Published on

Careers

Ketahui Manfaat Teamwork dan 6 Tips Membangunnya Agar Lebih Kompak

Anissa Trisdianty

H1.jpg

Teamwork sudah menjadi bagian penting dari bisnis, karena sesama rekan kerja perlu bekerja sama dengan baik. Dalam kerja tim, orang akan bekerja sama menggunakan keterampilan individu mereka dan memberikan feedback yang konstruktif, meskipun ada konflik pribadi antar individu.

Baca juga: 15 Keahlian teamwork yang harus dikuasai dalam dunia kerja saat ini

Apa itu teamwork?


Teamwork merupakan seni berkomunikasi dalam kelompok yang penting bagi perusahaan (sumber: pexels)

Menurut BusinessDictionary.com, teamwork merupakan proses bekerja secara kolaboratif dengan sekelompok orang untuk mencapai suatu tujuan. Teamwork berarti bahwa orang akan mencoba untuk bekerja sama, menggunakan keterampilan individu mereka, dan memberikan umpan balik yang konstruktif, meskipun ada konflik pribadi antar individu.

Baca juga: 12 Tips membangun kerja sama tim yang wajib diterapkan

Manfaat teamwork


Tanpa sadar, teamwork membentuk karakter pegawai menjadi lebih cooperative (sumber: pexels)

1. Bekerja lebih efektif

Mampu bekerja dalam tim memungkinkan semua karyawan di semua perusahaan untuk bekerja lebih harmonis, yang menciptakan lingkungan kerja yang lebih nyaman. Dengan kerjasama yang baik dari semua karyawan, maka semua masalah dan pendapat bisa dikomunikasikan dengan baik. Oleh karena itu, lebih mudah bagi karyawan untuk bekerja lebih cepat daripada yang dapat mereka lakukan sendiri.

2. Membangun kepercayaan dan meningkatkan atmosfer kerja produktif

Di tempat kerja dimana teamwork tidak konsisten, membentuk kelompok akan membangun hubungan yang lebih kuat antara karyawan. Dengan membentuk tim, pegawai akan merasa memiliki kebanggaan kerja meskipun kemenangan tersebut diraih bersama dalam tim.

3. Meningkatkan kemampuan untuk memecahkan masalah

Masalah tidak bisa dihindari ketika mengumpulkan sekelompok orang yang unik. Setiap karyawan memiliki latar belakang, gaya, dan kebiasaan kerja masing-masing. Jika ada konflik dalam kerja tim, setiap anggota akan dipaksa untuk menyelesaikan konflik tersebut. Dalam hal ini, pengusaha harus dapat mempelajari manajemen konflik yang baik dalam kondisi tersebut.

Baca juga: 7 Game virtual team building saat remote working

Apa saja skill teamwork yang harus dikuasai


Pegawai dengan kemampuan teamwork yang mumpuni banyak diincar oleh perusahaan (sumber: pexels)

Setiap perusahaan menginginkan pegawai dengan kemampuan teamwork yang mumpuni. Karena mereka yang menguasai kemampuan ini mampu menunjukan kepemimpinan, kolaborasi, dan komunikasi yang baik. Dilansir dari The Ohio State University, ada beberapa kemampuan teamwork yang perlu kamu kuasai:

1. Berkomunikasi dengan baik

Komunikasi bukan hanya tentang berbagi pesan — mendengarkan juga memainkan peran yang sama pentingnya. Mendengarkan secara aktif, khususnya, meningkatkan pemahaman bersama dan membantu tim menghindari kesalahpahaman.

2. Berkolaborasi

Memiliki sekelompok individu yang bekerja bersama dapat menyatukan berbagai keterampilan dan bakat untuk menuju tujuan bersama. Sehingga teamwork menjadi kesempatan yang bagus untuk berbagi ide.

3. Manajemen konflik

Keterampilan teamwork yang penting lainnya adalah kemampuan untuk menengahi masalah antara anggota tim. Keterampilan ini termasuk kemampuan negosiasi dan menyelesaikan perselisihan agar semua anggota baik-baik saja.

4. Kecerdasan emosional

Kecerdasan emosional adalah kemampuan membaca keadaan emosi diri sendiri dan orang lain, kemudian bertindak sesuai dengan situasi tertentu.

5. Problem solving

Memecahkan masalah dengan berpikir out-of-the-box diperlukan dalam teamwork. Kemampuan untuk melihat masalah dari berbagai sudut dan memanfaatkan keterampilan manajemen waktu berdasarkan keterampilan masing-masing anggota tim mendorong kinerja dan kesuksesan seluruh tim.

Baca juga: 6 Interpersonal skill yang perlu dibangun di dunia kerja

6 Tips memperkuat teamwork


Komunikasi dan goal perusahaan menjadi faktor penting dalam memperkuat teamwork (sumber: pexels)

Berikut beberapa tips untuk memperkuat kerja tim yang bisa kamu praktekan di perusahaan atau organisasi tempatmu berada:

1. Tetapkan tujuan yang jelas dan sesuaikan dengan visi organisasi

Manajer bertanggung jawab untuk berkomunikasi dengan tim dan menjelaskan gambaran yang lebih besar terkait pekerjaan mereka. Selain itu, manajer pun harus dengan jelas menyatakan tujuan organisasi agar selaras dengan rencana dan yang ada.

2. Bangun komunikasi internal yang kuat

Ketika karyawan bekerja sebagai sebuah tim, satu-satunya tanda keberhasilannya adalah seberapa baik mereka berkomunikasi satu sama lain. Jika anggota tim tidak berbagi ide, pemikiran, dan inovasi, seluruh tim mungkin akan berakhir ke arah yang salah.

3. Tentukan dengan jelas peran dan tanggung jawab setiap anggota tim

Penting bagi setiap anggota tim untuk mengetahui dengan tepat apa yang menjadi tanggung jawabnya sehingga tidak ada tumpang tindih dalam proyek.

4. Bangun kepercayaan di dalam tim

Kepercayaan di antara anggota tim dapat berkembang dengan melakukan sesuatu yang sederhana seperti berpartisipasi dalam games team building sederhana, atau sekadar makan siang bersama.

5. Jangan takut untuk mengatur ulang dinamika tim

Jika peran dan/atau tanggung jawab tertentu tidak berhasil untuk beberapa anggota tim, penting untuk membuat beberapa perubahan. Kamu tidak perlu takut untuk mengelompokkan dan menetapkan kembali tugas untuk meningkatkan dinamika dan produktivitas tim.

6. Buka dan berikan kesempatan belajar

Untuk memaksimalkan teamwork, penting untuk memberikan pelatihan dan bimbingan yang tepat kepada tim. Memberikan kesempatan belajar tidak hanya akan meningkatkan keterampilan kerja tim, tetapi juga akan meningkatkan keterlibatan dan kepuasan kerja karyawan.

Teamwork adalah tentang bagaimana mengkondisikan karyawan dan membantu mereka menyesuaikan satu sama lain. Beberapa poin dalam artikel ini patut dipertimbangkan oleh seorang pemimpin HR jika ingin mengoptimalkan teamwork di perusahaan atau organisasi.

Selain dari artikel EKRUT Media ini, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT Official. Nah, kalau kamu ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru, yuk, sign up di EKRUT sekarang juga karena banyak peluang kerja dari perusahaan dan startup ternama menantimu!

Sumber:

  • u.osu.edu
  • beyondtheboardroom.com.au
  • atlassian.com
  • lumapps.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    10_Tips_mendapatkan_first_impression_yang_positif_di_tempat_kerja.jpg

    Careers

    10 Tips mendapatkan first impression yang positif di tempat kerja

    Ningtyas Dewanasari Kinasih

    05 October 2022
    6 min read
    cover_(9).jpg

    Careers

    SPPKP: Pengertian, Fungsi, Persyaratan, dan Cara Mendapatkannya

    Detty Risetya

    05 October 2022
    5 min read
    h1.jpg

    Lainnya

    Goodwill: Definisi, Jenis, Rumus, dan Cara Menghitungnya

    Tio Derma

    05 October 2022
    6 min read

    Video