Published on

startup

Akseleran mendapatkan pendanaan hampir 120 miliar rupiah

Fajar Rizqy Anugrah Illahi

akseleran-galang-pendanaan-EKRUT.jpg

Perusahaan p2p lending Akseleran dikabarkan telah memperoleh dana yang besarnya hampir 120 miliar rupiah dari berbagai investor yang salah satunya dari Access Ventures.

Pendanaan tersebut telah dikonfirmasi langsung oleh Co-Founder dan CEO Akseleran yang bernama Ivan Tambunan di sela-sela acara Indonesia Fintech Summit & Expo 2019 di Jakarta. 

Fintech Akseleran merupakan perusahaan startup pemberi pinjaman yang menghubungkan UKM untuk mengembangkan bisnisnya dengan sekelompok pemberi pinjaman. Akseleran didirikan oleh Ivan Nikolas Tambunan dan Rassel Pratomo sebagai Co-Founder & CTO pada tahun 2016 lalu. 

Co-Founder dan CEO Akseleran sendiri belum berkomentar banyak tentang pendanaan ini, Ivan mempunyai rencana untuk membuat kabar resmi pada bulan November 2019 nanti dengan alasan bahwa pihaknya masih menunggu persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).  

Baca juga: Catat, ini informasi lengkap mengenai tahap pendanaan startup

Pada awal tahun 2018 hingga akhir 2018 lalu, Akseleran telah menyalurkan dana pinjaman sekitar 210 miliar rupiah. Rencana Ivan pada akhir tahun 2019 nanti, Akseleran mempunyai tujuan untuk memfasilitasi dana hingga 1,2 triliun rupiah.

Startup pemberi pinjaman ini telah menjalankan aplikasi seluler yang bernama Auto-Invest. Aplikasi ini bisa membuat kemungkinan para pemberi pinjaman untuk menentukan kriterianya seperti, durasi pinjaman dan suku bunga. 

Produk yang lebih banyak dimanfaatkan oleh peminjam adalah pre-invoice dan invoice. Keduanya mempunyai komposisi sebanyak 90% dari nominal distribusi. Namun, yang ingin didorong oleh perusahaan ini adalah supply chain financing yang ditargetkan kontribusinya hingga 10%-sekitar 15% pada akhir tahun. 

Rekomendasi bacaan: 

Tags

Share