Published on

startup

Base mendapatkan seed funding dari east ventures

Fajar Rizqy Anugrah Illahi

base-mendapatkan-pendanaan-EKRUT.jpg

Perusahaan startup base telah mendapatkan pendanaan tahap awal atau Seed Funding dari East Ventures dan Skystars Capital. Base akan menggunakan dana ini untuk mempercepat pertumbuhan bisnis dan merekrut lebih banyak sumber daya manusia (SDM).

Base adalah sebuah perusahaan startup kecantikan dan wellness direct-to-consumer (DTC). Perusahaan ini didirikan enam bulan lalu oleh Yaumi Fauziah Sugiharta sebagai Chief Executive Officer (CEO) dan Ratih Permata Sari sebagai Chief Product Officer (CPO).

Sebelum mendirikan Base, Yaumi merupakan mantan Head of Marketing Gojek dan Ratih yang bekerja sebagai Product Manager DBS Singapura. 

Pada awalnya, Base hanyalah berupa blog yang membahas tentang perawatan kulit. Namun tidak disangka, banyak para pembaca blog banyak yang bertanya tentang cara memilih produk perawatan kulit yang tepat.

Sejak saat itulah, Yaumi merasakan ada sebuah tantangan pada bisnis tersebut dan ia bertekad untuk serius dalam membangun Base bersama dengan Ratih. Menurut data dari hasil survey internal Base, ada sekitar 70% wanita yang bingung dalam memilih produk perawatan kulit karena banyaknya brand di pasar global.

Selain itu, mayoritas responden juga banyak yang merasa bahwa produk yang beredar dipasar global tidak spesifik dibuat untuk konsumen dinegara tropis seperti Indonesia.

Yaumi mencatat bahwa nilai pasar kecantikan Indonesia sudah menyentuh angka US$3 Miliar atau sekitar 43 Triliun Rupiah, yang lebih hebatnya lagi pada kategori perawatan kulit juga ikut tumbuh sekitar 9% pada tahun lalu, dan pertumbuhannya melebihi kategori kosmetik.

Ratih juga menambahkan bahwa dengan diperkuatnya data yang ada, Base akan menganalisis bagaimana lingkungan hidup dan lifestyle yang bisa mempengaruhi kondisi kulit. Sementara itu, Base juga sedang mempelajari hasil konsultasi dari para konsumen.

Saat ini, startup Base sedang bermitra dengan laboratorium penelitian dan pengembangan (R&D) di London dan Korea Selatan, untuk mengembangkan produk yang nantinya akan dipasarkan di Indonesia terutama di Jakarta.

Base juga sedang melakukan pengembangan produk dan memproduksinya secara lokal di Jakarta, karena startup ini sangat optimis bisa mengguncangkan industri perawatan kulit di Indonesia khususnya pada segmen Gen-Z dan milenial.

Rekomendasi bacaan: 

Sumber: 

  • dailysocial.id

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_Bootstrapping.jpg

    startup

    Bootstrapping Adalah: Tahapan, Keuntungan, dan Kekurangannya

    Algonz D.B. Raharja

    04 August 2022
    6 min read
    H1_(4)_(1).jpg

    startup

    Apa Itu Decacorn? Berikut Informasi Lengkapnya beserta Bedanya dengan Unicorn dan Hectocorn!

    Gloria Renatha

    10 June 2022
    5 min read
    H1_1._Startup_Adalah_Definisi__Cara_Kerja__Kelebihan-Kekurangan__dan_6_Tipe_Perusahaannya.jpg

    startup

    Startup Adalah: Definisi, Cara Kerja, Kelebihan-Kekurangan, dan 6 Tipe Perusahaannya

    Anisa Sekarningrum

    28 April 2022
    5 min read

    Video