Published on

Lainnya

5 Kreasi Unik yang Bisa Dibuat dari Barang Bekas

Detty Risetya

cover.jpg

Pernah terpikirkan untuk membuat kreasi unik dari barang bekas? Sekarang, banyak ide-ide membuat dekorasi dari barang bekas yang muncul di media sosial atau situs internet. Kamu bisa menyontek langsung ide-ide kreasi dari barang bekas untuk membuat pajangan dinding, tempat pensil, tempat perhiasan, dan masih banyak lagi.

Lagi pula, daripada barang bekas di rumah seperti botol plastik, CD bekas, tas kresek/kantong plastik hanya dibiarkan menumpuk, lebih baik dimanfaatkan agar punya nilai guna, atau bisa kamu jual secara online. Tertarik untuk mendapatkan tambahan penghasilan dari kreasi barang bekas? Yuk, simak ide-ide berikut ini!

Baca juga: Frugal Living, Gaya Hidup yang Cocok Diterapkan Anak Muda

Beberapa kreasi unik dari barang bekas dengan harga mahal


Beberapa kreasi unik dari barang bekas dengan harga mahal. (sumber: unsplash)

Mengubah barang bekas jadi barang berharga mahal? Bisa, kok! Inilah inspirasi yang bisa kamu sontek.

1. Menyulap botol bekas menjadi jewellery tray


Botol bekas menjadi jewellery tray (sumber: google)

Siapa bilang kamu harus merogoh kocek dalam untuk punya jewellery tray? Buktinya, hanya dengan sedikit kreativitas dan barang bekas berupa botol softdrink, kamu sudah bisa membuat tempat perhiasan bersusun.

Potong botol bekas menjadi beberapa bagian, lalu susun bertingkat dengan batang besi kecil atau batang kayu. Tak ada yang dapat menyangka, jewellery tray elegan ini ternyata dari barang bekas.

2. CD bekas menjadi dekorasi dinding


CD bekas menjadi dekorasi dinding (sumber: google)

Di era Cloud seperti sekarang, penyimpanan memakai CD sepertinya sudah jarang digunakan. Orang lebih suka memakai flashdisk atau penyimpanan digital berbasis CloudNah, kalau kamu punya barang bekas seperti Compact Disk atau CD tak terpakai menumpuk. Coba buat menjadi dekorasi dinding yang unik. Caranya mudah, CD diberi cat warna solid sesuka hatimu. Kemudian, kerik dengan pulpen bekas atau paku sehingga cat mengelupas dan membentuk motif yang diinginkan.

3. Lukisan bunga dari dasar botol softdrink


Lukisan bunga dari dasar botol softdrink (sumber: google)

Membuat lukisan yang indah dari barang bekas ternyata tidak sulit, lho! Ketimbang repot memulaskan cat dan kuas ke atas kanvas, kamu bisa menggunakan dasar botol softdrink. Celupkan bagian dasar botol softdrink ke dalam cat warna kesukaanmu. Lalu, tempelkan di atas kertas atau kanvas. Maka, akan muncul motif seperti bunga dengan lima kelopak dan satu titik di bagian tengah bunga. Praktis dan cepat banget, kan?

4. Kerajinan tangan dari CD bekas


Kerajinan tangan dari CD bekas (sumber: google)

Selanjutnya, kreasi barang bekas yang bernilai ekonomis dan estetis tinggi adalah pajangan dinding berbentuk burung dari CD bekas. Di tangan seniman sejati, CD atau cakram padat yang sudah menjadi barang bekas bisa jadi karya seni yang mengagumkan. Cara membuatnya, kepingan cakram padat dipotong-potong sedemikian rupa membentuk seperti bulu sayap. Lalu, ditempelkan sesuai desain yang diinginkan. Wow, hasilnya benar-benar bikin takjub, ya!

5. Mozaik gitar dari CD bekas


Mozaik gitar dari CD bekas (sumber: google)

Masih memakai barang bekas berupa cakram padat. Kali ini, kamu bisa membuat kerajinan mozaik dengan menempelkan potongan-potongan kecil cakram padat ke permukaan gitar. Sebagai ide atau inspirasinya, kamu bisa sontek dari gambar mozaik gitar ini. Kreativitasnya layak diacungi jempol!

Baca juga: 5 ide bisnis rumahan yang menguntungkan dan patut dicoba!

5 Situs untuk menjual barang bekas


5 Situs untuk menjual barang bekas. (sumber: unsplash)

Selanjutnya, hasil dari kreasi barang bekas bisa kamu jual secara online di situs-situs atau aplikasi e-commerce. Berikut di antaranya:

1. Shopee

Dikenal dengan nuansa warna oranye yang melekat, Shopee rupanya juga bisa menjadi tempat ideal menjual barang bekas. Kamu cukup membuat akun dan mengunggah foto hasil kreasi barang bekas sesuai petunjuk. Pastikan fotonya menarik dan jelas, agar semakin banyak pengguna Shopee yang tertarik membeli.

2. Tokopedia

Kompetitor Shopee yang juga banyak penggunanya di Indonesia adalah Tokopedia. Jual barang bekas atau barang baru, semuanya bisa di e-commerce berwarna hijau pupus ini. Banyak hasil karya seni dari barang bekas yang dijual di Tokopedia. Termasuk pajangan dinding, dekorasi interior, bahkan bahan-bahan dari barang bekas untuk mendukung usaha kreatif juga tersedia.

3. Bukalapak

Kepikiran pengin bikin lapak buat jualan hasil kreasi barang bekas? Yuk, buat aja di Bukalapak. Sebagai situs marketplace ternama di Indonesia, kamu juga bisa menawarkan produk seni atau kerajinan dari barang bekas di Bukalapak. Istimewanya, kalau kamu pilih jualan di marketplace, transaksi jauh lebih aman dari penipuan dan terjamin, ketimbang harus transfer uang langsung tanpa pihak ketiga.

4. OLX

Ada banyak barang bekas yang dijual melalui aplikasi OLX. Mulai dari kategori properti, kendaraan, pakaian, bahkan kerajinan tangan dari barang bekas. Makanya, kamu tak perlu ragu menawarkan hasil kreasi barang bekas karyamu ke OLX. Di sini, terdapat fitur geotagging yang menyaring lokasi penjual dan pembeli di wilayah terdekat. Jadi, akan sangat mudah jika kamu ingin menjual kreasi barang bekas dengan target pembeli di suatu wilayah tertentu.

5. Carousell

Tempat jualan barang bekas selanjutnya yang bisa kamu pertimbangkan adalah Carousell. Situs ini umumnya menjual barang fashion preloved. Seperti pakaian, sepatu, tas, dan lainnya. Tapi, tak menutup kemungkinan kalau kamu pun bisa menjual hasil kreasi barang bekas di kategori karya seni atau kerajinan tangan.

Nah, supaya semakin aman transaksinya, kamu bisa menggunakan metode pembayaran bayar di tempat atau Cash On Delivery. Tersedia juga rekening bersama sebagai alternatif pembayaran.

Baca juga: Mengenal thrifting, bisnis yang lagi hits di kalangan anak muda

Menghasilkan pundi-pundi rupiah bisa dengan berbagai cara. Termasuk dari mengolah barang bekas tak terpakai seperti limbah botol plastik atau CD bekas jadi hiasan interior cantik.

Bahkan, pekerja kreatif dengan selera seni dan kreativitas tinggi bisa berkesempatan mendapatkan karier yang cemerlang. Caranya mudah, sign up di EKRUT sekarang untuk mengembangkan kesempatan yang terbuka lebar di industri kreatif.

Sumber:

  • telset
  • seruni
  • popbela

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_Motif_Ekonomi.jpg

    Lainnya

    Sebutkan 4 Macam Motif Ekonomi? Berikut Informasi Selengkapnya!

    Lita Lia

    06 July 2022
    6 min read
    H1_(1).jpg

    Lainnya

    Ingin Punya Event Organizer? Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Menjalankannya!

    Gloria Renatha

    05 July 2022
    5 min read
    H1_Customer_Engagement_Pengertian__Fungsi_dan_Cara_Untuk_Mengukurnya.jpg

    Careers

    Customer Engagement: Pengertian, Fungsi, dan Cara untuk Mengukurnya

    Sartika Nuralifah

    05 July 2022
    5 min read

    Video