Published on

Technology

6 Cara Menjadi YouTuber Pemula Hanya dengan HP

Lita Lia

H1-Cara_Menjadi_YouTuber_Pemula_Hanya_Dengan_HP.jpg

Belakangan YouTuber menjadi salah satu profesi yang banyak digemari. Tak hanya artis yang punya nama besar saja, kamu yang masih pemula sekalipun bisa. Cukup hanya bermodal HP kamu bisa jadi YouTuber. Kalau masih bingung, kamu bisa belajar dari artikel cara menjadi YouTuber hingga meraih kesuksesan berikut ini.

Baca juga: Berapa gaji YouTuber Indonesia? Begini cara menghitungnya!

Apa itu YouTuber?


Cukup hanya membuat dan membagikan video di YouTube, kamu bisa menghasilkan uang (Sumber: Pexels)

Wikipedia mendefinisikan YouTuber sebagai seseorang yang memproduksi video dan membagikannya melalui kanal YouTube. YouTube adalah sebuah aplikasi yang menyediakan berbagai konten video yang dibangun sejak tahun 2006. Setiap video yang dibagikan melalui kanal YouTube bisa menghasilkan uang dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Tidak heran, istilah YouTuber saat ini identik dengan pengguna YouTube yang menjadikannya profesi utama. Para YouTuber membuat konten-konten tertentu dengan tujuan mendulang dolar. Cara menjadi YouTuber sukses juga banyak dibahas dalam berbagai media.

Baca juga: Begini cara kerja algoritma YouTube 2022 terbaru untuk bisnis

6 Cara menjadi YouTuber sukses untuk pemula


YouTuber sekarang menjadi salah satu profesi yang banyak diminati (Sumber: Pexels)

Bagi yang ingin terjun ke pekerjaan ini, sebenarnya cara menjadi YouTuber bisa dimulai bahkan dengan peralatan sederhana. Cukup hanya bermodal HP, siapa saja bisa menjadi YouTuber. Berikut langkah dan cara menjadi YouTuber buat pemula.

1. Tentukan niche terlebih dahulu

Seperti blog, cara menjadi YouTuber adalah dengan memiliki niche. Niche juga bisa dikatakan sebagai tema. Tentukan sesuai kenyamanan dan pengetahuan. Jangan memaksakan membuat niche yang tidak dikuasai lantaran tidak percaya diri dan terlalu ingin tampil beda.

Setiap tema memiliki pasarnya tersendiri. Kamu bisa memilih tema berupa vlog, kuliner, pertanian, gadget dan teknologi, informasi berupa listicle, dan masih banyak lagi. Utamakan buat konten yang original sehingga mudah mendapatkan dolar.

Menurut situs Startupyo niche YouTube sepanjang 2022 adalah:

  • Makanan, resep, dan cara memasak
  • Travel
  • Gaming
  • Fashion
  • Kesehatan dan Fitness
  • Hiburan

2. Pastikan berbeda dan mudah diingat

Sudah banyak sekali akun YouTube dengan berbagai niche. Agar tidak dibandingkan dalam hal negatif oleh penonton, cara menjadi YouTuber berikutnya adalah dengan menghadirkan sesuatu yang menjadi ciri khas. Misalnya, gaya bicara, pengambilan gambar, dan sejenisnya. Menjadi berbeda bukan berarti melepas jati diri. Kamu tetap bisa menjadi diri sendiri, yang penting tidak berlebihan. Pastikan setiap konten yang dibuat tidak berisi hal sensitif, menyinggung beberapa pihak, dan mengajak ke kebaikan.

3. Fokus saat pembuatan video sesuai rencana

Cara menjadi YouTuber selanjutnya ada pada bagian proses pembuatan. Agar tidak berantakan dari rencana, sebaiknya fokus dengan draft yang sudah dibuat. Fokus juga berguna agar proses produksi lebih efektif. Untuk memudahkan pengambilan gambar, kamu bisa memakai tripod.

Selain itu, gunakan mini mikrofon untuk menghasilkan suara lebih jelas. Sesuaikan cahaya jika hendak take di luar ruangan. Sebaiknya ambil video saat golden hour kira-kira pukul 06.00 pagi sampai 09.00. Kamu juga bisa mengambilnya di malam hari dengan mengambil waktu prime time.

4. Pastikan channel YouTube tidak kosong

Jangan asal upload video, tanpa memperdulikan isi channel. Hias kanal YouTube dengan beberapa hal menarik, seperti memasang foto profil, deskripsi di bagian akun, dan posting banner yang sesuai. Jika video berisi review film, tutorial, dan sejenisnya, buatkan playlist untuk pengunjung. Fungsinya agar video yang diunggah tidak acak, subscriber juga akan terus menonton karena kelanjutannya akan diputar otomatis.

5. Bangun engagement yang baik

Salah satu kunci dan cara menjadi YouTuber sukses adalah karena viewer dan pengikut. Agar channel lebih disukai, sebaiknya bangun interaksi secara baik dengan audiens. Salah satu caranya dengan konsisten upload video baru. Kamu bisa melibatkan opini audiens saat membuat konten agar subscriber lebih suka. Selain itu, lakukan live streaming guna menyapa penonton. Jangan lupa, tanggapi respons audiens di kolom komentar dengan tanggapan positif.

6. Promosikan

Walau interaksi sudah bagus, konten menarik, tetapi jika tidak dipromosikan akan kurang efektif. Coba promosikan channel YouTube di media sosial karena penggunanya banyak. Sebagai informasi, lebih dari setengah populasi Indonesia bermain media sosial. Kamu juga bisa mencoba TikTok. Aplikasi video ini sedang banyak dipakai. Buatlah konten promosi channel YouTube di Tiktok, agar semakin banyak yang penasaran menonton.

Baca juga: 15 Cara menambah subscriber YouTube dengan cepat 2022

10 YouTuber sukses asal Indonesia


Banyak YouTuber sukses dari Indonesia (Sumber: Pexels)

Cara menjadi YouTuber juga bisa kamu lakukan dengan mencontoh mereka yang sudah sukses. Di Indonesia ada beberapa YouTuber sukses, antara lain:

1. Deddy Corbuzier

Deddy Corbuzier yang dulunya sebagai mentalis sekarang merambah ke dunia YouTube. Proyeksi pendapatan per bulannya melalui Podcast Close The Door bisa mencapai Rp400 juta sampai Rp4 miliar.

2. Rafi Ahmad dan Nagita Slavina (RANS Entertainment)

Melalui RANS Entertainment, sepasang suami istri ini membuat channel YouTube dengan subscriber sampai 23 juta. Proyeksi keuntungannya fantastis bisa mencapai Rp5 miliar per bulan.

3. Atta Halilintar

Anak sulung Gen Halilintar ini berhasil meraih pendapatan dari YouTube hingga Rp2 miliar per bulan. Jumlah tersebut sebanding dengan jumlah subscriber-nya yang mencapai 29 juta. Tentu pendapatannya akan semakin tinggi seiring dengan pernikahannya dengan Aurel.

4. Ria Ricis

Adik Oki Setiana Dewi ini memiliki subscriber di YouTube mencapai 30 juta. Hal ini membuat penghasilannya dari platform ini bisa mencapai Rp1,9 miliar setiap bulannya. Salah satu konten paling terkenalnya adalah permainan squishy.

5. Baim Paula

Channel Baim Paula semakin terkenal berkat konten bagi-bagi rezekinya. Subscriber artis sinetron ini mencapai 20 juta. Telah diunggah sekitar 1.400 lebih video dari berbagai jenis konten. Tidak heran pendapatannya dari YouTube bisa mencapai Rp3 miliar per bulan.

Baca juga: Panduan Membuat Channel YouTube Beserta Tips Optimasi Terbaiknya untuk Pemula di Tahun 2022

6. Bobon Santoso

Bobon Santoso memiliki subscriber sebanyak 8 juta lebih. Konten yang paling menarik adalah masak-masak dengan porsi besar untuk dibagikan ke orang lain. Proyeksi penghasilannya cukup tinggi, bisa mencapai Rp100 juta sampai miliaran rupiah.

7. Jerome Polin

Subscriber Jerome Polin mencapai 9 juta. Konten utamanya adalah kehidupannya saat kuliah matematika di Jepang. Pengusaha minuman kekinian ini juga berhasil menggaet banyak penonton melalui Waseda Boys.

8. Nessie Judge

Nessie Judge terkenal dengan storytelling, khususnya di genre investigasi dan horror. YouTuber lama ini memiliki subscriber hampir 10 juta. Penghasilannya cukup fantastis, bisa mencapai miliaran rupiah.

9. Raditya Dika

Komika ini sudah mengunggah 1.600 lebih video di kanal YouTube-nya. Isi kontennya berupa tips dengan balutan komedi. Proyeksi penghasilan per bulannya bisa mencapai Rp1 miliar. Cara menjadi YouTuber ala Raditya Dika bisa menjadi pilihan yang menarik dan menghibur.

10. Jess No Limit

Jess No Limit merupakan YouTuber dengan niche khusus di bidang game. Subscriber-nya saat ini mencapai 24 juta. Tentu penghasilannya bisa sampai Rp 3 miliar per bulan.

Baca juga: Mengenal Content Creator? 9 Langkah untuk Membangun Karier

Begitulah cara menjadi YouTuber, kamu tertarik untuk menekuni profesi yang masih sangat menjanjikan tersebut? Tak hanya informasi menjadi YouTuber, kamu juga bisa temukan juga beragam informasi teknologi dan lainya di EKRUT Media. Informasi dan tips menarik tersedia pula di YouTube EKRUT Official. Jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • niagahoster.co.id
  • skillacademy.com
  • myskill.id
  • katadata.co.id
  • startupyo.com
  • wikipedia.org

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-steve-johnson-13078553.jpg

    Technology

    Animasi: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Contohnya

    Tio Derma

    21 September 2022
    8 min read
    0-youtube-dashboard.jpg

    Technology

    Apa Itu YouTube Dashboard? Berikut Penjelasan dan Cara Menggunakannya

    Arin Khurota

    21 September 2022
    5 min read
    H1.PNG

    Technology

    Apa Itu Twibbonize? Berikut Fungsi dan Panduan Membuatnya 2022

    Mentari Nurmalia

    20 September 2022
    5 min read

    Video