Published on

Careers

Workshop adalah: Pengertian, manfaat, 3 jenis, dan perbedaanya dengan training

Sylvia Rheny

Workshop_adalah_Pengertian__manfaat__3_jenis__dan_perbedaanya_dengan_training.jpg

Apakah kamu pernah mengikuti workshop sebelumnya? Mengikuti workshop dapat memperkenalkan ide baru, memberikan inspirasi agar bisa dieksplorasi sendiri, atau dapat mengilustrasikan dan menunjukkan praktik proses yang sebenarnya. Workshop adalah cara yang bagus untuk mengajarkan suatu keterampilan secara langsung karena memberikan kesempatan untuk mencoba hal baru dan gagal di lingkungan yang aman. 

Nah, jika kamu tertarik untuk mengetahui lebih tentang workshop, simak penjelasan selengkapnya mulai dari pengertian, manfaat, jenis, ciri-ciri, kelebihan, kekurangan, hingga perbedaan workshop dengan training di bawah ini.

Baca juga: Memilih kursus online yang tepat bagi pekerja

Apa itu workshop?

Apa itu workshop?
Workshop adalah periode diskusi atau kerja praktik tentang topik tertentu. (Sumber: Pexels)

Menurut Oxford Dictionary, workshop adalah pertemuan di mana sekelompok orang terlibat dalam diskusi dan aktivitas intensif tentang subjek atau proyek tertentu. Sedangkan menurut Collins Dictionary, workshop adalah periode diskusi atau kerja praktik tentang topik tertentu di mana sekelompok orang berbagi pengetahuan atau pengalaman mereka.

Workshop mirip dengan seminar namun umumnya jauh lebih kecil daripada konferensi. Workshop biasanya dapat menjadi elemen dari struktur konferensi dan cenderung interaktif, mendidik, dan terdapat percakapan di dalamnya. Workshop ini bermanfaat untuk memberikan kesempatan kepada sekelompok orang untuk mendalami suatu ilmu atau pelajaran tertentu. Di dalam workshop biasanya juga terdapat diskusi sehingga menjadi salah satu cara yang menyenangkan untuk bertukar pikiran dan mempelajari pendapat orang lain.

Baca juga: 7 Rekomendasi kursus SEO online untuk asah kemampuanmu

Manfaat workshop

Manfaat workshop
Manfaat workshop adalah mempelajari hal-hal baru dan membangun koneksi. (Sumber: Pexels)

Beberapa pengalaman berharga dapat kamu miliki ketika menghadiri workshop. Selain mempelajari hal-hal baru, dengan menghadiri workshop, kamu juga bisa membangun hubungan baru dengan orang lain, menjalin hubungan dengan orang-orang yang berpikiran sama, dan bahkan mengenal klien dan vendor secara lebih personal.

Selain itu, manfaat lain dari workshop adalah kamu bisa memperoleh perspektif baru yang unik dan belum pernah sama sekali terbayangkan di pikiran kamu sebelumnya. Untuk terus bertumbuh, kamu perlu terbuka terhadap ide-ide baru, cara-cara baru dalam melakukan sesuatu, dan cara berpikir yang baru. 

Manfaat selanjutnya dari workshop adalah memberikan kesempatan diri untuk mempelajari sesuatu yang baru dari orang-orang yang memiliki pengalaman dan pengetahuan yang lebih baik. Menghadiri workshop ini bisa membantu kamu agar terus terdepan dalam lingkungan yang kompetitif. Selain itu, dengan banyaknya skill baru yang terbentuk dari mengikuti workshop, maka juga akan meningkatkan kesempatan untuk kenaikan gaji atau jabatan yang lebih baik.

Baca juga: 10 Kursus digital marketing online yang bisa kamu ikuti 

3 Jenis workshop

3 Jenis workshop
Pembagian jenis workshop adalah berdasarkan waktu, sifat, dan lembaga. (Sumber: Pexels)

Workshop sendiri bermacam-macam jenisnya, sehingga untuk lebih mempermudah memahaminya, jenis workshop dapat dibedakan menjadi 3, yaitu sebagai berikut:

  1. Workshop berdasarkan waktunya
    Workshop ini sendiri terbagi menjadi dua, yaitu beruntun dan berkala. Beruntun yaitu dilakukan secara berturut-turut, sedangkan berkala dilakukan dalam jangka waktu tertentu, bisa jadi mingguan atau bulanan.
     
  2. Workshop berdasarkan sifatnya
    Workshop berdasarkan sifatnya terbagi menjadi dua, yaitu mengikat dan tidak mengikat. Mengikat yaitu biasanya diselenggarakan oleh lembaga tertentu dan hasil dari workshop bersifat mengikat peserta yang mengikuti, sedangkan tidak mengikat adalah sebaliknya, apapun hasil dari workshop tidak wajib untuk diikuti.
     
  3. Workshop berdasarkan lembaga/organisasi
    Workshop berdasarkan lembaga atau organisasi ini merupakan workshop yang bergantung kepada penyelenggaranya. Biasanya pembahasan di dalam workshop ini juga terbatas dalam ruang lingkup tertentu dan membahas seputar permasalahan yang muncul dan bagaimana cara untuk memecahkan permasalahan tersebut.  

Baca juga: 7 Tips training karyawan baru yang harus diperhatikan

Ciri-ciri kegiatan workshop

Ciri-ciri kegiatan workshop
Salah satu ciri workshop adalah pembahasan atau tema yang terfokus. (Sumber: Pexels)

Setelah memahami pengertian, manfaat, dan jenis-jenis workshop, berikutnya adalah ciri-ciri dari kegiatan workshop, antara lain yaitu:

  1. Diisi oleh beberapa ahli atau pakar dari bidang tertentu, sesuai dengan tema atau topik pembahasan yang diangkat dalam workshop.
  2. Tema atau topik pembahasan bersifat sempit atau sangat terfokus.
  3. Terdapat komunikasi dua arah yaitu antara pengisi atau pemateri dengan peserta atau anggota workshop.
  4. Metode dalam penyelesaian masalah biasanya melalui musyawarah atau penyelidikan dan peserta ikut serta di dalamnya sehingga tercipta diskusi bersama.

Kelebihan dan kekurangan workshop

Kelebihan dan kekurangan workshop
Kelebihan workshop adalah melatih peserta berpikiran kritis. (Sumber: Pexels)

Kegiatan workshop pada praktiknya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Berikut ini beberapa contoh kelebihan dan kekurangan dari kegiatan workshop:

Kelebihan workshop Kekurangan workshop
Melatih agar peserta mampu bekerjasama dengan orang lain, berpikir terbuka, ilmiah, dan kritis.  Terdapat kemungkinan timbulnya perselisihan dalam workshop.
Memberikan peserta petunjuk praktis untuk mengerjakan suatu hal.  Waktu yang dibutuhkan tidak sebentar.
Memberikan peserta keterangan ataupun informasi yang bersifat teoritis dan mendalam terkait beberapa permasalahan tertentu. Tenaga dan biaya yang dibutuhkan cukup besar.                                                                                                                             

Apa bedanya workshop dengan training

Apa bedanya workshop dengan training?
Perbedaan training dengan workshop adalah berdasarkan tujuan, peserta, dan durasi acara. (Sumber: Pexels)

Meskipun sering dianggap sama, namun pada kenyataannya workshop dan training memiliki perbedaan masing-masing berdasarkan tujuan, peserta, dan durasi acaranya. Simak tabel perbedaan workshop dan training berikut ini.

  Workshop Training
Tujuan Tujuan dari workshop adalah mencari jalan keluar atas masalah yang dijadikan topik pembahasan. Peserta akan turut serta mencari problem solving terbaik menggunakan konsep yang telah dibahas dalam workshop tersebut. Tujuan dari training adalah melatih peserta agar lebih profesional dengan mengadakan latihan-latihan yang intensif dalam beberapa waktu sampai tercapainya tujuan yang diinginkan.
Peserta acara Peserta acara dalam workshop adalah mulai dari orang yang masih awam sampai dengan orang yang sudah menguasai atau sedang mendalami materi yang diberikan.  Peserta acara dalam training adalah orang-orang yang memiliki keinginan atau kewajiban untuk mempelajari skill baru agar menjadi seseorang yang profesional atau semakin profesional. 
Durasi acara Durasi acara dalam workshop adalah selama 1 hingga 3 hari, tergantung pada topik yang pembahasan. Durasi acara per hari adalah 5-9 jam. Durasi acara dalam training biasanya lebih lama dan berkelanjutan. Durasi ini biasanya juga tergantung dari banyaknya materi yang perlu disampaikan dan dipelajari. Memerlukan waktu minimal satu hari hingga lebih dari seminggu.

Baca juga: Kenali people development dan penerapannya di perusahaan

Sekian pembahasan mengenai workshop, kesimpulan yang bisa diambil yaitu jika kamu ingin memperdalam suatu materi atau pembelajaran tertentu, kamu bisa mengikuti kegiatan workshop. Selain itu, kamu juga bisa memperoleh perspektif baru dan menjalin hubungan dengan orang baru yang bisa memberikan kontribusi positif demi perkembangan karier kamu.

Selain mengikuti workshop, kamu juga bisa mendaftar diri melalui EKRUT untuk mengembangkan karier kamu dan menemukan berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu. Dapatkan juga berbagai pengetahuan menarik untuk pengembangan karier kamu melalui YouTube EKRUTtv.

sign up EKRUT

Sumber:

  • usenix
  • yarnfieldpark
  • miraevents
  • accurate
  • oxforddictionaries
  • collinsdictionary

Tags

Share