Careers

5 Contoh CV mahasiswa dan tips membuatnya agar lebih profesional

Published on
Min read
8 min read
time-icon
Sherentina Rhany K

Creative Media & Content Marketing enthusiasts

contoh_cv_mahasiswa.jpg

Umumnya, Curriculum Vitae atau yang biasa disebut CV termasuk ke dalam dokumen personal yang penulisannya perlu diperhatikan dengan benar. Hal tersebut dikarenakan CV merupakan tahap awal yang dapat merepresentasikan diri kamu, sebelum nantinya kamu berjumpa secara langsung dengan HRD melalui sesi wawancara di tahap selanjutnya. Namun, ternyata masih ditemukan banyak kesalahan dalam penulisan CV yang dapat membuat HRD tidak tertarik untuk membacanya. Nah, maka dari itu simak ulasan berikut untuk mengetahui bagaimana menulis CV dengan baik serta menarik.

Baca juga: Mau Kuliah Sambil Kerja? Inilah 15+ Rekomendasi Pekerjaan untuk Mahasiswa

Perlukah mahasiswa membuat CV?

Perlukah mahasiswa membuat CV?
Keberadaan CV berguna untuk mempermudah perusahaan dalam merekrut calon pekerja. (Sumber: Pexels) 

Curriculum Vitae untuk mahasiswa perlu nggak, sih? Jika dirunut dari GreatDayHR, pada dasarnya CV memiliki kegunaan untuk mempermudah recruiter dalam memilih satu atau beberapa calon pekerja sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan dari sekian banyak pelamar yang mendaftar. CV tidak hanya digunakan ketika ingin melamar pekerjaan tetap, namun juga diperlukan ketika kamu ingin mendaftar program magang di suatu perusahaan. 

Magang termasuk ke dalam hal yang tidak asing bagi mahasiswa. Maka dari itu mahasiswa perlu mengetahui bagaimana cara serta tips membuat Curriculum Vitae dengan semenarik mungkin. Selain itu, ini dapat menjadi latihan bagi mahasiswa untuk menulis CV sebelum nantinya benar-benar terjun untuk melamar pekerjaan.

Baca juga: 5 Contoh CV kreatif untuk pekerja profesional

Apa saja yang harus dicantumkan dalam CV mahasiswa?

Apa saja yang harus dicantumkan dalam CV mahasiswa?
Dalam membuat CV dibutuhkan ketelitian serta kejujuran. (Sumber: Pexels)

Apabila kamu masih merasa bingung mengenai poin apa saja yang perlu ditulis dalam contoh CV mahasiswa, uraian berikut merupakan hal yang perlu kamu ketahui.

1. Data diri dengan lengkap

Data diri termasuk poin utama yang harus kamu cantumkan dalam CV. Data diri yang harus kamu tulis diantaranya terdiri dari nama lengkap, tanggal lahir, kontak yang dapat dihubungi seperti nomor telepon dan email, serta kamu juga bisa mencantumkan akun media sosial seperti Instagram.  

2. Penjelasan yang tidak bertele-tele

Dalam menulis CV mahasiswa lebih baik kamu menulis pengalaman yang relate dengan posisi yang kamu inginkan. Kesalahan yang banyak ditemui dalam contoh CV mahasiswa yaitu semua hal ingin ditonjolkan sekalipun hal tersebut tidak memiliki relasi dengan posisi yang ingin dilamar. Maka kamu tidak perlu menuliskan semua pengalaman yang tidak ada hubungannya dengan posisi yang kamu tuju, karena hanya akan membuat penjelasan bertele-tele dan tidak langsung pada intinya.

3. Latar belakang pendidikan

Ketika membuat CV penting untuk menuliskan riwayat pendidikan yang kamu miliki. Bagi mahasiswa kamu dapat menuliskan nama universitas dan jurusan yang kamu tempuh beserta nilai IPK. Lalu kamu juga bisa mencantumkan relevant coursework jika memang memiliki.

Baca juga: 12 Website membuat CV yang menarik dan profesional

4. Pengalaman magang atau organisasi

Selanjutnya, kamu bisa menuliskan pengalaman volunteer, organisasi, magang, hingga kegiatan aktivitas lainnya yang sekiranya dapat memberi pengalaman yang berkaitan dengan pekerjaan yang kamu inginkan. Hal ini bagus untuk kamu cantumkan, karena bisa menjadi keunggulan tersendiri bagi recruiter.

5. Prestasi dan skill yang dimiliki

Penting untuk jujur ​​tentang keterampilan apa yang sebenarnya kamu kuasai yang dapat kamu kontribusikan secara efektif dalam program magang yang akan kamu ikuti. Dengan begitu recruiter akan lebih mudah menilai kelayakan diri kamu untuk bergabung dalam perusahaan. Selain itu, apabila kamu memiliki penghargaan yang berkaitan kamu juga bisa menulisnya dalam CV.

Baca juga: 7 Contoh CV lamaran kerja dan informasi yang perlu dicantumkan

Dos and don’ts membuat CV mahasiswa

Dos and don’ts membuat CV mahasiswa
Ditemukan banyak kesalahan kecil dalam beberapa contoh CV mahasiswa yang dapat merugikan posisi pelamar. (Sumber: Pexels)

Dalam menulis CV kamu perlu memperhatikan setiap detail tulisan yang kamu buat demi menghindari kesalahan yang dapat merugikan kamu. Apakah hal tersebut cocok untuk ditulis atau tidak, dsb.

Jika kamu ingin segera mendapat panggilan menuju tahap selanjutnya dalam program magang, perhatikan hal-hal yang perlu kamu lakukan dan hal yang tidak boleh kamu lakukan dalam contoh CV mahasiswa yang dilansir dari Mes Foundation di bawah ini.

Dos Don’ts
Penulisan bahasa dengan sopan. Typo atau salah ketik dalam penulisan.
CV ditulis dengan padat dan singkat. CV terlalu panjang seperti esai.
Tulis informasi yang penting yang relate dengan posisi yang kamu lamar. Menulis informasi yang tidak benar atau tidak sesuai fakta.
Tulisan berfokus pada pencapaian. Menulis informasi yang tidak relevan.
Menggunakan tata letak dan huruf yang jelas dengan minim hiasan. Menggunakan alamat email atau akun media sosial dengan nama yang tidak profesional.
Desain CV menarik. Desain CV terlalu apa adanya.

Baca juga: 5 Cara membuat CV di Canva dengan mudah
5 Contoh CV mahasiswa sebagai referensimu

5 Contoh CV mahasiswa sebagai referensimu
Banyak  contoh CV mahasiswa dengan karakter masing-masing yang dapat dijadikan referensi. (Sumber: Pexels)

Terdapat banyak macam contoh CV mahasiswa yang dapat ditemui, hal tersebut dikarenakan kreativitas serta selera yang dimiliki berbeda-beda. Memang, dalam membuat CV dibutuhkan kreativitas yang cukup agar menarik, namun alangkah lebih baik tidak terlalu berlebihan dalam memberi hiasan.Usahakan CV yang kamu buat terlihat simpel namun menarik, tidak terkesan tidak profesional.

Untuk membantu kamu agar lebih mengerti bagaimana contoh CV mahasiswa yang menarik, berikut beberapa referensi yang dapat kamu ikuti.

1. Contoh CV mahasiswa berbahasa Indonesia

Contoh CV mahasiswa berbahasa Indonesia
Contoh CV mahasiswa yang kreatif. (Sumber: cakeresume.com)

2. Contoh CV mahasiswa berbahasa Inggris

Contoh CV mahasiswa berbahasa Inggris
Contoh CV mahasiswa dalam bahasa Inggris yang menarik. (Sumber: cakeresume.com)

Contoh CV mahasiswa dengan pengalaman kerja paruh waktu (part time)
Contoh CV mahasiswa dengan pengalaman kerja paruh waktu (part time)

3. Contoh CV mahasiswa tanpa pengalaman kerja

Contoh CV mahasiswa yang tidak memiliki pengalaman kerja.
Contoh CV mahasiswa yang tidak memiliki pengalaman kerja. (Sumber: standout-cv.com)

Contoh CV mahasiswa fresh graduate
Contoh CV mahasiswa fresh graduate

Baca juga: Tips dan contoh CV bahasa Inggris yang menarik

Sekian beberapa macam contoh CV mahasiswa yang dapat kamu jadikan referensi. Kamu dapat membuat CV dengan versi dirimu sendiri berdasarkan tips yang telah diberikan. Semoga dengan ulasan di atas kamu menjadi lebih mengerti bagaimana membuat CV dengan baik serta menarik.

Apabila kamu merupakan mahasiswa fresh graduate dan sedang mencari pekerjaan, kamu bisa memulai karirmu dengan mendaftarkan diri di EKRUT. EKRUT menyediakan berbagai kesempatan kerja yang dapat kamu sesuaikan dengan bidangmu. 

Dapatkan juga berbagai tips & insight menarik untuk pengembangan karier kamu melalui YouTube EKRUTtv, salah satunya “Cara membuat format CV yang profesional” di bawah ini.

sign up EKRUT

Sumber:

  • themuse
  • greatdayhr
  • mesfoundation
  • yoursay.id
  • campuspedia
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    contoh-deskripsi-diri---EKRUT.jpg

    Careers

    20 Contoh Deskripsi Diri Sendiri yang Profesional dan Menarik HRD

    Maria Tri Handayani

    06 December 2022
    8 min read
    H1.jpg

    Careers

    Contoh Motivation Letter yang Profesional Beserta Panduan Membuatnya

    Felixitas Yolanda

    06 December 2022
    5 min read
    pexels-cottonbro-5989931.jpg

    Careers

    Perbedaan CV dan Resume Lengkap dengan Contohnya

    Elisha Nathania

    14 November 2022
    6 min read

    Video