Published on

Lainnya

Pengertian Value Proposition Canvas, Komponen, dan Manfaatnya dalam Bisnis

Sylvia Rheny

Pengertian_Value_Proposition_Canvas__Komponen__dan_Manfaatnya_Dalam_Bisnis.png

Ribuan produk dan layanan dirilis setiap hari ke pasar saat ini. Setiap produk mengklaim lebih baik dari pesaingnya. Setiap versi mengklaim lebih baik dari versi sebelumnya. Memahami kebutuhan pelanggan dan merancang produk adalah tugas yang sangat kompleks.

Penting bagi bisnis untuk memetakan apa kebutuhan pelanggan, mana yang ingin mereka penuhi, dan memprioritaskan mana yang ingin diselesaikan terlebih dahulu. Untuk melakukan tugas tersebut secara sistematis, maka kamu bisa menggunakan value proposition canvas.

Apa itu value proposition canvas? Apa saja komponen di dalam value proposition canvas? Apa saja manfaatnya? Yuk, simak penjelasan selengkapnya dalam artikel ini.

Baca juga: Memahami value proposition dan cara mudah membuatnya

Apa itu value proposition canvas?


Value proposition canvas adalah alat yang diperlukan untuk menciptakan produk yang customer oriented. (Sumber: Shutterstock)

Value proposition canvas adalah alat yang dapat membantu memastikan bahwa suatu produk atau layanan diciptakan sesuai dengan apa dibutuhkan oleh pelanggan.

Value proposition canvas awalnya dikembangkan oleh Dr. Alexander Osterwalder sebagai kerangka kerja untuk memastikan bahwa ada kesesuaian antara produk dan pasar. Lebih detailnya, value proposition canvas adalah tampilan mendetail tentang hubungan antara dua bagian business model canvas oleh Osterwalder yang lebih luas, yaitu segmen pelanggan (customer profile) dan proposisi nilai (value proposition).

Value proposition canvas dapat digunakan ketika ada kebutuhan untuk menyempurnakan penawaran produk atau layanan yang sedang dikembangkan agar sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Baca juga: Unique value proposition (UVP): Pengertian, manfaat, dan 3 contohnya

Komponen dalam value proposition canvas


Komponen dalam value proposition canvas adalah customer profile dan value proposition. (Sumber: Shutterstock)

Komponen pada value proposition canvas adalah berbentuk salah satu dari dua lingkaran atau kotak atau pola geometris lainnya, yaitu customer segments (atau juga bisa disebut customer profile) dan value proposition map. Namun, esensinya terletak pada isi yang akan dirinci di dalamnya.

Struktur asli yang berbentuk lingkaran dan kotak hanyalah cara yang paling nyaman dan dapat digunakan untuk memecah keduanya. Contoh gambar dan penjelasan komponen-komponen value proposition canvas adalah sebagai berikut.


Contoh template value proposition canvas. (Sumber: Strategyzer)

1. Lingkaran (customer segment/profile)

Customer segment/profile dalam value proposition canvas adalah komponen yang menggambarkan konsumen ke dalam karakteristik berikut ini.

  • Customer job

Customer job dalam value proposition canvas adalah hal-hal yang mencakup tugas, masalah, atau keinginan yang ingin ditangani dan diselesaikan oleh pelanggan. Dengan demikian, kamu menyaring segmen pelanggan dari perspektif emosional (preferensi, popularitas), sosial (reputasi, rasa kewajiban), dan fungsional (kepraktisan).

  • Customer pain

Berdasarkan apa yang telah kamu dapatkan pada komponen customer job, customer pain dalam value proposition canvas adalah hal-hal berkaitan pengalaman buruk ataupun risiko yang dialami oleh konsumen. Mengetahui ini akan membantu kamu untuk memahami kelemahan dan aspek negatif dari bisnis.

  • Customer gain

Customer gain dalam value proposition canvas adalah hal-hal yang terkait pengalaman positif maupun kelebihan lainnya yang ditunjukkan konsumen karena memperoleh kepuasan lebih. Mengetahui ini akan membantu kamu memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan.

2. Kotak (value proposition map)

Value proposition map dalam value proposition canvas adalah respon tindakan dari tiap karakteristik konsumen yang terbagi menjadi tiga bagian, yaitu:

  • Pain relievers

Pain relievers dalam value proposition canvas adalah komponen yang berguna untuk menjawab customer pain. Produk atau jasa yang ditawarkan harus mampu mengatasi atau mengurangi customer pain. Pada bagian ini, kamu harus bisa memberikan solusi untuk masalah yang dihadapi pelanggan.

  • Products & services

Products & services dalam value proposition canvas adalah komponen untuk mencapai customer gain dan meminimalisir customer pain lewat produk atau layanan yang ditawarkan. Hal ini pada dasarnya merupakan kunci utama terciptanya value dari pelanggan.

  • Gain creators

Gain creators dalam value proposition canvas adalah komponen yang berisi nilai ekstra yang ada dalam produk atau layanan yang nantinya akan disampaikan kepada pelanggan. Inti dari komponen ini adalah menawarkan sesuatu yang baru dan unik yang bisa menambah pengalaman positif konsumen saat memakai produk.

Baca juga: Employer branding: Pengertian, manfaat, tips, dan 4 contohnya

Manfaat menggunakan value proposition canvas


Manfaat value proposition canvas adalah untuk membantu memahami pelanggan. (Sumber: Shutterstock)

Value proposition canvas sangat penting untuk membantu bisnis dalam pengambilan keputusan dan penentuan posisi produk. Value proposition canvas ini lebih dari sekadar representasi grafis dari kebutuhan pelanggan karena dapat membantu bisnis menyelaraskan strategi mereka sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Selain itu, beberapa manfaat lain dari value proposition canvas adalah sebagai berikut.

1. Value proposition canvas membantu memahami pelanggan dengan lebih baik

Salah satu manfaat menggunakan value proposition canvas adalah agar kamu dapat memahami pelanggan dengan lebih baik. Faktanya, memulai bisnis dengan menganalisis dan memahami pelanggan adalah awal membangun fondasi bisnis yang kuat. Hal tersebut membuat bisnis lebih berfokus kepada pelanggan sehingga mendorong kamu untuk melihat situasi dari sudut pandang pelanggan.

2. Value proposition canvas membuat perencanaan lebih terfokus

Dengan ide-ide baru yang mengalir setiap waktunya, maka kamu akan jauh lebih mudah kehilangan fokus pada nilai-nilai inti. Akibatnya, produk yang dikembangkan jadi sulit terfokus untuk memenuhi harapan pelanggan. Oleh karena itu, manfaat value proposition canvas adalah bertindak sebagai panduan visual dalam melakukan pendekatan target saat mengembangkan produk agar tetap terfokus.

Baca juga: 5 Contoh Unique Selling Proposition (USP) beserta cara membuatnya

3. Value proposition canvas membantu meningkatkan jangkauan pemasaran

Meluncurkan produk baru melibatkan banyak upaya dalam pemasaran dan branding dimana hal tersebut melibatkan informasi tentang bagaimana pelanggan membeli produk memenuhi kebutuhan mereka.

Untuk itu, value proposition canvas adalah alat yang berguna di sini. Value proposition canvas mengidentifikasi kebutuhan pelanggan dan mengembangkan rencana tindakan untuk itu. Dengan begitu, dipastikan bahwa promosi dan iklan yang dibuat nantinya bisa menarik perhatian pelanggan dengan mudah dan meningkatkan jangkauan pemasaran.

4. Value proposition canvas meningkatkan keterlibatan pelanggan yang kuat

Orientasi pelanggan adalah kunci untuk melibatkan pelanggan dengan merek dan produk bisnismu. Melalui pendekatan ini, kepuasan pelanggan merupakan faktor terpenting dalam pengembangan produk. Sebuah value proposition canvas menghubungkan bersama-sama identifikasi dan pemenuhan kebutuhan.

Di sini, manfaat value proposition canvas adalah memungkinkan kamu untuk fokus pada elemen yang paling dihargai dan dibutuhkan pelanggan. Dengan demikian, keterlibatan pelanggan yang kuat dapat terbangun.

5. Value proposition canvas adalah alat yang praktis dan sederhana

Value proposition canvas memberikan gambaran umum yang disederhanakan tentang fungsionalitas bisnis. Manfaat menggunakan value proposition canvas adalah untuk menganalisis strategi dan kinerja produk menjadi komprehensif namun sederhana.

Baca juga: Empat formula untuk membuat produk yang memiliki product/market fit

Sekian penjelasan mengenai pengertian, komponen, dan manfaat value proposition canvas. Meskipun value proposition canvas adalah alat yang berguna untuk mencantumkan hipotesis dalam suatu bisnis, namun validasi tetap harus dilakukan untuk memastikan apa yang tertulis dalam komponen tidak hanya mengada-ada.

Selain dari artikel EKRUT Media ini, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT Official

Nah, jika ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru, kamu cukup sekali sign up di EKRUT untuk mendapatkan lebih dari satu kali undangan interview oleh berbagai perusahaan terkemuka!

Sumber:

  • b2binternational.com
  • businessmodelanalyst.com
  • railsware.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_(1).jpg

    Lainnya

    Ingin Punya Event Organizer? Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Menjalankannya!

    Gloria Renatha

    05 July 2022
    5 min read
    H1_Customer_Engagement_Pengertian__Fungsi_dan_Cara_Untuk_Mengukurnya.jpg

    Careers

    Customer Engagement: Pengertian, Fungsi, dan Cara untuk Mengukurnya

    Sartika Nuralifah

    05 July 2022
    5 min read
    H1-Bedanya_Sanering__Redenominasi_dan_Devaluasi_dan_Contohnya.jpg

    Lainnya

    Bedanya Sanering, Redenominasi, dan Devaluasi, beserta Contohnya

    Lita Lia

    05 July 2022
    5 min read

    Video