Published on

Careers

4 Contoh email reschedule interview yang profesional beserta tipsnya

Luqman Hafidz

contoh_email_reschedule_interview.jpg

Wawancara kerja atau interview merupakan salah satu proses penting baik bagi pelamar pekerjaan yang biasa disebut interviewee maupun pihak perusahaan atau interviewer.  Pada proses ini, kedua pihak akan saling bertukar informasi dan juga berinteraksi. Apabila kedua pihak sepakat maka proses lamaran kerja akan berlanjut ke tahap berikutnya.

Namun ada kalanya satu hal yang telah kita rencanakan tidak dapat berjalan mulus, begitu pula jadwal interview yang ternyata bentrok dengan keperluan mendadak yang tidak dapat ditinggalkan.

Pentingnya komunikasi antar interviewee dan interviewer dalam proses rekrutmen

Interviewee dan interviewer dalam proses rekrutmen
Menginformasikan penjadwalan ulang proses interview memberikan pihak lain kesempatan untuk mengatur ulang jadwal mereka. (sumber: Pexels)

Komunikasi adalah kunci dari segala permasalahan. Termasuk saat kita tidak dapat menghadiri proses interview sesuai kesepakatan awal. Memberitahu informasi reschedule sesegera mungkin merupakan tindakan paling profesional yang dapat kamu lakukan. Dengan melakukan hal ini, pihak lain akan mendapatkan kesempatan untuk mengatur ulang jadwal dalam menjalani peran mereka baik sebagai interviewer maupun interviewee. Adapun masing-masing peran mereka adalah: 

Interviewer Interviewee
Memberi waktu kepada pelamar kerja untuk mempersiapkan diri sebelum interview. Mempersiapkan diri dengan menggali informasi tentang perusahaan dan posisi yang dilamar.
Mengutarakan maksud dan tujuan wawancara. Memahami maksud dan tujuan wawancara.
Mencatat hal-hal penting yang didapat dalam sesi wawancara. Memperhatikan cara berbicara, gestur dan nada suara.
Memberikan waktu yang cukup pada pelamar kerja untuk menjawab. Menggunakan waktu yang diberikan untuk menjawab pertanyaan secara lugas dan jelas.
Menghindari pengambilan keputusan tanpa pertimbangan yang matang. Memberikan informasi dan penjelasan yang berimbang, tidak melebihkan maupun mengurangi.

Baca juga: 12 Pertanyaan interview tersulit dan cara menjawabnya

Contoh Reschedule Interview dari interviewee

Contoh Reschedule Interview dari interviewee
Interviewer maupun interviewee memiliki kewenangan dalam melakukan penjadwalan ulang dengan alasan yang jelas. (Sumber: Unsplash) 

Penjadwalan ulang sebetulnya tidak disarankan, namun dengan segala keterbatasanmu baik sebagai pelamar maupun dari pihak perusahaan. Kedua pihak sama-sama memiliki kewenangan dalam melakukan penjadwalan ulang dengan alasan yang jelas. Berikut contoh reschedule interview untuk para pelamar kerja. 

1. Contoh Reschedule Interview dalam Bahasa Indonesia 

Kepada Yth.__________ , 

Saya sangat antusias untuk melaksanakan interiviu  posisi __________ di perusahaan __________ . Namun sayang sekali, saya harus ___________ . Dengan berat hati saya harus menjadwal ulang waktu interview yang telah disepakati pada tanggal __________ pukul ____________ . Namun saya yakin akan memiliki waktu pada tanggal __________ sampai dengan _______ . 

Saya ucapkan permohonan maaf perihal pemberitahuan yang sangat mendadak ini. Perlu diketahu juga bahwa saya masih sangat antusias dengan kesempatan pekerjaan di __________ dan berharap kita bisa segera melaksanakan proses interview secepat mungkin. Terima kasih banyak atas pengertiannya

Salam,


[Nama dan Tanda Tangan]

2. Contoh Reschedule Interview dalam Bahasa Inggris 

Dear [name of hiring manager],

Thank you for allowing me to meet with you and learn more about becoming a [position] at [company]. Due to [reason for rescheduling], however, I will no longer be able to make it to the interview we had scheduled at [date and time].

Would it be possible to reschedule our meeting? I’m available on [new date]. I would also be happy to talk about other dates that might be more convenient for you. I’d like to reiterate my sincere interest in this position, and I apologize for any inconvenience this may have caused. I look forward to hearing from you soon.

Yours Sincerely, 


[Name and Signature]

Baca juga: Contoh jawaban kelemahan dan kelebihan saat interview kerja

Contoh Reschedule Interview dari Interviewer 

Contoh Reschedule Interview dari Interviewer
Penjadwalan ulang mungkin harus kamu laksanakan di era pandemi seperti saat ini serta peraturan pemerintah yang mudah berganti-ganti. (Sumber: Pexels)

Dengan beban kerja yang semakin sulit diprediksi di era pandemi seperti saat ini serta peraturan pemerintah yang mudah berganti-ganti. Penjadwalan ulang mungkin harus kamu laksanakan. Oleh karena itu, kamu dapat mengikuti contoh email reschedule interview yang profesional

1. Contoh Reschedule Interview dalam bahasa Indonesia 

Kepada Yth. 

PT __________ telah menyetujui jadwal wawancara kerja untuk posisi _______ pada hari ___________ tanggal __________ pukul ___________.

Merujuk pada kebijakan Pemerintah Daerah Provinsi __________ bahwa segala bentuk kegiatan perkantoran non-essesntial harus dibehentikan sementara waktu selama 14 hari kedepan. Dengan sangat berat kami harus mengatur ulang jadwal interview yang telah disepakati menjadi versi daring. 

Kami sangat menghargai waktu yang telah anda luangkan untuk proses wawancara ini dan kamu meminta maaf atas kondisi yang tidak dapat kami prediksi. Sebagai kompensasi anda dapat memilih waktu interview yang sesuai darii tanggal __________ sampai dengan __________.  Terimakasih atas pertimbangan anda. 

Salam,


[Nama dan Tanda Tangan]

2. Contoh Reschedule Interview dalam bahasa Inggris 

Dear [Candidate_Name],

I’d like to inform you that, unfortunately, we need to reschedule our interview for the [Job_title] position that we had arranged for [date and time.]
[Briefly mention why you’re rescheduling, e.g. Due to unexpected family obligations, our hiring manager [Hiring manager’s name] won’t be available on that day.]

Could we reschedule for [new date and time]? Let me know if that works for you or if you would prefer another date or time this week.
Please accept my sincerest apologies for any inconvenience.

 

[Name and Signature]

Baca juga: Jangan salah, ini cara membuat tanda tangan email yang benar

Tips melakukan reschedule Interview

Tips melakukan reschedule Interview
Pastikan isi email  kamu telah dibaca ulang dan tidak memiliki kesalahan baik penulisan nama, pengejaan kata, dan penulisan tata letak. (Sumber: Pexels) 

Meskipun melakukan reschedule tidak begitu dianjurkan, namun kamu tetap dapat melakukannya dalam kondisi-kondisi tertentu. Berikut tips yang telah EKRUT Media kumpulkan agar email reschedule kamu terlihat lebih profesional.

1. Informasikan sesegera mungkin

Semakin cepat kamu memberikan informasi bahwa kamu perlu melakukan penjadwalan ulang, akan semakin baik juga image yang kamu bangun untuk pihak lain. Disarankan untuk mengirim email paling tidak beberapa hari sebelum jadwal interview yang telah disepakati. 

2. Tunjukan antusiasme

Memberikan informasi bahwa kamu masih sangat berantusias untuk melaksanakan interview merupakan tanda bahwa kamu tidak bermain-main dengan proses rekrutmen yang sedang kamu jalani. Pastikan isi email menggunakan kata-kata yag menunjukan antusiasme yang tinggi.

3. Berikan alasan yang jelas

Alasan yang jelas dan tidak bertele-tele merupakan hal yang dibutuhkan pihak lain. Beberapa alasan yang bisa menyebabkan kamu harus menjadwalkan ulang sesi wawancaramu adalah kondisi sakit, ada kondisi emergency, kendaraanmu mogok sehingga harus diinapkan di bengkel, jadwal pekerjaan yang sedang kamu jalani berubah secara tiba-tiba atau alasan-alasan lain yang lugas dan masuk akal untuk kamu gunakan. 

4. Tawarkan alternatif waktu lain

Tentu akan lebih baik jika kamu memberikan beberapa tawaran waktu atau range hari yang bisa kamu hadiri. Dengan begini, pihak lain mendapat kejelasan bahwa kamu bisa memberikan solusi akan masalah yang terjadi.

5. Minta maaf dan berteri makasih

Apapun alasan yang kamu berikan, meminta maaf atas ketidaknyamanan yang harus dihadapi dan berteri makasih akan pengertian pihak lain merupakan tanda bahwa kamu memiliki sifat rendah hati. 

6. Baca ulang isi email 

Pastikan isi email  kamu telah dibaca ulang dan tidak memiliki kesalahan baik penulisan nama, pengejaan kata, dan tata letak. Hal-hal detail seperti ini akan menambah pertimbangan pihak lain bahwa kamu benar-benar serius dalam menjalani tahapan proses rekrutmen.

Dengan semua contoh email reschedule interview yang profesional beserta tipsnya yang telah dijelaskan, kami harap tahapan proses rekrutmen kamu bisa berjalan mulus dan kamu bisa masuk perusahaan yang kamu idam-idamkan. 

Baca juga: 9 Tips lolos interview user dan contoh pertanyaan yang sering diajukan

sign up EKRUT

Sumber:

  • wordtemplateonline
  • themuse
  • indeed

Tags

Share