Media

5 super skill incaran perusahaan di masa depan
By Maria Yuniar - 29 June 2018
3 min read 973 Views

Dunia pekerjaan terus mengalami perkembangan. Di masa mendatang diperkirakan teknologi akan semakin maju, dan terciptanya sistem dan mesin untuk menggantikan pekerjaan yang bersifat repetitif. Komputasional pun semakin canggih, media komunikasi yang semakin berkembang, organisasi yang semakin besar dan semakin terhubungnya setiap manusia secara global. Oleh karena itu, kita perlu untuk mengembangkan skill atau keterampilan agar dapat tetap bertahan pada masa yang akan datang. Apa saja sih super skill yang dicari dari seorang karyawan untuk masuk di perusahaan impian?

 

Sense making

Kemampuan sense making dibutuhkan untuk memahami makna yang lebih dalam atas berbagai ekspresi. Kemampuan ini termasuk soft skill yang perlu diasah, terutama bagi para pencari kerja. Dengan kemampuan sense makin, Anda akan lebih mudah dalam bersosialisasi dengan rekan kerja dan membangun networking.

 

Social intelligence

Kemampuan social intelligence, dibutuhkan untuk mampu terhubung dengan orang lain secara mendalam dan langsung. Selain itu, keterampilan ini juga penting untuk menstimulasi reaksi dan interaksi yang diharapkan. Untuk memiliki skill ini, Anda harus membangun relasi dan networking.

 

 

Virtual collaboration

Kemampuan virtual collaboration, dibutuhkan untuk mampu untuk bekerja secara efektif, sekaligus memiliki keterikatan dan benar-benar hadir sebagai anggota tim dalam bentuk virtual. Hal ini merupakan sebagian kecil skill yang dibutuhkan untuk menghadapi masa yang akan datang.

 

 

Digital fluency

Transformasi digital berdampak pada setiap industri dan hampir di semua sektor. Oleh karena itu, keterampilan digital sangat dibutuhkan di masa mendatang. Ini semua tentang kemampuan untuk menyelesaikan pekerjaan, mengetahui tools digital dan cara menggunakannya, serta mengetahui tools yang digunakan dalam situasi tertentu.

 

 

Personal branding

Untuk meraih kesuksesan dan mendapatkan pekerjaan impian di masa mendatang, Anda perlu mengatur diri dan tentunya membutuhkan personal branding. Ini akan menunjukkan jati diri Anda. Ini termasuk dalam membangun reputasi dan kepercayaan. Anda bisa memulainya melalui media sosial dan email. Dengan skill membangun personal branding, Anda bisa membuat perusahaan yakin akan kemampuan diri Anda yang lain. Di sini, tentunya kepercayaan diri dan konsistensi dibutuhkan.

 

 

Setelah mengetahui deretan super skill yang dicari perusahaan masa mendatang, apakah Anda tergerak untuk mulai mempersiapkan dan mengasahnya? Anda juga bisa memulai mengasah soft skill Anda dengan berkonsultasi pada mentor, konsultan atau bahkan tenaga pengajar semasa Anda menempuh pendidikan.

 

Rekomendasi bacaan:
Cara punya rumah dengan gaji di bawah Rp 10 juta
Disney beli 21st Century Fox, Netflix terancam
Anda dapat job offer? Lakukan 5 langkah ini

 

Sumber:
fastcompany.com
netz.id
techinasia.com
esqbs.ac.id
marketeers.com

Tags:

  • skill
  • personal branding
  • digital fluency
  • virtual collaboration
  • social intelligence
  • sense making
  • super skill
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang