Published on

Technology

Cara Mudah Membuat Link Bit.ly beserta Fitur-fiturnya [2022]

Detty Risetya

cover_(3).jpg

Kamu pasti sudah pernah mendengar tentang bit.ly, kan? Hampir sebagian besar orang saat ini menggunakan aplikasi bit.ly untuk menyingkat tautan URL yang terlalu panjang. Akan tetapi, bukan itu saja, cara membuat bit.ly juga dikenal praktis dan mudah dalam sekali klik. Karena kemudahan dan fitur-fiturnya yang unggul, tak heran jika bit.ly menjadi alat digital marketing yang populer di seluruh dunia. Nah, untuk memahami lebih lengkap mengenai fitur-fitur dan cara membuat bit.ly, baca sampai akhir artikel ini, ya!

Apa itu bit.ly?


Bit.ly menjadi platform ternama sebagai penyingkat tautan agar bisa diposting ke medsos. (Sumber: Pexels)

Bit.ly adalah suatu platform untuk mengelola tautan URL menjadi alat pemasaran bisnis yang mudah. Bit.ly memungkinkan pengguna untuk memperpendek tautan, berbagi, mengelola, serta menganalisis tautan ke dalam konten. Tak kurang dari miliaran tautan URL dibuat oleh jutaan pengguna setiap tahun. Mulai dari individu, startup, UKM, hingga perusahaan ternama skala global. Tersedia opsi paket berlangganan gratis dan berbayar bagi para pengguna. Pada dasarnya, dengan membaca panduan di artikel ini kamu bisa dengan cepat mempelajari cara membuat bit.ly, kemudian menganalisis tautan tersebut untuk keberhasilan pemasaran online.

Baca juga: 5 Cara membuat link WA (WhatsApp) manual dan otomatis

Manfaat bit.ly


Manfaat bit.ly untuk memperpendek URL atau tautan agar mudah diingat dan dikelola. (Sumber: Pexels)

Tak seperti penyingkat tautan lainnya, platform bit.ly memberikan banyak manfaat yang berharga bagi pengguna sebagai berikut.

  • Mengelola dan menyesuaikan tautan dengan brand tertentu.
  • Melacak data klik secara real-time.
  • Mendapatkan info detail tentang siapa yang sudah mengklik tautan, lokasinya di mana, dan informasi lainnya secara efisien.
  • Mengintegrasikan tautan dengan API.

Ketika kamu  memahami cara membuat bit.ly, kamu bisa melihat kapan dan di mana tautanmu diklik. Sehingga, memudahkan dalam identifikasi atau analisis perilaku konsumen terhadap suatu brand atau bisnis.

Baca juga: 7 Aplikasi Untuk Mendukung Kegiatan Marketing

Fitur-fitur bit.ly


Dengan berbagai fitur yang handal, bit.ly bisa digunakan secara gratis. (Sumber: Pexels)

Bit.ly menawarkan berbagai fitur menarik tanpa dipungut biaya, alias gratis untuk semua. Kamu hanya perlu melakukan registrasi akun untuk memperoleh semua fitur ini. Selanjutnya, kamu bebas menyalin dan menempelkan URL panjang untuk mendapatkan versi pendeknya. Kemudian, bisa kamu bagikan kepada siapapun. Adapun beberapa fitur-fitur andalan bit.ly adalah sebagai berikut.

1. Menyesuaikan URL

Pengguna bisa menyesuaikan URL dengan memakai fitur bit.ly. Solusi pemendekan URL ini memungkinkan kamu untuk menyesuaikan angka dan huruf pada tautan agar tampil lebih menarik dan mudah diingat. Solusi ini membuat tautan jadi lebih personal dan efektif untuk branding atau pemasaran bisnis.

2. Data metrik

Setiap tautan yang dibuat bit.ly dilengkapi halaman analitik untuk mempelajari dan mengakses sejumlah metrik berharga bagi tim marketing. Data ini meliputi jumlah klik yang dicatat oleh tautan, total klik pada semua tautan bit.ly yang mengarah ke konten, serta persentase setiap klik yang berasal dari tautan bit.ly tersebut.

3. Melacak kinerja tautan

Dengan fitur ini, pengguna bit.ly mampu melacak kinerja tautan selama pemakaian platform. Kamu bisa memantau seberapa banyak jumlah lalu lintas yang masuk melalui tautan pada hari tertentu dengan menampilkan grafiknya.

4. Alat analisis 

Bit.ly menawarkan fitur pada penggunanya berupa informasi mengenai trend terkini yang mungkin menarik audiens. Dengan fitur unik ini, bit.ly berfungsi sebagai alat analisis yang berharga. Memungkinkan pengguna memfilter stories berdasarkan bahasa, topik, area, dan platform sosial.

Baca juga: Mengenal apa itu CTA dan 5 tips membuatnya 

Cara membuat bit.ly dengan mudah


Bit.ly memiliki navigasi atau panduan membuat link yang mudah dipahami para pemula. (Sumber: Pexels)

Sebenarnya, cara membuat bit.ly semudah copy paste atau salin tempel dan klik. Ikuti langkah-langkah membuat tautan bit.ly berikut ini.

  1. Kunjungi laman bit.ly atau klik https://app.bitly.com/
  2. Selanjutnya, login seperti biasa.
  3. Klik tombol “Create” dan “Link”.
  4. Kemudian, masukkan atau salin tautan URL yang ingin diperpendek pada kolom “Enter long URL” yang tersedia.
  5. Kemudian, klik tombol “Create” berwarna oranye untuk mendapatkan hasil tautan yang sudah dipersingkat.
  6. Selesai. Tautan yang sudah dipersingkat bisa kamu gunakan.

Sekarang, jika kamu ingin mengubah atau menyesuaikan tautan kustom sesuai kebutuhan, berikut langkah-langkahnya:

1. Buka laman bitly.com

Agar dapat melakukan cara membuat bit.ly custom sesuai keinginan, kamu perlu membuat akun bit.ly terlebih dulu. Klik tombol “Sign up” atau “Get Started for Free”. Proses registrasi akun bit.ly gratis atau tidak dipungut biaya apapun.

2. Cara membuat bit.ly custom

Setelah melakukan proses registrasi dengan melengkapi username, email, password, dan lainnya, kamu bisa segera memulai cara membuat bit.ly custom. Tambahkan tautan yang akan diperpendek ke dalam kolom “Enter long URL”. Tekan tombol “Create” untuk menindak lanjuti. Kemudian, isikan pada kolom Customize Back-Half. Ganti judul/title untuk mengganti tampilan judul tautan, tekan tombol “Save” untuk menyimpan perubahan ini.

Baca juga: 9 Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Bagaimana, ternyata cara membuat bit.ly standar maupun custom tidak sulit, kan? Layanan bit.ly ini akan sangat membantu, terutama jika kamu ingin memposting tautan seperti CV, resume, atau portofolio yang memiliki batas karakter. Dengan solusi bit.ly, siapapun bisa berbagi informasi melalui URL dengan cepat dan mudah.

Jika kamu sudah tahu cara membuat bit.ly untuk membuat posting tautan portofolio dan CV, sekarang saatnya kamu bermitra dengan EKRUT. Sebab, EKRUT adalah partner terpercaya untuk mendapatkan berbagai peluang karier dari perusahaan-perusahaan ternama tanah air. Sign up EKRUT sekarang dan dapatkan info peluang kerja terbaru sesuai bidangmu hari ini!

Sumber:

  • asapguide.com
  • techforluddities.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-steve-johnson-13078553.jpg

    Technology

    Animasi: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Contohnya

    Tio Derma

    21 September 2022
    8 min read
    0-youtube-dashboard.jpg

    Technology

    Apa Itu YouTube Dashboard? Berikut Penjelasan dan Cara Menggunakannya

    Arin Khurota

    21 September 2022
    5 min read
    H1.PNG

    Technology

    Apa Itu Twibbonize? Berikut Fungsi dan Panduan Membuatnya 2022

    Mentari Nurmalia

    20 September 2022
    5 min read

    Video