Published on

Technology

Adobe After Effect: Pengertian, Fungsi, dan Keuntungan Menggunakannya

Sartika Nuralifah

H1_Adobe_After_Effect_Pengertian__Fungsi__dan_Keuntungan_Menggunakannya.jpg

Kamu berminat untuk membuat berbagai efek visual dan grafik? Aplikasi Adobe After Effect adalah solusinya. Adobe After Effect merupakan sebuah aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk mengolah motion graphics. Aplikasi ini dikembangkan oleh Adobe dan memiliki puluhan efek didalamnya. Ingin tahu seputar aplikasi Adobe After Effect lebih lanjut? Simak informasinya pada artikel ini, ya!

Apa itu Adobe After Effect?


Adobe After Effect adalah aplikasi profesional untuk editing video tingkat lanjut. Sumber: Pexels

Adobe After Effect adalah sebuah aplikasi perangkat lunak untuk membuat grafik gerak dan efek khusus yang digunakan dalam video dan presentasi. Aplikasi ini biasanya digunakan juga untuk keperluan dalam dunia pertelevisian dan pasca produksi film untuk pembuatan efek khusus, animasi, dan pengkomposisian video. Proyek yang dibuat menggunakan After Effects dapat digunakan di TV siaran, video, di web, tampilan di dalam toko, dan masih banyak lagi. Aplikasi Adobe After Effects adalah bagian dari Adobe Creative Cloud. Adobe After Effects dapat digunakan untuk mendesain judul, membuat karakter kartun, dan menerapkan berbagai animasi. Meskipun dapat melakukan semua hal berbau grafis, namun aplikasi ini berbeda dengan itu software pengeditan video.

Baca juga: 12 Aplikasi edit foto gratis untuk Android dan iOS 2022

Fungsi Adobe After Effect


Fungsi Adobe After Effect. Sumber: Pexels

Aplikasi Adobe After Effect adalah sebuah aplikasi yang menawarkan fungsi untuk memudahkan pekerjaan kamu dalam bidang visual. Berikut beberapa fungsi dari Adobe After Effect.

1. Animasi

Fungsi aplikasi Adobe After Effects  yang pertama adalah untuk membuat animasi. Ada banyak cara yang dapat kamu tempuh untuk membuat animasi di dalam Adobe After Effects. Berikut beberapa jenis animasi yang dapat kamu buat menggunakan Adobe After Effects:

  • Animasi vektor 2D
  • Animasi 3D dasar
  • Animasi karakter
  • Tipografi kinetik
  • Animasi mockup UI/UX

Jenis animasi di atas hanyalah sebagian kecil dari contoh fungsi pembuatan animasi menggunakan Adobe After Effect. Selebihnya kamu dapat mengeksplorasi lebih dalam lagi berbagai fitur untuk animasi dalam aplikasi ini.

2. Visual effects

Apabila kamu ingin menambahkan visual effects seperti efek ledakan, asap, api, atau mengganti latar belakang menggunakan berbagai efek, kamu bisa menggunakan aplikasi Adobe After Effect. Aplikasi ini juga berfungsi menunjang pekerjaan kamu jika membutuhkan berbagai efek visual.

3. Grafik presentasi

Fungsi dari aplikasi Adobe After Effect selanjutnya adalah untuk membuat berbagai grafik presentasi. Aplikasi ini dapat memudahkan kamu bila ingin membuat sebuah grafik presentasi untuk tampilan digital, seperti grafik pada televisi dengan kualitas gambar yang tinggi, grafik untuk monitor, dan masih banyak lagi.

4. Motion graphics

Selain untuk membuat grafik presentasi, aplikasi Adobe After Effect memiliki fungsi untuk membuat motion graphics. Kamu dapat menganimasikan grafik gerak dengan efek visual yang mempesona. Pada aplikasi ini terdapat template desain yang berkualitas dan tentunya dapat kamu gunakan.

Baca juga: 10 Rekomendasi Software Animasi 3D Terbaik di Tahun 2022

Keuntungan menggunakan Adobe After Effect


Salah satu keuntungan Adobe After Effect adalah kualitas grafik yang tinggi. Sumber: Pexels

Ada beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan dalam penggunaan aplikasi Adobe After Effect. Beberapa keuntungan dari Adobe After Effect adalah sebagai berikut.

1. Memiliki efek yang beragam

Keuntungan pertama dari penggunaan aplikasi Adobe After Effect adalah memiliki efek yang sangat beragam, khususnya untuk membuat motion graphics. Terdapat puluhan efek yang telah diolah dan siap untuk diaplikasikan pada video atau grafik yang telah kamu buat.

2. Dapat mengkonversi file vektor menjadi shape

Aplikasi Adobe After Effect dapat mengkonversi file vektor menjadi shape. Vektor adalah jenis grafik yang menggunakan titik koordinat sebagai satuan terkecil yang membentuk garis bantu gambar. Untuk mengkonversi file vektor menjadi shape yang dapat kamu lakukan adalah melakukan import file untuk dimasukkan ke dalam workshape.

3. Terdapat fitur Keyframe dan Scripting

Keuntungan lainnya dari aplikasi Adobe After Effect adalah memiliki fitur Keyframe dan Scripting. Fitur Keyframe pada Adobe After Effect adalah fitur yang berfungsi untuk mengunci animasi, sedangkan fitur Scripting adalah fitur untuk pergerakan dinamis animasi berdasarkan dari event atau trigger yang terdapat pada saat animasi atau video sedang diputar ketika runtime.

4. Support CPU 64-bit

Aplikasi Adobe After Effect sudah support untuk CPU 64-bit, sehingga performa aplikasi ini sangat cepat dan responsif. Selain itu, aplikasi Adobe After Effect mendukung RAM dengan kapasitas yang lebih besar.

5. Detail yang halus setelah melalui proses kompres

Keuntungan terakhir yang akan kamu rasakan saat menggunakan aplikasi Adobe After Effect adalah detail grafik yang halus walaupun gambar tersebut telah melalui proses kompres. Aplikasi Adobe After Effect mampu menjaga kualitas dari grafik yang telah kamu buat. Umumnya, hasil grafik setelah dikompres akan mengalami penurunan kualitas. Namun, tidak berlaku apabila kamu menggunakan aplikasi Adobe After Effect.

Baca juga: +10 Aplikasi Pembuat Logo Terbaik dan Mudah Digunakan untuk Pemula

Demikian informasi mengenai pengertian, fungsi, dan keuntungan dari aplikasi Adobe After Effect. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi kamu yang sedang mencari tahu serta mempelajari seputar aplikasi Adobe After Effect.

Sekarang, melamar pekerjaan sangat mudah karena kamu bisa langsung melamar dari rumah dengan menggunakan platform EKRUT. EKRUT punya banyak informasi tentang dunia pekerjaan, lho! Kamu bisa mencari informasi seputar lowongan pekerjaan, diskusi tentang pekerjaan, dan berbagai kebutuhan lainnya terkait dengan pekerjaan.

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, berbagai informasi dan tips menarik tersedia pula di YouTube EKRUT Official. Jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • filmstro.com
  • agitraining.com
  • comparecam.com
  • schoolofmotion.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-steve-johnson-13078553.jpg

    Technology

    Animasi: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Contohnya

    Tio Derma

    21 September 2022
    8 min read
    0-youtube-dashboard.jpg

    Technology

    Apa Itu YouTube Dashboard? Berikut Penjelasan dan Cara Menggunakannya

    Arin Khurota

    21 September 2022
    5 min read
    H1.PNG

    Technology

    Apa Itu Twibbonize? Berikut Fungsi dan Panduan Membuatnya 2022

    Mentari Nurmalia

    20 September 2022
    5 min read

    Video