Published on

Careers

5 Cara membangun pertemanan dan memengaruhi orang lain

Nur Rosita Dewi

cara-memengaruhi-orang-lain-EKRUT.jpg

Setelah lulus dan akhirnya mendapatkan pekerjaan pertamamu, mungkin kamu baru menyadari bahwa membangun pertemanan dengan orang baru bukanlah hal mudah. Padahal, relasi adalah hal penting untuk mencapai kesuksesan. 

Oleh karena itu, penting bagimu untuk mengetahui bagaimana cara memengaruhi lawan bicara dan membangun pertemanan 

1. Jangan sembarangan mengkritik orang lain

cara memengaruhi orang lain - EKRUT
Cara memengaruhi lawan bicara salah satunya adalah jangan mengkritik orang lain secara sembarangan atau di depan orang banyak - EKRUT

Agar bisa memengaruhi lawan bicara, kamu harus menjadi orang yang menyenangkan. Ketahui bahwa tidak setiap orang senang menerima kritikan, terutama jika kamu belum terlalu dekat dengannya. 

Oleh karena itu, kamu harus bisa mengontrol dan membatasi cara bicaramu pada orang yang baru saja dikenal. Jika kamu asal bicara bisa saja kamu justru menyinggung lawan bicaramu.

Baca juga: Begini cara membuat kesan terbaik ke rekan kerja saat hari pertama kamu ngantor

2. Ingat nama lawan bicaramu

cara memengaruhi orang lain - EKRUT
Meski nampak sepele, menunjukkan bahwa kamu mengingat nama rekan kerja dapat membuat seseorang merasa dihargai - EKRUT

Cara termudah memengaruhi orang lain di tempat kerja supaya menyukai kamu adalah dengan mengingat nama mereka. Meski nampak sepele, hal ini ternyata bisa membuat orang lain bahagia dan respek kepada kita. 

Mengingat nama orang lain ketika baru pertama bertemu memang sulit. Untuk itu, pastikan kamu mendengar dengan jelas nama orang yang baru saja kamu kenal. Jangan merasa mengingat nama adalah kegiatan yang tidak penting. 

Dengan mengingat nama orang lain, mereka akan merasa dihargai oleh kita. Mereka akan merasa istimewa dan penting sehingga akan mudah ke depannya untuk kita meminta tolong mereka dalam pekerjaan..

3. Beri pujian

cara memengaruhi orang lain - EKRUT
Memberikan pujian kepada rekan kerjamu dapat membuatnya senang berada di dekatmu - EKRUT

Daripada memberi kritik, lebih baik memberi pujian atas hasil kerja rekan kerjamu. Hal ini akan membuatnya senang berada di dekatmu.  Apalagi berbagai penelitian menunjukkan, pujian merupakan fondasi dari semua hubungan, termasuk hubungan kerja. 

4. Tulus ingin mengenal orang lain

cara memengaruhi orang lain - EKRUT
Bangun pertemanan dengan tulus dan jadilah pendengar yang baik agar kamu dapat mengenali kepribadian lawan bicaramu - EKRUT

Mengingat nama dan mengajukan pertanyaan yang mendorong seseorang berbicara tentang diri mereka sendiri adalah hal yang baik. Ini akan membuat mereka percaya bahwa kamu “tertarik” berbincang dengan mereka. 

Resapi setiap obrolan tersebut untuk benar-benar mengenal kepribadian lawan bicaramu. Terapkan sikap yang tulus agar mereka senang terhadap kamu. 

5. Miliki pesona dan karakter yang baik

cara memengaruhi orang lain - EKRUT
Setelah masuk ke dalam dunia kerja, pengetahuan dan karakter yang kuat dapat membantumu dalam memengaruhi lawan bicara - EKRUT

Selain itu, agar dapat memengaruhi lawan bicara, pesona dan karakter yang baik adalah hal yang penting. Jika dulu nilaimu saat sekolah menjadi tolak ukur, saat kamu masuk di dunia kerja kedua hal ini (pesona dan karakter) menjadi dianggap penting. 

Jika kita pandai membawa diri kita di depan orang lain, secara otomatis orang-orang juga akan mengagumimu. Kekaguman ini juga yang akan menjadi salah satu alasan orang percaya pada kamu. 

Dengan demikian, kariermu pun bisa semakin sukses jika kamu bisa memiliki pesona dan karakter yang baik hingga bisa memengaruhi orang lain. 

Baca juga: 6 cara menciptakan personal branding untuk kesuksesan karier

Ketika kamu sudah mulai masuk ke dunia kerja, mengetahui cara memengaruhi orang lain dan membangun relasi atau pertemanan menjadi hal yang penting. Pasalnya, hal ini bisa membantumu dalam membangun networking yang akan menunjang kariermu. 

Oleh karena itu, mulailah praktikan beberapa hal di atas dan berikan kesan yang baik pada setiap orang yang kamu temui. 

Semoga berhasil!

Rekomendasi bacaan: 

Sumber: 

  • forbes.com
  • fs.blog

Tags

Share