Published on

Lainya

Black card: Kartu elit untuk kalangan tertentu dan tidak sembarang orang memilikinya

Sylvia Rheny

black_card_adalah.jpg

Pernah mendengar istilah black card? Beberapa saat yang lalu memang black card ini sempat viral di salah satu platform media sosial. Black card ini bukan kartu biasa sebab tidak sembarang orang bisa memilikinya. Oleh karena itu, kepemilikan black card dianggap sebagai simbol status sosial tertinggi. 

Lalu, sebenarnya apa saja keistimewaan dari black card ini dan siapa saja yang bisa memilikinya? Yuk, cari tahu di sini!

Apa itu black card?

Apa itu black card?
Black card adalah kartu kredit super eksklusif. (Sumber: Tirto)

Sebenarnya black card hanyalah istilah yang merujuk pada kartu kredit super eksklusif yang hanya dimiliki orang terpilih saja. Kartu kredit yang paling diasosiasikan dengan black card adalah Centurion® Card from American Express, atau “Amex Black Card”

Lalu, kapan pertama kali kartu ini dirilis? Perilisan pertama black card adalah pada tahun 1999. Perilisan black card oleh American Express ini menciptakan desas-desus sedemikian rupa sehingga penerbit kartu lain ingin membuat kartu kredit mewah mereka sendiri untuk memberi penghargaan kepada pelanggan dengan pengeluaran tertinggi.

Sekarang ada banyak alternatif untuk Amex Centurion bagi konsumen dari semua tingkat pendapatan dan riwayat kredit. Banyak kartu premier rewards telah menggunakan warna hitam untuk produk kartu kredit terbaik mereka, dan penerbit kartu telah menemukan cara untuk membuat kartu travel rewards paling populer mereka terasa mewah.

Amex Black Card telah menciptakan tren kartu logam, dan saat ini banyak konsumen memiliki setidaknya satu kartu logam di dompet mereka. Tetapi black card yang sebenarnya hanya bisa dimiliki oleh mereka yang memperoleh invitation dan dirancang hanya untuk pembelanja tingkat atas.

Baca juga: 5 Cara mengatur keuangan agar bisa beli rumah

Fungsi dan kegunaan black card

Fungsi dan kegunaan black card
Fungsi black card adalah untuk mendapatkan berbagai akses VIP. (Sumber: Fox Business)

Fasilitas yang ditawarkan oleh black card memang lebih menggiurkan karena eksklusivitas yang dimilikinya yang tidak tersedia pada platinum card. Fungsi dan kegunaan black card adalah sebagai berikut: 

  • Memperoleh pelayanan akses VIP ke event dan tempat-tempat ternama sehingga penggunanya akan mendapatkan prioritas dan perlakuan yang istimewa. Pemilik black card juga mendapatkan undangan untuk acara-acara eksklusif dari brand terkenal kelas internasional.
  • Memperoleh akses sebagai tamu elite pada hotel-hotel mewah sehingga mendapatkan banyak kelonggaran seperti late atau early check out dan upgrade kamar.
  • Memperoleh akses Centurion Lounge di sejumlah bandara internasional. Centurion Lounge adalah lounge terbaik di dunia dengan makanan dan pelayanan yang eksklusif.
  • Memperoleh akses untuk menyewa mobil-mobil mewah dengan harga khusus seperti Lamborghini, Bentleys, hingga mobil balap F1.
  • Memperoleh keistimewaan untuk berbelanja pribadi secara eksklusif dengan menutup toko dan akses masuk hanya diperuntukkan pemilik black card.

Baca juga: Mengenal 10 Lembaga Keuangan Bukan Bank di Indonesia

Siapa saja yang bisa memiliki black card?

Siapa saja yang bisa memiliki black card?
Pemilik black card adalah high-net-worth individuals terpilih. (Sumber: Pexels)

American Express Black Card tidak tersedia untuk sembarang orang, bahkan terkadang kaya saja tidak cukup. American Express Black Card adalah kartu tagihan yang ditawarkan kepada high-net-worth individuals (HNWI) atau individu dengan kekayaan bersih tinggi melalui undangan yang benar-benar eksklusif. 

Keanggotaannya yang eksklusif ini tidak semudah mengajukan aplikasi untuk bergabung seperti kartu kredit lainnya, sehingga orang-orang yang tidak mendapatkan undangan kemungkinan besar dipandang belum layak mempunyai kartu kredit ini.

Baca juga: Memahami financial freedom dan 6 cara tepat mencapainya

Cara mendapatkan black card

Cara mendapatkan black card
Cara mendapatkan black card adalah melalui invitation. (Sumber: IDX Channel)

Menurut Investopedia, untuk menerima undangan, seseorang mungkin harus menghabiskan setidaknya $250.000 pada kartu American Express lainnya setiap tahun. Beberapa laporan lainnya ada yang menyebutkan bahwa setidaknya seseorang yang layak untuk mendapatkan black card adalah seseorang dengan pendapatan tahunan $ 1,3 juta.

Meskipun begitu, syarat untuk menerima undangan kepemilikan black card di atas masih sebatas perkiraan karena Amex sendiri tidak mempublikasikan secara resmi syarat untuk memiliki black card.

Baca juga: 10 Cara mengatur keuangan yang mudah dan efektif

Biaya yang dikenakan kepada pengguna black card

Biaya yang dikenakan kepada pengguna black card
Biaya untuk kepemilikan black card adalah biaya inisiasi dan annual fee. (Sumber: Pinterest)

Untuk terus mempertahankan kepemilikan black card, terdapat beberapa biaya yang akan dikenakan kepada penggunanya. Biaya ini sebenarnya sama seperti biaya yang dikenakan pada kartu kredit lainnya, yang membedakan adalah nominalnya yang jauh lebih besar. Adapun biaya yang harus dikeluarkan adalah sebagai berikut:

  • Biaya inisiasi atau biaya pendaftaran sebesar $10.000
  • Annual fee sebesar $5.000

Baca juga: 10 Rekomendasi aplikasi pengatur keuangan terbaik

Jenis-jenis black card

Jenis-jenis black card
Jenis lain dari black card adalah Mastercard Black Card. (Sumber: Suisse-black)

Meskipun kartu yang paling diasosiasikan dengan black card adalah American Express Centurion Card, namun ada pula jenis kartu lain yang dikenal sebagai black card. Sehingga, bila dirangkum, berikut ini adalah jenis-jenis black card.

1. Centurion Card from American Express

Centurion Card from American Express adalah black card yang paling terkenal dan paling diasosiasikan dengan istilah black card itu sendiri. Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa untuk mendapatkan kartu ini seseorang harus mendapatkan undangan eksklusif untuk bergabung dari American Express. Dengan biaya inisiasi $10.000 dan biaya tahunan $5.000, pengguna Amex Centurion Card ini memiliki berbagai prioritas dan penawaran eksklusif yang tidak ditawarkan oleh penerbit kartu lainnya. 

2. Mastercard Black Card

Mastercard Black Card yang ditawarkan melalui Luxury Card adalah kartu kredit logam berlapis hitam yang sama-sama menawarkan eksklusivitas untuk penggunanya. Namun, mengajukan permohonan kartu ini tidak terlalu sulit karena terbuka untuk siapa saja dan tersedia secara online. Biaya tahunan yang harus dikeluarkan untuk kepemilikan kartu ini jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan Amex Centurion Card, yaitu sebesar $495 atau $195 untuk setiap Authorized User.

Pemilik kartu ini akan mendapatkan 24/7 luxury travel concierge, akses ke majalah mewah, kredit maskapai tahunan, kredit untuk Global Entry atau TSA Precheck, keanggotaan Priority Pass Select, tidak dikenakan biaya transaksi asing, dan berbagai perlindungan dan pertanggungan perjalanan.

3. J.P. Morgan Reserve Card

J.P. Morgan Reserve Card (sebelumnya dikenal sebagai Kartu Chase Palladium) memiliki biaya tahunan $595. Untuk menjadi pemilik kartu ini, seseorang harus menjadi klien perbankan pribadi J.P. Morgan dan harus memiliki aset senilai $10 juta yang dikelola oleh J.P. Morgan. Perlu diketahui bahwa kartu ini didapatkan hanya melalui undangan. Pemilik J.P. Morgan Reserve Card akan memperoleh akses United Club dan keanggotaan lounge bandara Priority Pass Select. Beberapa laporan juga menyebutkan jumlah hadiah bonus tahunan yang bisa diperoleh ketika seseorang memenuhi persyaratan pengeluaran minimum setiap tahun.

Baca juga: 6 Cara membalas email panggilan interview dan contohnya

Itulah tadi beberapa ulasan mengenai pengertian, fungsi, biaya, hingga jenis-jenis black card. Semoga penjelasan di atas cukup memberikan kamu pemahaman tentang apa itu black card. Terakhir, terlepas dari pembahasan tentang black card, jika kamu tertarik untuk mengembangkan karier dan mengejar impian untuk bekerja di perusahaan impianmu, kamu bisa mendaftarkan diri melalui EKRUT.

Selain itu, dapatkan juga berbagai tips & insight menarik untuk pengembangan karier kamu melalui YouTube EKRUTtv. Semoga bermanfaat!

sign up EKRUT

Sumber:

  • Creditcardinsider
  • Investopedia
  • Forbes
  • Cnbc

Tags

Share