Published on

startup

Yuk, lebih paham dengan istilah traksi dalam startup

Nur Lella Junaedi

traksi-adalah-EKRUT.jpg

Sering mendengar istilah startup sedang membakar uang? Itu artinya startup tersebut tengah melakukan traksi untuk mendapatkan user yang dapat dimonetisasi dalam jumlah yang banyak. 

Meski begitu, proses traksi ini harus diperhitungkan dengan matang agar bisnis tidak kolaps. Agar kamu lebih paham, berikut adalah penjelasan lengkap yang dapat membantumu dalam menyusun traksi. 

Apa itu traksi?

traksi adalah EKRUT 
Traksi merupakan kemampuan bisnis melakukan monetisasi pengguna - EKRUT

Traksi adalah kemampuan suatu bisnis dalam melakukan monetisasi atau akuisisi pengguna secara terukur, yang hasil dari traksi ini bisa ditunjukkan kepada investor sebagai bukti bila bisnis mengalami perkembangan. 

Umumnya traksi ini dilakukan pada masa-masa awal pembangunan startup untuk mengakuisisi daftar pengguna pertama dan mengetahui apakah mereka mau menjadi pengguna setia  serta seberapa tertarik mereka terhadap produk. 

Traksi tidak hanya sebagai bukti bagi investor saja, di luar itu fungsi traksi adalah sebagai berikut.

  • Sebagai validasi bagi perusahaan dan tim bahwa produk yang dihasilkan memiliki peminatnya di pasaran. 
  • Meyakinkan kandidat unggul bila nilai traksi yang dihasilkan perusahaan terus mengalami peningkatan. Sehingga kandidat tertarik untuk bergabung di dalam tim perusahaanmu.
  • Salah satu upaya untuk mendapatkan revenue dan profit bisnis.

Nantinya jenis traksi ini bisa bermacam-macam, seperti monetisasi jumlah aktif user, partnership, merchant, traffic yang dihasilkan, profitabilitas, revenue dan sebagainya. 

Salah satu contoh nyata dari traksi adalah saat Gojek terus melakukan akuisisi jumlah merchant dalam layanan Go-Food nya serta terus menambah pengguna untuk layanan Go-Ride. 

Perlu kamu ingat, bahwa upaya traksi ini memang sering dilakukan oleh startup dalam berbagai cara, seperti memberikan diskon besar kepada pelanggan, mengadakan berbagai macam promo, memberi cashback, dan lainnya.

Upaya ini kerap dikenal sebagai cara startup membakar uang yang didapatkan dari investor. Akan tetapi, cara seperti ini harus diimbangi juga dengan revenue, karena bila tidak menghasilkan revenue maka bisnis perusahaan bisa kolaps.   

Sebagai contoh, kamu bisa belajar dari kisah gagalnya WeWork yang nilai valuasinya terus menurun dari 47 miliar dollar AS menjadi hanya 6.94 miliar dollar AS saja karena terlalu sering membakar uang. 

Bagaimana caranya agar traksi bisa berhasil? 

traksi adalah EKRUT 
Analisis menjadi cara untuk mengetahui seberapa berhasil upaya kamu melakukan traksi - EKRUT

Dengan melihat banyaknya startup yang gagal di awal-awal pendiriannya, lalu sebaiknya bagaimana cara agar traksi ini bisa berjalan dengan sukses?

1. Manfaatkan daftar pre-launching 

Beberapa bulan sebelum peluncuran produk, sebaiknya kamu sudah membuat daftar pre-launch. Daftar ini berisi tentang orang-orang yang sekiranya berminat terhadap produk mu. 

Kamu bisa melakukan strategi mulai dari mengirimkan email pengumuman dan penawaran produk, membuat campaign agar pengguna merujuk temannya, hingga membuat giveaway dalam peluncuran produk yang hadiahnya adalah produk baru tersebut. 

2. Buat tujuan traksi dengan jelas 

Dalam mengejar nilai traksi kamu perlu memikirkan tujuannya secara jelas. Tujuan yang jelas memungkinkan kamu untuk memecah tujuan itu menjadi bagian kecil seperti: 

  • Bagaimana caranya agar banyak pengguna membayar setiap tahun?
  • Berapa banyak pelanggan per minggu yang dibutuhkan?
  • Bila menambahkan fitur x dalam aplikasi berapa banyak pengguna yang dihasilkan?
  • Berapa banyak email yang perlu kamu kirim?

3. Buat produk yang bagus 

Menciptakan produk yang bagus bisa berdampak langsung pada pertumbuhan bisnis. Pasalnya dengan semakin bagus produk yang kamu miliki, semakin mudah pula menyelaraskan dengan semua fungsi bisnis untuk mendorong pertumbuhan.

Tidak hanya itu, produk yang bagus juga akan lebih mudah terjual. Sebaliknya,  produk kurang bagus akan jelek di pasaran dan hanya akan menyia-nyiakan waktumu. 

4. Gratiskan produk atau layanan 

Apakah bisnismu memiliki banyak saingan? Tidak ada salahnya untuk menggratiskan produk atau layanan bagi beberapa pengguna untuk sementara. Strategi ini dipercaya bisa menjadi daya tarik tersendiri. 

Lebih dari itu, dengan menggunakan strategi freemium ini juga bisa membantumu dalam beberapa hal seperti:

  • Memperoleh pengguna dalam waktu yang cepat.
  • Membantu brand mengumpulkan pengguna beta lebih cepat.
  • Semakin banyak pengguna semakin banyak produk berkembang. 

Walaupun begitu cara ini juga cukup berisiko karena kamu harus benar-benar memastikan bila saldo perusahaan masih aman selama strategi ini berjalan.

5. Melakukan analisis 

Analisis perlu dilakukan untuk mengetahui apakah upaya pemasaran berjalan dengan efektif atau tidak. 

Data dari analisis ini bisa memberikan kamu gambaran tentang paid traffic mana yang efisien berdasarkan perspektif ROI, berapa banyak pengguna seluler yang melakukan konversi, apa masalah pengguna yang tidak melakukan konversi dan lainnya.

Data-data inilah yang kemudian bisa dianalisis dan dievaluasi demi tercapainya kesuksesan kampanye perusahaan.   

Tidak hanya lima cara di atas, kamu juga bisa melakukan traksi dengan memberi reward yang terukur, setelah pengguna merekomendasikan produk kepada teman, membuat acara tentang produk bekerja sama dengan komunitas dan sebagainya. 

Baca juga: Panduan cara menghitung ROI

Matriks yang jadi pertimbangan oleh investor selain traksi

traksi adalah EKRUT
Salah satu pertimbangan lain investor memberikan pendanaan adalah dilihat dari tim yang kamu miliki - EKRUT

Selain melihat dari jenis traksi berupa jumlah aktif user, user yang teregistrasi, partnership, traffic media sosial, profitabilitas, revenue, dan engagement.  Ada juga matriks lain yang kerap dipertimbangkan oleh investor sebelum memberikan pendanaan. 

Kekuatan tim 

Produk startup yang kamu hasilkan berasal dari sokongan tim yang berada di belakangnya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk menyertakan tim teratas dan keterampilannya dalam presentasi pendanaan yang kamu lakukan. 

Ini bisa mengisyaratkan kepada investor bila perusahaan benar-benar dibangun oleh SDM yang profesional di bidangnya. 

Preferensi pribadi 

Untuk mendapatkan perhatian dari seed investor atau venture capital, sebaiknya kamu mengetahui preferensi pribadi mereka. 

Umumnya para investor tertarik untuk berinvestasi pada produk yang mereka pernah gunakan atau memiliki ketertarikan di bidangnya. 

Sebagai contoh apabila produk mu bergerak dalam bidang linguistik maka sebaiknya menargetkan investor yang merupakan seorang poliglot, atau memang memiliki ketertarikan serta melihat potensi dari bisnismu. 

Peluang pasar

Pangsa pasar yang besar akan membuat investor tertarik memberikan pendanaan dalam jumlah yang besar. Hal ini karena investor menilai ada keuntungan di dalamnya. 

Berbeda halnya dengan bisnis yang mematok pangsa pasar yang khusus, biasanya mereka akan mendapat pendanaan dalam jumlah yang kecil. Dalam menentukan pangsa pasar juga ada beberapa matrik yang turut dipertimbangkan seperti 

  • Seberapa besar peluang ekspansi yang bisa dilakukan oleh bisnis di masa depan?
  • Bagaimana potensi industri bisnis di masa depan?
  • Berapa nilai kapitalisasi pasar?
  • Berapa total pendapatan pasar startup tersebut dalam satu tempat?

Hal-hal inilah yang juga menjadi pertimbangan bagi perusahaan ketika mengajukan pendanaan, tidak hanya dilihat dari sisi traksi startup semata. 

Baca juga: Angel investor dan tips mendapatkan pendanaan untuk startup

Setelah kamu lebih paham dengan traksi dan semua persiapan yang perlu kamu lakukan, jangan lupa untuk memastikan bahwa produk mu memberikan manfaat dan menjadi solusi untuk banyak orang. 

Semoga proses pendanaanmu dapat berjalan dengan baik dan berhasil!

traksi adalah EKRUT

Sumber: 

Tags

Share