Published on

Careers

5 Cara mengatur keuangan untuk menikah bagi karyawan

Nur Lella Junaedi

cara_mengatur_keuangan_untuk_menikah_EKRUT.jpg

Cara mengatur keuangan untuk menikah terkadang menjadi bagian yang sulit bagi calon pengantin. Sebab, banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum pernikahan seperti konsep pesta pernikahan, makanan, undangan, dekorasi dan sebagainya.

Tak jarang masalah ini justru memicu pertengkaran antara calon mempelai. Nah untuk menghindari itu, ada baiknya kamu memerhatikan 5 cara mengatur keuangan untuk menikah bagi karyawan berikut ini.

1. Mengetahui sumber dana pernikahan

cara mengatur keuangan untuk menikah EKRUT 
Ketahui dari mana saja sumber dana yang menjadi tambahan dalam anggaran pernikahanmu-EKRUT

Dalam beberapa kasus, biasanya biaya pernikahan tidak hanya berasal dari calon pengantin saja. Sumber dana pernikahan juga bisa berasal dari sumbangan orang tua dan anggota keluarga lainnya.

Semakin banyak yang menyumbang tentunya akan lebih meringankan beban calon pengantin dalam mengatur biaya pernikahan.

Di luar uang, bentuk kontribusi lain yang dilakukan juga bisa berupa memberikan barang seperti memberi gaun pernikahan, menyediakan bingkisan pernikahan, atau sumbangan berupa makanan.

Tak dipungkiri saat meminta kepastian ini, mungkin ada rasa canggung dalam dirimu. Namun, dengan menanyakan lewat cara yang sopan, bisa jadi kamu mendapatkan bantuan lain yang tak terduga.

Baca juga: Berapa persen gaji kamu yang sebaiknya ditabung?

2. Atur jumlah tamu seefektif mungkin

cara mengatur keuangan untuk menikah EKRUT 
Semakin sedikit tamu yang datang, maka semakin sedikit anggaran yang perlu kamu keluarkan-EKRUT

Cara mengatur keuangan untuk menikah selanjutnya adalah dengan mengatur daftar undangan.

Dengan daftar tamu yang banyak, tentu kamu dan pasangan memerlukan biaya pernikahan yang besar pula salah satunya terkait dana konsumsi yang membengkak.

Oleh sebab itu, bicarakan baik-baik dengan orang tuamu kalau tidak semua temannya dapat diundang dalam pernikahan ini.

Begitupun dengan pasanganmu, kamu perlu berdiskusi untuk menentukan siapa tamu terpilih yang perlu hadir di momen spesial tersebut, salah satunya mempertimbangkan rekan kerja.

Kamu juga dapat menekan budget dengan menyebarkan undangan digital yang diberikan melalui WA, FB atau Instagram. 

3. Usahakan jangan berutang

cara mengatur keuangan untuk menikah EKRUT 
Hindari memiliki utang untuk menyelenggarakan pernikahan-EKRUT

Memang tidak bisa dipungkiri bila biaya pernikahan akan menyedot banyak pengeluaran yang tidak sedikit.

Tetapi, untuk memenuhi semua aspek persiapan pernikahan itu kamu tidak harus berutang ke bank lho.

Ingat, berutang bukanlah solusi untuk memenuhi semua keinginanmu terkait rencana pernikahan. Justru dengan berutang kamu akan mempersulit diri melanjutkan kehidupan setelah menikah nanti.

Pesta pernikahan hanyalah syarat sebelum kamu melanjutkan hidup dengan orang yang kamu cintai. Cerita kehidupan sebenarnya, baru kamu mulai setelah proses resepsi itu selesai.

4. Meminta bantuan teman-teman yang berbakat

cara mengatur keuangan untuk menikah EKRUT 
Untuk menekan biaya vendor fotografer yang mahal, kamu juga mungkin bisa meminta bantuan kepada temanmu-EKRUT

Cara mengatur keuangan untuk menikah berikutnya adalah dengan memanfaatkan bantuan dari teman-teman kamu yang berbakat dalam bidang make up, foto atau videografi.

Ini untuk menghindari membayar vendor profesional yang mahal. Kamu mungkin bisa meminta bantuan untuk mempersiapkan foto prewedding hingga resepsi.

Tetapi kamu mesti ingat, dengan meminta bantuan kepada temanmu bukan berarti kamu boleh membayar mereka dengan murah ya! Kamu tetap harus membayar mereka dengan sepadan.

Menghargai jerih payah yang mereka lakukan, meski mungkin ada kebijakan potongan harga yang mereka berikan kepadamu sebagai bentuk hadiah pernikahan.

5. Tentukan konsep pernikahan yang diinginkan

cara mengatur keuangan untuk menikah EKRUT 
Pilih konsep pernikahan yang sederhana dan tetap elegan untuk menekan budgetmu-EKRUT

Di beberapa kasus, konsep pernikahan tradisional biasanya lebih menguras anggaran yang tidak sedikit, sebab harus mengikuti prosesi adat yang berlaku.

Untuk itulah kamu perlu memikirkan konsep pernikahan seperti apa yang menjadi impianmu. Beberapa contohnya konsep pernikahan seperti konsep taman, fun wedding, pedesaan, minimalis, dan sebagainya.

Agar bisa menekan biaya pernikahanmu, pilihlah konsep pernikahan yang tidak rumit dan sesederhana mungkin namun tetap elegan.

Sering-seringlah berdiskusi dengan wedding organizer untuk mendiskusikan dana yang kamu punya dengan konsep pernikahan yang sesuai dengan budget.

Baca juga: 4 tips menjaga persiapan pernikahan tetap lancar walaupun sibuk bekerja

Itulah lima cara mengatur keuangan untuk menikah bagi karyawan. Dalam praktiknya nanti, terkadang ada banyak hal yang harus dilakukan agar persiapan pernikahan berjalan dengan baik.

Kuncinya adalah tetap menjalin komunikasi dengan baik bersama pasangan dan keluargamu.

cara mengatur keuangan untuk menikah EKRUT

Rekomendasi Bacaan: 

Sumber: 

 

Tags

Share