Technology

3 Cara Mengatur Margin di Word Sesuai Kebutuhan Agar Pekerjaanmu Semakin Mudah

Published on
Min read
4 min read
time-icon
Lita Lia

Long-life learner | Lita Lia writes SEO articles for businesses that want to see their Google search rankings surge.

H1-3_Cara_Mengatur_Margin_di_Word_Sesuai_Kebutuhan_Agar_Pekerjaanmu_Semakin_Mudah.PNG

Word adalah aplikasi pengolah kata paling populer, mudah digunakan, dan lengkap. Kamu bisa dengan mudah membuat dokumen dengan berbagai format menggunakan aplikasi ini. Ketika membuat dokumen, kamu tentu terlebih dahulu perlu mengatur margin. Lantas bagaimana cara mengatur margin di Word? Simak artikel ini selengkapnya!

Baca juga: Mau Punya Font Word yang Banyak? Simak 5 Cara Menambahkannya di Sini!

Apa itu margin?


Margin berarti ruang antara teks dan tepi dokumen - Pexels

Dalam bahasa Inggris, margin berarti batas. Margin pada Word berarti ruang antara teks dan tepi dokumen. Bisa juga didefinisikan sebagai batas tepi yang ada di bagian kanan, kiri, atas, dan bawah kertas. Fungsi margin adalah untuk mengatur kerapian dokumen yang akan kamu cetak.

Secara default, margin pada Word diatur ke normal, yang berarti memiliki spasi satu inci antara teks dan setiap tepi. Kamu bisa mengubah ukuran margin pada dokumen sesuai kebutuhan. Tapi bagaimana cara mengatur margin di Word? Untuk melakukannya, kamu harus tahu dimana letak margin pada Word. Margin ada di menu “Page Layout”. Dari sana, cara mengatur margin di Word sesuai dengan keinginan kamu dimulai.

Baca juga: 4 Cara membuat halaman di Word dengan mudah dan cepat

Tujuan mengatur margin


Salah satu tujuan mengatur margin adalah biar dokumen menjadi lebih rapi – Pexels

Awalnya kamu mungkin hanya ingin merapikan tulisan sesuai dengan format yang berlaku menggunakan margin. Tetapi tidak hanya itu tujuan menggunakan margin. Dengan mengatur margin, kamu akan lebih mudah menulis, tulisan kamu lebih menarik hingga memudahkan pembaca. Agar lebih jelas, berikut tujuan, fungsi dan juga kegunaan margin di Word.

1. Mengatur jarak antar dokumen

Tujuan utama mengatur margin adalah mengatur jarak antar dokumen. Jarak ini termasuk jarak antar baris, paragraf, dan juga halaman keseluruhan dokumen. Tujuan yang satu ini paling penting ketika kamu membuat karya dengan format dokumen yang telah baku.

2. Mengatur bentuk halaman

Ada dua bentuk dokumen yang bisa kamu tampilkan di Word. Apakah itu portrait atau landscape. Kedua bentuk dokumen ini bisa kamu atur melalui margin pada Word. Portrait berarti dokumen memanjang ke atas dan landscape berarti format dokumen yang memanjang ke samping.

3. Mengatur batas tepi setiap halaman

Cara mengatur margin di Word juga bertujuan untuk membuat batas tepi setiap halaman sesuai yang kamu inginkan. Batas tepi ini termasuk batas tepi bawah, atas, kanan, dan kiri pada setiap halaman yang kamu buat. Gunanya agar dokumen kamu ketika dicetak tidak terlalu mepet atau terpotong ketika dijilid. Selain itu, juga memudahkan seseorang jika ingin membaca karya kamu.

Baca juga: 2 Cara membuat tabel di Microsoft Word dengan cepat dan mudah 2022

Cara mengatur margin di Word


Cara mengatur margin di Word sangat gampang – Pexels

Pada Word, setiap halaman secara otomatis memiliki margin satu inci. Tapi, kamu dapat mengubahnya sesuai dengan keinginan kamu. Berikut beberapa cara mengatur margin di Word.

1. Mengatur margin di Word terbaru

Sesuai dengan website resmi Microsoft, cara mengatur margin di Word terbaru, yakni Microsoft 365, Word 2021, Word 2019, dan Word 2016 adalah sebagai berikut: 

  • Misalnya, kamu ingin mengatur margin dengan batas setiap tepinya 4433 (atas 4 cm, kiri 4 cm, bawah 3 cm dan kanan 3 cm) 
  • Pilih menu “Page Layout” atau “Layout” atau Tata Letak yang terletak di bagian atas menu Word.
  • Carilah sub menu “Margin”.
  • Karena kamu ingin mengatur sesuai dengan keinginan, maka pilihlah “Margin Custom
  • Kemudian muncul “Page Setup” atau “Penyetelah Halaman”
  • Silakan ubah angka pada kolom “Top (Atas)” menjadi 4 cm, “Left (Kiri)” menjadi 4 cm, “Bottom (Bawah)” menjadi 3 cm dan “Right (Kanan)” menjadi 3 cm.

Angka yang kamu masukkan inilah yang akan menjadi batas pada dokumen yang kamu buat.

2. Cara mengatur margin di Word untuk penjilidan

Bagaimana jika kamu ingin menjilid dokumen yang sudah kamu buat? Tentu margin pada dokumen tersebut harus disesuaikan agar dokumen tidak terpotong ketika dicetak. Bagaimana caranya?

  • Pertama-tama tentukan dulu kertas yang akan kamu gunakan. Kamu bisa menemukan menu mengatur kertas pada bagian Page Layout => Margin => Custom Margin => Papers
  • Baru setelah atur margin sesuai cara di atas. Hanya karena dokumen akan kamu jilid, maka pada batas kiri usahakan agak lebih lebar dibanding sisi kanan.

3. Cara mengatur margin di Word untuk buku atau majalah

Kalau kamu ingin mencetak dokumen yang kamu buat dalam bentuk buku atau majalah, maka margin pada Word juga perlu kamu atur. Terutama karena dokumen akan kamu cetak bolak-balik. Cara mengatur margin di Word untuk dicetak menjadi buku atau majalah adalah sebagai berikut:

  • Mulai dengan buka menu “Page Layout” atau “Tata Letak” atau “Layout” pada Word. Tergantung versi Word dan dukungan bahasa yang kamu gunakan.
  • Pilih “Margin” lalu “Custom Margin” seperti langkah sebelumnya.
  • Isi setiap batas kanan, atas, bawah, dan kiri sesuai dengan tepi batas yang kamu kehendaki.
  • Lanjutkan dengan pilih “Mirror Margin” pada kolom “Multiple Pages“. Pada bagian ini, isilah kolom “Inside” dan “Outside“ dengan angka yang sama.
  • Setelah selesai, pilih OK.

Baca juga: Artificial intelligence terbaru microsoft word bantu proses penulisan

Itulah beberapa cara mengatur margin di Word. Dengan begitu, batas tepi kanan, kiri, atas, dan bawah dokumen Word yang kamu buat menjadi lebih rapi dan teratur serta siap untuk dicetak. Bagi kamu yang bekerja sebagai content writer, data scientist, digital marketer, atau lainnya, memahami cara mengatur margin tentu sangat penting. Terutama jika kamu ingin menyajikan sebuah laporan menjadi lebih rapi.

Selain itu, kalau kamu ingin mengembangkan keahlian kamu, kamu juga bisa bergabung dengan EKRUT. Mulailah dengan sign up EKRUT untuk membuktikan seberapa berkualitas kamu dengan bergabung di berbagai perusahan terkemuka. Beragam tips dalam dunia kerja juga bisa kamu simak lewat channel YouTube EKRUT.

Sumber:

  • microsoft.com
  • gcfglobal.org
  • wikihow.com
  • bobo.grid
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_jadwal_fyp_tiktok.jpg

    Technology

    Jadwal FYP TikTok 2022: Jam Terbaik untuk Upload Video

    Nurina Ulfah

    16 January 2023
    5 min read
    0-cara-cek-nomor-indosat.jpg

    Technology

    5 Cara Cek Nomor Indosat dengan Mudah dan Cepat 2022

    Arin Khurota

    19 December 2022
    5 min read
    Ssstiktok_Download_Video_TikTok_tanpa_Watermark_Secara_Online_2022.jpg

    Technology

    SSSTikTok

    Sylvia Rheny

    19 December 2022
    5 min read

    Video