Published on

Technology

Cara Live Streaming YouTube dan Syarat Melakukannya

Fakhrizal Muttaqien

nordwood-themes-8LfE0Lywyak-unsplash_(1).jpg

Platform YouTube menjadi platform yang paling populer di Indonesia sebagai media untuk menonton berbagai konten video. Dilansir dari dataindonesia.id, pengguna YouTube di Indonesia mencapai 127 juta pengguna hingga bulan Januari 2022 lalu. Angka tersebut menjadikan Indonesia sebagai negara dengan pengguna YouTube terbanyak ketiga di dunia setelah India dan Amerika Serikat.

Jumlah pengguna YouTube di Indonesia diperkirakan akan terus bertambah. Kemudahan akses dan jenis konten yang sangat beragam membuat YouTube lebih disukai dibandingkan televisi. Hal tersebut tentunya menjadi kesempatan besar bagi kreator YouTube untuk terus memproduksi konten menarik, termasuk menggunakan fitur live streaming.

Saat ini, banyak kreator yang berfokus untuk melakukan live streaming, dari mulai live streaming untuk seminar, belajar bersama, siaran langsung televisi, hingga bermain game. Namun, apa sebenarnya keuntungan melakukan live streaming di YouTube? Bagaimana juga cara live streaming YouTube? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Baca juga: Panduan Membuat Channel YouTube Beserta Tips Optimasi Terbaiknya untuk Pemula di Tahun 2022

Keuntungan live streaming YouTube


Salah satu keuntungan live streaming YouTube adalah meningkatkan reach dengan viewers. (Sumber: Unsplash)

Fitur YouTube Live memungkinkan penggunanya untuk melakukan live streaming. Melalui live streaming, kreator bisa menjangkau viewers-nya secara real-time. Hal itu tentu sangat menguntungkan bagi institusi, industri, kreator game, dan kreator lainnya yang ingin berinteraksi langsung dengan viewers-nya.

Selain itu, ada banyak keuntungan lain yang bisa didapat saat melakukan live streaming YouTube, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. YouTube Live monetization

Ketika kamu melakukan live streaming YouTube, viewers bisa memberikan dukungan kepadamu melalui fitur Super Chat. Fitur Super Chat merupakan cara untuk memonetisasi channel-mu melalui Program Partner YouTube. Melalui fitur tersebut, penonton bisa membeli pesan live chat yang terlihat lebih menarik, serta dapat memasang pin pada pesan tersebut agar tetap berada di bagian atas feed live chat.

Selain fitur Super Chat, streamer juga dapat mengaktifkan iklan, seperti:

  • Pre-roll ads sebelum live streaming berlangsung
  • Mid-roll ads selama live streaming berlangsung
  • Menampilkan running ads di atas video live streaming

2. Efektivitas cost pengeluaran

Sama seperti platform media sosial lainnya, kreator dapat join, memposting video, dan melakukan live streaming dengan gratis di YouTube. Melakukan live streaming di YouTube juga sangat mudah, sehingga kamu tidak perlu khawatir menghabiskan waktu untuk mengambil gambar atau melakukan proses post-production. Dengan kata lain, kamu juga bisa menghemat waktu dan uang dalam melakukan live streaming.

Mungkin kamu akan mendapatkan pembatasan pada fitur yang membutuhkan syarat tertentu. Misalnya, untuk melakukan live streaming langsung dari ponsel, kamu harus memiliki minimal 1.000 subscriber. Namun, di luar itu semua, sebenarnya fitur live streaming YouTube sudah sangat cukup untuk melakukan live streaming yang proper.

3. Membangun brand-mu

Keuntungan lainnya adalah untuk membangun brand yang kamu miliki. Hampir 70% dari pengguna YouTube menonton video untuk membantu mereka membuat keputusan pembelian sesuatu. Live streaming YouTube dapat membantu brand-mu menjangkau audiensmu, sehingga bisa menjadi media promosi dan membangun brand dengan lebih mudah dan cepat.

4. Meningkatkan online reach

Live streaming YouTube dapat membantu meningkatkan online reach lebih tinggi dari pada video biasa. Selain itu, YouTube lebih menyukai live streaming daripada video yang direkam sebelumnya. Maka dari itu, sering kamu jumpai channel yang sedang melakukan live streaming berada di rangking pertama pencarian. Ketika video live-mu tampil di dalam pencarian YouTube atau Google, brand-mu akan growing lebih baik dan mendapat lebih banyak views.

5. Mobile live streaming

Keuntungan lainnya melakukan live streaming YouTube adalah tidak memerlukan alat yang canggih. Bahkan, jika kamu hanya bermodalkan smartphone saja, kamu bisa melakukan live streaming. Selain itu, jika kamu belum memenuhi minimal untuk melakukan live streaming melalui smartphone, kamu dapat live streaming YouTube melalui aplikasi ManyCam.

6. Dapat berkolaborasi dengan kreator lain

Live streaming YouTube juga memungkinkan untuk berkolaborasi dengan kreator lain. Dengan berkolaborasi saat melakukan live streaming berarti kamu siap untuk berpartner dan bertumbuh bersama. Kamu bisa mendapatkan viewer dari subscriber-mu sekaligus dari subscriber yang diajak berkolaborasi.

Baca juga: YouTube Desktop Dashboard: Cara Mengukur Performa Konten Video yang Efektif di Tahun 2022

Syarat live streaming YouTube


Syarat live streaming YouTube adalah dengan memverifikasi channel-mi. (Sumber: Shutterstock)

Sebelum kamu melakukan live streaming YouTube, ada syarat harus kamu penuhi. Namun, syarat ini tidak rumit, kok! Pertama, kamu harus memverifikasi channel-mu. Caranya, buka www.youtube.com/verify, lalu tambahkan nomor teleponmu untuk mendapatkan kode verifikasi.

Selanjutnya, tunggu sampai mendapatkan pemberitahuan kalau akunmu sudah terverifikasi. Setelah diverifikasi, butuh waktu 24 jam untuk mengaktifkan akunmu agar dapat melakukan live streaming. Jika akunmu sudah aktif, kamu bisa langsung melakukan live streaming dari desktop dengan jumlah subscriber berapa pun. Namun, jika kamu ingin live streaming langsung dari ponsel, kamu harus memiliki minimal 1.000 subscribers untuk melakukannya.

Baca juga: 10 Cara Mendapatkan Uang dari YouTube beserta Cara Menghitung Penghasilannya

Cara melakukan live streaming YouTube


Cara live streaming YouTube paling mudah adalah melalui smartphone. (Sumber: Unsplash)

Ada banyak cara live streaming YouTube, di antaranya kamu bisa melakukan live streaming melalui web browser, mobile, software encoder, dan hardware encoder. Berikut cara live streaming YouTube melalui beberapa device tersebut.

1. Melalui web browser

Cara yang paling mudah untuk melakukan live streaming YouTube adalah melalui web browser menggunakan webcam laptop atau webcam external. Setelah kamu siap dengan webcam atau kamera, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Log in ke akun YouTube-mu dan klik tombol “Create a video or post” yang berada di kanan atas skrin.
  2. Pilih dan klik “Go Live”.
  3. Pilih “go live right now” atau “go live at a later date”.
  4. Pilih “built-in webcam” sebagai tipe stream.
  5. Jika diminta, berikan izin kepada YouTube dan browser untuk mengakses kamera dan mikrofon.
  6. Edit detail dari live streaming yang kamu buat, seperti title, description, category, thumbnail, dan lainnya. Pilih juga opsi visibilitasnya, untuk public, unlisted, atau private. Jika kamu akan menjadwalkan live streaming-mu, pilih tanggal dan waktu untuk memulai live streaming-mu.
  7. Tinjau ulang pengaturan stream-mu, termasuk pastikan webcam dan mikrofon yang dipilih.
  8. Tekan “Go Live”.

Jangan lupa juga untuk menekan “End Stream” saat live streaming berakhir. YouTube akan secara otomatis mengunggah video live streaming di channel-mu. Sehingga, subscriber yang tidak menonton secara live, bisa menonton ulang. Kamu bisa melihat dan me-manage semua video live streaming-mu di YouTube Studio.

2. Melalui mobile

Cara lain untuk melakukan live streaming YouTube adalah melalui mobile. Cara ini lebih simple karena hanya bermodalkan smartphone saja. Untuk melakukan live streaming YouTube melalui mobile, kamu dapat mengikuti cara berikut:

  1. Unduh aplikasi YouTube di App Store atau Google Play.
  2. Buka aplikasi dan tekan ikon “plus” yang berada di tengah menu bawah skrin.
  3. Pilih “Go Live”.
  4. Berikan semua izin yang diperlukan YouTube untuk live streaming, seperti kamera, mikrofon, foto, dan storage.
  5. Gunakan ikon kamera di kanan atas untuk beralih antara kamera depan dan belakang.
  6. Atur judul live streaming-mu dan konfigurasi pengaturan privacy.
  7. Jika kamu tidak berencana untuk melakukan live streaming sekarang, tekan “more options” dan jadwalkan waktu untuk live streaming.
  8. Masuk ke “Advanced settings” untuk mengaktifkan live chat, monetisasi, dan lainnya.
  9. Tekan “Next” dan ambil gambar untuk thumbnail atau unggah dari gambar yang sudah ada di storage.
  10. Pilih stream dalam format landscape atau potrait untuk melakukan live.

Jika live streaming sudah selesai, tekan “Finish”, kemudian “OK” untuk mengakhiri live. Rekaman live streaming-mu akan tersedia di channel-mu. Kamu bisa mengakses dan mengaturnya melalui halaman “My videos”, kemudian “Library”.

3. Melalui software encoder

Software encoder digunakan jika kamu ingin melakukan live streaming dengan memperlihatkan skrin, seperti broadcast gameplay, atau jika kamu menggunakan beberapa kamera. Beberapa software encoder yang bisa kamu gunakan, di antaranya, Open Broadcaster Software (OBS), XSplit, dan Wirecast.

Untuk melakukan live streaming melalui software encoder, kamu bisa mengikuti cara berikut ini:

  1. Unduh dan install software encoder pilihanmu.
  2. Klik ikon kamera di kanan atas dari skrin YouTube, kemudian pilih “Go Live”.
  3. Pada YouTube Studio, klik “Stream” di bagian kiri bar navigasi jika ingin melakukan live sekarang. Jika tidak, pilih “Manage” dan klik “Schedule Stream” di kanan atas dan isi detailnya.
  4. Klik tombol “Edit” untuk me-review atau mengostumisasi judul, deskripsi, mengatur pengaturan privasi, dan mengunggah thumbnail.
  5. Copy “Stream key” pada “Stream settings”.
  6. Buka software streaming-mu dan paste Stream key” dan jika dibutuhkan “Stream URL” dari YouTube, seperti pada gambar berikut.

    Sumber: epiphan.com
  7. Mulai streaming via software streaming

Jika live streaming sudah selesai, akhiri melalui software streaming. Rekaman live streaming akan otomatis terunggah di channel-mu. Kamu bisa melihat dan mengaturnya di submenu “Manage” di YouTube Studio.

4. Melalui hardware encoder

Jika kamu akan melakukan live streaming YouTube dengan sangat proper dan profesional, kamu bisa melakukannya melalui hardware encoder. Melalui hardware encoder, akan mendukung kamu melakukan live streaming YouTube yang membutuhkan kualitas gambar dan suara yang tinggi, seperti live streaming konser musik atau tayangan olahraga.

Banyak hardware encoder yang dapat digunakan untuk membuat live streaming menjadi lebih profesional. Namun, pada artikel ini akan dibahas cara live streaming YouTube melalui Pearl. Berikut ini adalah caranya:

  1. Klik tombol “Create a video or post” di kanan atas skrin YouTube.
  2. Pilih “Go Live”.
  3. Pada “YouTube Studio”, klik “Stream” di bagian kiri bar navigasi jika kamu siap melakukan live sekarang. Jika tidak, pilih “Manage” dan klik “Schedule Stream” di kanan atas dan isi detailnya.
  4. Klik tombol “Edit” untuk me-review atau mengostumisasi judul, deskripsi, mengatur pengaturan privasi, dan mengunggah thumbnail. 
  5. Log in ke Pearl web UI. Di samping navigasi, pilih “Streaming”.
  6. Copy Stream URL” dan “Stream name/key” dari YouTube “URL” dan “Stream name” di Pearl. Seperti pada gambar berikut.

    Sumber: epiphan.com
  7. Klik “Apply”.
  8. Untuk mulai live, tekan “Start” di kanan atas menu “Stream” pada Pearl. 

Baca juga: 6 Cara Menjadi YouTuber Pemula Hanya dengan HP

Tips melakukan live streaming YouTube


Salah satu Cara live streaming YouTube terlihat lebih profesional adalah dengan meng-upgrade peralatanmu. (Sumber: Unsplash)

Agar live streaming YouTube yang kamu lakukan dapat menghasilkan banyak viewer dan meningkatkan engagement untuk channel-mu, kamu bisa melakukan tips berikut.

1. Tetapkan tujuan dan lakukan persiapan

Tetapkan tujuan untuk apa kamu melakukan live streaming YouTube. Dengan begitu, kamu bisa merencanakan dan melakukan persiapan dengan tepat dan matang, dari mulai set lokasi, materi yang akan disampaikan, hingga waktu yang tepat untuk melakukan live streaming. Dengan melakukannya secara terencana, live streaming yang kamu lakukan bisa lebih maksimal dan bisa engage audiens lebih baik juga.

2. Pertimbangkan kontenmu

Selain menetapkan tujuan dan melakukan persiapan, kamu juga harus memastikan kalau konten live streaming-mu sesuai dengan audiens, mulai dari demografi, hingga hal yang membuat mereka tertarik. Selain itu, kamu juga harus memastikan kalau kontenmu sesuai dengan Pedoman Komunitas YouTube, agar tidak terkena pelanggaran. Jika kamu melanggar kebijakan YouTube, kamu akan mendapat teguran dan tidak bisa melakukan live streaming selama 14 hari.

3. Promosikan jadwal live streaming

Meskipun kamu sudah mengetahui kebiasaan subscriber-mu menonton YouTube jam berapa, kamu tetap harus mempromosikan jadwal live streaming-mu agar tidak terlewatkan oleh audiens. Kamu bisa membuat ads, poster, IG stories, atau video trailer yang dipromosikan lewat semua media sosial yang kamu miliki. 

4. Buat live streaming yang estetik

Perbedaan antara live streaming yang biasa dan profesional biasanya tampak dari pengemasan. Jika kamu ingin terlihat menonjol, cobalah untuk membuat live streaming dengan pengemasan yang lebih estetik. Mulai dari thumbnail yang bagus dan high resolution, overlay, hingga set lokasi live streaming.

5. Improve perlengkapan live streaming-mu

Mungkin fitur-fitur dari YouTube dan laptopmu sudah bisa untuk melakukan live streaming, tapi jika kamu menginginkan tayangan live streaming yang lebih baik, kamu bisa mengimprovisasi perlengkapan live streaming yang digunakan. Kamu bisa upgrade kamera yang digunakan, menggunakan peralatan audio yang lebih profesional, membeli ring light atau perlengkapan lighting lainnya, menggunakan green screen, dan lainnya. Kamu juga perlu untuk memastikan internet yang kamu gunakan benar-benar stabil untuk melakukan live streaming.

6. Libatkan audiens ketika live streaming

Salah satu kelebihan dari live streaming dibandingkan video biasa adalah potensi engagement audiens yang tinggi. Kamu bisa berinteraksi secara langsung dengan penonton, sehingga keterlibatan mereka dengan kontenmu terasa lebih dekat. Untuk memaksimalkannya kamu bisa ajukan pertanyaan kepada audiens, membacakan komentar mereka di kolom chat, dan menjawab apa yang ditanyakan audiens. Ketika audiensmu merasa terlibat langsung dengan konten yang kamu buat, kemungkinan mereka untuk kembali menontonmu semakin besar.

Baca juga: 10+ Ide Konten YouTube Menarik untuk Pemula, Auto Banjir Viewers!

Itulah cara live streaming YouTube, keuntungan, hingga tips untuk melakukan live streaming agar sukses. Jika kamu seorang kreator, cobalah untuk memaksimalkan fitur live streaming untuk mendapatkan engagement yang lebih banyak dari audiensmu.

Dapatkan berbagai informasi lainnya tentang tips pengembangan diri dan karier melalui artikel dari EKRUT Media atau saksikan tayangan menariknya di YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • epiphan.com
  • manycam.com
  • dataindonesia.id
  • blog.hootsuite.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-steve-johnson-13078553.jpg

    Technology

    Animasi: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Contohnya

    Tio Derma

    21 September 2022
    8 min read
    0-youtube-dashboard.jpg

    Technology

    Apa Itu YouTube Dashboard? Berikut Penjelasan dan Cara Menggunakannya

    Arin Khurota

    21 September 2022
    5 min read
    H1.PNG

    Technology

    Apa Itu Twibbonize? Berikut Fungsi dan Panduan Membuatnya 2022

    Mentari Nurmalia

    20 September 2022
    5 min read

    Video