenta adalah aplikasi HRIS berbasis cloud milik Mekari. Software ini memuat banyak fitur untuk penggunanya yang cukup bermanfaat, sehingga mampu membantu pekerjaan HR perusahaan yang lebih efektif serta efisien. Dengan berbasis teknologi cloud dan didukung oleh aplikasi mobile, tentunya hal tersebut menambah keuntungan dalam operasional HR perusahaan. Fitur-fitur ditawarkan adalah dashboard yang menarik, database karyawan, fitur payroll, fitur absensi mobile, dan fitur manajemen waktu. Talenta menyasar perusahaan-perusahaan kecil ke menengah yang dahulunya terbiasa dengan mengelola karyawannya berbasis kertas.

3. Software HRIS Paycor

Paycor melayani lebih dari 40 ribu perusahaan kecil hingga menengah. Salah satu prioritas terbesar Paycor adalah meningkatkan keragaman, kesetaraan, dan inklusi dalam bisnis pelanggan mereka. Software HR Paycor berfokus pada usaha kecil dan menengah, dan layanan HR mereka bervariasi berdasarkan jenis bisnis yang kamu miliki. Dengan sebuah teknologi yang mudah dan modern, hal tersebut dapat mendukung secara optimal kinerja HR pada perusahaan, sehingga dengan demikian performa maupun produktivitas perusahaan secara tidak langsung akan menjadi lebih baik pula. Aplikasi HRIS Paycor juga terkenal dengan salah satu fiturnya yang dapat membantu dan memudahkan perusahaan dalam melakukan proses rekrutmen karyawan baru. Perusahaan dapat menentukan kandidat terbaik yang cocok menduduki posisi yang dibutuhkan, sehingga proses rekrutmen karyawan baru dapat dilakukan dengan cepat.

4. Software HRIS Orangehrm

Orangehrm merupakan sebuah software HRIS besutan negara Amerika Serikat. Software ini dapat membantu perusahaan dalam manajemen serta dalam pengelolaan sumber daya yang lebih efektif dan lebih mudah. Satu hal yang paling diunggulkan oleh Orangehrm adalah fitur modular. Fitur modular dapat digunakan untuk ragam kepentingan secara spesifik, antara lain seperti modul pembayaran payroll, pemantauan sekaligus penilaian performa karyawan, penugasan karyawan, dan lain-lain. Perusahaan yang menggunakan aplikasi HRIS Orangehrm dapat melakukan klasifikasi berbagai kepentingan secara optimal. Hal ini tentunya membuat sistem HRIS perusahaan jauh lebih rapi serta lebih terstruktur.

5. Software HRIS Deskera

Software HRIS Deskera dapat digunakan oleh perusahaan sepenuhnya dalam mengatur serta mengelola seluruh informasi terkait karyawan perusahaan secara optimal, sehingga tentu saja hal tersebut membantu sistem kerja HR yang jauh lebih mudah dan lebih cepat. Performa Deskera sangat bisa diandalkan dalam hal pengelolaan informasi terkait SDM perusahaan. Hal ini tidak terlepas dari ragam fitur yang disediakan mampu memudahkan pekerjaan HR secara keseluruhan. Deskera dapat membantu karyawan untuk melakukan absensi yang dapat diawasi oleh perusahaan secara lebih mudah. Fitur unggulan Deskera lainnya adalah pembayaran payroll otomatis. Fitur ini memungkinkan perusahaan melakukan proses pembayaran payroll kepada seluruh karyawan secara cepat dan akurat di tiap bulannya.

6. Software HRIS Namely

Namely juga menjadi aplikasi HRIS yang banyak diburu perusahaan. Tidak saja terkenal di Amerika Serikat, Namely melayani perusahaan-perusahaan besar di luar Amerika Serikat. Hal ini dapat dijadikan bukti kualitas aplikasi HRIS ini salah satu yang terbaik. Dengan menggunakan Namely, maka perusahaan dapat melibatkan karyawan untuk mengelola sendiri data personal mereka di dalam sistem. Karyawan dapat memberikan inputan informasi data pribadi, absensi hingga kinerja serta performa tahunan secara mudah. Perusahaan juga dapat melihat performa seluruh karyawannya dengan mudah. Hal ini penting dilakukan guna menentukan peningkatan jabatan bagi karyawan yang secara konsisten menunjukkan performa kerja yang profesionalitas dan produktif.

7. Software HRIS SAP Success Factors

SAP didirikan pada tahun 1972 oleh lima pengusaha Jerman yang melihat potensi bisnis perangkat lunak. Software HRIS SAP Success Factors membantu pengelolaan sumber daya perusahaan yang lebih sukses. Dengan dukungan berbagai macam fitur andalan di dalamnya, software ini mampu membantu perusahaan melakukan pengelolaan karyawan yang optimal. Fitur yang ditawarkan oleh SAP adalah sistem upah, manajemen waktu dan kehadiran, manajemen pembelajaran, kompensasi, perencanaan tenaga kerja, dan HRIS on-premise. Data-data karyawan yang terhimpun dalam sistem pun tidak akan terduplikasi sehingga kerahasiaan dapat terjaga. Software HR ini menjadi software yang banyak masyarakat gunakan.

SAP Success Factors tidak hanya menawarkan kemudahan absensi karyawan berikut proses penggajiannya di tiap bulan, melainkan juga menawarkan kemudahan dalam memantau potensi dan kinerja karyawan. Pemantauan kinerja karyawan perlu dilakukan untuk mengetahui mana karyawan yang menunjukkan performa apik dan kurang baik. Dengan begitu, perusahaan dapat dengan cepat dan akurat mengambil tindakan dalam menyikapi performa karyawan.

8. Software HRIS Zenefits

Zenefits adalah salah satu perusahaan teknologi perangkat lunak dengan pertumbuhan tercepat dalam sejarah. Zenefits tumbuh dari 15 menjadi lebih dari 470 karyawan. Mereka juga menerima $15 juta dari perusahaan modal ventura Andreessen Horowitz, Maverick, dan Venrock. Saat ini, perangkat lunak Zenefits digunakan oleh lebih dari 10.000 perusahaan dan 400.000 karyawan.

Dengan menggunakan dasar berupa aplikasi online yang mobile, Zenefits memudahkan perusahaan dalam mengatur payroll maupun absensi karyawan. Perusahaan juga dapat mengatur jadwal kerja karyawan secara optimal, sehingga pengelolaan waktu kerja karyawan dapat dijalankan dengan tepat dari mana saja dan kapan saja. Hal ini membuat Zenefits cukup tepat dijadikan pilihan oleh berbagai jenis perusahaan. Baik perusahaan yang berskala kecil, hingga perusahaan menengah dan perusahaan yang cukup besar.

9. Software HRIS Hr.my

HRIS Hr.my juga dapat dikatakan sebagai software HRIS yang sangat mumpuni dan banyak dicari perusahaan-perusahaan besar. Software Hr.my mendukung solusi online untuk membantu pekerjaan HR perusahaan. Mulai dari proses absensi karyawan, proses payroll, hingga proses reimbursement semua dapat dilakukan secara mudah. Hr.my juga telah disokong fitur berbagai dokumen. Fitur ini penting bagi perusahaan untuk memudahkan dalam mengomunikasikan hal-hal tertentu kepada para karyawan maupun atasan secara cepat. Dengan HR systems berbasis cloud ini, memudahkan seluruh pihak untuk melakukan akses pada sistem yang tidak mengenal ruang dan waktu. Pekerjaan akan terasa jauh lebih ringan dan cepat, serta dapat dilakukan secara fleksibel.

10. Gusto

Gusto diluncurkan pada tahun 2012 yang sebelumnya bernama ZenPayroll. Perusahaan ini telah melayani lebih dari 200 ribu bisnis di Amerika Serikat. Software HRIS Gusto memproses penggajian puluhan miliar dolar setiap tahun, belum lagi fitur pendukung Gusto lainnya. Gusto menawarkan empat paket berbeda untuk berbagai jenis bisnis. Paket termurah mereka berorientasi pada usaha kecil, tetapi mereka menawarkan lebih banyak layanan kepada perusahaan besar dengan biaya lebih tinggi. Salah satu alasan Gusto menonjol di antara perusahaan software HRIS adalah paket “Select” mereka yang disesuaikan dengan perusahaan yang berkembang dari waktu ke waktu.

Baca juga: 7 Manfaat Payroll bagi Karyawan dan HRD Perusahaan

Tips memilih software HRIS

mencari software hris indonesia di komputer
Ada beberapa kriteria dalam memilih software HRIS (sumber: pexels)

Dalam memilih software HRIS terbaik, ada beberapa kriteria yang sebaiknya menjadi prioritas untuk perusahaanmu. Software HRIS memang menjadi salah satu aplikasi penting yang wajib perusahaan miliki karena memudahkan HR dalam mengelola perusahaan seperti perekrutan.

Pertama, kamu harus dapat menentukan kebutuhan berdasarkan ukuran bisnis atau perusahaanmu. Software HRIS yang bagus sebaiknya dapat mengelola karyawan dalam jumlah berapapun tanpa ada hambatan. HR systems dapat mengelola bagaimana kinerja karyawan baik absensi maupun cuti. Hal ini penting karena perusahaan akan terus berkembang dari waktu ke waktu dan membutuhkan karyawan lebih banyak. Untuk itu, kamu harus memastikan software HRIS yang akan dipilih bisa mengatasi perubahan ini tanpa masalah.

Kedua, jika memang perusahaan kamu bisa dikategorikan sebagai perusahaan menengah ke besar, pastikan pilih software yang berbasis cloud dan bisa diintegrasikan dengan modul lainnya dan mudah dikustomisasi. Ini penting untuk menjaga perusahaan tetap optimal produktivitasnya. Perlu diingat bahwa makin banyak penyesuaian dan integrasi yang perusahaan butuhkan, maka makin banyak biaya yang akan keluarkan untuk software ini.

Baca juga: 7 Aplikasi Slip Gaji Terbaik beserta Manfaatnya

Itulah daftar rekomendasi software HRIS Indonesia dan tips untuk memilihnya. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untukmu, ya! Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • soltius.co.id
  • hashmicro.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    shutterstock_1682336344.jpg

    Careers

    9 Tips Menghadapi Interview Kerja Setelah Terkena Layoff

    Fakhrizal Muttaqien

    23 September 2022
    7 min read
    cara-membalas-email-panggilan-interview---EKRUT.jpg

    Careers

    Cara Membalas Email Panggilan Interview beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    23 September 2022
    7 min read
    H1_1._10__Rekomendasi_Kursus_Digital_Marketing.jpg

    Careers

    10+ Rekomendasi Kursus Digital Marketing

    Anisa Sekarningrum

    21 September 2022
    8 min read

    Video