Published on

Careers

Mau Kuliah Sambil Kerja? Inilah 15+ Rekomendasi Pekerjaan untuk Mahasiswa

Detty Risetya

cover_(1).jpg

Siapa bilang mahasiswa tak bisa kuliah sambil kerja? Faktanya, di luar sana banyak mahasiswa yang menghasilkan uang saku tambahan dengan bekerja paruh waktu. Hitung-hitung, sambil membantu orangtua mencari nafkah dan bisa hidup lebih mandiri finansial. Nah, kalau kamu butuh inspirasi apa saja pekerjaan untuk mahasiswa yang paling cocok buatmu, simak daftar berikut ini, ya!

1. Desain grafis


Hobi desain grafis di komputer. kamu bisa dapatkan uang saku tambahan. (sumber: pexels) 

Bagi kamu yang mengambil jurusan desain komunikasi visual atau desain grafis, setidaknya sudah ada modal keahlian untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Desain grafis cocok dijadikan pekerjaan untuk mahasiswa karena dapat dikerjakan paruh waktu atau ketika jam perkuliahanmu sudah selesai. Contohnya membuat desain kartu undangan, membuat CV, kartu nama, dan lain-lain.

2. Fotografer


Hobi fotografi bisa menguntungkan bagi mahasiswa yang butuh uang saku tambahan. (sumber: pexels) 

Pekerjaan selanjutnya yang cocok untuk mahasiswa adalah fotografer. Terlebih lagi, saat kamu libur kuliah atau libur akhir pekan, kamu bisa membuat proyek fotografi. Sebagai permulaan, kamu juga bisa bergabung dengan komunitas fotografer lokal. Selanjutnya, unggah karya fotografimu ke website atau media sosial untuk menarik minat audiens.

3. Penerjemah


Pekerjaan untuk mahasiswa jurusan sastra, contohnya penerjemah bahasa asing. (sumber: pexels) 

Jenis pekerjaan untuk mahasiswa jurusan sastra adalah translator atau penerjemah. Kemampuan mahasiswa jurusan sastra akan sangat membantu penerjemahan dokumen bisnis atau kebutuhan penulisan bahasa asing. Penerjemah saat ini bisa menjadi profesi yang menjanjikan dengan penghasilan lumayan tinggi.

4. Admin media sosial


Admin media sosial mengunggah konten secara terjadwal bisa dikerjakan paruh waktu. (sumber: pexels) 

Zaman sekarang, hampir semua bisnis punya media sosial. Karena itu, pekerjaan untuk mahasiswa yang ideal selanjutnya adalah admin media sosial. Sebagai admin, tugas dan tanggung jawabmu adalah mengunggah konten media sosial klien secara terjadwal agar menghasilkan keterlibatan audiens yang tinggi. Selain itu, bila mungkin dipakai untuk berjualan produk atau jasa, kamu juga membalas komentar dan pesan dari audiens di media sosial tersebut.
 
Baca juga: Pekerja Paruh Waktu: Definisi, Dasar Hukum, hingga Contohnya

5. Video editor


Pekerjaan untuk mahasiswa ini membutuhkan keahlian dan bakat seni. (sumber: pexels) 

Kebutuhan konten berupa video di masa sekarang semakin meningkat pesat. Maka dari itu, bila kamu hobi membuat video, pekerjaan untuk mahasiswa ini sangat cocok dilakukan. Bayarannya bisa mencapai jutaan per satu video, terlebih jika kamu sudah memiliki pengalaman di atas 2 tahun.

6. Penulis konten


Penulis konten bisa menjadi pekerjaan untuk mahasiswa yang hobi jurnalistik. (sumber: pexels) 

Selain video, konten yang dibutuhkan penggiat media sosial dan pemasar online berupa penulisan teks tertentu. Umumnya, content writer atau penulis konten membuat konten berupa teks dengan gaya penulisan tertentu sesuai kebutuhan klien. Contoh konten yang ditulis adalah puisi, artikel, profil perusahaan, esai, skenario film, dan karya sastra lainnya.

7. Dropshipper


Menjual barang secara online atau dropshipper. (sumber: pexels) 

Sudah bukan rahasia jika dropshipper menjadi pekerjaan untuk mahasiswa yang paling mudah dijalani. Sebab, umumnya dropshipper tidak perlu memikirkan stok barang, pengemasan, atau pengiriman. Semuanya sudah diatur oleh pedagang dropshipper di pusat. Yang perlu kamu lakukan sebagai dropshipper adalah giat mempromosikan produk atau jasa tersebut ke berbagai saluran pemasaran, seperti media sosial, website, blog, YouTube, dan lain-lain.

8. Tutor les


Banyak mahasiswa yang bekerja paruh waktu sebagai tutor les. (sumber: pexels) 

Salah satu pekerjaan untuk mahasiswa yang sudah lumrah dijalani adalah guru les atau tutor bimbingan belajar. Biasanya, mahasiswa bekerja paruh waktu di tempat les tertentu dan membimbing pelajar dari SD, SMP, dan SMA mengerjakan soal-soal ujian atau mata pelajaran sekolah. Tidak hanya melakukan bimbingan belajar secara tatap muka, kamu juga bisa mengajar siswa di tempat les secara online.

Baca juga: Pertimbangkan Hal-Hal Ini Jika Ingin Ambil 2 Pekerjaan

9. Pramusaji


Bekerja sebagai pramusaji tidak mengganggu jadwal kuliah. (sumber: pexels) 

Pekerjaan untuk mahasiswa berikut ini sudah pasti sangat familiar. Umumnya, profesi sebagai pramusaji di kafe atau restoran memang cocok bagi mahasiswa. Pasalnya, pekerjaan ini tidak membutuhkan keahlian khusus dan bisa dilakukan paruh waktu. Sebagai contoh, jika kamu kuliah di pagi hari, kamu bisa memilih shift atau giliran kerja sore hari sehingga tidak mengganggu aktivitas perkuliahan.

10. Sales person


Sales person menawarkan barang atau produk kepada pelanggan. (sumber: pexels) 

Sebenarnya, pekerjaan untuk mahasiswa ini lebih cocok bagi kamu yang ekstrover atau pandai bergaul. Sebab, sebagai sales person, kamu perlu bertemu dengan banyak orang dan menawarkan produk atau jasa klien agar berhasil dibeli pelanggan. Misalnya, ketika mendekati Hari Raya Idul Adha, kamu bisa menawarkan sapi atau kambing sebagai hewan kurban. Bila sampai ada pelanggan yang tertarik dan membeli hewan kurban yang kamu tawarkan, kamu akan mendapatkan komisi.

11. Pemandu wisata


Kuliah sambil kerja sebagai pemandu wisata. (sumber: pexels) 

Saat liburan kuliah, kamu butuh uang saku tambahan? Kamu bisa mencoba jadi pemandu wisata. Biasanya, musim liburan sekolah menjadi bulan yang sangat sibuk bagi beberapa agen travel yang melayani study tour beberapa lembaga sekolah. Kamu bisa mencoba program magang atau bekerja paruh waktu sebagai pemandu wisata. Kamu juga bisa bekerja sekaligus berwisata, lho!

12. Spesialis entri data


Spesialis entri data membantu perusahaan memasukkan data penting ke database. (sumber: pexels) 

Profesi spesialis entri data juga layak dijadikan pekerjaan untuk mahasiswa. Perusahaan yang membutuhkan entri data dalam jumlah ribuan, seperti katalog produk atau data pelanggan, tentunya membutuhkan bantuan tenaga yang cukup banyak. Pekerjaan entri data cocok bagi mahasiswa karena bisa dilakukan di rumah dan menyesuaikan jadwal kuliahmu.

Baca juga: Mudah, Ini 6 Cara Dapatkan Penghasilan Tambahan

13. Pengisi survei


Mengisi survey untuk tugas akademis atau bisnis bisa mendapat penghasilan tambahan. (sumber: pexels) 

Survei atau angket berupa formulir fisik maupun formulir online bisa menjadi ladang pekerjaan untuk mahasiswa. Beberapa platform online bahkan merekrut pekerja lepas yang bisa diajak kerja sama mengisi formulir tersebut. Hanya saja, kamu perlu memastikan terkait pembayaran upahnya. Sebab, ada beberapa perusahaan yang menawarkan insentif berupa kode kupon atau kartu voucher sebagai imbalan, ketimbang uang tunai.

14. Babysitter


Menjaga bayi atau anak adalah pekerjaan untuk mahasiswa karena hanya paruh waktu. (sumber: pexels) 

Pekerjaan ini sudah sangat populer di luar negeri. Umumnya, keluarga yang punya kesibukan di luar rumah akan meminta jasa babysitter paruh waktu untuk menjaga anak-anaknya atau bayi sementara waktu. Selain menjaga anak, kamu juga bisa membersihkan atau merapikan rumah sehingga ketika majikanmu pulang, mereka akan makin puas menggunakan jasamu.

15. Telemarketer


Telemarketer menawarkan produk atau jasa lewat panggilan telepon. (sumber: pexels) 

Di Indonesia, pekerjaan untuk mahasiswa yang tak kalah populer adalah jasa telemarketer. Tugasmu hanya melakukan panggilan telepon ke pelanggan yang ditargetkan untuk menawarkan produk atau jasa tertentu. Pekerjaan ini bisa dilakukan paruh waktu sepulang kuliah atau bahkan dilakukan secara remote tanpa perlu datang ke kantor.

Baca juga: Ide Kerja Online dari Rumah dan Tips Mendapatkannya

Itu dia beberapa ide mendapatkan penghasilan tambahan, meski kamu sibuk kuliah. Pekerjaan apa saja yang kamu pilih untuk dicoba? Kabar baik untukmu yang baru saja atau sudah lulus kuliah, EKRUT siap membantumu meraih karier impian. EKRUT sebagai platform rekrutmen tech talent di Indonesia bermitra dengan berbagai perusahaan ternama dari beragam industri. Segera sign up EKRUT sekarang agar kamu bisa secepatnya menemukan peluang karier terbaik sesuai minatmu!

Sumber:

  • detik.com
  • danacita.co.id

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_Merchandise_Pengertian__Benefit__Jenis__Hingga_Strategi_Merchandise_Marketing.jpg

    Careers

    Merchandise: Pengertian, Benefit, Jenis, dan Strategi Merchandise Marketing

    Sartika Nuralifah

    06 October 2022
    5 min read
    H1_1._Mengenal_Lebih_Jauh_Mengenai_Officer_Development_Program_(ODP).jpg

    Careers

    Mengenal Lebih Jauh Mengenai Officer Development Program (ODP) Beserta 5 Tips Suksesnya

    Anisa Sekarningrum

    06 October 2022
    5 min read
    H1_Golongan_PNS.jpg

    Careers

    4 Golongan PNS dan CPNS Beserta Informasi Gaji dan Tunjangan yang Didapatkan

    Algonz D.B. Raharja

    06 October 2022
    5 min read

    Video