Technology

10 Rekomendasi Aplikasi untuk Kasir Gratis

Published on
Min read
6 min read
time-icon
cover_(1).jpg

Mengelola bisnis di era kekinian akan makin mudah dengan aplikasi kasir gratis. Bila usaha rumahan seperti toko kelontong, minimarket, atau kios pulsa milikmu masih mencatat transaksi secara manual, beralihlah ke aplikasi kasir gratis. Fungsi dari aplikasi kasir gratis ini sangat banyak. Karena berbasis online, kamu juga bisa menggunakan perangkat seluler seperti ponsel pintar atau tablet, jika tidak memiliki komputer. Dijamin, dengan aplikasi kasir gratis, usaha rintisan atau tokomu akan lebih cepat tumbuh dan berkembang. Di luar sana ada banyak aplikasi kasir gratis yang bisa dipilih. Berikut beberapa di antaranya yang bisa dipertimbangkan. Cek satu-satu, yuk!

Baca juga: 18 Aplikasi Pengatur Keuangan Terbaik untuk Android dan iOS

1. MokaPOS


MokaPOS memiliki fitur metode pembayaran beragam. (Sumber: Pexels)

Rekomendasi aplikasi kasir gratis yang pertama, yakni MokaPOS. Aplikasi online berbasis cloud ini mempunyai banyak pengguna dengan berbagai jenis latar belakang. Aplikasi kasir gratis tersedia dalam perangkat berbasis iOS dan Android.

Fitur pada MokaPOS antara lain, yaitu menambahkan harga, membuat daftar menu, laporan transaksi, dan stok barang. Keunggulannya adalah fitur cloud yang membuat pemilik bisnis dapat memantau dari jarak jauh transaksi bisnisnya. Ada juga fitur laporan keuangan real-time di MokaPOS yang dapat diakses secara offline dan online.

MokaPOS juga memberi kemudahan dalam pembayaran dengan Kredivo, WeChatPlay, Akulaku, DANA, GoPay, OVO, dan LinkAja. Kamu bisa menikmati berbagai fitur MokaPOS secara gratis selama 14 hari.

2. Kasir Pintar 


Kasir Pintar menyediakan fitur standar yang fungsional. (Sumber: Pexels)

Aplikasi Kasir Pintar ada dua versi, yakni versi berbayar/pro dan versi gratis. Jika kamu baru merintis sebuah bisnis, maka kamu bisa coba aplikasi kasir gratis terlebih dahulu. Jika bisnismu sudah berkembang, kamu bisa tingkatkan ke versi pro atau yang berbayar.

Pada aplikasi Kasir Pintar versi gratis, kamu dapat menggunakan beberapa fitur standar, seperti laporan umam, laporan semua transaksi, kelola pesanan, e-katalog standar, manajemen barang standar, barcode, hingga integrasi e-wallet. Jika kamu sudah beralih ke versi pro, maka kamu bisa menggunakan beberapa fitur tambahan, misalnya multi user, kapasitas inventory lebih besar, serta struk bebas watermark.

3. VenHQ


VenHQ cocok dipakai minimarket atau toko terintegrasi dengan CRM. (Sumber: Pexels)

Aplikasi kasir gratis selanjutnya adalah VenHQ. Aplikasi POS online, VenHQ merupakan salah satu alat yang cocok digunakan UMKM yang baru berkembang. Khususnya, skala kecil dengan jumlah barang yang tidak terlalu banyak. Fitur aplikasi kasir gratis meliputi penyimpanan cloud berbasis online dan offline, fitur customer loyalty untuk mengatur voucher dan promo, serta inventaris dan CRM. Meskipun, aplikasi kasir gratis ini sederhana, namun fitur-fiturnya cukup bermanfaat, lho!

4. Olsera POS


Olsera POS didukung teknologi Cloud untuk penyimpanan online dan offline. (Sumber: Pexels)

Aplikasi kasir online ini bisa digunakan dengan smartphone menjadi rekomendasi selanjutnya. Sama halnya dengan aplikasi kasir gratis lainnya, Olsera POS juga sudah dilengkapi dengan teknologi penyimpanan cloud. Teknologi ini memungkinkan pengguna agar bisa mengakses dan melihat transaksi penjualan kapan pun dan di mana pun. Didukung dengan penyimpanan offline, ketika sudah terhubung dengan internet, semua data transaksi dapat tersimpan otomatis dengan penyimpanan cloud.

5. Pawoon


Pencatatan transaksi lebih cepat dan mudah dengan Pawoon. (Sumber: Pexels)

Inilah salah satu aplikasi kasir berbasis Android sederhana yang memiliki tampilan yang lebih modern, yaitu Pawoon. Tampilannya yang sederhana membuat aplikasi ini mudah digunakan oleh semua penggunanya. Kelebihan dari aplikasi kasir gratis ini adalah kamu dapat melihat semua transaksi yang ada di seluruh cabang toko yang kamu miliki secara real-time. Sebab, Pawoon sudah menggunakan penyimpanan berbasis cloud sehingga mudah diakses secara online maupun offline.

Baca juga: 10 Jenis Transaksi yang Biasa Digunakan dan Contohnya

6. Qasir


Gunakan aplikasi kasir gratis agar pencatatan transaksi bisnis lebih akurat. (Sumber: Pexels)

Qasir merupakan pilihan yang tepat saat mencari aplikasi kasir gratis. Aplikasi Qasir fokus membantu para pelaku usaha mikro jadi mereka lebih banyak menonjolkan layanan gratisnya. Fitur lain dari Qasir bisa dibilang standar, namun sudah cukup memenuhi kebutuhan usaha mikro atau UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dengan jumlah produk tidak terlalu banyak.

7. Majoo


Meski berbayar, namun Majoo menyediakan versi Free Trial 30 hari. (Sumber: Pexels)

Majoo mungkin dapat menjadi pilihan aplikasi kasir yang harganya lebih murah dibanding dengan MokaPOS. Meskipun bukan aplikasi kasir gratis, namun bisa dikatakan Majoo adalah salah satu POS terbaik dengan harga terjangkau Fitur yang ada di Majoo cukup banyak dan fungsional, seperti CRM, laporan lengkap, aplikasi kasir online, manajemen karyawan, manajemen inventori, QRIS, keuangan, dan lainnya. Semuanya tersaji secara lengkap dalam satu platform, Majoo. Majoo juga sudah menyediakan paket starter dengan harga lebih murah, biayanya Rp129.000 per bulan dan kamu sudah bisa menikmati fitur premium yang ada di Majoo.

8. Kasir Toko Portable


Kasir Toko Portable cocok dipakai bisnis kecil seperti bengkel, apotek, hingga toko kelontong. (Sumber: Pexels)

Selanjutnya, rekomendasi aplikasi kasir gratis adalah Kasir Toko Portable. Alat pencatatan transaksi ini memiliki navigasi yang sederhana. Sehingga, praktis dan mudah dioperasikan bagi pengguna pemula maupun bukan dari kalangan akuntan. 
Terlebih lagi, aplikasi kasir online ini cocok dan mudah disesuaikan berdasarkan kebutuhan. Misalnya, untuk bisnis seperti bengkel, apotek, food and beverage, toko fashion, toko kelontong, dan sebagainya.

9. Chromis POS


Chromis POS memiliki tampilan modern yang menarik. (Sumber: Pexels)

Untuk aplikasi kasir yang ini digunakan di komputer bernama Chromis POS yang tersedia dalam versi perangkat Linux, Windows, dan macOS. Tampilannya menarik dilengkapi dengan display foto barang atau menu, sehingga kamu bisa langsung klik saat terjadi pembelian. Chromis POS cocok untuk bisnis bidang makanan seperti coffee shop, restoran, kafe, minuman, atau bisnis franchise kecil lainnya.

10. TruePOS


Bisnis di era digital, sebaiknya menghindari risiko kesalahan pencatatan manual dengan aplikasi kasir gratis. (Sumber: Pexels)

Aplikasi kasir terakhir yang bisa digunakan adalah TruePOS yang berasal dari India. Aplikasi ini mempunyai fitur sistem yang terintegrasi dengan beberapa perangkat yang berbeda. Jika kamu tertarik kamu bisa mencoba fitur gratis yang cocok untuk bisnis kecil. Fitur-fitur standar yang disediakan versi gratis sudah cukup lengkap. Seperti POS untuk penjualan, inventory barang, pengaturan voucher dan diskon promo, multi-cabang, sinkronisasi database offline/online, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Apa Itu E-Wallet? Berikut Cara Kerja, Fitur, Kegunaan, dan 8 Contohnya di Indonesia!

Itulah tadi 10 rekomendasi aplikasi kasir gratis atau POS yang bisa kamu pertimbangkan untuk bisnismu. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk kamu memilih aplikasi kasir terbaik dan paling ideal.

Nikmati terus beragam informasi seputar bisnis dan karier melalui laman EKRUT Media dan YouTube Official EKRUT. Sebab, hanya di EKRUT kamu bisa menambah wawasan tentang industri, tips profesional dari para mentor berpengalaman, serta peluang kerja dari banyak perusahaan bonafide seluruh Indonesia. Sign up EKRUT hari ini untuk mewujudkan karier impian sesuai minatmu.

Sumber:

  • jurnal.id
  • qwords.com
  • jogjahost.co.id
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1-3_Cara_Mengatur_Margin_di_Word_Sesuai_Kebutuhan_Agar_Pekerjaanmu_Semakin_Mudah.PNG

    Technology

    3 Cara Mengatur Margin di Word Sesuai Kebutuhan Agar Pekerjaanmu Semakin Mudah

    Lita Lia

    05 December 2022
    4 min read
    H1_tiktok_affiliate.jpg

    Technology

    Cara Daftar TikTok Affiliate Terbaru 2022 untuk Menambah Penghasilan

    Alvina Vivian

    05 December 2022
    6 min read
    aaron-weiss-_x6XZ_jp0g8-unsplash_(2).jpg

    Technology

    Cara Berjualan di TikTok Shop dan 6 Tips Agar Cepat Laris

    Fakhrizal Muttaqien

    05 December 2022
    6 min read

    Video