Published on

Technology

17 Pilihan Aplikasi Video Call Terbaik [2022]

Alvina Vivian

H1_aplikasi_video_call.jpg

Makin berkembangnya teknologi, jarak yang jauh pun kini bukan suatu masalah untuk saling berkomunikasi. Selain menggunakan audio call, kamu juga bisa melakukan panggilan video menggunakan aplikasi video call yang ada di internet saat ini. Dari sekian banyak pilihan, berikut rekomendasi aplikasi video call terbaik yang bisa kamu coba.

1. Telegram


Telegram (sumber: google)

Telegram adalah sebuah aplikasi media komunikasi yang memiliki berbagai macam fitur. Selain untuk chatting, Telegram juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan video. Keunggulan dari aplikasi video call di Telegram adalah banyaknya pengguna yang bisa bergabung di satu panggilan video secara grup. Bahkan, kamu bisa mengajak hingga 1.000 pengguna untuk bergabung di group video call tersebut. Fitur ini cocok digunakan untuk diskusi santai pada komunitas atau keluarga besar.

2. WhatsApp


WhatsApp (sumber: google)

Siapa yang tidak tahu WhatsApp? Salah satu media komunikasi ini memang sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat. WhatsApp paling banyak digunakan sebagai aplikasi video call individu ke individu atau panggilan video secara grup. Namun, berbeda dengan Telegram, saat ini WhatsApp hanya terbatas pada 8 orang dalam satu panggilan video call grup.

3. Skype


Skype (sumber: google)

Skype menjadi salah satu aplikasi video call terbaik yang sudah ada sejak 2003. Tidak hanya bisa digunakan untuk  layanan panggilan video bersama sahabat atau rekan kerja, Skype juga tersedia untuk kepentingan bisnis. Berbeda dengan Zoom yang terbatas untuk 40 menit panggilan saja, Skype bisa kamu gunakan bahkan lebih dari 24 jam. Selain itu, Skype juga memiliki fitur lain seperti merekam panggilan, whiteboard, dan berbagai file saat panggilan berlangsung.

4. Facetime


Facetime (sumber: google)

Bagi pengguna produk Apple, kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Facetime. Aplikasi video call dan panggilan suara satu ini merupakan aplikasi yang paling sering digunakan pengguna iPhone atau produk Apple lainnya. Selain dapat tersinkron di tiap perangkat Facetime juga dapat menampilkan hasil video dan audio yang lebih jernih.

Meski hanya tersedia di perangkat Apple, kamu bisa menghubungi rekan yang menggunakan perangkat Android dengan cara mengirimkan link untuk bergabung di panggilan video atau suara. Sehingga, rekan yang ingin kamu hubungi tersebut tidak perlu mengunduh aplikasi Facetime terlebih dahulu.

5. Google Meet


Google Meet (sumber: google)

Google Meet adalah sebuah layanan dari Google yang cocok untuk digunakan sebagai aplikasi video call dengan konteks kerja dan sekolah online. Meski lebih sering digunakan untuk pertemuan secara formal, Google Meet juga bisa dipakai untuk diskusi santai atau panggilan video satu orang ke orang lain. Dengan fitur share screen, kamu bisa menonton film bersama dengan teman-teman yang berada jauh dari tempatmu.

Baca juga: 12 Aplikasi Edit Video Tanpa Watermark untuk Pengguna Android dan iOS

6. Signal


Signal App (sumber: google)

Selanjutnya ada aplikasi video call bernama Signal yang sudah diunduh lebih dari 2 juta pengguna dan mendapatkan ulasan 4,6 bintang. Signal memiliki fitur yang cukup lengkap untuk digunakan sebagai alat komunikasi baik bisnis maupun personal, di antaranya ada fitur chat melalui teks, audio, melakukan panggilan suara dan video, dark mode, dan salah satu fitur yang diunggulkan dari aplikasi ini adalah keamanannya.

7. Discord


Discord (sumber: google)

Discord kini tidak hanya dikenal sebagai platform untuk berkomunikasi bagi para gamers saja. Banyak komunitas yang menggunakan Discord sebagai tempat untuk berdiskusi, sharing, dan melakukan panggilan video bersama anggotanya. Fitur-fitur menarik yang dimiliki Discord memang patut untuk dieksplor.

8. Google Duo


Google Duo (sumber: google)

Selain Google Meet, Google juga memiliki produk bernama Google Duo di mana aplikasi video call ini memang dibuat untuk melakukan panggilan video ke orang-orang terdekat saja. Kamu masih bisa menggunakan fitur share screen seperti yang ada di Google Meet melalui handphone-mu. Tidak hanya di handphone, Google Duo juga tersedia dalam versi desktop.

9. Tango


Tango video chat (sumber: google)

Tango adalah sebuah aplikasi video call gratis yang bisa diunduh di Play Store dan App Store. Seperti di aplikasi LINE dan Instagram, kamu juga bisa menggunakan berbagai filter lucu yang ada di Tango. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk melakukan live streaming.

10. Imo


Imo (sumber: google)

Selanjutnya, ada aplikasi video call Imo yang menyediakan fitur untuk mengirimkan dokumen, file, musik, video, dan tentunya melakukan panggilan video dan suara. Diulas hingga 7 juta pengguna, Imo terus mengembangkan fitur yang dimilikinya dan tentunya bisa diunduh di Android atau iPhone.

11. Viber


Viber (sumber: google)

Aplikasi Viber merupakan salah satu aplikasi video call yang bisa digunakan baik di perangkat handphone atau desktop sekalipun. Aplikasi ini juga akan melakukan sinkronisasi dari chat yang ada di kedua perangkat tersebut. Sudah diulas oleh lebih dari 15 juta orang, Viber bisa jadi alternatif aplikasi video call yang menarik untuk kamu coba. Kamu bisa mengirimkan stiker, GIF, melakukan komunikasi via chat, dan mengirimkan berbagai dokumen.

Baca juga: 10+ Aplikasi Baca Novel Gratis Terbaik di Tahun 2022

12. Messenger


Messenger (sumber: google)

Messenger adalah salah satu layanan yang dibuat oleh Facebook. Selain untuk berkomunikasi lewat teks melalui chatting, Messenger juga menyediakan fitur panggilan video. Kamu tidak perlu khawatir lagi karena aplikasi video call terbaik satu ini sudah dilengkapi dengan end-to-end encryption yang membuat panggilan tersebut aman.

13. Instagram


Instagram (sumber: google)

Media sosial satu ini memang sudah dilengkapi berbagai fitur yang cukup komplit. Selain adanya DM sebagai tempat untuk berkomunikasi melalui teks, Instagram juga sudah menyediakan fitur video call secara individu atau secara grup. Bahkan sejak terhubung dengan Messenger milik Facebook, kamu bisa melakukan video call bersama 49 orang lain dalam satu panggilan. Sembari melakukan panggilan, kamu bisa tetap scrolling dan menelusur Instagram. Selain itu, Instagram juga menyediakan fitur filter yang bisa kamu gunakan saat melakukan panggilan video.

14. JusTalk


JusTalk (sumber: google)

JusTalk menawarkan pengalaman aplikasi video call yang sederhana namun banyak fitur yang aman untuk digunakan. Menariknya, JusTalk juga menyediakan JusTalk for kids yang dirancang khusus untuk pengguna anak-anak. Jika kamu tertarik menggunakan aplikasi ini, tidak perlu khawatir karena selain aman, aplikasi ini juga bisa digunakan secara gratis.

15. Microsoft Team


Microsoft Team (sumber: google)

Team atau Microsoft Team adalah salah satu aplikasi video call yang banyak digunakan oleh perkantoran untuk melakukan meeting secara online. Untuk dapat tergabung dalam sebuah meeting atau panggilan video di aplikasi ini, kamu bisa mengakses tautan tanpa harus login ke akun Microsoft terlebih dahulu. Tidak selalu digunakan untuk pertemuan formal, kamu juga bisa memanfaatkan Microsoft Team untuk melakukan panggilan video dengan teman.

16. LINE


LINE app (sumber: google)

Aplikasi video call terbaik selanjutnya adalah LINE. Fitur yang dimiliki LINE dalam panggilan video ini cukup menarik. Kamu bisa menggunakan berbagai macam filter yang bisa diimplementasikan saat panggilan berlangsung. Selain itu, kamu juga bisa mengganti background yang telah disediakan. Fitur nonton bareng saat panggilan video secara grup juga seru untuk kamu coba.

17. Hola


Hole (sumber: google)

Hola adalah sebuah aplikasi video call yang membuka kesempatan bagi kamu untuk bertemu orang baru di dunia. Diluncurkan pada tahun 2021, Hola menjadi platform untuk mendapatkan teman baru dengan latar belakang yang beragam. Kamu juga bisa bermain bersama dengan temanmu pada aplikasi ini.

Baca juga: 10+ Aplikasi To-Do List Ini Bantu Kamu Jadi Lebih Produktif

Kamu pasti sudah tahu beberapa aplikasi yang telah disebutkan di atas. Aplikasi apa saja yang sedang kamu gunakan? Selain aplikasi yang sudah di-install di handphone-mu sekarang, tidak ada salahnya untuk mencoba rekomendasi aplikasi lainnya dengan fitur baru dan berbeda. Semoga artikel di atas bisa bermanfaat untukmu, ya!

Selain dari artikel EKRUT Media ini, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT Official. Nah, jika ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru, kamu cukup sekali sign up EKRUT untuk mendapatkan lebih dari satu kali undangan interview oleh berbagai perusahaan ternama!

Sumber:

  • theverge.com
  • dewaweb.com
  • tomsguide.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-cottonbro-7595266.jpg

    Technology

    YouTube Desktop Dashboard: Cara Mengukur Performa Konten Video yang Efektif di Tahun 2022

    Chrissila Jessica

    06 October 2022
    5 min read
    H1_cara_membuat_linktree.jpg

    Technology

    Cara Membuat Linktree dengan Mudah di Bio Instagram [2022]

    Alvina Vivian

    06 October 2022
    6 min read
    H1_Google_Meet.jpg

    Technology

    Mengenal Google Meet, Mulai dari Manfaat, Fitur, hingga Cara Menggunakannya

    Algonz D.B. Raharja

    06 October 2022
    5 min read

    Video