Published on

Careers

7 Contoh perilaku jujur yang penting untuk diterapkan dalam dunia kerja

Anisa Sekarningrum

H1_1._7_Contoh_perilaku_jujur_yang_penting_untuk_diterapkan_dalam_dunia_kerja.jpg

Kejujuran adalah perilaku baik yang perlu dimiliki setiap individu dalam menjalankan hidup bersama di kelompok sosial, termasuk dalam dunia kerja. Simak pentingnya kejujuran saat bekerja berikut ini.

Pentingnya memiliki perilaku jujur dalam bekerja


Memiliki perilaku jujur dalam bekerja penting agar kamu untuk meningkatkan kesehatan mental karyawan - Pexels

Kejujuran merupakan kunci utama dalam kesuksesan. Memiliki perilaku tidak jujur akan memberikan kekurangan bahkan hal ini dapat menjadi kelemahanmu bahkan dapat menghancurkan karirmu. Berikut beberapa poin pentingnya memiliki perilaku jujur dalam bekerja.

1. Membentuk karakter diri 

Karakter adalah sebuah hal yang melekat dan tidak dapat dibangun dalam sekejap. Kamu perlu proses dan usaha untuk membantu karakter diri yang baik. Kejujuran adalah salah satu perilaku yang dapat membantu kamu membentuk karakter diri yang baik. Menjadi pribadi yang jujur akan membantu orang lain melihatmu sebagai orang yang memiliki integritas sehingga membantu orang-orang agar lebih percaya kepadamu.

Baca juga: 10 Contoh integritas dalam dunia kerja dan cara menunjukkannya

2. Memiliki reputasi baik

Menjadi pribadi yang jujur akan membantu orang lain menjadi lebih nyaman ketika berada di dekatmu. Hal ini juga dapat meningkatkan kemungkinan agar kamu dikenal sebagai orang yang memiliki pribadi yang menyenangkan dan berperilaku baik. Kamu tidak perlu berbohong untuk meraih simpati orang lain dan merencanakan agar kamu memiliki reputasi baik. Kamu cukup bersikap jujur dan amanah kepada orang lain, hal ini akan otomatis membantu kamu memiliki reputasi yang baik.

3. Dipercaya oleh rekan kerja dan menjadi sukses

Memiliki perilaku jujur akan membuat kamu dipercaya oleh rekan kerja. Rekan bahkan atasan kamu tidak akan ragu saat akan memberikan kepercayaan kepadamu karena kamu selalu bersikap jujur dan kredibel dalam pekerjaanmu. Peluang kerja dan kesempatan untuk meningkatkan diri akan datang kepadamu sehingga kamu dapat menjadi lebih sukses dalam kariermu. 

4. Dihargai dan dihormati oleh orang lain

Jika kamu terus bersikap jujur, orang lain akan lebih menghargai dan menghormatimu sebagai rekan kerja yang baik. Mereka pun tidak akan ragu dan menghormati setiap keputusan yang kamu buat. 

5. Terhindar dari fitnah

Menjadi pribadi yang selalu jujur akan membuat orang lain mempercayaimu bahkan tanpa perlu bertanya atau melakukan konfirmasi kepadamu. Hal ini tentunya sangat penting untuk menghindari kamu dari fitnah yang mungkin saja terjadi di lingkungan kerja.

Baca juga: 6 Alasan perlu pemimpin berintegritas versi Warren Buffett

6. Membentuk pribadi yang lebih bertanggung jawab

Bersikap jujur akan membentuk kamu menjadi pribadi yang bertanggung jawab kepada diri kamu sendiri dan juga orang lain. Contohnya seperti bertanggung jawab atas sesuatu yang kamu katakan atau lakukan. Keberanianmu untuk bertanggung jawab atas hal yang kamu lakukan akan membuat orang lain menghormatimu. Memiliki tanggung jawab juga pasti akan membantu kamu bekerja dengan lebih efektif dan efisien.

7. Meningkatkan kesehatan mental

Sikap jujur akan menuntun kamu kepada kehidupan yang damai tanpa beban pikiran. Contohnya seperti tidak ada hal yang kamu tutup-tutupi dari orang lain sehingga kamu dapat fokus dan bekerja lebih maksimal. Selalu berusaha menjadi pribadi yang jujur juga akan membantu pikiran kamu lebih tenang dan membantu fisik serta mental kamu menjadi lebih sehat sehingga kamu bisa mencapai kebahagiaan dengan lebih maksimal.

Baca juga: 10 Tips pola hidup sehat untuk karyawan

7 Contoh perilaku jujur di kantor


Salah satu contoh perilaku jujur di kantor adalah amanah terhadap kepercayaan atas uang perusahaan dan tidak mencuri apalagi melakukan tindak korupsi - Pexels

Ada beberapa contoh perilaku jujur yang dapat kamu lakukan di kantor, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Mengerjakan tugas sebaik mungkin

Contoh perilaku jujur yang pertama adalah mengerjakan tugas sebaik mungkin karena kamu sadar bahwa itu adalah tanggung jawabmu sebagai karyawan yang baik. Mengerjakan tugas sebaik mungkin menjadi simbol profesionalitas diri, sehingga mungkin saja kamu akan mendapatkan imbalan seperti mendapat insentif, kenaikan gaji atau juga kenaikan pangkat.

2. Menjaga uang perusahaan

Menjadi amanah saat dititipkan uang oleh orang lain adalah hal yang sulit untuk dilakukan, apalagi jika kamu harus menjaga uang perusahaan. Dengan menjadi amanah dan menjaga uang perusahaan tanpa memakainya adalah contoh perilaku jujur yang dapat kamu lakukan. Jika kamu berhasil menjaga uang orang lain, sangat mungkin bagi orang lain untuk mempercayaimu dengan hal-hal yang lebih besar lainnya.

3. Mengakui kesalahan

Bersikap jujur berarti kamu berani mengakui kesalahan yang kamu perbuat. Baik itu kesalahan besar maupun kesalahan kecil pasti akan menjadi beban pikiran yang mengganggumu sehingga kamu tidak dapat mendapatkan ketenangan diri. Kamu tidak akan tahu, mungkin saja kesalahan kecil yang kamu perbuat ternyata berakibat besar bagi orang lain, contohnya seperti tidak mengakui kesalahan saat bekerja tim. Sehingga mencoba untuk selalu jujur dan mengakui setiap kesalahan yang kamu perbuat dan berusaha bertanggung jawab atas kesalahan tersebut adalah contoh perilaku jujur yang harus dilakukan.

4. Disiplin waktu

Memiliki kedisiplinan waktu adalah hal yang cukup sulit dilakukan banyak orang, padahal ini salah satu contoh perilaku jujur. Masuk dan keluar kantor tepat waktu adalah tindakan disiplin waktu yang harus dilatih supaya menjadi kebiasaan baik. Begitu juga dengan disiplin menyerahkan tugas tepat waktu dan tidak melewati waktu deadline. Memiliki kedisiplinan waktu dapat meningkatkan kepuasan rekan kerja dan atasan terhadap pekerjaan yang kamu lakukan.

Baca juga: Panduan menjaga disiplin kerja dan manfaatnya untuk perusahaan

5. Bertanggung jawab

Selalu jujur dalam melaksanakan tanggung jawab terhadap pekerjaan yang menjadi tugas kamu sehari-hari ataupun tugas tambahan adalah contoh perilaku jujur lainnya. Cobalah untuk selalu mengerjakan pekerjaan dengan maksimal walaupun tugas tersebut hanya tugas tambahan sederhana yang mungkin tidak termasuk dalam tugas pokok karena hal ini dapat menunjukan bahwa kamu mampu bersikap profesional di tempat kerja.

6. Mengembalikan fasilitas kantor yang diberikan

Selalu mengembalikan fasilitas kantor yang diberikan kepadamu adalah contoh perilaku jujur lainnya yang penting untuk dilakukan. Dengan bersikap amanah berarti kamu tidak melanggar sesuatu yang bukan hak kamu contohnya seperti tidak menggunakan mobil dinas untuk mudik saat libur hari raya. Ingatlah juga untuk selalu menjaga kualitas fasilitas pinjaman tersebut misalnya menjaga laptop pinjaman kantor supaya tidak rusak atau terkena virus.

7. Tidak melakukan tindak korupsi, kolusi, dan nepotisme

Contoh perilaku jujur yang paling penting adalah tidak mengakui hak milik orang lain, mencuri, meminjam barang orang lain tanpa izin serta tidak melakukan tindak korupsi, kolusi, dan nepotisme. Ingatlah untuk selalu melaporkan kepada pihak berwajib ketika kamu menemukan sebuah barang berharga atau uang yang hilang karena tindakan mengambil hak orang lain dapat berlanjut kepada tindak korupsi, kolusi dan nepotisme. Perilaku curang ini tentunya akan merugikan diri kamu sendiri, rekan kerja dan juga perusahaanmu, sehingga jangan pernah tergiur untuk melakukan tindakan haram ini.

Baca juga: 9 Contoh etos kerja yang penting bagi perkembangan karier

Kamu yakin dapat menjadi karyawan yang berperilaku jujur namun saat ini kamu masih belum memiliki pekerjaan? Coba daftarkan diri kamu untuk menjadi talent di EKRUT. Semua proses dan bantuan professional di talent marketplace EKRUT gratis. Kamu – sebagai talent atau employer – bisa langsung direkrut dan merekrut kandidat yang sesuai. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, daftar sekarang di EKRUT!

Itulah penjelasan lengkap mengenai contoh perilaku jujur dan pentingnya bersikap jujur dalam bekerja. Jika kamu ingin menunjukkan bahwa kamu adalah pribadi yang jujur dan ingin membangun personal branding dalam dunia profesional kamu dapat menonton video berikut ini.

Sumber: 

  • https://www.kosngosan.com/2019/11/contoh-sikap-jujur-bekerja.html
  • http://www.hracademy.id/berita/read/contoh-sikap-jujur-karyawan-di-kantor
  • https://www.orami.co.id/magazine/contoh-dan-manfaat-perilaku-jujur/
  • https://www.fimela.com/lifestyle/read/3758535/menjadi-seorang-yang-jujur-dalam-bekerja-penting

Tags

Share