Published on

Technology

4 Cara menghapus akun instagram permanen dan sementara 2022

Anisa Sekarningrum

cara-menghapus-akun-instagram-EKRUT.jpg

Masalah keamanan dan privasi data di Instagram terkadang membuat sebagian pengguna ingin menonaktifkan akun mereka. Tapi keinginan itu, kerap terhalang karena ketidaktahuan pengguna tentang bagaimana caranya menghapus akun instagram. Jika kamu merasakan hal yang sama, maka beberapa langkah di bawah ini akan membantumu dalam cara menghapus akun Instagram

Penyebab pengguna menghapus akun instagram

cara menghapus akun instagram EKRUT
Salah satu penyebab pengguna menghapus akun Instagram adalah terlalu banyak iklan - EKRUT

Selain karena masalah keamanan dan privasi data, ada beberapa pertimbangan yang membuat pengguna pada akhirnya harus menonaktifkan akun Instagram mereka selamanya.

1. Adiktif

Riset menunjukkan jika rata-rata orang bisa menghabiskan sekitar 2 jam 24 menit di laman media sosial, termasuk Instagram. Bahkan beberapa negara seperti Afrika, masyarakatnya banyak menghabiskan waktu rata-rata 3 jam 10 menit per hari untuk melihat media sosial saja Faktor kecanduan media sosial ini yang pada akhirnya dapat mendorong pengguna untuk menghapus Instagram. Sebab, kebiasaan mengakses Instagram berjam-jam membuat pengguna merasa membuang-buang waktu dan menjadi tidak produktif.

2. Iklan yang banyak

Instagram telah menjadi media sosial yang populer. Tidak heran bila perusahaan banyak menyediakan ruang bagi mereka yang ingin menaruh iklan suatu produk. Bisa kamu perhatikan di setiap 4 hingga 5 postingan temanmu, pasti kamu akan menemukan iklan yang muncul. Belum lagi jika kamu mengikuti salah satu selebgram maka, akan banyak iklan atau produk endorse yang dilakukan oleh mereka. Oleh karena itu, bagi mereka yang tidak suka melihat banyak iklan maka menghapus akun jadi salah satu pilihan.

3. Menciptakan kebutuhan akan kehidupan yang palsu

Banyak selebgram sering menunjukkan kehidupan mewah dan bahagia di Instagram. Hal ini yang kadang dapat menimbulkan rasa iri di kalangan followers-nya. Mereka ingin menjadi selebgram tersebut dan memperoleh kehidupan yang sama. Tidak jarang beberapa di antaranya berusaha membuat kehidupan palsu dan membagikan di Instagram agar mencapai popularitas yang sama. Kebutuhan akan validasi dan ketenaran ini dapat mempengaruhi kesehatan mental penggunanya. Akibatnya, pengguna yang merasakan dampak buruk dari Instagram akan memilih untuk berhenti menggunakan media sosial tersebut.

Baca juga: Intip cara beriklan di Instagram yang efektif dan mudah

4. Akun diretas

Survei online Kaspersky Lab kepada 4.831 responden menunjukkan bahwa sebanyak 5% responden mengatakan bahwa mereka ingin menghapus akun media sosial mereka karena akunnya telah diretas. Seperti media sosial lainnya, Instagram juga memiliki kerentanan untuk diretas. Alasan peretasan bisa bermacam-macam, mulai dari hal sederhana seperti iseng sampai alasan seperti ingin mengambil alih akun. Jika akun pengguna diretas, alasan untuk menghapus akun adalah hal yang direkomendasikan agar akun pengguna tidak disalahgunakan.

5. Merasa insecure

Sebanyak 4% responden dari survei online Kaspersky Lab yang disebutkan di atas mengungkapkan alasan mereka meninggalkan media sosial adalah karena lelah dengan haters yang merudung atau mem-bully mereka secara online. Kebebasan berbicara secara online dapat menjadi kekurangan, terutama ketika banyak orang dapat berkomentar secara asal tanpa memikirkan dampak dari perkataan mereka.

Tidak jarang banyak orang yang menjadi korban karena merasa dirudung oleh banyak akun lain hanya karena meninggalkan sebuah komentar yang mungkin bertentangan dengan pendapat orang lain. Tidak hanya karena perudungan secara daring, citra pengguna Instagram yang umumnya lebih menyukai visual yang bagus, banyak membuat penggunanya merasa harus mengunggah konten yang lebih bagus dari pengguna lainnya agar mendapat banyak likes dari follower mereka. Kecilnya likes yang didapat akhirnya membuat pengguna merasa insecure dan rendah diri.

Hal ini membuat mereka merasa tidak sebaik pengguna lainnya bahkan banyak pengguna yang merasa iri dengan kehidupan orang lain. Hanya karena konten yang mereka unggah karena konten yang mereka buat tidak sekeren atau semewah orang lain, akhirnya pengguna merasa insecure dan rendah diri. Hal inilah yang membuat menghapus akun Instagram menjadi rekomendasi terbaik untuk menenangkan psikis dari pengguna.

Baca juga: Instagram hilangkan fitur like, ini alasannya

Cara menghapus akun instagram

cara menghapus akun instagram EKRUT
Ada dua cara menghapus akun Instagram yakni untuk sementara atau permanen - EKRUT

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan ketika ingin menghapus akun Instagram, yakni menghapus akun Instagram untuk sementara atau menghapus akun Instagram untuk selamanya alias permanen. Perlu diketahui bahwa, dua cara penghapusan akun Instagram ini hanya bisa dilakukan melalui browser baik itu di smartphone atau pun di laptop. Kamu tidak dapat menghapus akun Instagram lewat aplikasinya langsung. Berikut akan dijelaskan beberapa cara menghapus akun Instagram yang bisa kamu coba.

1. Cara menghapus akun instagram untuk sementara

Saat kamu ingin menonaktifkan sementara akun Instagram maka, informasi mengenai  akun, foto, komentar, profil, dan like akan disembunyikan dari followers sampai kamu mengaktifkan kembali akun tersebut.

Adapun langkah menghapus akun Instagram untuk sementara yaitu:

  • Masuk ke situs resmi Instagram kamu melalui desktop
  • Arahkan kursor ke bagian profil lalu klik edit
  • Gulirkan kursor ke bagian paling bawah dan temukan pilihan “nonaktifkan sementara akun saya”  di pojok kanan bawah
  • Nanti akan terbuka laman baru di Instagram yang menanyakan alasan kenapa kamu ingin menonaktifkan sementara akun kamu? Berikan jawaban dengan memilih opsi yang tersedia.
  • Lanjutkan dengan memasukkan password kamu
  • Kemudian pilih “akun dinonaktifkan sementara”

Setelah melakukan tahapan ini, kamu telah berhasil menghapus akun Instagram untuk sementara dan masih bisa membukanya di lain kesempatan.

Baca juga: Tips menerapkan teknik SEO Instagram yang tepat

2. Cara menghapus akun instagram permanen

Sebelum yakin menghapus akun Instagram secara permanen, kamu perlu mengetahui risikonya yang akan ditimbulkan karena melakukan ini, yakni tidak bisa lagi memiliki akun tersebut. Selain itu, kamu juga tidak bisa mendaftar kembali dengan menggunakan akun yang sama atau menambahkan nama pengguna itu ke akun lain. Namun, bila kamu sudah yakin ikuti cara menghapus akun Instagram permanen berikut ini.

  • Kunjungi laman akun Instagram kamu dari browser komputer atau mobile
  • Lalu ikuti tautan penutupan akun secara permanen dari instagram ini
  • Nanti kamu akan diarahkan pada laman Instagram tertentu dan kembali ditanya tentang alasan kenapa ingin menghapus akun Instagram secara permanen

Ada beberapa opsi jawaban yang bisa kamu pilih, seperti karena alasan terlalu banyak iklan, terlalu sibuk, masalah privasi, ingin menghapus sesuatu, memiliki dua akun dan sebagainya.

  • Pilih salah satu alasan di atas, lalu masukkan sandi akun Instagram kamu dan pilih tombol merah yang bertuliskan “hapus akun saya secara permanen”. 

Setelah menekan tombol merah tersebut maka pihak Instagram memerlukan waktu selama 30 hingga 90 hari untuk menghapus akun Instagram kamu secara permanen. Walaupun begitu salinan informasi terkait data kamu akan tetap tersimpan di dalam penyimpanan cadangan yang perusahaan tersebut gunakan.

Baca juga: 7 Cara efektif menambah followers Instagram

3. Cara menghapus akun instagram melalui aplikasi di handphone

Kamu dapat dengan mudah menghapus akunmu melalui aplikasi Instagram di ponsel. Ikuti cara menghapus akun instagram berikut ini.

  • Buka aplikasi Instagram kemudian buka profil akunmu di sebelah kanan bawah. Pilih tombol tiga baris garis di pojok kanan atas, lalu pilih Setting. Kemudian pilih opsi Help, lalu pilih Help Center. Opsi ini akan membawa kamu ke website Instagram Help Center
  • Selanjutnya pilih tiga baris garis di pojok kanan atas, lalu pilih Manage Your Account. Setelah itu, kamu bisa memilih opsi Delete Your Account. Opsi ini akan membawa kamu kepada bantuan tentang How do I delete my Instagram account?
  • Pilih opsi bantuan tentang bagaimana cara menghapus akun instagram tersebut. Setelah membaca artikel tersebut kamu akan menemukan langkah untuk pergi ke halaman Delete Your Account, klik opsi tersebut.
  • Opsi ini akan membawa kamu ke halaman Delete Your Account. Kamu akan diberikan pertanyaan berikut, “If you want a break from Instagram, you can temporarily disable your account instead of deleting it. Your profile won't appear on Instagram while you're away.” 
  • Untuk menghapus akun instagram sementara, klik opsi temporarily disable pada pertanyaan tersebut. Namun untuk melanjutkan menghapus akun Instagram secara permanen, kamu harus menjawab pertanyaan, “Why do you want to delete (nama akun kamu)?”

Instagram memberikan pilihan alasan mengapa kamu menghapus akun Instagram kamu seperti terlalu sibuk/terganggu, terlalu banyak iklan, kesulitan untuk memulai, ingin menghapus sesuatu, tidak memiliki seseorang untuk diikuti, ingin membuat akun lain, masalah privasi, atau alasan lainnya. Untuk menghapus akun instagram, kamu harus memilih salah satu alasan di atas. 

  • Setelah memilih alasan, pastikan kamu memilih akun yang benar untuk dihapus, lalu ketik kata sandi kamu. Setelah itu pilih opsi Delete (nama akun kamu) di paling bawah. 

Jika kamu yakin akan menghapus akun Instagram tersebut, profil dan detail akun kamu akan dihapus secara otomatis oleh Instagram dalam 30 hari. Sementara itu, dimulai dari saat kamu menghapus akunmu sampai 30 hari mendatang, akun Instagram-mu akan disembunyikan dan tidak dapat ditemukan oleh orang lain.

Jika setelah menghapus akun Instagram kamu dan kamu masih ragu atau ingin mengembalikan akun tersebut. Kamu dapat melakukan login kembali pada akun tersebut sebelum waktu 30 hari yang ditentukan tadi dan membatalkan penghapusan akun Instagram kamu.

4. Cara menghapus akun instagram yang lupa password

Kamu ingin menghapus akun Instagram tapi kamu melupakan kata sandimu? Jangan khawatir, kamu dapat mengatur kata sandi baru untuk menghapus akun Instagram kamu. Berikut caranya selengkapnya.

  • Akses Instagram melalui website dengan komputer atau ponsel dengan link berikut https://www.instagram.com/accounts/password/reset/
  • Masukkan alamat email atau nomor handphone atau username yang kamu gunakan untuk akun tersebut. Selanjutnya Instagram akan mengirimkan link untuk masuk ke akun Instagram kamu melalui email kamu.

Setelah mendapatkan tautan tersebut, kamu akan diberikan opsi untuk login ke akun kamu atau mengatur ulang kata sandimu. 

  • Klik Reset your password, kamu akan dibawa ke halaman untuk membuat password baru. Buat kata sandi baru untuk akun Instagram kamu. Setelah itu kamu akan dibawa masuk ke akun kamu.

Langkah selanjutnya adalah cara menghapus akun Instagram

  • Klik tautan berikut ini https://www.instagram.com/accounts/remove/request/permanent/ yang akan membawa kamu ke halaman Delete your account
  • Pilih alasan mengapa kamu ingin menghapus akun Instagram kamu.
  • Kemudian masukkan kata sandi yang sudah kamu buat tadi.
  • Klik Delete (nama akun Instagram) dan akun Instagram kamu akan otomatis terhapus dalam 30 hari.

Baca juga: Panduan lengkap membuat akun Instagram Bisnis 2021

Apakah kamu yakin dengan kemampuan analisis dan plan media sosial seperti Instagram atau Facebook? Jika kamu ingin mencari pekerjaan yang berkaitan dengan media sosial, kamu bisa coba daftarkan diri kamu untuk menjadi talent di EKRUT. Semua proses dan bantuan professional di talent marketplace EKRUT gratis. Kamu – sebagai talent atau employer – bisa langsung direkrut dan merekrut kandidat yang sesuai. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, daftar sekarang di EKRUT.

Adapun alasan perusahaan menyimpan informasi kamu adalah untuk sesuatu yang mungkin terjadi seperti permasalahan hukum, pelanggaran ketentuan atau upaya pencegahan bahaya. Nah, sekarang kamu sudah mengerti cara menghapus akun instagram, bukan? Pastikan mempertimbangkan dengan matang sebelum memutuskan untuk  menghapus akun Instagram tersebut agar kamu tidak menyesal di lain hari. Namun untuk kamu yang ingin belajar lebih banyak tentang Instagram, tonton video berikut ini mengenai penerapan teknik SEO pada Instagram.

sign up EKRUT

Sumber:

  • instagram.com 
  • techuntold
  • broadbandsearch
  • suara
  • cnn
  • brilio
  • kompas

Tags

Share

Artikel Terkait

H1_cara_mendapatkan_uang_di_youtube.jpg

Technology

10 Cara Mendapatkan Uang dari YouTube beserta Cara Menghitung Penghasilannya

Alvina Vivian

27 May 2022
5 min read
H1_metadata_adalah.jpg

Technology

Mengenal Apa itu Meta data? Definisi, Jenis, Manfaat, Hingga 4 Contohnya

Alvina Vivian

27 May 2022
5 min read
H1.jpg

Technology

Kenali Apa Itu NFT, Aset Digital yang Sedang Booming di Tahun 2022

Anissa Trisdianty

27 May 2022
5 min read

Terpopuler Bulan Ini

01

10 Contoh Deskripsi Diri Sendiri yang Profesional dan Menarik HRD

Maria Tri Handayani

07 April 2022
6 min read
02

Jadwal FYP TikTok 2022: Pelajari dan Terapkan Tren Terbaru Agar Kontenmu Ramai!

Nurina Ulfah

04 April 2022
5 min read
03

5 Cara Cek Nomor Smartfren Sendiri dengan Cepat dan Mudah 2022

Algonz D.B. Raharja

27 April 2022
5 min read
04

Tips Menyampaikan Kata-Kata Perpisahan Kerja yang Berkesan

Maria Tri Handayani

07 April 2022
5 min read
05

12 Jenis Strategi Pemasaran yang Paling Efektif Beserta Contohnya

Tsalis Annisa

07 April 2022
5 min read