Lainnya

10 Aplikasi Kesehatan Mental Terbaik beserta Daftar Harga Layanannya

Published on
Min read
8 min read
time-icon
Ningtyas Dewanasari Kinasih

A newcomer in content writing who studied tourism. Very keen to learn about this field.

10_Aplikasi_Kesehatan_Mental_Terbaik_Beserta_Daftar_Harga_Layanannya.jpg

Kesadaran masyarakat akan kesehatan mental semakin meningkat. Pastinya kamu sudah mengetahui bahwa kesehatan mental tidak kalah penting dari kesehatan fisik. Memiliki ketakutan atau kecemasan berlebihan dapat mengganggumu dalam melakukan aktivitas sehari-hari seperti, bekerja, belajar, hingga bersosialisasi dengan orang lain.

Kamu dapat mengatasi kondisi tersebut dengan berkonsultasi dengan psikiater atau psikolog, baik secara langsung maupun online. Saat ini, aplikasi kesehatan mental yang menawarkan layanan konsultasi online cukup mudah ditemukan. Adanya aplikasi kesehatan mental mempermudah kamu untuk berkonsultasi kapan saja dan di mana saja. Setiap aplikasi kesehatan mental memiliki tarif layanan yang berbeda-beda. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena banyak aplikasi yang memiliki tarif terjangkau. Berikut ini beberapa aplikasi kesehatan mental yang penting untuk kamu ketahui.

1. Halodoc

seseorang sedang menulis di papan
Kesehatan mental yang terganggu dapat mempengaruhi aktivitas harianmu. (sumber: pexels)

Nah, kamu pasti sudah cukup familiar dengan Halodoc yang merupakan aplikasi layanan kesehatan yang cukup lengkap.  Kesehatan jiwa menjadi salah satu layanan yang disediakan oleh Halodoc. Sebelum melakukan konsultasi online, kamu akan diminta untuk mengisi kuis yang disediakan oleh Halodoc. Kemudian, psikolog klinis akan melakukan terapi online. Setelah diagnosis dilakukan kamu akan mendapatkan perawatan medis dari psikiater. Aplikasi kesehatan mental ini telah disetujui oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan mematok harga minimal Rp50.000.

2. Bicarakan.id

dua orang sedang berdiskusi
Jika tidak efektif, Bicarakan.id akan mengembalikan uangmu. (sumber: pexels)

Bicarakan.id merupakan salah satu aplikasi kesehatan mental yang dapat kamu gunakan. Aplikasi ini memiliki konselor yang ramah, open-minded, dan tidak menghakimi, sehingga kamu dapat berkonsultasi dengan lebih terbuka dan tenang. Aplikasi kesehatan mental Bicarakan.id mematok harga Rp189.000. Apabila proses konseling tidak efektif, terdapat garansi uang akan kembali secara penuh. Bicarakan.id memiliki podcast yang berisikan edukasi psikologi gratis beserta cerita klien yang telah melakukan konseling.

Baca juga: Cara menjaga kesehatan mental saat bekerja dari rumah

3. Kalm

seseorang sedang melakukan konsultasi
Kalmselor akan membantu kamu berkonsultasi kesehatan mental. (sumber: pexels)

Kalm adalah aplikasi kesehatan mental yang juga memberikan layanan konseling dengan tenaga profesional. Nah, konselor profesional yang akan membantu kamu disebut dengan Kalmselor. Kalm menawarkan berbagai paket layanan untuk berkonsultasi. Untuk layanan harian yang paling terjangkau, kamu dapat melakukan selama tiga hari tanpa batas. Kalmselor akan menjawab konsultasimu minimal dua kali sehari, dengan harga mencapai Rp33.000. Aplikasi kesehatan mental ini dilengkapi dengan artikel dan video yang dapat kamu akses.

4. Moodkit

dua orang sedang berdiskusi
Aplikasi kesehatan mental Moodkit dapat melacak kondisi perasaanmu.  (sumber: pexels)

Moodkit adalah aplikasi kesehatan mental yang akan membantu kamu melacak mood, menciptakan pikiran positif, dan menurunkan stres. Dilansir dari healthline.com, Moodkit dikembangkan oleh dua psikolog klinis, didasarkan pada prinsip dan teknik yang digunakan dalam cognitive behavioral therapy (CBT). Moodkit, menawarkan lebih dari 200 aktivitas yang dirancang untuk meningkatkan suasana hati kamu dan membantu mengubah pemikiran negatif. Tarif yang dipatok untuk layanan aplikasi kesehatan mental ini adalah $6.99.

Baca juga: 8 Rekomendasi Tes Kesehatan Mental Online beserta Kisaran Biayanya

5. Riliv

seseorang berkonsultasi
Riliv adalah aplikasi kesehatan mental yang memiliki layanan lengkap. (sumber: pexels)

Riliv merupakan aplikasi kesehatan mental yang menyediakan beberapa layanan mulai dari, konseling, meditasi hingga berbagai artikel dan jurnal yang membantu kamu memahami kondisi mental. Tarif konseling yang ditetapkan juga bervariasi, mulai dari Rp100 ribu untuk satu kali sesi.

6. What’s Up?

buku dan kacamata di depan orang yang sedang mengobrol
Aplikasi kesehatan mental ini menggabungkan dua aspek terapi.  (sumber: pexels)

Aplikasi kesehatan mental, What's Up? adalah aplikasi yang menggabungkan aspek dari terapi CBT dan komitmen. Dimana keduanya  menciptakan strategi dalam mengatasi masalah terkait depresi, amarah, stres, dan kecemasan. What's Up memiliki fitur buku harian yang dapat kamu gunakan untuk mencatat setiap pemikiran dan perasaan yang dialami. Kamu dapat mengunduh aplikasi ini di Google Play Store dan iOS. Aplikasi ini tidak memungut biaya, sehingga kamu bisa menikmatinya dengan gratis.

Baca juga: Ini pentingnya kesehatan mental karyawan bagi perusahaan

7. Alodokter

seseorang sedang melakukan meditasi
Alodokter adalah aplikasi kesehatan yang memiliki layanan kesehatan mental. (sumber: pexels)

Kamu pasti tidak asing dengan aplikasi kesehatan, Alodokter. Aplikasi ini menyediakan layanan kesehatan yang cukup beragam, salah satunya kesehatan mental. Melalui chat, kamu dapat berkonsultasi dengan psikiater atau psikolog. Tarif yang ditetapkan aplikasi mitra resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia ini cukup terjangkau, Rp35 ribu. Kamu juga dapat berlangganan, lho, tarifnya Rp39 ribu per bulan. Sistem ini mempermudah kamu untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis karena dapat dihubungi 24 jam.

8. Psikologimu

seseorang sedang melakukan yoga
Psikologimu menyediakan artikel dan video terkait kesehatan mental. (sumber: pexels)

Aplikasi kesehatan mental lainnya adalah Psikologimu yang akan menghubungkan kamu dengan psikolog profesional. Tentu tujuannya untuk mengetahui kondisi mental kamu dan cara untuk mengatasinya. Tarif konsultasi yang paling terjangkau adalah kategori chat, dengan biaya Rp75 ribu per 60 menit. Terdapat pula artikel dan video yang dapat kamu akses sebagai sarana belajar.

Baca juga: Sudah Pernah Tes Kesehatan Mental? Berikut Cara Tes Hingga Kisaran Biayanya!

9. Klikdokter

seorang perempuan sedang berbicara di depan komputer
Klikdokter memiliki layanan 24 jam. (sumber: pexels)

Klikdokter juga aplikasi kesehatan yang memiliki layanan bergam, termasuk kesehatan mental. Dengan mudah, kamu dapat berkonsultasi dengan psikolog melalui chat dengan harga yang sangat terjangkau, mulai Rp15 ribu. Fitur live chat juga tersedia selama 24 jam, sehingga kamu dapat berkonsultasi kapan saja.

10. SehatQ

seseorang sedang berkomunikasi melalui laptop
SehatQ menyediakan konsultasi gratis dengan dokter. (sumber: pexels)

SehatQ adalah aplikasi kesehatan yang juga menyediakan layanan konsultasi dengan psikolog. Kamu perlu mengetahui bahwa tarif untuk konsultasi dapat berbeda tergantung dari psikolog yang kamu pilih. Rentang harganya berkisar Rp100 ribu hingga Rp350 ribu. Namun, aplikasi kesehatan mental ini juga menyediakan layanan dokter secara cuma-cuma. Sama halnya dengan aplikasi kesehatan mental lainnya, Sehatq menyediakan berbagai artikel yang dapat kamu nikmati.

Baca juga: Manfaat “me time” bagi kesehatan mental dan 7 kegiatan yang bisa untuk dilakukan

Mengetahui berbagai aplikasi kesehatan mental sangatlah penting, terutama apabila sudah mempengaruhi aktivitas sehari-hari. Aplikasi tersebut dapat membantu kamu berkonsultasi secara cepat dengan tenaga profesional tanpa harus tatap muka. Tarif konsultasi yang ditetapkan juga berbeda-beda, kamu dapat menyesuaikannya dengan isi kantongmu. 

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • idntimes.com
  • healthline.com
  • hellosehat.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    Manfaat_“Me_Time”_bagi_kesehatan_mental_dan_7_kegiatan_yang_bisa_untuk_dilakukan.jpg

    Lainnya

    Manfaat “me time” bagi kesehatan mental dan 7 kegiatan yang bisa untuk dilakukan

    Sylvia Rheny

    14 November 2022
    6 min read
    H1_People_Pleaser.jpg

    Lainnya

    8 Tanda Kamu Adalah People Pleaser Beserta Tips untuk Meminimalisasinya

    Algonz D.B. Raharja

    11 November 2022
    5 min read
    H1_1._10_Rekomendasi_Buku_Sastra_Indonesia_Terbaik_Sepanjang_Masa.jpg

    Careers

    Rekomendasi Buku Sastra Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

    Anisa Sekarningrum

    11 November 2022
    6 min read

    Video