Published on

startup

10 Sekuritas terbaik Indonesia yang aman digunakan untuk investasi saham

Muhammad Bimo Meifri Saptiawan

10_Perusahaan_sekuritas_terbaik_Indonesia_untuk_memulai_investasi_saham_2021.png

Topik menyangkut investasi saham saat ini sedang banyak diperbincangkan oleh berbagai kalangan. Dengan demikian mengindikasikan bahwa masyarakat memiliki ketertarikan berinvestasi di instrumen lain diluar investasi konvensional seperti emas maupun properti.

Berbeda dengan investasi konvensional, berinvestasi saham atau reksadana dibutuhkan perantara perusahaan sekuritas terbaik dalam proses jual dan beli. Nah, jika kamu tertarik untuk memulai berinvestasi dalam bentuk saham maupun investasi, kenali dahulu daftar perusahaan sekuritas terbaik yang nantinya bisa kamu pilih. Artikel ini akan membahas secara lengkap, daftar perusahaan sekuritas terbaik.

Apa itu perusahaan sekuritas?

Apa itu perusahaan sekuritas?
Perusahaan sekuritas terbaik menjadi perantara jual beli saham- EKRUT

Perusahaan sekuritas adalah perusahaan yang berperan sebagai perantara dalam transaksi jual beli saham (trading saham), reksadana, dan instrumen perdagangan efek pasar modal. Sebuah perusahaan sekuritas wajib mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebelum menjalankan kegiatan usahanya.

Secara umum, perusahaan sekuritas memiliki tiga ruang lingkup kegiatan yang meliputi manajer investasi, penjamin emisi efek (underwriter), dan perantara perdagangan efek (broker-dealer). Secara lengkap perusahaan sekuritas sebagai manajer investasi bertugas mengelola portofolio efek nasabah berdasarkan perjanjian dan ketentuan yang berlaku.

Kemudian peran perusahaan sekuritas sebagai penjamin emisi efek adalah membantu calon perusahaan terbuka (emiten) untuk melakukan penawaran umum saham (IPO). Sedangkan peran sebagai perantara perdagangan efek adalah melakukan kegiatan jual beli efek atau surat berharga yang dilakukan nasabah atau kepentingan perusahaan.

10 Perusahaan sekuritas terbaik Indonesia

10 Perusahaan sekuritas terbaik Indonesia
Ada banyak sekuritas terbaik di Indonesia yang terdaftar di OJK - EKRUT

Jika kamu berniat untuk memulai berinvestasi saham, langkah pertama yang dilakukan adalah mendaftarkan diri membuat akun di perusahaan sekuritas terbaik. Ada banyak pilihan sekuritas terbaik di Indonesia yang telah terdaftar di OJK. Saat ini diperkirakan terdapat hampir 100 perusahaan sekuritas terbaik yang berizin.

Dibawah ini akan dijelaskan 10 perusahaan sekuritas terbaik di Indonesia yang bisa kamu pilih untuk memulai investasi saham maupun instrumen lain.

1. Indo Premier Sekuritas

Perusahaan sekuritas pertama adalah Indo Premier Sekuritas yang telah beroperasi sejak 1996. Indo Premier Sekuritas adalah perusahaan sekuritas swasta yang melayani aktivitas jual beli efek bagi individu maupun korporasi. Dengan aktivitas transaksi obligasi yang mencapai Rp10 triliun pada awal 2019, menempatkan Indo Premier pada posisi pertama perusahaan sekuritas dalam persaingan pasar obligasi.

Perusahaan yang memiliki kode PD ini, menawarkan beragam produk dan layanan yang meliputi investasi jual beli saham, reksadana, investment banking bagi korporasi, perencanaan keuangan, sales & trading equity, dan sales & trading fixed income bagi korporasi.

Beberapa kelebihan yang dimiliki Indo Premier antara lain rendahnya biaya pendaftaran awal yang mulai dari Rp100.000. Selain itu, tersedianya Rekening Dana Investor (RDI) pada beberapa bank besar, biaya transaksi saham yang bersaing, hingga tersedianya aplikasi jual beli efek yang dikenal dengan IPOT (Indo Premier Online Trading).

2. Mirae Asset Sekuritas Indonesia

Mirae Asset Sekuritas Indonesia adalah perusahaan sekuritas terbaik yang telah berdiri sejak tahun 1994. Pada tahun 2018, perusahaan sekuritas ini pernah dinobatkan sebagai perusahaan sekuritas terbaik di indonesia. Mirae Asset Sekuritas Indonesia memiliki beragam produk dan layanan efek yang ditujukan bagi individu maupun korporasi.

Beberapa produk dan layanan tersebut meliputi transaksi jual beli saham, obligasi, reksadana, perencanaan dan riset korporasi, hingga membantu proses akuisisi atau merger, dan pencatatan perdana saham. Beberapa kelebihan yang dimiliki Mirae Asset Sekuritas Indonesia adalah tersedianya aplikasi untuk online trading, tidak adanya biaya administrasi bulanan, layanan bantuan 24 jam, hingga biaya transaksi saham yang bersaing mulai dari 0,25% untuk jual dan 0,15% untuk beli.

3. Mandiri Sekuritas

Perusahaan sekurita berikutnya adalah Mandiri Sekuritas yang terafiliasi dengan organisasi induk yaitu Bank Mandiri. Sekuritas terbaik ini didirikan pada tahun 2000, dan hingga saat ini telah memiliki lebih dari 40 kantor layanan yang tersebar di berbagai daerah.

Mandiri Sekuritas menyediakan beragam layanan seperti perantara perdagangan efek dan penjamin emisi efek. Salah satu kelebihan layanan dari mandiri sekuritas adalah tersedianya fasilitas trading online yang bisa diakses melalui aplikasi maupun desktop yang dikenal dengan nama MOST. Saat ini para calon nasabah telah dimudahkan dengan sistem pendaftaran online dengan setoran awal yang terjangkau. Selain itu, jika kamu menggunakan Mandiri Sekuritas, biaya transaksi yang dibebankan juga kompetitif, di angka 0,28% (ditambah Rp5.000) untuk jual saham dan 0,18% (ditambah Rp5.000) untuk biaya beli saham.

4. Phillip Sekuritas Indonesia

Perusahaan yang telah hadir di Indonesia sejak tahun 1994 ini, merupakan bagian dari jaringan global PhillipCapital yang telah tersebar di 16 negara. Phillip sekuritas menyediakan beragam layanan mulai dari jual beli saham, reksadana, hingga obligasi. Menurut catatan otoritas bursa, saat ini nilai Modal Kerja Bersih Disesuaikan (MKBD) Phillip Sekuritas mencapai Rp 179 miliar.

Saat ini, Phillip Sekuritas juga telah menyediakan layanan trading online dengan sistem yang dimilikinya yaitu POEMS (Phillip’s Online Electronic Mart System). Sistem online ini pernah dinobatkan sebagai online trading terbaik pada tahun 2015. 

5. BNI Sekuritas

Salah satu anak perusahaan PT Bank Negara Indonesia yaitu BNI Sekuritas, telah hadir di Indonesia sejak tahun 1995. Beberapa layanan yang telah berizin dari OJK meliputi perdagangan efek dan reksadana, hingga jasa penjamin emisi efek.

Beberapa kelebihan dari BNI Sekuritas antara lain kredibilitas yang baik, tersedianya produk syariah maupun reguler, setoran awal yang terjangkau (mulai dari Rp1.000.0000), tersedianya fasilitas trading online, hingga biaya jual beli yang kompetitif. Saat ini biaya jual beli efek yang dibebankan adalah 0,27% untuk biaya jual, dan 0,17% untuk biaya beli melalui layanan online.

6. NH Korindo Sekuritas Indonesia

NH Korindo Sekuritas Indonesia adalah perusahaan sekuritas yang hadir dan mulai melayani sejak tahun 2008. Sekuritas terbaik ini memiliki induk perusahaan asal Korea Selatan yaitu NH Investment & Securities. Beberapa layanan yang ditawarkan NH Korindo antara lain online trading, fixed income, investment banking, wealth management, hingga layanan riset. Untuk membuat akun sekuritas di NH Korindo, dapat dilakukan secara online dengan nominal setoran awal yang diperlukan sebesar Rp1.000.000. Saat ini untuk pendaftaran online hanya bekerjasama dengan bank BCA.

7. CGS-CIMB Sekuritas Indonesia

CGS-CIMB Sekuritas Indonesia merupakan perusahaan sekuritas terbaik gabungan antara CGS (China Galaxy Securities Co., Ltd) dengan CIMB Group. Dengan fokus layanan dan produknya meliputi perdagangan saham, obligasi, hingga layanan pembiayaan investasi. Beberapa keunggulan dari CGS-CIMB Sekuritas Indonesia meliputi dukungan panduan investasi dengan tersedianya tim riset baik regional maupun internasional, kemudahan pembukaan akun melalui online, bekerjasama dengan bank besar untuk Rekening Dana Nasabah (RDN).

8. Deutsche Sekuritas Indonesia

Deutsche Sekuritas Indonesia adalah bagian dari induk perusahaan Deutsche Bank yang berasal dari Jerman. Perusahaan sekuritas ini didirikan pada tahun 1990, dan telah memiliki izin dari OJK untuk melaksanakan kegiatan penjamin emisi efek dan aksi korporasi. Sejak tahun 2018 Deutsche Sekuritas Indonesia berada di urutan 9 dengan transaksi tertinggi di antara broker-broker yang ada di Indonesia. Namun, pada 17 April 2020, Deutsche Sekuritas Indonesia melakukan permintaan pencabutan keanggotaan bursa dikarenakan adanya restrukturisasi bisnis dalam negeri maupun global. 

9. RHB Sekuritas

RHB Sekuritas telah beroperasi sejak tahun 1990 dan saat ini merupakan bagian dari RHB Banking Group asal Malaysia. RHB Sekuritas memiliki nilai Modal Kerja Bersih Disesuaikan (MKBD) yang cukup besar sehingga memberikan kredibilitas tersendiri dibandingkan perusahaan sekuritas lainnya.

Beberapa produk yang ditawarkan RHB Sekuritas meliputi equity sales dan brokerage, fixed income, investment banking, hingga jasa riset investasi. Salah satu kelebihan dari RHB Sekuritas adalah deposit awal pendaftaran yang rendah mulai dari Rp100.000, tersedianya rekening dana nasabah di beberapa bank besar, online trading, hingga biaya transaksi yang bersaing.

10. Citigroup Sekuritas Indonesia

Perusahaan sekuritas terbaik selanjutnya adalah Citigroup Sekuritas Indonesia yang merupakan perusahaan patungan antara mitra usaha Indonesia dengan Citibank Overseas Investment Corporation. Perusahaan sekuritas ini telah berdiri sejak 1989 dimana layanan yang ditawarkan sebagai perantara perdagangan efek dan penjamin emisi efek.

Daftar perusahaan sekuritas yang terdaftar di BEI

Daftar perusahaan sekuritas yang terdaftar di BEI
Pertimbangkan biaya jual beli saham yang dibebankan saat memilih sekuritas terbaik - EKRUT

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, saat ini terdapat hampir 100 perusahaan sekuritas yang terdaftar di Indonesia dan mendapatkan izin dari OJK. Dari banyaknya perusahaan sekuritas terbaik ini, telah tersebar dan memiliki perwakilan di beberapa kota besar di Indonesia. Berikut ini beberapa daftar perusahaan sekuritas yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, dalam wilayah Jakarta Selatan. Bagi kamu yang berada di wilayah lainnya, bisa mengecek secara langsung daftar perusahaan sekuritas di website Bursa Efek Indonesia.

No Kode Perusahaan Nama Perusahaan Sekuritas
1. NI BNI SEKURITAS
2. RF BUANA CAPITAL SEKURITAS
3. YU CGS-CIMB SEKURITAS INDONESIA
4. MK EKUATOR SWARNA SEKURITAS
5. IN INVESTINDO NUSANTARA SEKURITAS
6. YB JASA UTAMA CAPITAL SEKURITAS
7. HD KGI SEKURITAS INDONESIA
8. RX MACQUARIE SEKURITAS INDONESIA
9. CC MANDIRI SEKURITAS
10. CD MEGA CAPITAL SEKURITAS

Nah, jika kamu tertarik mendapatkan informasi serupa, hingga informasi terbaru seputar karir maupun persiapan mendapatkan pekerjaan baru, langsung saja daftar dan buat akun di EKRUT.

Nah, itulah daftar 10 perusahaan sekuritas terbaik di Indonesia yang bisa dipilih untuk memulai investasi saham. Kamu bisa mempertimbangkan sekuritas terbaik mana yang akan dipilih berdasarkan kelebihan-kelebihan yang telah dijelaskan di atas.

Simak tips negosiasi gaji bagi para profesional yang sedang berencana untuk berpindah tempat kerja. Selengkapnya di video berikut.

sign up EKRUT

Tags

Share