Published on

Technology

Cara Duet di TikTok dengan Mudah 2022 Biar Kontenmu Semakin Ramai!

Ningtyas Dewanasari Kinasih

Cara_Duet_di_TikTok_dengan_Mudah_2022_Biar_Kontenmu_Semakin_Ramai.jpg

TikTok merupakan platform media sosial yang semakin populer. Backsound yang catchy, gerakan tarian viral, dan berbagai tren baru lainnya menjadi daya tarik tersendiri untuk pengguna aplikasi ini. TikTok banyak digunakan oleh berbagai kalangan, mulai dari remaja hingga orang dewasa.

Kamu bisa mengekspresikan diri dengan aplikasi ini, bahkan bisa viral hingga ditayangkan dalam For Your Page pengguna lain. For Your Page merupakan halaman yang disediakan TikTok dan berisikan rekomendasi video untuk kamu nikmati.

Jika ingin viral dalam aplikasi TikTok kamu bisa melakukan duet video, lho. Kamu bisa berkolaborasi dengan video yang sedang viral, kreator lain, dan idolamu. Cara duet di TikTok ini juga cukup mudah, perhatikan langkahnya berikut ini.

Apa itu fitur duet di TikTok


Fitur duet telah disediakan langsung oleh aplikasi TikTok. (Sumber: Pexels)

Sebelum mengetahui cara duet di TikTok, kenali dulu lebih dulu fitur tersebut. Fitur duet TikTok adalah alat yang memungkinkan penggunanya untuk membuat video yang merespons konten pengguna lainnya. Sederhananya, dengan duet TikTok kamu dapat merekam video yang dibarengi dengan video pengguna lainnya.

Jika kamu pengguna aplikasi ini, pastinya duet video bukanlah sesuatu yang asing. Ketika kamu melakukan konten duet, biasanya video asli akan berada di sebelah kanan layar, sedangkan video yang baru kamu rekam akan berada di sisi kiri layar. Kedua video tersebut akan diputar secara bersamaan.

Dengan duet TikTok, berarti penggunanya dapat secara efektif membalas atau merespons suatu konten dengan video mereka sendiri dimana dapat dibagikan dalam profil TikTok kamu sendiri.

Nah, duet TikTok ini merupakan salah satu fitur yang populer, lho. Dilansir dari fanbytes.co.uk, 83% TikTokers telah membuat kontennya sendiri, mereka menyukai tren dan fitur yang dapat membantu membuat konten. Faktanya, 43% pengguna TikTok telah mengunggah video dengan menggunakan fitur duet.

Kamu bisa membuat video duet di TikTok dengan, teman, pengguna lain, influencer, idola, hingga sebuah brand. Namun, perlu kamu ingat bahwa duet dapat dilakukan selama pengguna yang memiliki konten asli mengizinkannya. Jangan lupa juga untuk mencari tahu cara duet di TikTok, untuk mempermudah kamu dalam menggunakan fitur tersebut.

Baca juga: 12 Cara download video TikTok tanpa watermark dengan mudah dan cepat

Keuntungan duet di TikTok


Mengetahui cara duet di TikTok dapat membantumu meningkatkan jumlah follower. (Sumber: Pexels)

Duet di TikTok merupakan salah satu fitur yang banyak digunakan. Selain karena lebih menarik, juga meningkatkan kemungkinan video kamu FYP. Berikut ini manfaat lain dari menggunakan fitur duet di TikTok.

1. Meningkatkan follower

Memiliki konten yang menarik, unik, dan berbeda dengan pengguna lain akan menambah minat pengguna lain untuk melihat kontenmu. Dengan banyaknya pengguna yang tertarik dengan kontenmu, kemungkinan jumlah follower dan like pun akan meningkat. 

Terutama apabila kamu melakukan duet di TikTok dengan pengguna lain yang lebih terkenal atau memiliki reputasi yang lebih tinggi. Sehingga peluang untuk miningkatkan jumlah follower semakin meningkat.

2. Membuat konten yang lebih menarik

Nah, keuntungan utama dalam menggunakan fitur duet di TikTok adalah dapat membuat konten yang semakin menarik. Kamu bisa lebih mengeksplorasi dan mengekspresikan diri dalam membuat konten yang lebih unik. Konten yang untuk tentunya akan meningkatkan jumlah penonton.

Ditambah lagi jika kamu memiliki ciri khas dalam membuat setiap konten. Kamu bisa menggunakan musik genre tertentu, tarian viral, dan berkolaborasi dengan pengguna lain.

3. Dapat meningkatkan interaksi

Selain menambah jumlah follower dan dapat membuat konten yang lebih menarik, fitur duet di TikTok juga bisa meningkatkan interaksi dengan pengguna lainnya. Dengan kata lain, kamu bisa memperluas relasi dan teman di akun TikTok-mu. 

Kamu bisa memanfaatkan fitur ini, untuk saling bertukar ide konten. Semakin banyak relasi dengan pengguna lain, jangkauan viewers juga akan semakin luas dan peluang masuk FYP pun meningkat. Nah, kamu bisa mencari tahu jadwal mengunggah kontenmu agar FYP TikTok.

Cara duet di TikTok menggunakan aplikasi tambahan


Cara duet di TikTok bisa menggunakan aplikasi tambahan, seperti photogrid. (Sumber: Pexels)

Cara duet di TikTok bisa menggunakan bantuan aplikasi lain, seperti PhotoGrid. Aplikasi PhotoGrid tergolong mudah digunakan dan memiliki fitur yang cukup lengkap. Ingin tahu cara duet di TikTok dengan PhotoGrid? Ikuti langkahnya berikut ini:

  1. Mengunduh aplikasi PhotoGrid pada smartphone-mu, baik dengan sistem iOS atau Android
  2. Menyiapkan 2 video yang akan disatukan untuk menjadi video duet di TikTok
  3. Membuka aplikasi PhotoGrid yang sudah diunduh
  4. Kemudian, masuk ke menu grid yang ada pada aplikasi tersebut
  5. Memilih dua video yang telah disiapkan, klik next
  6. Selanjutnya, kamu bisa melakukan pengeditan sesuai dengan selera, seperti menambah, emoji, teks, efek, stiker, musik, dan lainnya
  7. Langkah terakhir, klik “save” untuk menyimpan video dalam galeri ponselmu

Nah, setelah video tersimpan dalam galeri, kamu bisa langsung mengunggahnya dalam aplikasi TikTok-mu. Berikut ini caranya:

  1. Bukalah aplikasi TikTok pada ponselmu
  2. Setelahnya tekan ikon (+) yang ada pada tengah  layar
  3. Tekan pilihan "unggah" di pojok kiri atas layar
  4. Klik video yang sudah diedit
  5. Kamu masih bisa mengedit video apabila masih kurang sesuai dengan fitur yang disediakan oleh TikTok
  6. Selanjutnya, klik "next" dan lanjutkanlah dengan klik "post", kamu tinggal menunggu sampai video duet selesai diunggah

Baca juga: Catat, ini 6 cara optimalkan media sosial untuk pemasaran

Cara duet di TikTok tanpa menggunakan aplikasi


Cara duet di TikTok dalam aplikasi harus mengaktifikan fiturnya terlebih dahulu. (Sumber: Pexels)

Cara duet di TikTok, bisa juga langsung dilakukan di aplikasi tersebut tanpa harus menggunakan tambahan pihak ketiga. Sebelumnya, untuk dapat melakukan duet video, akun setiap pengguna harus mengaktifkan fitur duet terlebih dahulu. Pengguna dapat memilih untuk mengizinkan siapa saja pengguna yang boleh berduet dengan video mereka.

Pengguna bisa mempersilahkan semua orang untuk melakukan duet, tidak seorang pun, atau hanya akun yang telah saling mengikuti. Berikut ini cara pengaturan fitur duet di TikTok:

  1. Membuka aplikasi TikTok
  2. Tekan tombol "Me" yang ada di kanan bawah layar
  3. Klik tiga titik horizontal yang ada di kanan atas layar
  4. Carilah bagian "Privacy", selanjutnya tap bagian "Who can Duet with your videos"
  5. Pilihlah siapa saja yang boleh melakukan duet dengan videomu

Setelah pengaturan fitur duet diaktifkan, kamu sudah siap untuk membuat video duetmu sendiri. Berikut ini cara duet di TikTok yang perlu kamu ketahui:

  1. Membuka aplikasi TikTok
  2. Mencari video yang ingin kamu duetkan
  3. Pilih tombol bagikan (terlihat seperti panah) di sisi kanan layar
  4. Klik tombol Duet
  5. Tekan tombol merah yang ada di bagian bawah layar dan rekam videomu
  6. Tambahkan efek, teks, filter, atau stiker sesuai dengan selera
  7. Klik "next"
  8. Tambahkan caption dan keterangan lainnya
  9. Tekan "post"

Setelah mengikuti cara duet di TikTok tersebut, kamu hanya tinggal menunggu videomu terunggah untuk dilihat oleh pengguna lainnya. Akses laman talent marketplace EKRUT untuk mendapatkan informasi seputar dunia kerja dan lainnya.

Baca juga: Mau Tahu Cara Live di TikTok? Ini Dia Langkah dan Syaratnya Tanpa Ribet!

Cara duet di TikTok bisa dilakukan dengan mudah, bukan? Nah, kamu hanya perlu mencari ide-ide kreatif lainnya untuk menambah daya tarik kontenmu. Kamu bisa mendapatkan keuntungan dengan melakukan cara duet di TikTok yang sudah disebutkan sebelumnya, seperti bertambahnya jumlah views dan follower.

Selain dari artikel EKRUT Media ini, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT Official. Nah, jika ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru, kamu cukup sekali sign up di EKRUT untuk mendapatkan lebih dari satu kali undangan interview oleh berbagai perusahaan terkemuka!

sign up EKRUT

Sumber:

  • blacklightblog.com
  • fanbytes.co.uk
  • katadata.co.id

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    aplikasi-pdf-converter-EKRUT.jpg

    Technology

    9 Rekomendasi Aplikasi PDF Converter Terbaik untuk Smartphone

    Detty Risetya

    07 July 2022
    6 min read
    H1_Microsoft_Azure.jpg

    Technology

    Mengenal Microsoft Azure, Cara Kerja, dan Manfaatnya

    Algonz D.B. Raharja

    06 July 2022
    5 min read
    cover_(1).jpg

    Technology

    10 Rekomendasi Software Animasi 3D Terbaik di Tahun 2022

    Detty Risetya

    06 July 2022
    6 min read

    Video