Published on

Technology

Mau Punya Font Word yang Banyak? Simak 5 Cara Menambahkannya di Sini!

Mauditalani

Cara_Punya_Font_Word_Banyak.jpg

Font bawaan dari Microsoft Word kini terasa membosankan dengan tampilan itu-itu saja. Kamu juga pastinya merasakan hal yang sama dan ingin mencari tahu, apakah ada pilihan lain supaya font Word terasa lebih menarik? Jawabannya ada, kok! Terdapat beberapa cara mudah yang bisa kamu praktikan untuk menambahkan jenis font Word baru.

Sebelum mengetahui cara menambahkan font Word, ada pembahasan mengenai pengertian dan jenis yang paling sering dipakai untuk desain grafis dan buku. Yuk, langsung saja simak penjelasannya di bawah ini!

Baca juga: 8 Pilihan font gratis untuk kebutuhan komersial

Apa itu font?


Pengertian font adalah sekumpulan grafis berbentuk teks. (sumber: Shutterstock)

Font adalah representasi sekumpulan grafis yang berbentuk teks dengan menyertakan ukuran, warna, desain, ketebalan, dan huruf yang berbeda-beda. Manfaat utama dari penggunaan font adalah menambahkan gaya tulisan agar terlihat menarik dan sesuai dengan konten yang sedang dibuat.

Tak jarang, beberapa font tertentu juga memengaruhi pembacaan konten berdasarkan medianya. Program perangkat lunak seperti Microsoft Office terutama Word, umumnya menggunakan font sebagai tanda dari kalimat tertentu atau keperluan tulisan.

Sedangkan penggunaan jenis font Word baru, biasanya orang lakukan karena merasa bosan dengan jenis dan gaya tulisan yang telah tersedia. Ada berbagai jenis font Word baru yang cukup populer, contohnya Typewriter dan Script. Kedua jenis font Word ini mempunyai grafis yang berbeda, tapi tetap menampilkan kesan unik pada tulisan.

Jenis font yang sering digunakan


Jenis font yang sering digunakan dalam desain grafis dan buku. (sumber: Pixabay)

Dalam dunia desain grafis, menggunakan jenis font tambahan merupakan hal yang rasanya wajib dilakukan. Hal ini bertujuan agar konten yang dibuat dapat menarik perhatian audiens, sehingga feedback yang didapatkan semakin baik. Sementara itu, pemilihan jenis font Word baru yang tepat berguna untuk mempercantik tulisan yang akan diterbitkan menjadi sebuah buku.

Sekarang ini, sudah banyak buku yang menggunakan font Word untuk mengutip perkataan seseorang atau sebagai rangkuman buku. Lantas, apa saja jenis font yang sering digunakan untuk keperluan desain grafis dan buku? Berikut di antaranya yang perlu kamu ketahui.

Baca juga: +10 Aplikasi pembuat logo terbaik dan mudah digunakan untuk pemula

1. Font yang sering digunakan dalam desain grafis


Font yang sering digunakan dalam desain grafis. (sumber: Shutterstock)

Seorang Desainer Grafis memerlukan stok font yang banyak untuk mendukung pembuatan kontennya. Pasalnya, setiap konten mempunyai target audiens yang berbeda-beda, sehingga font yang digunakan pun harus bervariasi. Ada jenis font yang populer atau paling sering digunakan dalam desain grafis, seperti:

  • Script. Font ini menyerupai tulisan tegak dan bersambung dengan penggambaran sesuatu yang elegan juga natural. Biasanya ini digunakan untuk tulisan singkat, bukan paragraf.
  • Brooklyn. Kebanyakan Desainer Grafis yang memakai font ini mempunyai konten yang ringan dan tidak terlalu formal. Tampilan yang sederhana menjadi daya tarik jenis font satu ini.
  • Handwritten. Khusus untuk font Handwritten, kamu akan diperlihatkan grafis teks yang mirip seperti tulisan tangan manusia. Tak berbeda jauh dari Script, biasanya Handwritten dipakai untuk pembuatan logo dan sampul buku.

2. Font yang sering digunakan di buku


Font Word yang sering digunakan dalam buku. (sumber: Unsplash)

Berbeda dengan Desainer Grafis yang bertujuan untuk menarik perhatian audiens, seorang Penulis Buku memilih pemakaian font untuk kepentingan tulisan agar pembaca merasa nyaman saat membaca karyanya. Secara umum, Penulis juga terbiasa menulis karyanya pada software perangkat lunak seperti Microsoft Word.

Terdapat tiga pertimbangan yang biasanya Penulis pakai untuk memilih jenis font Word, yaitu keserbagunaan, keterbacaan, dan tidak mengganggu. Ketiga kriteria tersebut sudah termasuk dalam font Word di bawah ini yang sering digunakan di buku, di antaranya:

  • Arial. Banyak Penulis menggunakan jenis ini karena dinilai hurufnya punya tampilan yang tegas dan tajam, sehingga pembaca tidak sulit memahami tulisan.
  • Garamond. Font kedua ini biasanya dipakai untuk menulis buku novel terjemahan dengan genre fantasi. Kenapa begitu? Hal ini dikarenakan Garamond punya grafis yang anggun dan identik dengan budaya Eropa.
  • Times New Roman. Bisa dibilang Times New Roman menjadi font Word standar dalam dunia penulisan. Sudah banyak buku yang menggunakan jenis ini karena tulisan terlihat lebih rapi dan terstruktur.

Baca juga: Mau jadi penulis yang kreatif? Simak 10 tipsnya berikut ini, dijamin ampuh!

Cara menambahkan font di Microsoft Word


Cara mudah menambahkan jenis font Word baru. (sumber: Shutterstock)

Setelah mengetahui pengertian dan jenis font apa saja yang sering digunakan dalam desain grafis dan buku, saatnya kamu mempraktikkan cara menambahkan font baru di Microsoft Word. Cara menambahkan jenis font Word baru ini sangat mudah dan tak memerlukan bantuan khusus. Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Mengunduh font terlebih dahulu

Sebelum menambahkan font Word baru, tentu kamu harus mengunduhnya terlebih dahulu. Perlu diperhatikan bahwa saat ingin mengunduh font di suatu situs, pastikan situs penyedia bisa dipercaya, tidak mempunyai program berbahaya, atau mengandung virus.

Jika kamu pemilik laptop atau komputer Windows, silakan unduh gratis pada aplikasi Microsoft Store. Kamu hanya perlu mencari jenis font yang disukai, lalu klik “download”.

Apabila kamu merasa kurang puas dengan jenis yang ada di Microsoft Store, ada beberapa situs penyedia font gratis yang populer, contohnya Dafont, Fontspace, dan 1001freefonts. Cara mengunduhnya masih sama, yakni pilih jenis font Word yang disuka, lalu klik “download”.

Baca juga: 15 Situs download font keren dan gratis 2022

2. Ekstrak berkas unduhan

Langkah selanjutnya untuk menambahkan font Word baru adalah mengekstrak berkas unduhan. Biasanya, berkas font yang diunduh berbentuk format ZIP yang memerlukan proses ekstrak untuk dipakai.

Cara ekstrak format ZIP tidak sulit, kok. Kamu hanya perlu mencari berkasnya, lalu klik dua kali pada berkas. Setelah itu, muncul keterangan berkas dan klik dua kali berkas dengan format TTF (TrueType Font) atau OTF (OpenType Font). Jika sudah klik menu “extract to” di bagian atas, pilih lokasi penyimpanan dan terakhir klik “OK”.

Dari langkah di atas, akan ada berkas baru dengan nama folder font yang kamu unduh sebelumnya. Di dalam folder tersebut terdapat berkas dengan format .ttf atau .otf hasil ekstrak ZIP.

3. Melakukan install font

Cara melakukan install font di laptop atau komputer sangatlah mudah. Buka berkas hasil ekstrak dengan mengklik dua kali, setelahnya ada jendela baru yang menampilkan pratinjau font Word yang telah diunduh. Di bagian atas sebelah kiri, ada bacaan “install” dan klik kotak tersebut. Apabila muncul konfirmasi instalasi, kamu bisa memilih pilihan “yes” untuk ke langkah selanjutnya.

4. Font siap dipakai

Sesudah menyelesaikan proses instalasi, sebenarnya kamu sudah bisa langsung menggunakan font baru di program yang menggunakan font sistem seperti Microsoft Word. Font Word baru akan tersedia secara otomatis di bagian “home” tanpa perlu melakukan proses yang rumit lainnya.

5. Buka Microsoft Word

Untuk langkah lebih jelas, kamu bisa membuka berkas yang ingin diubah jenis font Word-nya terlebih dahulu. Blok kata atau kalimat yang mau diubah, kemudian arahkan kursor ke menu “home” dan pilih jenis font Word yang diinginkan. Selesai, jenis font Word telah berhasil diubah sesuai keinginanmu.

Baca juga: 10 Software desain grafis 2022 yang gratis dan berbayar

Itulah cara mudah menambahkan jenis font Word baru beserta pengertian dan jenisnya yang paling sering digunakan dalam desain grafis juga buku. Jika kamu tertarik menjadi seorang Penulis atau Desainer Grafis, silakan sign up di EKRUT. Terdapat bantuan profesional di EKRUT yang membuat kamu lebih mudah mendapatkan pekerjaan di perusahaan startup hingga unicorn.

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh informasi dan tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT Official. Hanya dengan EKRUT, kamu bisa mendapatkan berbagai peluang kerja yang sesuai dengan minat.

Sumber:

  • Computerhope.com
  • Inkbotdesign.com
  • Hitekno.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-steve-johnson-13078553.jpg

    Technology

    Animasi: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Contohnya

    Tio Derma

    21 September 2022
    8 min read
    H1.PNG

    Technology

    Apa Itu Twibbonize? Berikut Fungsi dan Panduan Membuatnya 2022

    Mentari Nurmalia

    20 September 2022
    5 min read
    H1.PNG

    Technology

    Apa Itu NoSQL? Berikut Jenis, Bedanya dengan SQL, dan 5 Kelebihannya!

    Mentari Nurmalia

    20 September 2022
    5 min read

    Video