Technology

Mengenal Cara Kerja Search Engine untuk Menentukan Hasil Pencarian

Published on
Min read
5 min read
time-icon
Tsalis Annisa

Content Editor who eager to learn more about Marketing

Untitled_design-108.jpg

Mesin pencarian bekerja dengan membaca jutaan halaman yang ada pada situs dengan menggunakan web crawlers atau disebut juga dengan bot crawlers. Bot ini akan navigasi situs dan mengikuti tautan atau suatu link untuk menemukan halaman baru. Halaman-halaman ini kemudian ditambahkan di ke dalam daftar, tempat di mana mesin pencarian mengumpulkan hasil crawling-nya. Memahami bagaimana cara kerja mesin pencarian dengan detail dapat memudahkan kamu dalam mempraktikkan SEO. Agar makin paham, berikut adalah beberapa informasi mengenai cara kerja search engine yang perlu kamu ketahui.

Apa itu search engine?

seseorang sedang mengtik di search engine pada laptopnya
Search engine merupakan mesin pencari informasi di internet. (sumber: pexels)

Kamu pasti sering menggunakan Google, bukan? Nah, ini adalah salah satu contoh search engine. Search engine adalah mesin pencari yang membantu para pengguna untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan di internet. Kamu cukup mengetikkan kata kunci, lalu akan ada banyak pilihan halaman website yang bisa jadi pilihanmu. Dalam memastikan pengguna mendapatkan informasi yang sesuai, mesin pencari biasanya akan mengubah algoritmanya secara berkala.

Selain Google, masih banyak mesin pencarian lain yang ada di dunia. Mulai dari Microsoft Bing, Yahoo, Baidu, hingga Yandex. Bahkan, di Amerika Serikat sendiri, search engine Microsoft Bing berada di peringkat kedua setelah Google. Sedangkan, Baidu merupakan salah satu search engine terbesar yang ada di China.

Search engine begitu dibutuhkan oleh banyak orang karena begitu membantu dalam mencari informasi. Oleh karena itu, makin banyak perusahaan yang memanfaatkan mesin pencari untuk memasarkan produk dan makin banyak juga orang yang ingin mengetahui bagaimana cara kerja search engine.

Baca juga: Algoritma Baru SEO Google: Sebuah Jalan Menuju Konten Berbasis Human to Human

Fungsi search engine


Seperti perpustakan, search engine memberikan ragam informasi yang dibutuhkan. (sumber: pexels)

Berikut ini adalah beberapa fungsi search engine yang perlu kamu ketahui.

1. Memberikan informasi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, search engine merupakan mesin pencari yang membantu kamu untuk mendapatkan beragam informasi baik berupa artikel, gambar, hingga video. Layaknya perpustakaan, mesin pencarian memiliki jutaan halaman website yang memiliki beragam informasi. Cukup dengan mengetikkan kata kunci maka informasi yang kamu butuhkan akan muncul. Bahkan, setiap harinya kurang lebih 4 milyar pencarian informasi dilakukan pada mesin pencari. Pasalnya, makin banyak dan beragam informasi yang bisa ditemukan di sini.

2. Wadah untuk memasarkan produk dan jasa

Dengan begitu banyaknya orang yang menggunakan search engine untuk mendapatkan informasi, maka mesin pencarian bisa menjadi media pemasaran yang bisa kamu gunakan. Bayangkan saja, dalam satu detik setidaknya ada sekitar 40 ribu pencarian yang dilakukan. Angka ini tentu akan makin bertambah. Dengan besarnya angka ini, artinya makin besar juga kesempatan konten iklan kamu dilihat oleh banyak orang. Hal ini pulalah yang membuat makin banyak perusahaan atau usaha yang mulai menggunakan mesin pencari sebagai wadah untuk memasarkan produk mereka. Menarik, bukan?

Baca juga: 10 Strategi SEO Praktis untuk Para Pemula

Cara kerja search engine dalam menentukan hasil pencarian

code pada layar laptop
Search engine akan melakukan crawling, indexing, lalu ranking. (sumber: pexels)

Agar strategi yang kamu ciptakan dapat berada di halaman pertama mesin pencarian, kamu perlu tahu seperti apa cara kerja search engine. Pertama, search engine akan melakukan crawling pada URL halaman website. Setelah search engine berhasil melakukan crawling, mesin akan menyimpan dan mengatur konten yang ditemukan sehingga dapat keluar ketika kata kunci tertentu dicari. Setelah disimpan dan diatur di dalam mesin pencarian, selanjutnya adalah proses ranking. Di mana konten yang paling sesuai dan terbaik menurut mesin pencarian akan berada di halaman pertama mesin pencari atau search engine.

Ada beberapa hal yang merupakan faktor penentu suatu halaman website berada di halaman pertama Google. Pertama adalah backlink. Backlink merupakan link dari satu halaman ke satu halaman website lainnya. Ini merupakan salah satu penentu ranking Google yang paling kuat. Saat melakukan strategi backlink, pastikan website yang kamu gunakan untuk mencantumkan backlink tersebut memiliki kualitas yang tinggi. Sebab, akan percuma jika mempunyai banyak backlink, namun kualitasnya nihil.

Selain itu, kamu juga perlu memastikan bahwa konten yang kamu tayangkan relevan dengan tipe website kamu. Selain relevansi dengan website, kamu juga perlu membuat konten yang relevan dengan kata kunci yang kamu gunakan. Pastikan isi konten sesuai dengan intensi pengguna yang mencari informasi dengan kata kunci yang kamu gunakan. Misalnya, ketika kamu menggunakan kata kunci “atasan”, pastikan konten yang kamu buat sesuai dengan “atasan” yang dimaksud oleh pengguna.

Tampilan halaman website yang mobile friendly juga merupakan hal yang penting. Pasalnya, sekitar 80% pengguna berasal dari mobile atau telepon genggam. Tentu akan sayang sekali jika pengguna keluar dari halaman website kamu karena merasa tidak nyaman saat berkunjung ke halaman tersebut. Selain itu, kecepatan halaman juga merupakan hal yang penting. Bayangkan ketika pengguna sedang mencari informasi, lalu membuka halaman website milikmu dan ternyata isi konten muncul sangat lama ditambah dengan begitu banyak iklan, pasti mereka akan memilih keluar dan mencari halaman lain.

Baca juga: Bagas Prasetyo: Dari Customer Service hingga Menjadi SEO Specialist Andal

Itulah mengapa kecepatan menjadi faktor penentu ranking pada search engine dan perlu sekali kamu perhatikan. Hindari menggunakan gambar dengan ukuran yang besar karena ini akan memperlambat proses loading. Sekarang kamu sudah tahu bagaimana cara kerja search engine dan fungsinya bukan? Jika kamu ingin menggunakannya untuk memasarkan produk atau jasa, pastikan kamu memahami cara kerjanya dan mempraktikkan strateginya dengan tepat.

Demikian artikel EKRUT Media, dapatkan juga berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • moz.com
  • ahrefs.com
  • deepcrawl.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1-3_Cara_Mengatur_Margin_di_Word_Sesuai_Kebutuhan_Agar_Pekerjaanmu_Semakin_Mudah.PNG

    Technology

    3 Cara Mengatur Margin di Word Sesuai Kebutuhan Agar Pekerjaanmu Semakin Mudah

    Lita Lia

    05 December 2022
    4 min read
    H1_tiktok_affiliate.jpg

    Technology

    Cara Daftar TikTok Affiliate Terbaru 2022 untuk Menambah Penghasilan

    Alvina Vivian

    05 December 2022
    6 min read
    aaron-weiss-_x6XZ_jp0g8-unsplash_(2).jpg

    Technology

    Cara Berjualan di TikTok Shop dan 6 Tips Agar Cepat Laris

    Fakhrizal Muttaqien

    05 December 2022
    6 min read

    Video