Published on

Technology

Contoh Ukuran Thumbnail YouTube yang Bisa Bikin Video YouTube Semakin Rapi

Lita Lia

H1-Contoh_Ukuran_Thumbnail_Youtube_yang_Bisa_Bikin_Video_Youtube_Semakin_Rapih_(2).jpg

Faktanya ada lebih dari 2,3 miliar pengguna membuka YouTube tiap bulan. Itu artinya, setengah dari pengguna internet adalah pengguna YouTube. Dengan begitu banyak pengguna, kamu tentu ingin ada lebih banyak orang menonton video yang kamu upload di YouTube. Salah satu caranya adalah dengan membuat ukuran thumbnail YouTube sesuai dan tepat.

Baca juga: 5 Cara Download Video YouTube dengan Praktis, Mudah, dan Tercepat 2022

Apa itu thumbnail YouTube?

Ukuran Thumbnail YouTube dibuat kecil, hal ini karena thumbnail YouTube adalah gambar pratinjau kecil yang digunakan untuk mewakili video. Thumbnail berguna untuk menarik perhatian sekaligus meyakinkan pengguna YouTube untuk menonton video.

Berikut adalah beberapa contoh ukuran thumbnail YouTube dari Channel EKRUT:


Thumbnail YouTube adalah gambar pratinjau kecil yang digunakan untuk mewakili video. (Sumber: YouTube Ekrut)

Dari situ kamu bisa tahu bahwa thumbnail YouTube itu seperti sampul buku. Thumbnail adalah representasi mini dari konten video yang dirancang untuk merangsang minat dan rasa ingin tahu.

Mengapa thumbnail YouTube begitu penting?


Thumbnail itu ibarat cover, makin menarik makin bagus. (Sumber: YouTube Ekrut)

Kamu pasti pernah mendengar istilah seperti ini, “Don’t judge a book by its cover.” Kenyataannya, kebanyakan orang melakukanya. Dan hal yang sama berlaku juga untuk thumbnail YouTube. Pengguna menilai video yang kamu buat dari cover yang kamu suguhkan. Thumbnail YouTube adalah cover. Thumbnail yang bagus bakal membuat video kamu ditonton ribuan pengguna, sebaliknya thumbnail yang buruk mengurangi peluang video kamu ditonton.

Beruntungnya, YouTube secara otomatis mengambil gambar dari video kamu untuk dijadikan thumbnail. Jenis thumbnail ini disebut default atau automatic thumbnail. Ini tentu mempermudah kerja kamu, tetapi membuat sendiri thumbnail YouTube secara khusus atau custom thumbnail jelas lebih baik. Dengan membuat ukuran thumbnail YouTube sendiri, video kamu akan menjadi lebih menarik.

Baca juga: 8 YouTube video downloader tanpa aplikasi dengan cepat dan mudah

Ukuran thumbnail YouTube


Ukuran thumbnail adalah 1280x720 px. (Sumber: G-Drive)

Tentu sebelum kamu membuat thumbnail sendiri, kamu harus tahu berapa ukuran thumbnail YouTube yang ideal. Google merekomendasikan ukuran thumbnail YouTube adalah 1280x720 dengan lebar minimal 640 piksel. Dengan kata lain, ukuran thumbnail YouTube yang paling ideal adalah yang memiliki pixel besar. Bahkan Google sampai menjelaskan bahwa: “Ukuran thumbnail YouTube harus sebesar mungkin, karena gambar juga akan digunakan sebagai gambar pratinjau di pemutar tersemat.”

Jadi disebut thumbnail bukan karena ukuran gambarnya yang kecil, melainkan karena ditampilkan kecil. Gambar harus cukup besar agar terlihat bagus saat ditampilkan dengan ukuran yang sama dengan saat video diputar. Selain memastikan ukuran thumbnail YouTube sesuai dengan ketentuan, ada beberapa hal yang harus kamu pahami:

  • Buatlah ukuran thumbnail YouTube dengan dimensi 16:9.
  • Gambar yang bisa kamu jadikan thumbnail YouTube harus memiliki format JPG, GIF, BMP, atau PNG.
  • Ukuran thumbnail YouTube harus di bawah 2MB.

Baca juga: 8 Software edit video untuk Android dan iOS terbaik 2022

Cara membuat thumbnail YouTube


Membuat thumbnail bisa melalui pengaturan video. (Sumber: Pexels)

Setelah tahu ukuran thumbnail YouTube, saatnya untuk membuat Thumbnail sendiri.

  • Buka YouTube.com dan klik ikon kamera plus untuk mengunggah video baru yang ada di pojok kanan atas.
  • Untuk menambahkan thumbnail ke video yang sudah kamu unggah, buka video di dasbor YouTube Studio. Kemudian klik video untuk mengeditnya.
  • Di bagian pengaturan video, kamu akan melihat tiga thumbnail yang dibuat secara otomatis di bagian bawah layar.
  • Di sisi kanan bawah ada opsi untuk mengunggah thumbnail YouTube. Cukup klik kotak, pilih gambar dan klik “Unggah”. Selesai.

Baca juga: 12 Aplikasi edit foto gratis untuk Android dan iOS 2022

Tips membuat thumbnail YouTube yang menarik


Gunakan aplikasi edit gambar. (Sumber: Pexels)

Tahu ukuran thumbnail YouTube hanyalah satu pengetahuan, masih ada bagian lain yang tak kalah penting untuk menciptakan thumbnail yang menarik. Beberapa tips yang bisa kamu gunakan di antaranya.

1. Gunakan gambar dari video 

Ini adalah bentuk thumbnail YouTube paling dasar. Jika beruntung, YouTube bahkan mungkin telah mengambil gambar dari video kamu secara default sebagai thumbnail. Jika tidak, kamu bisa memutar video dan menemukan bagian paling menarik. Lalu tambahkan sedikit teks pada gambar yang kamu jadikan thumbnail.

2. Gunakan tools untuk mempercantik thumbnail YouTube

Ada banyak tools yang bisa kamu pakai untuk membuat thumbnail YouTube. Software desain grafis seperti Adobe Illustrator atau Adobe Photoshop juga bisa kamu gunakan. Kamu bahkan bisa menggunakan salah satu aplikasi desain seperti Canva, Picmaker, Visme, dan FotoJet. Pokoknya, pilih salah satu yang biasa kamu gunakan. Kamu juga bisa gunakan aplikasi ini untuk mengatur ukuran thumbnail YouTube menjadi lebih tepat.

3. Pilih satu foto yang paling menarik

Sebenarnya, dibanding dengan mengambil gambar dari video (screenshoot), akan lebih baik jika kamu memiliki foto yang masih terkait dengan video yang kamu upload. Ingat, thumbnail akan terlihat pada bagian cover, karenanya kamu perlu memilih satu foto yang paling menarik. Mengutip dari situs Animaker, cara terbaik dalam membuat thumbnail YouTube adalah dengan memilih foto yang paling ekspresif. Kamu bisa gunakan foto close up ataupun foto setengah badan.

4. Tambahkan tulisan dan background

Jangan lupa untuk menambahkan tulisan dan background pada thumbnail YouTube yang kamu buat. Kamu bisa gunakan font yang tebal dan berwarna kontras dengan foto yang kamu gunakan. Misalnya jika foto thumbnail memiliki warna dominan hitam, maka kamu bisa pilih warna kuning untuk teksnya. Lalu jika kamu menggunakan foto tanpa background, maka kamu bisa menambahkan sendiri.

Baca juga: Cara memotong video dengan mudah di Windows, Android, dan iPhone

Temukan juga berbagai artikel teknologi lainnya di EKRUT Media. Informasi dan tips menarik tersedia pula di YouTube EKRUT Official.  Jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • oberlo.com
  • animaker.com
  • support.gooogle.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-steve-johnson-13078553.jpg

    Technology

    Animasi: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Contohnya

    Tio Derma

    21 September 2022
    8 min read
    0-youtube-dashboard.jpg

    Technology

    Apa Itu YouTube Dashboard? Berikut Penjelasan dan Cara Menggunakannya

    Arin Khurota

    21 September 2022
    5 min read
    H1.PNG

    Technology

    Apa Itu Twibbonize? Berikut Fungsi dan Panduan Membuatnya 2022

    Mentari Nurmalia

    20 September 2022
    5 min read

    Video