Published on

Lainnya

Mengenal Jenis-jenis Novel dan 10 Rekomendasi Novel Terbaik Sepanjang Masa

Alvina Vivian

H1_jwnis_novel.jpg

Novel menjadi salah satu bacaan yang banyak diminati oleh semua umur, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Tidak jarang yang mengoleksi berbagai jenis novel yang menarik. Tetapi, tahukah kamu bahwa novel terdiri dalam berbagai jenis yang dibedakan dalam beberapa kategori? Untuk lebih lengkapnya, mari simak penjelasan berikut ini!

Pengertian novel


Novel adalah karya tulisan yang menarik untuk dibaca (sumber: pexels)

Melansir Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), novel adalah karangan prosa yang panjang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekelilingnya dengan menonjolkan watak dan sifat setiap pelaku. Secara umum, novel adalah salah satu karya tulisan berbentuk prosa yang mengangkat sebuah cerita dari genre tertentu. Novel bisa diangkat langsung dari cerita asli seseorang semasa hidupnya atau hasil imajinasi seorang penulis yang tidak pernah terjadi di dunia nyata.

Baca juga: 10+ Aplikasi Baca Novel Gratis Terbaik di Tahun 2022

Jenis-jenis novel


Jenis-jenis novel sangat beragam (sumber: pexels)

Novel terdiri dari berbagai jenis yang dikelompokkan berdasarkan beberapa aspek seperti berikut ini.

1. Berdasarkan kejadian cerita dalam novel

Novel dapat dibagi menjadi dua berdasarkan kejadian yang diceritakan di dalam novel tersebut, yaitu novel fiksi dan novel nonfiksi. Keduanya cukup sering diangkat menjadi film yang persis dengan alur cerita dari novel.

  • Novel fiksi

Novel fiksi adalah novel yang dibuat dari kisah khayalan atau imajinasi penulisnya. Kejadian yang diceritakan pada novel ini bukan didasari oleh kejadian asli, bahkan cerita tersebut tidak mungkin terjadi di dunia nyata. Tujuan dari novel fiksi ini selain untuk mencurahkan imajinasi penulis. Tidak sedikit novel yang memasukkan pesan kehidupan di dalamnya dengan cara yang unik. Beberapa contoh novel fiksi yang paling terkenal dan banyak disukai oleh pembaca adalah novel Harry Potter, Star Wars, The Great Gatsby, dan Hunger Games.

  • Novel nonfiksi

Novel nonfiksi adalah kebalikan dari novel fiksi. Cerita yang disampaikan dalam novel nonfiksi merupakan kejadian riil atau kejadian nyata yang terjadi, bisa dari kisah hidup yang dialami penulis sendiri atau dari pengalaman orang lain. Peristiwa yang diangkat pada cerita novel nonfiksi bersumber dari rangkaian fakta-fakta yang terjadi berurutan di sebuah kehidupan.

Contoh karya novel yang bisa kamu kenali, yaitu seperti jurnal, esai, biografi, atau novel nonfiksi kesayangan kamu. Beberapa karya novel nonfiksi yang cukup terkenal di Indonesia adalah 5 Menara, Sokola Rimba, Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat, Madilog, Habibie & Ainun, dan lain-lain.

2. Berdasarkan genre

  • Romansa

Jenis novel romansa yang membawakan cerita kisah-kisah romantis. Umumnya, novel romansa membahas tentang lika-liku percintaan seseorang dalam kehidupannya. Contoh novel romansa yang cukup terkenal, yaitu Dilan, Geez & Ann, dan Dear Nathan.

  • Misteri

Novel misteri berisikan kisah misterius dengan teka-teki yang cukup rumit. Alur pada novel misteri umumnya diawali dengan suatu masalah yang muncul hingga proses terselesaikannya kasus tersebut. Tetapi, tidak jarang juga ada cerita yang sengaja membuat akhir cerita menggantung tanpa ada ending yang jelas.

  • Sejarah

Jenis novel sejarah menceritakan sejarah di masa lampau yang pernah terjadi. Kisah yang dibawakan pada jenis novel satu ini bisa berisikan tentang adanya peradaban dalam suatu negara, sejarah berkaitan dengan seorang tokoh, rangkaian kejadian fenomenal, atau berkembangnya sebuah tempat.

  • Islami

Novel bergenre religius yang mengandung pesan-pesan agama islam ini menceritakan tentang sebuah kisah kehidupan atau bisa juga menceritakan seorang tokoh agama. Selain itu, novel bergenre islami juga mengangkat cerita yang menanamkan nilai agama dari sebuah peristiwa.

  • Inspiratif

Jenis novel yang menginspirasi dan memotivasi orang lain ini diambil dari sebuah kisah yang pernah terjadi dalam hidup seseorang. Tidak jarang, seorang penulis mengangkat pengalaman nyata orang lain untuk dijadikan cerita dalam sebuah novel.

  • Komedi

Novel komedi adalah cerita dengan kisah lucu yang diselipkan pesan moral agar tetap bermakna. Umumnya, kisah ini bertujuan untuk menghibur orang namun dengan gaya komedi yang menarik tentunya untuk dibaca.

  • Horor

Novel horor merupakan genre novel yang membahas tentang kisah seram. Misalnya, tentang kisah horor yang pernah dialami seseorang, kisah tentang sebuah tempat angker dengan sejarah dan kejadian menarik, atau tentang sesosok makhluk halus. Contoh novel horor yang terkenal di Indonesia, yaitu seperti novel dari penulis Risa Saraswati berjudul Danur.

  • Science fiction

Sci-fi atau science fiction adalah cerita fiksi yang berkaitan dengan sains dan teknologi. Cerita ini bukan berasal dari pengalaman di kehidupan nyata. Umumnya, cerita seperti ini dibuat dari imajinasi penulis yang dikolaborasikan perkembangan teknologi dan gaya futuristik. Serunya, novel sci-fi bisa membuat kamu merasa sedang di masa depan dan mempelajari ilmu sains dengan cara yang lebih asik.

  • Fanfiction

Fanfiction berasal dari dua kata fan dan fiction. Artinya, fanfiction adalah genre novel fiksi karya para fans dari sebuah cerita yang dibuat dalam sudut pandang berbeda. Misalnya cerita Godzilla yang dibuat seakan-akan hidup dalam lingkungan konoha berjudul “Godzilla in Konoha”. Kebanyakan novel fanfiction tidak dibukukan dan bisa kamu baca secara digital.

  • Anak-anak

Novel untuk anak-anak umumnya berisikan visual yang lebih menarik dan berwarna dengan cerita yang cukup ringan namun tempat mengandung pesan kehidupan. Jumlah halaman pada novel anak-anak terkadang tidak sebanyak yang ada di novel untuk orang dewasa. Selain itu, cerita yang ada di dalamnya juga dibuat lebih ringan sehingga lebih mudah dipahami.

  • Petualang

Novel bertema petualang berisikan kisah seseorang saat menjelajahi sebuah kawasan tertentu dengan alur cerita yang menarik. Misalnya, cerita tentang perjalanan seseorang ketika berkunjung ke sebuah wisata alam dan bagaimana mereka melewati masalah untuk sampai ke puncak. Terkadang cerita petualangan ini mengkombinasikan cerita yang terinspirasi dari kisah asli dan dikembangkan dengan sentuhan imajinasi penulis.

  • Action

Sama seperti di film, novel bergenre action menceritakan sebuah kisah yang penuh aksi, pertarungan, dan menantang. Untuk membangun adrenalin pada novel action memang tidak semudah saat di film. Tetapi, beberapa penulis mengkombinasikan genre action dengan genre petualang dan misteri.

3. Berdasarkan tokoh dan isi cerita

  • Chicklit: Novel yang menceritakan proses hidup karakter dalam kisah percintaan hingga kesuksesan hidupnya.
  • Teenlit: Jenis novel yang dibuat dengan bahasa yang lebih santai dan ditujukan untuk remaja dengan pembahasan mengenai proses pendewasaan.
  • Songlit: Novel yang terinspirasi dari sebuah lagu yang dikembangkan menjadi sebuah novel menarik.
  • Metropop: Novel yang membahas tentang kehidupan seseorang di kawasan metropolitan yang berkaitan dengan karier, kehidupan, dan juga percintaan. 

Baca juga: 7 Rekomendasi buku motivasi yang bikin semangat

10 Rekomendasi novel terbaik sepanjang masa


10 Rekomendasi novel terbaik sepanjang masa (sumber: pexels)

Bingung ingin mulai membaca novel yang mana? Yuk, intip rekomendasi novel terbaik sepanjang masa berikut ini.

  1. Laskar Pelangi oleh Andrea Hirata
  2. Bumi Manusia oleh Pramoedya Ananta Toer
  3. Ronggeng Dukuh Paruk oleh Ahmad Tohari
  4. Cantik Itu Luka oleh Eka Kurniawan
  5. Hujan Bulan Juni oleh Sapardi Djoko Damono
  6. Pulang oleh Leila S. Chudori
  7. Saman oleh Ayu Utami
  8. Supernova oleh Dewi Lestari
  9. Negeri 5 Menara oleh Ahmad Fuadi
  10. Tenggelamnya Kapal van der Wijck oleh Hamka

Baca juga: Senang menulis jurnal? Cobalah Rocketbook Wave!

Dari rekomendasi novel di atas manakah yang paling kamu suka? Ternyata ada banyak jenis novel yang bisa kamu eksplor. Coba mulai baca rekomendasi novel terbaik sepanjang masa dan cari tahu jenis novel apa yang sesuai denganmu. Selain melalui artikel dari EKRUT Media, berbagai informasi dan tips menarik tersedia pula di YouTube EKRUT Official. Jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • deepublish.com
  • masterclass.com
  • creative-writing.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_Cara_Menghitung_IPK_dan_IP_dengan_Mudah_dan_Cepat_yang_Wajib_Diketahui_Mahasiswa.jpg

    Lainnya

    Cara Menghitung IPK dan IP dengan Mudah dan Cepat yang Wajib Diketahui Mahasiswa

    Sartika Nuralifah

    22 September 2022
    5 min read
    H1.JPG

    Lainnya

    Ingin Work From Bali? Berikut 5 Rekomendasi Tempat Tinggal Seminggu!

    Mentari Nurmalia

    20 September 2022
    6 min read
    Contoh_BUMN.jpg

    Careers

    12 Contoh BUMN (Badan Usaha Milik Negara) Berdasarkan Kluster Industri

    Mauditalani

    20 September 2022
    7 min read

    Video