Published on

Careers

Branch Manager: Pengertian, Tanggung Jawab, Skill-set, hingga Gaji 2022

Lita Lia

H1-Branch_Manager__Pengertian__Tanggung_Jawab__Skill_set_Hingga_Gaji_2022.jpg

Perusahaan cabang pasti memiliki pimpinan yang bertanggung jawab atas operasional perusahaan. Mereka biasa disebut dengan branch manager. Branch manager adalah istilah lain dari manajer cabang, kepala cabang, dan sejenisnya. Untuk tahu lebih dalam tentang branch manager dari pengertian, peran, hingga gajinya, simak ulasan berikut ini.

Baca juga: Area Regional Manager: Definisi, Tugas, Tanggung Jawab, Skill-set, dan Gaji [2022]

Apa itu branch manager?


Branch manager adalah perwakilan dari kantor pusat (Sumber: Pexels)

Branch manager bisa diartikan sebagai seorang profesional yang bertanggung jawab atas kantor cabang perusahaan, lembaga keuangan atau bank. Jabatan ini merupakan jabatan eksekutif yang bertanggung jawab atas semua fungsi yang ada di kantor cabang sebagai perwakilan dari kantor pusat. Baik itu merekrut karyawan, pemasaran, hingga membangun hubungan dengan masyarakat. Tujuan utama adanya branch manager adalah agar kantor cabang di bawah naungannya makin maju sesuai dengan tujuan dibentuk.

Baca juga: 7 Pekerjaan yang Paling Banyak Dicari Pada Tahun 2022

Peran dan tanggung jawab


Branch manager punya tanggung jawab yang sangat besar (Sumber: Pexels)

Branch manager adalah tenaga profesional yang memiliki banyak tanggung jawab. Beberapa peran dan tanggung jawab branch manager adalah sebagai berikut.

1. Melatih karyawan dan mengevaluasinya

Peran utama seorang branch manager adalah mengelola dan mengoptimalkan sumber daya manusia. Pelatihan karyawan serta evaluasi kinerjanya di kantor cabang ada di bawah tanggung jawab branch manager.

2. Menilai kondisi pasar lokal

Menumbuhkan basis pelanggan juga menjadi tanggung jawab branch manager. Hal ini tidak lepas dari tujuan utama dibuatnya kantor cabang, yakni meningkatkan persepsi masyarakat terhadap merek perusahaan. Karena itu, branch manager adalah seorang yang bertanggung jawab menilai kondisi pasar tempat dimana kantor cabang beroperasi.

3. Memecahkan masalah yang ada di kantor cabang

Masalah yang ada di wilayah kantor cabang merupakan tanggung jawab branch manager juga. Hal ini sangat berkaitan juga dengan reputasi kantor cabang, serta kantor pusat secara tidak langsung. Manajer cabang harus bisa menemukan bagian mana yang harus diperbaiki serta menyalurkan tindakan korektif. Tujuan utama adanya branch manager adalah agar bisa mengoptimalkan peluang pertumbuhan serta membuat peningkatan performa di perusahaan cabang.

4. Membuat perkiraan rencana bisnis

Tidak sebatas mengelola kondisi pasar, rencana bisnis juga harus dibuat branch manager. Rencana bisnis pasti dikeluarkan oleh pusat. Akan tetapi, untuk plan yang lebih spesifik, branch manager harus memiliki ide sendiri. Dalam membuat perkiraan rencana bisnis, harus ada tujuan keuangan. Rencana pengeluaran, serta alokasi dana di kantor cabang juga ada di bawah pengawasan posisi ini.

5. Optimalisasi reputasi kantor cabang

Branch manager adalah pimpinan kantor cabang. Karena itu, reputasi kantor cabang ada di bawah kendali branch manager. Strategi dan kebijakan apa yang dibuat sangat mempengaruhi reputasi kantor cabang. Optimalisasi reputasi kantor ini bisa diraih dengan berbagai cara, mulai dari mengoptimalkan sumber daya manusia yang dimiliki, hingga strategi marketing.

Baca juga: 9 Skill yang diperlukan oleh Product Manager

Skill-set yang diperlukan untuk menjadi branch manager


Seorang branch manager harus punya skill tertentu (Sumber: Pexels)

Branch manager memiliki tanggung jawab dan peran yang sangat besar untuk kemajuan perusahaan cabang. Karena itu, tidak semua orang bisa menjadi branch manager. Ada beberapa skill yang yang harus dimiliki branch manager sebagai berikut.

1. Pengembangan bisnis

Skill pengembangan bisnis berarti kemampuan meningkatkan efisiensi operasional perusahaan. Branch manager harus bisa berkoordinasi dengan semua hal yang terkait dengan pengembangan bisnis, termasuk dengan beberapa departemen sekaligus. Misalnya dengan departemen rantai pasokan, vendor hingga pengembangan produk, dan masih banyak lagi.

2. Keterampilan melayani pelanggan

Branch manager harus dapat melayani pelanggan. Tujuan utama branch manager adalah agar bisa membangun hubungan yang solid untuk klien. Selain itu, ketrampilan ini juga bagus untuk memaksimalkan angka sales penjualan.

3. Manajemen sumber daya manusia

Skill manajemen sumber daya manusia berarti bisa mempekerjakan personel baru. Selain itu, branch manager juga bertanggung jawab menjaga integritas karyawan, serta bisa membantu menyelesaikan masalah.

4. Orientasi pada hasil

Manajer cabang harus memiliki orientasi pada hasil, serta fokus utama ke pelanggan. Kemampuan tersebut berguna untuk memenuhi target penjualan, serta tujuan produksi. Administrasi bisnis dalam bidang terkait harus dikuasai, sehingga peran manajer cabang bisa lebih efektif.

Baca juga: Project Manager Adalah: Tanggung Jawab, Skill-set, dan Proyeksi Karier 2022

Jenjang karier branch manager


Jenjang karier branch manager bisa dimulai dari seorang sales (Sumber: Pexels)

Branch manager adalah jabatan eksekutif yang mewakili perusahaan utama di kantor cabang. Karena itu, untuk menjadi branch manager harus dimulai dari jenjang karier tertentu.

Umumnya, orang yang menjadi manajer cabang memiliki pendidikan sarjana. Gelar yang relevan biasanya berupa sarjana keuangan, bisnis, dan sejenisnya. Jika ada kandidat yang memiliki gelar master bisnis, juga berkesempatan menjadi manajer cabang.

Berdasarkan statistik di Amerika serikat, sebanyak 41,5 persen manajer cabang berlatar belakang pendidikan bisnis. Sedangkan 7,7% lainnya adalah keuangan dan 6% berasal dari jurusan pemasaran.

Jenjang karier branch manager bisa dimulai sebagai sales terlebih dahulu. Baru setelah itu menjadi manajer area dan jika lancar bisa menjadi manajer penjualan cabang. Jika sukses bisa menjadi asisten wakil presiden. Di Amerika Serikat, sebanyak 7,9% dari asisten manajer maupun manajer area bisa menjadi manajer umum. Sementara 6,5% bisa memilih menjadi manajer operasional.

Baca juga: Panduan kerja 100 hari pertama sebagai Social Media Manager

Gaji branch manager


Branch manager punya gaji yang relatif besar (Sumber: Pexels)

Untuk gaji rata-rata pemimpin cabang di Amerika bisa mencapai $28 per jam. Hal ini sama dengan rata-rata $57.426 per tahunnya. Gaji tertinggi branch manager adalah $91.000 per tahun dan paling sedikit $36.000 per tahun. Selain gaji, ada beberapa hal lain yang bisa diperoleh manajer cabang. Salah satunya tunjangan kesehatan.

Dilihat dari jumlah gaji, penghasilan manajer cabang sangat menggiurkan. Akan tetapi, jika dilihat dari deskripsi pekerjaan hingga tanggung jawab yang diembannya, gaji tersebut sudah selayaknya untuk didapatkan. Terlebih lagi, branch manager adalah jabatan eksklusif yang menjadi perwakilan kantor pusat.

Baca juga: Mengulik peran dan tugas Recruitment Manager di EKRUT

Itulah pembahasan lengkap soal branch manager, kamu juga bisa temukan berbagai artikel menarik lainnya di EKRUT Media. Informasi dan tips menarik tersedia pula di YouTube EKRUT Official. Jika tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber: 

  • investopedia.com
  • marketing91.com
  • resources.workables.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    0-creative-thinking.jpg

    Careers

    7 Cara Meningkatkan Creative Thinking dan Pentingnya dalam Dunia Kerja

    Arin Khurota

    30 September 2022
    6 min read
    efikasi-diri-adalah-EKRUT.jpg

    Careers

    Hubungan efikasi diri dengan tingkat produktivitas kerja

    Nur Lella Junaedi

    30 September 2022
    5 min read
    H1_IT_Consultant_Tugas__Tanggung_Jawab__Skill-set__beserta_Kisaran_Gajinya_di_Tahun_2022_(1).jpg

    Careers

    IT Consultant: Tugas, Tanggung Jawab, Skill-set, beserta Kisaran Gajinya di Tahun 2022

    Farah Reginda

    30 September 2022
    6 min read

    Video