Published on

Careers

7 Cara menabung untuk umroh yang bisa kamu coba

Nur Lella Junaedi

cara-menabung-untuk-umroh-EKRUT.jpg

Setiap muslim pasti memiliki keinginan untuk melaksanakan rukun islam terakhir yakni pergi berumroh atau berhaji ke Baitullah. Namun, keinginan itu tidak mudah terwujud sebab memerlukan usaha yang besar untuk mempersiapkan tabungan umroh. 

Beberapa tips cara menabung untuk umroh ini mungkin bisa kamu coba aplikasikan agar impianmu lebih mudah terwujud. 

1. Sisihkan sekitar 20 persen dari pendapatan yang kamu miliki setiap bulan

Cara menabung untuk umroh EKRUT 
Sisihkan setidaknya 20 persen pendapatan per  bulan yang kalian miliki-EKRUT

Langkah pertama sebagai salah satu cara menabung untuk umroh adalah dengan menyisihkan sekitar 20 persen pendapatan per bulan yang kamu miliki. 

Hasil dari tabungan umroh ini nantinya akan digunakan untuk Down Payment (dp) untuk membayar akomodasi ibadah umroh. Pasalnya, bila melihat dari beberapa sumber travel agent umroh diketahui bahwa biaya ibadah umroh ataupun haji itu tidaklah murah. 

Setidaknya untuk paket umroh reguler saja kisaran biayanya bisa mencapai antara Rp 25 juta hingga Rp 35 juta per orang. Belum lagi biaya bekal yang harus kamu persiapkan saat melaksanakan ibadah tersebut.

Jadi, dengan kisaran 10 persen hingga 20 persen setiap bulannya keinginanmu untuk umroh akan cepat terwujud. 

Baca juga: 10 Cara mengatur keuangan yang mudah dan efektif

2. Beri hukuman bila gagal menabung

Cara menabung untuk umroh EKRUT 
Bila kamu sempat gagal untuk menabung perbulan berikan hukuman berupa jumlah tabungan yang lebih banyak-EKRUT

Dalam menjalankan ikhtiar untuk mempersiapkan tabungan umroh ini memang tidaklah mudah. Ada kalanya manusia mengalami banyak godaan untuk membelanjakan uang tabungan tersebut pada barang lain atau memakainya untuk keperluan lain. 

Oleh karena itu, untuk mendisiplinkan diri maka kamu harus berkomitmen dengan diri sendiri untuk memberikan hukuman atau efek jera bila tak dapat memenuhi target tabungan umroh. 

Kamu mungkin bisa menerapkan hukuman dengan melipatgandakan tabungan umroh di bulan depannya lagi atau menambah amalan sunnah saat satu target tidak tercapai. Semata-mata cara ini dilakukan untuk mendidikmu lebih disiplin dan konsisten. 

3. Ajak teman untuk membuka tabungan umroh bersama 

Cara menabung untuk umroh EKRUT 
Kamu pun bisa mengajak istri atau sanak keluargamu untuk menabung umroh bersama-sama agar lebih termotivasi-EKRUT

Sulit rasanya mempertahankan semangat menabung untuk mempersiapkan ibadah umroh bila dilakukan sendirian.

Sebaliknya bila kamu memiliki teman menabung baik itu dengan istri atau saudara kandungmu kamu pastinya akan lebih termotivasi lagi.

Maka dari itu, tidak ada salahnya bila kamu berencana untuk umroh kamu sebaiknya mengajak mereka juga untuk sama-sama berkomitmen memulai tabungan. 

4. Cari pekerjaan sampingan 

Cara menabung untuk umroh EKRUT 
Cara lain menabung untuk umroh adalah mencari pekerjaan sampingan-EKRUT

Cara untuk menabung umroh lainnya yang bisa kamu lakukan adalah mencari pekerjaan sampingan selain pekerjaan utamamu. 

Sebagaimana kita tahu, bahwa biaya umroh itu tidaklah murah dan umroh juga memiliki giliran waktu yang jelas bagi para jamaahnya. 

Oleh karena itu, bila keinginanmu ingin cepat terpenuhi, maka sebaiknya kamu melipatgandakan usahamu dengan memiliki jenis usaha sampingan lainnya sehingga target menabungmu bisa lebih dari 10 hingga 20 persen per bulan. 

Beberapa pekerjaan yang bisa kamu coba adalah dengan berjualan online, menjadi penulis lepas, penerjemah lepas atau mungkin barista. 

Baca juga: 5 Ide kerja sampingan online untuk dapat uang tambahan

5. Batasi biaya bulanan 

Cara menabung untuk umroh EKRUT 
Batasi biaya bulanan pengeluaranmu-EKRUT

Untuk dapat mencapai target tabungan umrohmu, kamu bisa membatasi pengeluaranmu berdasarkan persentase tertentu. Misalnya biaya harian seperti makan, listrik, air, biaya hidup, tidak lebih dari 40 persen per bulan. 

Kemudian biaya untuk investasi dan tabungan dana darurat tidak lebih dari 10 persen per bulan, asuransi kesehatan 10 persen per bulan, zakat dan sedekah sekitar 10 persen per bulan hingga akhirnya kamu bisa menabung untuk umroh di kisaran 10 hingga 20 persen per bulan. 

6. Beli barang berdasarkan kebutuhan 

Cara menabung untuk umroh EKRUT 
Penting untuk mempertimbangkan membeli barang berdasarkan kebutuhan-EKRUT

Penting untuk mempertimbangkan membeli barang hanya berdasarkan kebutuhan karena bila kamu membeli barang berdasarkan keinginan kemungkinan kamu tidak dapat menabung dengan benar. 

Catat dengan baik kebutuhan barang yang kamu perlukan sebelum membelinya. Apakah kamu sangat membutuhkan barang itu untuk waktu sekarang? Atau fungsinya masih bisa digantikan oleh benda lain?

Cara jitu untuk menghentikan membeli barang yang tidak perlu adalah dengan mengingat keinginan untuk segera berumroh.

7. Pilih paket umroh sesuai kemampuan 

Cara menabung untuk umroh EKRUT 
Pilihlah paket umroh sesuai dengan kemampuanmu-EKRUT

Setelah kamu merasa bahwa tabunganmu cukup untuk melaksanakan ibadah umroh, maka waktunya untuk memilih paket umroh yang sesuai dengan tabungan dan kemampuanmu. 

Kamu bisa mendaftarkan dirimu pada agent resmi yang sudah ditunjuk oleh Kemenag, adapun daftarnya agen resmi tersebut bisa dilihat dari situs ini untuk menghindari penipuan.  

Dari sana kamu dapat memilih paket umroh yang menyediakan perjalanan mulai dari 9 hari hingga 20 hari berdasarkan kemampuanmu. 

Baca juga: Ini cara menyiapkan dana darurat dengan tepat

Jadwal umroh dan haji diberhentikan sementara karena Corona

Cara menabung untuk umroh EKRUT 
Pemerintah Arab Saudi memberhentikan sementara ibadah umroh dan haji-EKRUT

Adanya wabah Corona juga telah berdampak besar pada penyelenggaraan ibadah haji dan umroh. 

Sebagaimana diberitakan oleh banyak media bahwa, pemerintah Arab Saudi telah memberhentikan sementara ibadah umroh dan haji baik bagi pendatang maupun bagi masyarakat lokal. 

Ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona di negaranya. Sayangnya hingga saat ini belum diketahui sampai kapan penghentian sementara ibadah umrah dan haji ini. 

Baca juga: Sederet dampak corona bagi negara-negara di dunia

Meski begitu, kita meyakini bahwa perlahan wabah Corona ini akan segera berakhir dan setelah wabah ini reda tentunya kamu dan jamaah lain tetap bisa pergi ke Mekkah untuk melaksanakan ibadah haji dan umroh. 

Oleh karena itu, kamu tetap bisa mulai mengumpulkan biaya umroh dari sekarang dengan mengimplementasikan 7 cara menabung untuk umroh seperti ulasan di atas.  

cara menabung untuk umroh EKRUT

Rekomendasi bacaan: 

Sumber: 

Tags

Share