Published on

Careers

Seperti ini cara meningkatkan user engagement dalam bisnis

Nur Lella Junaedi

user-engagement-EKRUT.jpg

Keterlibatan pelanggan atau user engagement adalah untuk mengukur apakah pengguna menemukan nilai dalam suatu produk atau layanan. 

Cara mengukurnya dilihat dari seberapa lama pelanggan berapa di situs atau aplikasi, seberapa banyak pelanggan mengunduh aplikasi, membagikan informasi dan sebagainya. 

Untuk memberi gambaran lebih luas tentang user engagement ini, kamu bisa memperhatikan ulasannya berikut. 

Alasan pentingnya user engagement bagi bisnis

user engagement EKRUT 
Saat pengguna berlama-lama di aplikasi atau situs itu menandakan bahwa produk memiliki nilai-EKRUT

Ada alasan erat kenapa user engagement begitu penting bagi bisnis, sebab secara keseluruhan ini akan berkaitan dengan profitabilitas perusahaan. 

Perhatian pengguna terhadap layanan atau produk adalah hal yang terbatas dan bila pengguna dengan sengaja menghabiskan waktu berlama-lama di situs atau aplikasi itu menunjukkan bahwa pengguna menemukan apa yang mereka cari. 

Tentu dengan begitu bisnis bisa mengarahkan pengguna untuk membeli, memakai, hingga berlangganan atas produk atau layanan yang disediakan.

Biasanya pengguna yang ikut aktif menunjukkan keterlibatan karena mereka mengalami kepuasan pelanggan sehingga tak jarang merekomendasikan produk kepada teman atau keluarganya. 

Untuk mengetahui seberapa besar tingkat user engagement ini, tim pemasaran bisa menggunakan produk analitik guna mencari tahu faktor apa saja yang membuat nilai user engagement menjadi tinggi.

Tim CRM juga bisa membuat strategi dari data tersebut mengenai bagaimana perusahaan akan meningkatkan profitabilitas produk ke depannya. 

Baca juga: Pentingnya Customer Relationship Management bagi bisnis perusahaan

Cara menghitung user engagement

user engagement EKRUT 
Cara menghitung user engagement berbeda-beda tiap bisnis-EKRUT

Cara mencari tahu nilai dari user engagement tiap bisnis itu berbeda-beda.

Misalkan dalam bisnis media, menjadi hal positif bila banyak pengguna mengunjungi situs berita online sebab akan mendatangkan banyak iklan. 

Sebaliknya bagi perusahaan asuransi, bila terlalu banyak pengguna yang mengunjungi  situs, itu menunjukkan hal yang buruk sebab mungkin banyak pengguna asuransi tersebut yang mengajukan klaim. 

Contoh beberapa metrik user engagement dilihat dari beberapa bisnis: 

  • Aplikasi streaming musik melihat user engagement dari jumlah pengguna harian, waktu yang dihabiskan dalam aplikasi, daftar lagu yang dibuat, memberikan rekomendasi terhadap teman, serta lagu yang didengarkan
  • E-commerce. Bentuk metrik user engagement bisa dihitung dari jumlah pengguna bulanan, serta berapa banyak barang yang dimasukkan ke dalam troli
  • Situs berita, metriknya bisa perusahaan nilai dari  jumlah pengguna harian, seberapa lama berada di situs, tampilan, pencarian, aktivitas membagikan konten, klik dan komentar
  • Aplikasi keuangan dilihat dari jumlah pengguna mingguan, membuat anggaran, menyinkronkan rekening bank sampai melihat dasbor dan mengaktifkan notifikasi

Untuk menghitung user engagement kamu bisa memakai rumus di bawah ini:

Total pengguna aktif dalam satu kelompok selama periode tertentu : Total user dalam satu kelompok = Engagement rate 

Baca juga: Mengenal User Generated Content (UGC) dan manfaatnya bagi brand

Cara meningkatkan user engagement dalam bisnis 

user engagement EKRUT 
Untuk meningkatkan user engagement kamu bisa menjalin komunikasi dengan pelanggan meminta harapan dari mereka-EKRUT

Ada berbagai macam cara meningkatkan user engagement yang bisa digunakan oleh perusahaan, seperti: 

Berkomunikasi dengan pengguna

Tim produk dan marketing dapat menanyakan langsung kepada pengguna apa yang mereka harapkan melalui produk atau layanan yang diberikan. 

Barangkali pengguna ingin memberikan informasi seputar customer experience mereka selama menggunakan produk atau layanan, mengutarakan keluhan atau saran. 

Tim bisa mengetahui ini dari survei kepuasan pelanggan yang diberikan kepada pengguna atau melalui metode NPS.
 
Mencari tahu apa yang pelanggan anggap berharga

Cara meningkatkan user engagement selanjutnya dapat dilihat dengan mengetahui apa yang pelanggan anggap bernilai dari produk atau layanan yang ditawarkan. 

Biasanya berbicara tentang seberapa bermanfaat atau bergunanya aplikasi atau situs bagi mereka. 

Tim produk nantinya bisa mengelompokkan mereka dalam tindakan yang selalu mereka ulangi melalui aplikasi atau situs. Lalu mengambil benang merah dari aktivitas tersebut mana yang sering dilakukan. 

Meningkatkan kegunaan produk

Salah satu hal yang berharga dari bisnis yang dicari oleh pengguna adalah kegunaan atau manfaat produk itu sendiri. 

Itulah kenapa ini menjadi cara meningkatkan user engagement terakhir yang begitu penting. 

Tim produk bisa mencari tahu kekurangan dari manfaat produk lewat kesulitan yang dialami oleh pengguna saat proses customer journey berlangsung. 

Contoh pada kasus platform e-commerce, seperti ketika pelanggan tidak bisa membeli produk karena harus membuat akun terlebih dahulu. 

Solusi dari peningkatan produk yang bisa ditawarkan oleh perusahaan, yakni mengizinkan pengguna tersebut membeli produk meski masih berstatus sebagai tamu atau orang asing bahkan dengan kemudahan membayar secara online.

Baca juga: Pentingnya customer experience bagi keberhasilan bisnis

Itulah 3 cara meningkatkan user engagement sekaligus cara menghitung keterlibatan pengguna dalam bisnis. 

Dengan mengetahui data dari user engagement ini perusahaan bisa melakukan evaluasi terhadap kemungkinan perbaikan produk guna peningkatan kualitas bisnis di masa depan.  

user engagement EKRUT

Sumber: 

  • mixpanel.com
  • codefuel
  • appcues

Tags

Share