Published on

Careers

9 Cara meningkatkan konsentrasi saat bekerja

Tsalis Annisa

cara-meningkatkan-konsentrasi-EKRUT.jpg

Studi menunjukkan bahwa, pekerja kantoran rata-rata mengalami interupsi setiap 11 menit selama bekerja. Sementara itu, diperlukan waktu sekitar 25 menit hingga otak benar-benar fokus kembali. Untungnya, ada beberapa cara meningkatkan konsentrasi yang dapat kamu lakukan.

Konsentrasi dan fokus adalah salah satu kunci untuk memperoleh hasil kerja yang optimal. Tanpa keduanya, perhatianmu akan teralihkan pada hal lain dan ketelitianmu terhadap hasil pekerjaan justru berkurang.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu coba untuk meningkatkan konsentrasi selama bekerja.

1. Beristirahat sejenak

cara meningkatkan konsentrasi - EKRUT
Berikan jeda di saat kerja untuk istirahat - EKRUT

Cara meningkatkan konsentrasi yang pertama adalah dengan memberikan jeda bagi tubuh untuk beristirahat. Hal ini akan meningkatkan energi dan konsentrasi selama bekerja. Beristirahat juga bermanfaat bagi kesehatan karena dapat mengurangi risiko sakit kepala, mata tegang, dan sakit punggung akibat stres kerja.

Habiskan waktu istirahatmu untuk menyendiri sejenak atau melakukan hobi yang kamu sukai. Hindari kegiatan yang memicu kamu untuk kembali bekerja seperti memeriksa email, membuka pemberitahuan di smartphone, atau mengakses media sosial. 

2. Merancang meja kerja sendiri

cara meningkatkan konsentrasi - EKRUT
Ubahlah suasana meja kerjamu - EKRUT

Meja kerjamu adalah lingkungan yang kamu hadapi setiap hari. Jika lingkungan ini terasa menjemukan, perhatianmu akan mudah teralihkan sehingga konsentrasi menurun.

Meja kerja yang dirancang sendiri dapat membantumu mempertahankan fokus dan meningkatkan produktivitas. Jadi, mulailah meletakkan beberapa dekorasi di atas meja kerjamu untuk membuatnya semakin menarik. 

Jika kamu bingung bagaimana cara merancang meja kerjamu, kamu perlu tahu tips merancang ruang kerja agar konsentrasi dan produktivitasmu meningkat. 

3. Memikirkan satu hal pada satu waktu

cara meningkatkan konsentrasi - EKRUT
Gunakan to do list agar kamu fokus menyelesaikan satu per satu pekerjaan - EKRUT

Otak manusia memiliki keterbatasan dalam memikirkan lebih dari satu hal pada saat yang sama. Memaksakan diri untuk mengerjakan beberapa tugas secara bersamaan dapat memecah konsentrasi dan menurunkan produktivitas.

Memang sulit untuk mengentaskan pikiran yang muncul begitu saja saat bekerja. Namun, kamu bisa mengatasinya dengan membuat sebuah daftar berisikan berbagai hal yang perlu dilakukan. Lakukan satu demi satu dan berikan ceklis usai mengerjakannya.

Baca juga: 6 Tips manajemen energi agar kerja lebih produktif

4. Tidak menunda-nunda pekerjaan

cara meningkatkan konsentrasi - EKRUT
Menunda pekerjaan dapat membuatmu menyelesaikan pekerjaan dengan terburu-buru - EKRUT

Menunda-nunda pekerjaan tidak akan membantumu menyelesaikan pekerjaan tersebut. Selain pekerjaan menjadi menumpuk, fokus dan konsentrasimu juga dapat terpecah.

Saat merasa ingin menunda pekerjaan, cobalah bertanya kepada diri sendiri. Apakah pekerjaan tersebut penting? Apakah pekerjaan tersebut akan menjadi lebih mudah jika kamu menundanya? Jadikan jawabannya sebagai motivasi untuk menyelesaikan pekerjaanmu sesegera mungkin.

5. Berolahraga

cara meningkatkan konsentrasi - EKRUT
Berolahraga dapat menjadi salah satu cara meningkatkan konsentrasi kamu - EKRUT

Cara meningkatkan konsentrasi selanjutnya adalah dengan berolahraga. Olahraga tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, tapi juga pikiran. Pasalnya, kegiatan ini dapat merangsang otak untuk melepaskan senyawa kimia yang meningkatkan kinerja otak sekaligus mempertajam konsentrasi selama bekerja.

Rutinlah berolahraga selama 30 menit dalam sehari. Lakukan kegiatan ini sebanyak 5 hari dalam seminggu. Jenis olahraga yang disarankan adalah olahraga intensitas ringan hingga sedang seperti bersepeda, jogging, tenis, berenang, atau senam aerobik. Agar semakin paham dengan manfaat olahraga untukmu, cari tahu manfaat olahraga untuk karyawan di sini. 

6. Melihat tanaman hijau

cara meningkatkan konsentrasi - EKRUT
Letakkan beberapa tanaman hias di sekitar lingkungan kerja kamu - EKRUT

Mengisi lingkungan kantor dengan tanaman hijau dapat meningkatkan produktivitasmu. Ini disebabkan karena keberadaan tanaman hijau meningkatkan kepuasan karyawan terhadap lingkungan kerja, persepsi mengenai kualitas udara, dan kemampuan berkonsentrasi.

Selain itu, tanaman hijau dalam lingkungan kantor juga mampu meningkatkan kemampuan kognitif dan emosional karyawan. Jadi, cobalah meletakkan beberapa tanaman hias di sekitar lingkungan kerjamu untuk mendapatkan manfaat ini.

7. Mencoba permainan yang mengasah otak

cara meningkatkan konsentrasi - EKRUT
Pilih game yang dapat melatih konsentrasi dan ingatan - EKRUT

Kemampuan otak dapat menurun apabila tidak diasah dengan kegiatan yang melibatkan kemampuan kognitif. Kondisi ini bahkan bisa bertambah buruk jika pekerjaan yang kamu lakukan begitu monoton sehingga tidak ada ruang untuk berpikir.

Kamu bisa mengatasinya dengan mencoba berbagai permainan yang mengasah otak. Cobalah bermain puzzle atau beragam jenis permainan yang melibatkan kecepatan, akurasi, ingatan, dan kemampuan mengambil keputusan dengan cepat.

Baca juga: Seru, 10 game asah otak ini bantu tingkatkan daya ingat

8. Tidur dengan cukup

cara meningkatkan konsentrasi - EKRUT
Kurangi kebiasaan begadang di malam hari - EKRUT

Jam tidur yang kurang dapat menurunkan konsentrasi dan kewaspadaan. Tidak hanya itu, proses kognitif seperti kemampuan berbahasa, memusatkan perhatian, mengambil keputusan, belajar, serta ingatan juga bisa terkena dampaknya.

Kamu dapat menghindari hal tersebut dengan mencukupi kebutuhan tidur selama 7 jam setiap hari. Hindari berbagai kegiatan yang dapat membuatmu menunda tidur. Misalnya menggunakan telepon genggam, memeriksa email, dan sebagainya. 

Jika kurang tidur merupakan salah satu penyebab seringnya kamu sulit berkonsentrasi, cobalah untuk meluangkan sedikit waktu untuk tidur siang di saat jam makan siang. Ada beragam manfaat tidur siang untuk karyawan yang menarik untuk kamu ketahui. Mulai dari menghilangkan kantuk, hingga meningkatkan performa. 

9. Hilangkan gangguan saat bekerja

cara meningkatkan konsentrasi - EKRUT
Kurangi membuka media sosial saat bekerja - EKRUT

Terkadang beberapa hal sederhana bisa mengganggu konsentrasi selama bekerja. Misalnya saja kebiasaan membuka media sosial atau memeriksa pesan teks di telepon genggam setiap saat.

Cobalah untuk mengurangi kegiatan atau hal-hal yang dapat mengganggu tersebut. Cobalah untuk mematikan telepon genggam atau mengubahnya ke mode senyap selama jam kerja.

Kamu juga bisa mengunduh aplikasi yang membatasi penggunaan media sosial di handphone untuk membantu membatasi keinginanmu untuk mengecek  media sosial setiap saat. 

Di tengah maraknya informasi yang terus beredar, sulit untuk mempertahankan fokus dan perhatian terhadap pekerjaan. Konsentrasimu pun bisa terpecah dengan mudah jika kamu tidak piawai dalam menyikapinya.

Kemampuan untuk fokus dan berkonsentrasi datang dari kebiasaan sehari-hari serta gaya hidup yang sehat. Jadikan keduanya sebagai rutinitas agar perhatianmu tidak teralihkan selama bekerja.

Jadi, kapan kamu mau mulai mempraktikan beberapa cara meningkatkan konsentrasi di atas?

cara meningkatkan konsentrasi - EKRUT
Last update: 9 Mei 2020

Sumber:

Tags

Share