Published on

Technology

Carousel Instagram: Pengertian, Jenis, Keuntungan, dan Cara Membuatnya

Ningtyas Dewanasari Kinasih

Carousel_Adalah-Pengertian__Jenis__Keuntungan__dan_Cara_Membuatnya.jpg

Perkembangan internet yang pesat turut berpengaruh pada pertumbuhan sosial media yang cukup signifikan. Berbagai sosial media saling bereksperimen dengan banyak format dan fitur untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Selain dapat berinteraksi dengan sesama pengguna, kamu juga dapat menggunakan sosial media untuk mempromosikan produkmu.

Carousel Instagram adalah salah satu format iklan yang memiliki banyak fitur dan lebih melibatkan audiens. Dengan menggunakan carousel, kamu juga dapat menguji keberhasilan strategimu. Sebelum menerapkannya, ketahui terlebih dahulu pengertian, jenis, keuntungan, dan cara membuatnya yang ada di artikel ini.

Apa itu carousel Instagram?


Carousel Instagram adalah konten visual di media sosial. (sumber: pexels)

Carousel Instagram adalah salah satu format atau konten di dalam media sosial Instagram yang menampilkan bentuk visual. Tampilan carousel Instagram memiliki beberapa gambar dalam satu konten. Setiap pengguna dapat melihat deretan konten carousel dengan cara menggesernya. Apabila kamu mau menampilkan produk serta menceritakan proses pembuatannya, carousel Instagram adalah format yang dapat kamu gunakan. Carousel diklaim dapat menciptakan lebih banyak engagement daripada posting yang hanya memiliki satu gambar atau video.

Baca juga: Begini tren media sosial 2022 yang berpengaruh pada merek

Jenis-jenis carousel Instagram


Terdapat dua jenis carousel Instagram yang dapat kamu gunakan. (sumber: pexels)

Dilansir dari productsup.com, terdapat dua jenis konten carousel yang dapat kamu posting, yaitu carousel post dan carousel ads. Keduanya dapat digunakan untuk memamerkan berbagai produk, memperkenalkan bisnis atau merek kamu, dan lain-lain. Carousel post adalah slideshow konten dalam bentuk foto atau video yang dapat digeser secara horizontal (biasanya ke kiri). Salah satu media sosial populer dalam penggunaan carousel adalah Instagram yang memungkinkanmu memiliki lebih dari sepuluh konten per post.

Carousel ads adalah format iklan bergambar yang ditawarkan oleh platform media sosial, seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Nah, konten iklan berbayar ini dinilai sebagai cara efektif untuk berinteraksi dengan pengguna yang dapat melihatnya bersamaan dengan konten lain dalam Feed dan Story.

Apabila kamu ingin memperkenalkan produkmu, carousel Instagram adalah strategi pemasaran yang dapat digunakan untuk hampir semua bisnis atau industri. Namun, beberapa sektor bisnis yang fokus pada visual akan memiliki manfaat lebih besar, seperti pakaian, kecantikan, makanan, kebugaran, dan lain-lain.

Baca juga: Catat, ini 6 cara optimalkan media sosial untuk pemasaran

Keuntungan menggunakan carousel Instagram


Keuntungan carousel Instagram adalah dapat meningkatkan engagement. (sumber: pexels)

Kamu mungkin sudah menyadari bahwa carousel Instagram adalah format yang menarik secara visual dan interaktif. Itulah yang menyebabkan strategi carousel Instagram menjadi pilihan menarik untuk mempromosikan bisnis. Beberapa penelitian menyebutkan, carousel dapat mendorong hingga sepuluh kali lebih banyak traffic ke situs pengiklan daripada posting bersponsor biasa di media sosial. Carousel Instagram mungkin nampak seperti format lain dari strategi pemasaran di media sosial, namun kamu akan mendapatkan keuntungan lebih jika menerapkannya dengan tepat. Berikut ini beberapa keuntungan carousel Instagram.

  • Keuntungan dari carousel Instagram adalah sifatnya yang lebih interaktif dengan melibatkan audiens untuk mengklik lebih banyak konten yang kamu miliki. Kamu dapat meningkatkan pengetahuan akan merekmu kepada audiens.
  • Carousel Instagram adalah format iklan visual yang bergerak dan cenderung lebih menarik perhatian audiens atau targetmu. Format ini juga akan mendorong audiens untuk mengklik iklanmu sehingga akan meningkatkan engagement.
  • Carousel Instagram adalah bentuk iklan yang lebih hemat biaya karena ditargetkan untuk menjangkau audiens secara spesifik. Dengan begitu, kamu tidak harus membuang biaya untuk menargetkan konsumen yang tidak akan merespons kontenmu.

Baca juga: Kelebihan social media marketing dan tips menerapkannya

Cara membuat carousel


Perhatikan kualitas visual saat hendak mengunggah carousel. (sumber: pexels)

Berikut ini beberapa langkah yang harus kamu lakukan untuk membuat iklan carousel di Facebook.

  • Membuka Facebook Ads Manager
  • Klik Create
  • Memilih objektif yang mendukung carousel
  • Mengisi bagian audiens, durasi, anggaran, dan jadwal
  • Pada level iklan, pilihlah carousel sebagai format iklan
  • Centang atau hapus centang pada kotak di sebelah Otomatis tampilkan kartu dengan performa terbaik terlebih dahulu
  • Mengunggah gambar dan video
  • Menambahkan URL situs, deskripsi, dan action button
  • Ulangilah langkah 7-8 untuk semua kartu.
  • Meninjau ulang semua iklan kamu
  • Mengonfirmasi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, carousel adalah iklan dalam bentuk visual. Oleh karena itu, kamu perlu memperhatikan tiga hal penting sebelum mengunggah carousel, yaitu:

  • Menggunakan kualitas visual yang tinggi
  • Menggunakan kalimat yang efektif dan efisien
  • Mengoptimalkan iklan berdasarkan hasil

Baca juga: 8 Skills yang harus dimiliki social media specialist

Kamu pastinya sudah mengetahui bahwa pengguna media sosial makin meningkat yang mana dapat kamu gunakan sebagai alat promosi bisnis. Carousel Instagram adalah format iklan yang dapat kamu gunakan untuk promosi produk dan meningkatkan brand awareness bisnismu. Selain di Instagram, kamu juga bisa menerapkannya di berbagai media sosial, lho!

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • digivizer.com
  • productsup.com
  • sproutsocial.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-cottonbro-7595266.jpg

    Technology

    YouTube Desktop Dashboard: Cara Mengukur Performa Konten Video yang Efektif di Tahun 2022

    Chrissila Jessica

    06 October 2022
    5 min read
    H1_cara_membuat_linktree.jpg

    Technology

    Cara Membuat Linktree dengan Mudah di Bio Instagram [2022]

    Alvina Vivian

    06 October 2022
    6 min read
    H1_Google_Meet.jpg

    Technology

    Mengenal Google Meet, Mulai dari Manfaat, Fitur, hingga Cara Menggunakannya

    Algonz D.B. Raharja

    06 October 2022
    5 min read

    Video