Technology

10 Rekomendasi Aplikasi Pembuat Video Animasi [2022]

Published on
Min read
8 min read
time-icon
H1_aplikasi_untuk_membuat_animasi.jpg

Apakah kamu pernah melihat kartun animasi atau media presentasi yang menggunakan animasi sebagai dasarnya? Seperti yang diketahui, animasi memang sangat menarik untuk dilihat. Tidak sedikit juga yang menggunakan animasi sebagai media pembelajaran di sekolah. Jika kamu ingin membuat animasi, rekomendasi aplikasi pembuat animasi berikut ini bisa kamu coba. Mulai dari yang mudah untuk pemula hingga yang lengkap dengan berbagai fitur untuk pro. Yuk, simak daftarnya berikut ini!

1. Wideo


Wideo (sumber: google)

Wideo adalah aplikasi untuk membuat animasi yang cocok bagi pemula. Kamu bisa memasukkan berbagai aset seperti gambar atau musik bahkan teks dengan cara drag and drop saja. Setelah itu, kamu bisa mengubah warna atau background sesuai dengan yang kamu inginkan. Di akhir, kamu bisa ekspor video untuk e-card video, presentasi animasi, atau company video.

2. Doodly


Doodly (sumber: google)

Aplikasi Doodly dikenal sebagai aplikasi untuk membuat animasi dengan gaya whiteboard animation. Artinya, animasi yang kamu buat seakan akan dituliskan di atas whiteboard dengan tambahan tangan memegang spidol sedang melukiskan animasi yang akan kamu buat. Eits, jangan salah! Doodly tidak hanya untuk animasi hitam putih saja, lho! Kamu bisa membuat animasi berwarna dan dengan berbagai gaya kartun serta menambahkan background musik pada animasi yang kamu buat.

3. Blender


Blender (sumber: google)

Buat kamu yang belum tahu, Blender adalah sebuah aplikasi pembuat animasi yang cukup komplit. Aplikasi pembuat animasi 3D ini bisa digunakan untuk kebutuhan yang lebih profesional karena fitur yang dimiliki cukup lengkap. Kamu bisa mengatur point of view kamera, memberi tekstur pada objek, memberi nama objek, membuat pergerakan atau transisi per keyframe dan mengekspornya ke format video. Kamu perlu menginstalasi aplikasi Blender di komputermu tanpa harus melakukan pembayaran karena Blender adalah aplikasi open-source dan gratis untuk digunakan siapapun.

Baca juga: Motion Graphic: Tugas, Peran, dan 5 Software Penting

4. Adobe Animate


Adobe Animate (sumber: google)

Adobe Animate adalah salah satu produk Adobe yang digunakan untuk membuat animasi yang dulunya disebut dengan Macromedia Flash. Aplikasi yang dirilis tahun 2020 ini punya berbagai fitur menarik, seperti animate camera, vector brushes, font, audio synchronized, dan format ekspor atau impor yang bisa ke berbagai format.

Menariknya, Adobe Animate sudah bisa digunakan untuk membuat animasi yang di augmented reality. Kemudian pada bagian ekspor, kamu bisa memilih berbagai format seperti HTML5 Canvas, Snap SVG, Flash Player, dan WebGL. Aplikasi Adobe Animate cukup bagus untuk digunakan pemula hingga tingkat intermediate.

5. Autodesk Maya


Autodesk Maya (sumber: google)

Autodesk Maya merupakan sebuah aplikasi yang ditujukan untuk membuat animasi 3D yang banyak digunakan untuk kebutuhan komersial. Aplikasi ini merupakan aplikasi berbayar, ya. Tetapi jika kamu ingin mencoba Autodesk Maya, kamu bisa mengambil free trial yang disediakan. Beberapa fitur unggulan yang disediakan yaitu, modelling, fast playback, bifrost for Maya, USD (untuk memuat data yang besar secara cepat), dan graph editor.

6. Animaker


Animaker (sumber: google)

Aplikasi untuk membuat animasi 2D satu ini merupakan software gratis yang memang ditujukan untuk pemula dan juga sudah mendukung 2.5D. Selain itu, Animaker juga sudah memiliki berbagai fitur menarik seperti drag and drop untuk aset, pemilihan berbagai background, dan aset-aset lucu yang disediakan. Tidak hanya untuk membuat video animasi, Animaker memungkinkanmu untuk membuat video GIF hingga live video editing.

Baca juga: Animator Adalah: Definisi, Peran dan Tanggung Jawab, Skill-set, dan Proyeksi Karier 2022

7. Powtoon


Powtoon (sumber: google)

Powtoon adalah aplikasi untuk membuat animasi online yang paling banyak digunakan. Keunggulan yang dimiliki aplikasi ini adalah fitur-fitur yang dimilikinya sangat mudah digunakan bahkan jika kamu belum pernah membuat animasi sekalipun. Karena aplikasi ini online, kamu tidak perlu menginstalasinya terlebih dahulu di komputer. Semua tools yang ada di dalamnya bisa kamu akses secara online.

Jika kamu bingung akan membuat animasi yang seperti apa, kamu bisa menggunakan berbagai template yang disediakan dan sesuaikan dengan kebutuhanmu. Untuk menaruh dan memasukkan aset, kamu bisa hanya perlu drag and drop dan atur tempat serta waktu kapan aset tersebut akan dimunculkan. Powtoon tersedia dalam dua jenis paket, gratis dan berbayar. Untuk versi gratis, akan ada watermark pada animasi yang kamu buat. Sedangkan untuk aplikasi versi berbayar, kamu bisa mengakses fitur pelengkap lainnya.

8. OpenToonz


Opentoonz (sumber: google)

Aplikasi Opentoonz merupakan sebuah software open-source untuk membuat animasi 2D yang bisa digunakan secara gratis untuk kepentingan komersial atau nonkomersial. Menariknya, aplikasi satu ini ternyata digunakan untuk produksi animasi di Studio Ghibli, lho! Penjelasan yang diberikan pada website mereka pun cukup lengkap, jika kamu ingin mempelajari tools satu ini, kamu bisa membaca dokumentasi yang telah disediakan. Dari segi fitur, ada cukup banyak tools yang bisa kamu gunakan seperti mengkombinasikan tekstur dan gambar, memberikan efek-efek pada animasi dari efek yang disediakan, hingga efek transisi atau distortion.

9. Toontastic 3D


Toontastic 3D (sumber: google)

Toontastic 3D adalah sebuah aplikasi yang merupakan salah satu produk Google. Kamu bisa menggambar dan membuat animasi dari karakter yang telah tersedia atau yang kamu gambar. Tambahkan beberapa karakter lain agar animasimu makin terlihat menarik. Kemudian, pilih juga latar cerita dan setting yang kamu inginkan, lalu beri tulisan dan sentuhan dekorasi. Kini, kamu berhasil membuat animasi yang lucu dari Toontastic 3D. Untuk menggunakannya, kamu perlu mengunduhnya di perangkatmu.

10. Flipaclip


Flipaclip (sumber: google)

Flipaclip merupakan aplikasi untuk membuat animasi yang bisa digunakan baik di smartphone maupun di komputer. Fitur yang dimilikinya pun cukup beragam, mulai dari menggambar dan mengubahnya menjadi animasi, pengaturan FPS, bisa disinkronkan dengan pena digital, membuat sketsa, dan lain-lain.

Baca juga: Menjadi Animator dengan Stop Motion: Pengertian, Tipe, dan Cara Pembuatannya

Itu tadi sederet rekomendasi aplikasi untuk membuat animasi terbaik di tahun ini. Kamu bisa menyesuaikan gaya dan tujuan pembuatan animasi dengan tools yang kamu gunakan, ya. Untuk pemula, ada baiknya untuk memilih aplikasi pembuat animasi yang sederhana terlebih dahulu sembari mempelajari fitur yang ada di aplikasi pro.

Jika kamu ingin mengetahui informasi seputar pengembangan karier dan artikel menarik lainnya, baca artikel terbaru di EKRUT Media atau tonton video informatif terbaru yang ada di YouTube official EKRUT. Jika kamu sedang mencari pekerjaan, klik sign up di EKRUT sekarang dan jadi yang pertama mengetahui lowongan kerja di perusahaan ternama! 

Sumber:

  • oberlo.com
  • explain.ninja
  • webflow.com
  • justinmind.com
  • breadnbeyond.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    cache-dan-cookies-EKRUT.jpg

    Technology

    Fungsi cache dan cookies yang tak banyak diketahui!

    Maria Yuniar

    28 November 2022
    4 min read
    Google_Data_Studio_Fungsi__Fitur_Utama__Integrasi_Platform_dan_Cara_Menggunakannya.jpg

    Technology

    Google Data Studio: Fungsi, Fitur Utama, Integrasi Platform, dan Cara Menggunakannya

    Sartika Nuralifah

    28 November 2022
    8 min read
    Ssstiktok_Download_Video_TikTok_tanpa_Watermark_Secara_Online_2022.jpg

    Technology

    SSSTikTok Download Video TikTok Tanpa Watermark Online 2022

    Sylvia Rheny

    25 November 2022
    5 min read

    Video