Register

startup

Mengenal ragam istilah pendanaan dalam dunia startup

Nur Lella Junaedi

20 November 2019

istilah-pendanaan-startup-EKRUT.jpg

Pada Maret 2019 lalu, Startup Rangking dunia mencatat bahwa Indonesia memiliki sekitar 2.074 startup. Tapi, apakah kamu tahu arti dari beberapa istilah di dunia startup? Misalnya saja seperti startup capital, bootstrap, dan lain sebagainya.

Startup capital adalah modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis baru. Di mana modal itu digunakan untuk pemasaran, manufaktur, izin, lisensi, inventaris, pengembangan produk, dan biaya lainnya untuk memulai bisnis baru.

Tahap pendanaan, jumlah dana dan nilai valuasi
Ada banyak tahapan pendanaan yang dilalui oleh perusahaan startup di antaranya adalah sebagai berikut,

Tahap Bootstrap

Tahap boostrap yakni, tahap pendanaan di mana founder menggunakan modal usaha sendiri untuk mengembangkan bisnisnya

Di tahap ini, pengusaha akan bekerja keras untuk menyisihkan sebagian penghasilannya, untuk modal usaha guna berinvestasi dibisnis yang dibangun.

Tahap Pre-seed

Pre-seed adalah tahap pendanaan awal saat startup memulai bisnis. Akan tetapi pendanaan ini tidak dimasukkan dalam proses ekuitas. Di tahap ini biasanya investor berasal dari kalangan dekat seperti teman, keluarga dan dana ventura tahap awal

Pencapaian yang mungkin diraih oleh pengusaha bisa berupa membangun, mendistribusikan produk dan layanan secara efektif. Valuasi nilai perusahaan ada diangka USD10 ribu hingga USD100 ribu


istilah pendanaan startup EKRUT 
Prestasi pendanaan startup apabila sudah mencapai tahap unicorn- EKRUT

Tahap Seed Funding
Melalui modal di level ini, startup mulai bisa meluncuran produk, melakukan penelitian pasar untuk mengembangkan produk baru, perekrutan dan pemasaran

Nilai bisnis startup tersebut mencapai USD 3 juta hingga USD 6 juta. Sedangkan dana investasi yang bisa diharapkan di kisaran USD 50 ribu hingga USD 3 juta

Kalangan investor yang mungkin berinvestasi adalah mereka yang datang dari kalangan teman, keluarga, angel investors, dana ventura tahap awal, dan crowdfunding

Tahap pendanaan Seri A
Pendanaan seri A sebagian besar modalnya berasal dari angel investor dan modal ventura tradisional. Dilevel ini para investor akan mencari startup yang sudah stabil dan bisa mendatangkan laba bagi mereka.

Nilai bisnis startup tersebut berada di angka USD10 juta hingga USD30 juta. Serta sudah bisa mengumpulkan pendanaan senilai USD15 juta.

Para investor yang ada di tahap ini adalah mereka yang masuk dalam investor akselerator, investor super angel dan kapitalis ventura.

Baca juga: Platform jasa sewa apartemen Travelio disuntik USD 18 juta

Tahap pendanaan Seri B
Tahap seri B memungkinkan para investor untuk mencari perusahaan yang sudah memiliki keuntungan stabil dan mampu meyakinkan investor untuk mendapatkan dana yang lebih besar .

Pada level ini, startup akan tumbuh untuk bersaing dan memenuhi kebutuhan  para pelanggan. Strategi yang diterapkanpun sejalan dengan pemasaran produk yang lebih luas.

Para pengusaha bisa mengharapkan penambahan modal dana sampai USD 30 juta. Dan nilai valuasi startup tersebut berada dinilai USD 30 juta hingga USD 60 juta

Tahap pendanaan seri C
Pernah dengar istilah unicorn? Ya, ditahap seri C inilah valuasi perusahaan ada dilevel unicorn, di mana nilai valuasinya lebih dari Rp 1 milyar. Bisnis yang dijalankan perusahaan sudah memiliki jumlah pelanggan tetap yang banyak, profit stabil serta keinginan perusahaan mengembangkan produk secara global.

Layaknya gula yang dikerubungi semut, di tahap ini pula banyak investor yang menanam modal. Mereka berharap akan mendapatkan keuntungan berlipat ganda dari investasi awal.

Baca juga: Pinjaman Biaya Pendidikan Pintek, Raih Pendanaan Pra-Seri A

Adapun calon investor mereka yakni Hedge fund, bank, perusahaan ekuitas pribadi, bank dan venture capital tahap akhir. Para investor tidak keberatan menggelontorkan dana senilai USD 50 juta 


istilah pendanaan startup EKRUT 
Ada banyak ragam istilah pendanaan startup - EKRUT

Tahap pendanaan seri D
Perusahaan dapat mempertimbangkan pendanaan seri D bila perusahaan belum terbuka untuk menerima investasi dari publik (IPO).

Melalui dana yang diberikan oleh investor, perusahaan bisa membuat jenis anak usaha yang lain untuk memiliki ragam produk yang bisa menjangkau pasar yang lebih banyak.

Calon investor yang sanggup memenuhi modal untuk mengembangkan perusahaan hanyalah mereka yang datang dari kalangan modal ventura. Akan tetapi, masih sedikit perusahaan yang mencapai tahap decacorn ini.

Para startup ini memiliki nilai valuasi diangka USD 150 juta hingga USD 300 juta dan mampu mendapatkan kucuran dana segar sebesar USD 100 juta.

Initial Public Offering (IPO)
Tahap IPO adalah saat pertama kalinya perusahaan menawarkan pendanaan kepada masyarakat umum. Kondisi perusahaan yang telah mencapai tahap IPO memiliki kondisi keuangan yang stabil dan tata kelola perusahaan yang baik.

Lebih lengkap, berikut adalah informasi mendalam mengenai tahap pendanaan startup

Istilah Investor

istilah pendanaan startup
Ada banyak macam investor yang memberikan pendanaan - EKRUT

Ada banyak istilah yang digunakan kepada pihak yang memberikan suntikan dana terhadap perusahaan seperti,

  • Angel investor, pendanaan yang diberikan oleh kalangan keluarga, teman, rekan bisnis atau kelompok investor individu
  • Venture round, yakni investasi yang dikeluarkan oleh ventura capital di mana tahapan investasi perusahaan sudah mencapai tahap lanjutan seperti di tahap seri A, B, C, atau D
  • Private equity round, pendanaan yang diberikan oleh investor melalui gabungan dari para investor lainnya
  • Debt funding, pinjaman dana investasi yang harus dikembalikan dalam bentuk convertible note. Convertible note adalah pengembalian utang pinjaman dalam bentuk ekuitas atau uang.
  • Crowdfunding adalah praktik mendanai usaha dengan jumlah dana yang kecil dari sekumpulan orang yang berasal dari internet.

Investor yang aktif memberikan dana pada startup


istilah pendanaan startup EKRUT
Perusahaan Startup membutuhkan suntikan dana dari investor- EKRUT

Selepas mengetahui jenis-jenis investor, tidak lengkap apabila tidak mengetahui investor siapa saja yang banyak membantu bisnis para startup. Berikut lima dari sekian banyak investor yang aktif berinvetasi di Indonesia:

  • East Venture, perusahaan investasi dari Singapura yang sudah berdiri hampir 10 tahun. Mencoba membantu perusahaan startup di Asia Tenggara dan Jepang. Dan selama kurun waktu 2 tahun terakhir, East Venture telah membantu 51 proyek
  • Mitra Insignia Venture, adalah perusahaan investasi yang berasal dari Singapura. Mereka fokus untuk memberikan pendanaan bagi kalangan bisnis yang ada di Asia Tenggara. Selama 2 tahun terakhir perusahaan telah membantu 14 jenis pendanaan.
  • SMDV, perusahaan funding yang berasal dari Indonesia. Mereka fokus mencari startup dari perusahaan teknologi. Setidaknya mereka sudah 11 proyek investasi yang mereka bantu
  • Modal Skystar, modal ventura yang sudah membantu lebih dari 21 perusahaan. Perusahaan dari Indonesia ini fokus membiayai startup dari bidang telekomunikasi, pendidikan, pertanian, keuangan, dan lain-lain
  • Alpha JWC Venture, perusahaan investasi yang fokus untuk membantu bisnis diperusahaan teknologi. Perusahaan ini juga hanya fokus berinvestasi di Indonesia.

Baca juga:Zenius berhasil kumpulkan 283 miliar rupiah, ini sumbernya

Seiring berkembangnya zaman, penting bagi kamu untuk terus memperluas pengetahuanmu. Terutama jika kamu tertarik ikut berkecimpung di dalam dunia startup. Oleh karena itu, pahami dengan baik beberaa istilah di atas, ya!

Rekomendasi Bacaan: 

Sumber: 

Tags

Share