Careers

Mengenal Apa Itu Concept Art? Desain Ilustrasi Penting dalam Perfilman Beserta Skill-nya

Published on
Min read
5 min read
time-icon
H1_(1).jpg

Pernahkah terlintas di benak kamu, siapakah yang bertugas merancang elemen planet asing yang sangat realistis, kendaraan futuristik, atau makhluk dan karakter unik dalam sebuah film, game, atau iklan? Itulah tugas concept art. Jika kamu ingin menggeluti bidang ini, kamu harus memiliki keahlian dan kualifikasi lainnya tidak hanya sekedar kemampuan artistik saja. Penasaran? Yuk, cari jawabannya di artikel ini!

Baca juga: Art director: Tugas, latar pendidikan, skill-set, dan proyeksi karier 2022

Definisi concept art


Pekerjaan ini kembali muncul ke permukaan sebagai tren baru di bidang ilustrasi. (sumber: google)

Dikutip melalui laman cgspectrum.com, concept art didefinisikan sebagai representasi visual yang menceritakan sebuah cerita atau menyampaikan tampilan tertentu. Art ini biasanya digunakan dalam film dan video game untuk menyampaikan visi dan tone keseluruhan game atau film.

Seorang concept artist tidak bertanggung jawab untuk menghidupkan elemen itu melalui animasi atau efek visual; dia hanya menciptakan visi artistik keseluruhan untuk bagian proyek tersebut. Untuk menyampaikan gagasan itu secara menyeluruh, seorang concept artist biasanya akan mengilustrasikan elemen dari beberapa perspektif berbeda atau dalam berbagai pose berbeda untuk memperlihatkan visual suatu objek dari berbagai sudut.

Baca juga: 6 Tips Mengatasi “Art Block” Agar Proses Kreatifmu Kembali Lancar

Fungsi concept art


Dengan adanya concept art, pembuatan elemen proyek bisa dikoordinasikan dengan baik (sumber: google)

Proyek seperti film animasi dan video game dapat menyatukan ratusan hingga ribuan seniman berbeda yang harus berkolaborasi untuk membuat suatu karya. Concept art berfungsi untuk menyampaikan ide konsep kepada individu maupun kelompok lain agar dapat saling bekerja sama dalam mencapai suatu tujuan ide konsep.

Jika hal ini tidak dilakukan, maka akan berisiko menciptakan inkonsistensi dalam proyek. Bayangkan saja, sebuah narasi gambaran fisik karakter diterjemahkan oleh dua artist dengan cara yang sangat berbeda. Jika kamu membiarkan artist bergerak maju secara mandiri, maka inkonsistensi desain pasti akan terjadi, dan kesalahan ini biasanya mahal untuk diperbaiki. Concept art merupakan sebuah visi artistik tunggal yang akan memastikan bahwa setiap orang bekerja menuju ide kohesif yang sama.

Baca juga: Motion Graphic: Tugas, Peran, dan 5 Software Penting

Skill yang dibutuhkan menjadi concept artist


Desain merupakan basic skill yang harus dikuasai oleh seorang concept artist (sumber: google)

Concept artist harus memiliki imajinasi praktis untuk dapat menghidupkan ide-ide orang lain. Menafsirkan narasi adalah keterampilan utama bagi seorang concept artist. Perusahaan biasanya mencari skill berikut dalam seorang concept artist:

  • Keterampilan menggambar yang kuat, dengan spesialisasi dalam desain konsep
  • Kemampuan menggambar dalam berbagai gaya
  • Pengetahuan tentang anatomi dan zoologi, kostum, pengaturan fisik, dan referensi terkait sejarah
  • Kemampuan yang mumpuni akan ekspresi wajah, pose, postur, gerak tubuh, dan gerakan
  • Mampu menggambar dan menerjemahkan brief tertulis
  • Memperhatikan detail
  • Pemahaman yang kuat tentang bahasa visual, tekstur, warna, dimensi, skala, perspektif, bayangan, komposisi, kedalaman bidang, proporsi, kesadaran spasial, dan lain lain
  • Keterampilan komunikasi yang baik, kemampuan untuk menjelaskan konsep, dan mendukung pilihan artistik
  • Terampil dalam menggambar teknik
  • Keterampilan manajemen waktu yang sangat baik, kemampuan untuk secara konsisten memenuhi tenggat waktu
  • Mampu bekerja dalam tim tapi juga terampil bekerja secara mandiri
  • Memiliki pengetahuan tentang animasi dan/atau proses pengembangan game

Baca juga: 10 Software desain grafis 2022 yang gratis dan berbayar

Cara menjadi concept artist


Kekuatan pengalaman dan kemampuan bisa menjadi kesuksesan meniti karier ini (sumber: google)

Meskipun tidak ada jalur khusus untuk menjadi concept artist, namun langkah-langkah umum berikut ini bisa kamu pertimbangkan ketika memutuskan untuk berkecimpung di bidang ini.

1. Kuasai skill desain level expert

Untuk menjadi concept artist yang sukses, kamu perlu memiliki pemahaman level expert tentang dasar-dasar seni, termasuk perspektif, komposisi, dan anatomi. Meskipun kamu mungkin membuat elemen untuk proyek animasi, kamu tidak boleh hanya menganggapnya sebagai kartun; kamu harus dapat mengilustrasikan detail yang realistis.

2. Miliki gelar di bidang desain

Seorang concept artist disarankan memiliki gelar akademis dari bidang desain. Sebab, umumnya perusahaan akan mengutamakan pelamar yang berasal dari jurusan desain murni, desain grafis, atau DKV. Namun pada perkembangannya, ijazah lulusan komunikasi dan desain lainnya juga masih dipertimbangkan.

3. Temukan ciri khasmu

Meskipun kamu pasti bisa mencoba semua jenis concept art, namun akan sangat membantu jika kamu memiliki keahlian khusus pada elemen tertentu dari sebuah cerita—misalnya, karakter, kendaraan, pakaian, atau senjata. Mampu merancang satu hal dengan sangat baik dapat membantu kamu menonjol dari concept artist lainnya. Jika ada satu elemen spesifik yang kamu nikmati, kejar dan pertajam itu. Ciri khas bisa menjadi jalan yang dapat membedakan kamu dari seniman lain saat mencari pekerjaan profesional.

4. Bangun pengalaman dan portofolio

Pengalaman dan portofolio sangat penting untuk memberikan gambaran pada perusahaan tentang kemampuan kamu. Karena sebagian besar perusahaan mempertimbangkan pengalaman ketika mencari seorang concept artist. Logikanya, sebuah karya yang akan segera berjalan, tidak membutuhkan lagi karyawan yang masih butuh belajar. Untuk itu, perbanyak portofolio dan pengalaman melalui internship atau bergabung dalam proyek terbuka sebelum kamu memutuskan untuk terjun ke dunia profesional.

5. Asah kemampuan networking

Seperti halnya pekerjaan lain, hampir semua step karier dimulai dari lingkaran yang kamu kenal. Bergabung dalam komunitas dan aktif menjadi bagiannya bisa menjadi langkah awal membangun networking. Pertimbangkan juga untuk membuat koneksi online. Bagikan karya seni kamu di media sosial, di mana kamu tidak hanya memiliki kesempatan untuk terhubung dengan artis dan menciptakan follower, tetapi juga menghasilkan eksposur untuk karya seni kamu—yang tentunya bisa menempatkan kamu dalam radar art director yang mencari bakat baru.

Baca juga: Motion Graphic: Tugas, Peran, dan 5 Software Penting

Contoh concept art


Concept art meliputi pembentukan karakter hingga semesta cerita (sumber: google)

Mempertimbangkan banyaknya elemen yang masuk ke dalam film atau video game, tidak mengherankan jika ada berbagai jenis konsep seni yang berbeda. Berikut ini kamu akan menemukan contoh concept art yang berfokus pada karakter, peralatan, dan world-building.

1. Concept art karakter

Untuk menghasilkan concept art, karakter kamu membutuhkan banyak penelitian sebelum memulai. Misalnya, kamu sedang mengerjakan seni konsep untuk film Spider-Man baru. Dalam hal ini, kamu harus melihat beberapa foto laba-laba untuk membantu membuat lambang hitam terkenal yang muncul pada setelan superhero eponymous.

2. World building concept art

Membuat sketsa dan menafsirkan lingkungan dan arsitektur sebuah cerita adalah bagian dari concept art ini. Latar adalah aspek penting dari pembangunan sebuah semesta film atau game. World building concept art membantu dalam memvisualisasikan warna, tekstur, dan kekhasan semesta.

3. Concept art peralatan

Perlengkapan, senjata, dan baju besi yang digambarkan dalam buku komik, film animasi, dan video game disebut sebagai seni konsep peralatan. Concept art peralatan dapat melengkapi konsep pembentukan semesta cerita sambil memberikan definisi yang lebih mendalam, menghasilkan produk akhir yang lebih atraktif dan komprehensif.

Baca juga: 11 Skills Graphic Designer ini wajib kamu miliki agar sukses

Nah, itu dia penjelasan mengenai concept art dan skill yang harus dikuasai. Bagi kamu yang ingin memulai karier sebagai concept artist, alangkah lebih baiknya mempersiapkan diri dengan mengasah kemampuan desainmu. Selamat mencoba, ya!

Selain dari artikel EKRUT Media, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT Official. Jika kamu ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru, yuk, sign up di EKRUT sekarang juga karena banyak peluang kerja dari perusahaan dan startup ternama menantimu!

Sumber:

  • cgspectrum.com
  • skillshare.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1.jpg

    Careers

    5 Contoh Biografi Diri Sendiri untuk Peluang dan Perkembangan Karier

    Alvina Vivian

    01 December 2022
    6 min read
    customer-service-adalah-EKRUT.jpg

    Careers

    Customer Service: Tugas dan Tanggung Jawab, Kualifikasi, dan Proyeksi Kariernya

    Tsalis Annisa

    01 December 2022
    5 min read
    business-model-canvas-EKRUT.jpg

    startup

    Segmen Business Model Canvas untuk Merancang Bisnis di Awal

    Nur Lella Junaedi

    29 November 2022
    8 min read

    Video