Register

careers

Simak tren SEO 2020 yang mengubah sistem mesin pencarian

Nur Lella Junaedi

16 December 2020

tren-SEO-2020-EKRUT.jpg

Google hampir selalu memperbarui algoritma mesin pencariannya. Hal ini yang harus selalu diperhatikan oleh seorang digital marketer saat menerapkan strategi SEO, sehingga situs yang dimilikinya tetap bisa bertengger di jajaran atas mesin pencari. 

Apalagi memasuki tahun 2020 ini tidak hanya konten tulisan saja yang perlu menggunakan strategi SEO, tetapi juga gambar, video, bahkan file audio. 

Lantas, seperti apa tren SEO di 2020 nanti? Simak ulasannya di bawah ini! 

Konten berkualitas tinggi akan dioptimalkan

tren SEO 2020 EKRUT 
2020 akan menjadi tempat bagi konten yang berkualitas- EKRUT

Pengamat SEO sekaligus CEO dari WrightIMC, Tony Wright mengatakan bahwa, pada 2020 nanti yang terpenting dari strategi SEO adalah bentuk konten dengan topik dan isi yang relevan dan berkualitas. 

Meski menurutnya kebijakan editorial Google belum sepenuhnya sempurna karena masih ditemukan beberapa konten dengan kualitas buruk di peringkat atas, tapi Wright yakin bila konten dengan kualitas baik dan optimal pada akhirnya akan ada di jajaran atas Google. 

Adapun konten yang berkualitas mencakup beberapa kriteria ini: 

  • Memahami siapa yang menjadi audiens dan bagaimana mereka mencari konten
  • Memahami maksud dari pertanyaan audiens atau masalah audiens
  • Memberikan jawaban yang relevan melalui kontent poin per poin
  • Memberikan pengalaman yang dapat menjawab rasa penasaran audiens sehingga mereka mau kembali lagi ke situs tersebut

Baca juga: Apa itu SEO dan manfaatnya bagi bisnismu?

UX dan Technical SEO

tren SEO 2020 EKRUT  
Tren SEO 2020 juga harus memikirkan terkait tampilan website baik di desktop atau di telepon genggam- EKRUT

Tren SEO 2020 selanjutnya yang harus diperhatikan adalah terkait pengalaman pengguna selama mengunjungi situs. 

Pengamat SEO mengatakan bahwa pengalaman itu dibentuk sejak pengguna melakukan pencarian lewat mesin pencari, mengunjungi situs, hingga pengguna mengakhiri kunjungan situs. 

Oleh sebab itu, penting bagi praktisi SEO dan UX untuk memerhatikan tampilan website, serta kecepatan halaman dan situs lantaran ini akan berdampak pada kepuasan pengalaman pengguna, apakah mereka akan berkunjung kembali atau tidak.

Mobile SEO

tren SEO 2020 EKRUT 
Tren SEO 2020 juga akan memperhatikan mobile SEO- EKRUT

Banyak pengunjung mengunjungi website melalui telepon genggam. Tren ini yang membuat seorang SEO Specialist harus memikirkan bagaimana cara agar website mereka mobile-friendly dan dapat membuat rangking situs mereka tetap unggul di hasil pencarian.

Salah satu caranya adalah dengan memikirkan bagaimana supaya tampilan situs bisa cocok dengan tampilan yang ada di telepon genggam. 

Tidak hanya mobile SEO saja yang mesti dipelajari, tetapi SEO Specialist juga harus mempelajari SERP (Search Engine Result Page) di mobile.

SEO Specialist harus melihat seperti apa hasil pencarian di mobile untuk mengetahui apa yang mereka hadapi, traffic seperti apa yang mereka harapkan dan pengoptimalan seperti apa yang bisa mempengaruhi hasilnya.  

Snippet mendominasi 

tren SEO 2020 EKRUT 
Salah satu tampilan snippet di google- EKRUT

Google dalam sistem mesin pencariannya telah mengembangkan featured Snippet. Biasanya cuplikan snippet ini yang akan mendorong lebih banyak orang untuk mengunjungi situsmu. 

Agar konten di situsmu dapat muncul di Featured Snippet mesin pencari Google, situsmu setidaknya harus mampu menjawab pertanyaan umum yang banyak ditanyakan oleh audiens

Nah, ketika situs kamu mampu memberikan jawaban yang lengkap untuk pertanyaan tersebut maka halaman di website tersebut bisa masuk ke dalam Featured Snippet yang berada di posisi paling  atas Google.   

SEO dengan memanfaatkan influencer

tren SEO 2020 EKRUT 
Influencer salah satu faktor yang bisa dimanfaatkan untuk menarik banyak pengunjung ke website- EKRUT

Tidak hanya pemasaran di media sosial yang ternyata membutuhkan peran influencer agar mendapat banyak perhatian. 

Influencer kini juga dibutuhkan untuk membangun popularitas dari sebuah situs.Keberadaan influencer sebagai ambassador brand atau websitemu tersebut bisa meningkatkan kunjungan dari audiens. 

Maka dari itu, saat kamu akan membuat konten yang melibatkan influencer di dalamnya, coba pikirkan konten yang nantinya dapat terhubung ke situsmu, terutama dari backlink yang influencer itu bagikan kepada audiensnya. 

Baca juga: Ini ciri-ciri akun palsu Instagram

Panjang konten mempengaruhi SEO

tren SEO 2020 EKRUT 
Banyak pembaca saat ini yang menyukai tulisan yang panjang dengan informasi yang lengkap- EKRUT

Tren SEO telah memprediksi kebiasaan pembaca bahwa, kebanyakan mereka sekarang lebih menyukai untuk membaca semua informasi yang menjawab rasa penasaran mereka dari satu sumber yang terpercaya. 

Fakta lainnya juga menyebutkan bahwa konten yang berkualitas tinggi dan panjang memiliki visibilitas yang tinggi. 

Oleh karena itu, tulisan yang memiliki informasi lengkap dengan panjang 2.000 kata atau lebih akan memiliki lebih banyak pembaca dari pada tulisan dengan panjang yang kurang dari itu. 

Website akan mengoptimalkan fungsi pencarian suara

tren SEO 2020 EKRUT 
Fungsi pencarian suara diprediksi akan menjadi tren tahun depan- EKRUT

Dulu kita terbiasa mencari sesuatu dengan mengetik di kotak pencarian, tetapi sekarang kamu dapat menggunakan pencarian suara melalui perangkat yang tersedia seperti smartphone, Samsung Smart Tv, Amazon Echo dan Voice Pod.

Tren ini akan memengaruhi SEO karena mesin pencari harus bekerja lebih keras untuk mendapatkan informasi relevan saat pengguna memakai fungsi pencarian suara tersebut. Hal ini juga dapat menjadikan short keyword tidak begitu penting lagi. 

Perubahan tren ini akan populer di tahun 2020 di mana diprediksi lebih dari 50 persen pencarian di internet akan dilakukan lewat pencarian suara. Itu sebabnya SEO Specialist harus mencari celah agar konten yang dibuat ramah terhadap proses tersebut.

Itulah beberapa tren SEO 2020 yang diprediksi mulai terjadi dan akan terus berlangsung di tahun depan. Jadi, sudah siapkah kamu dengan perubahan pada strategi SEO selanjutnya?

tren seo 2020 EKRUT

Rekomendasi video:

Rekomendasi Bacaan: 

Sumber: 

Tags

Share