Careers

15 Contoh Poster Simpel untuk Berbagai Keperluan yang Tepat untuk Dijadikan Referensi

Published on
Min read
7 min read
time-icon
H1-15_Contoh_Poster_Simpel_untuk_Berbagai_Keperluan_yang_Tepat_untuk_Dijadikan_Referensi.jpg

Meski informasi bisa diakses lewat daring, pamor poster tidak serta merta redup. Justru poster semakin banyak peminatnya, hanya saja bentuknya tidak sekadar cetak, tetapi virtual. Poster yang memuat aneka informasi beragam, ternyata memiliki jenisnya tersendiri. Apa sajakah itu? Nah, berikut contoh poster simpel untuk berbagai keperluan yang tepat untuk dijadikan referensi!

Baca juga: 6 Media promosi yang efektif untuk mengembangkan bisnis saat ini

Ukuran poster yang ideal dan beberapa kategorinya


Poster memiliki ukuran tertentu (Sumber Pexels)

Poster tidak memiliki ukuran yang baku, tetapi umumnya dicetak dalam beberapa pilihan ukuran tertentu. Untuk poster besar, biasanya antara 61 cm x 91 cm, poster medium berukuran 46 cm x 61 cm, dan ukuran poster kecil 28 cm x 43 cm. Ada juga poster yang dicetak dalam ukuran A4 yaitu 21 cm x 29.7 cm. Ukuran poster ini sangat bergantung di mana poster akan ditempatkan. Contoh poster di papan reklame yang memiliki ukuran lebih besar dibanding poster di majalah dinding sekolah. Selain ukuran, poster juga memiliki banyak kategori.

Baca juga: Promotion adalah: Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Contohnya

15 Contoh poster untuk berbagai keperluan


Contoh poster (Sumber: Pexels)

Ada banyak contoh poster yang bisa kamu temukan di luar sana. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Poster pertandingan sepak bola


Poster pertandingan sepak bola (Sumber: Freepik)

Contoh poster jenis ini berisi informasi pertandingan sepak bola antar tim. Desain paling mencolok bisa dilihat dari warna dasarnya. Umumnya, pemilihan warna dasar ini disesuaikan dengan warna tim yang bertanding. Contoh poster pertandingan Liverpool dan Manchester United. Kedua tim tersebut memiliki warna merah sebagai identitasnya. Penggunaan merah memang sangat dominan, disertai gambar siluet pemain bola untuk memaksimalkan identitas poster.

2. Poster film


Contoh poster film (Sumber: Freepik)

Contoh poster film sebenarnya sangat beragam. Ciri khas utama dari poster film ini adalah gambar karakter utamanya. Biasanya karakter atau tema film dipakai sebagai highlight, seperti contohnya pada poster film Sherlock Holmes ini. Penggunaan warna yang kontras tetapi selaras membuat poster terlihat semakin interaktif.

3. Poster festival dansa


Contoh poster festival dansa (Sumber: Freepik)

Umumnya, dansa adalah aktivitas yang menyenangkan. Untuk contoh poster satu ini, penggunaan warna-warna cerah sangat disarankan. Selain itu, perpaduan font yang unik semakin membuat poster tampak ceria. Untuk desain poster dansa umumnya memakai logo tempat diadakannya sebagai highlight utamanya. Memang tidak ada gambar orang sedang berdansa, namun cukup berbekal tulisan, poster sudah memuat informasi yang tepat.

4. Poster festival musik 


Contoh poster festival music (Sumber: Freepik)

Salah satu contoh poster paling banyak dipakai untuk promosi adalah poster festival musik. Desain poster ini bisa memakai tema apa saja, salah satu yang paling sering adalah memakai gambar alat musik. Seperti pada jenis poster ini, festival musik yang bertemakan klasik memakai gambar piano. Untuk menambah kesan dramatis, dibuatlah perpaduan warna unik hijau berlatar navy. Jenis poster ini bisa menjadi alternatif untuk desain poster festival musik yang lebih berbeda.

5. Poster informasi pajak


Contoh poster informasi pajak (Sumber: Freepik)

Contoh poster ini bisa termasuk ke dalam poster jenis layanan masyarakat. Isinya adalah informasi mengenai layanan pajak. Biasanya sifat poster ini sebagai edukasi masyarakat akan layanan pajak. Desain poster ini biasanya menggunakan kombinasi warna cerah dan putih agar menarik perhatian. Terdapat gambar figur seseorang yang sedang membayar pajak sebagai penguat ilustrasi. Selain itu, ada kolom informasi lain yang membuat poster semakin informatif.

Baca juga: Catat, ini 6 cara optimalkan media sosial untuk pemasaran

6. Poster seminar bisnis


Contoh poster seminar bisnis (Sumber: Freepik)

Salah satu contoh poster yang saat ini makin banyak penggunanya adalah poster seminar bisnis. Biasanya bentuknya persegi panjang, mayoritas dipasang di media sosial sebagai ajang promosi. Desainnya cukup bebas, paling banyak memakai perpaduan warna mencolok. Kamu bisa memakai visual berupa gambar yang menggambarkan tentang bisnis di bagian heading. Selain itu, pakai font yang sifatnya formal tetapi tidak terlalu kaku. Bagian bawah poster bisa dipakai untuk menunjukkan detail informasi seminar lainnya.

7. Poster diskon


Contoh poster diskon (Sumber: Freepik)

Contoh poster ini masuk ke kategori niaga. Tujuan utamanya sebagai sumber informasi masyarakat bahwa sedang ada promo di sebuah bisnis. Untuk desain poster niaga bisa mengambil tema tertentu. Tema tersebut akan mempengaruhi pemilihan warna dasarnya. Untuk semakin menarik konsumen, kamu bisa menuliskan angka diskon yang besar di tengah.

8. Poster promosi makanan


Contoh poster promosi makanan (Sumber: Freepik)

Selanjutnya ada contoh poster niaga lainnya, yakni promosi makanan tertentu. Biasanya sebuah restoran menyediakan makanan khusus yang diharapkan bisa menarik lebih banyak pengunjung. Contohnya pada promosi poster menu sarapan ini dengan ikon gambar pisang sebagai highlight utamanya.

9. Poster untuk memperingati hari-hari tertentu


Contoh poster peringatan (Sumber: Freepik)

Hari-hari tertentu diperingati masyarakat, misalnya Hari AIDS Sedunia, Hari Kanker Sedunia, dan sejenisnya. Untuk memperingatinya, poster dipakai dengan tujuan mengedukasi sekaligus sarana promosi pihak tertentu. Salah satu contoh poster di atas bisa dijadikan contoh. Poster untuk memperingati hari bunuh diri sedunia ini menggunakan lambang khusus sebagai ciri khasnya. Selain itu, latar belakang hitam makin membuat tampilannya lebih dramatis.

10. Poster promosi sekolah


Contoh poster promosi sekolah (Sumber: Freepik)

Jenis poster ini adalah contoh poster pendidikan. Fungsinya tidak hanya memuat informasi soal pendidikan, tetapi bisa berupa promosi penerimaan murid baru. Biasanya poster satu ini hadir dengan desain formal, tetapi ada juga yang mengusung tema energik untuk menarik lebih banyak siswa.

Baca juga: 10 Strategi promosi penjualan yang efektif dalam bisnis saat ini

11. Poster promosi event sekolah


Contoh poster event sekolah (Sumber: Freepik)

Contoh poster ini bisa dikategorikan sebagai poster niaga. Fungsi utamanya sebagai ajang promosi sebuah event yang diselenggarakan sekolah. Umumnya, desain utamanya mengusung tema ceria sesuai target pasarnya yang merupakan kawula muda.

12. Poster tipografi


Contoh poster tipografi (Sumber: Freepik)

Berbeda dengan model poster lain, contoh poster ini biasanya berisi tulisan. Daya tarik utamanya ada di permainan kata-kata yang unik. Selain itu, terdapat perpaduan font unik sehingga jenis poster ini semakin khas. Poster tipografi biasanya dipakai untuk berbagai hal, salah satunya promosi hal-hal tertentu dimana tersemat di bawahnya nama sebuah brand.

13. Poster edukasi makanan


Contoh poster edukasi makanan (Sumber: Freepik)

Sesuai namanya, contoh poster ini berguna untuk mengedukasi orang lain tentang sebuah makanan. Sifatnya memang mengedukasi, khususnya di bidang kesehatan. Biasanya isi desainnya berupa gambar sebuah makanan beserta dengan tabel nutrisi lengkap di sampingnya.

14. Poster promosi wisata


Contoh poster wisata (Sumber: Freepik)

Contoh poster ini menghadirkan informasi tentang sebuah tempat. Seperti poster New York yang menampilkan Patung Liberty sebagai desain utamanya. Selain itu, terdapat tagline yang membuat orang semakin tertarik berkunjung. Untuk tema desainnya cukup bebas, bahkan model retro seperti ini bisa menjadi inspirasi.

15. Poster promosi aplikasi


Contoh poster promosi aplikasi (Sumber: Freepik)

Aplikasi memang ada yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Menggunakan poster sebagai sarana promosi adalah ide menarik. Contoh poster promosi aplikasi di atas yang memiliki dominan warna ungu sebagai warna utama aplikasi. Selain itu, terdapat tagline untuk memperkuat pesan yang ingin disampaikan.

Baca juga: Iklan Display Adalah: Pengertian, Keuntungan, dan 5 Contoh Iklannya

Ragam contoh poster di atas dapat menjadi gambaran kamu jika sedang bingung membuat desain poster. Kamu juga bisa temukan berbagai artikel menarik lainnya di EKRUT Media. Informasi dan tips menarik tersedia pula di YouTube EKRUT Official. Jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • canva.com
  • freepik.com
  • vecteezy.com
  • piktochart.com
  • designyourway.net
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    optimasi_instagram_ads.jpg

    Expert's Corner

    Optimasi Instagram Ads: 4 Metrik Utama untuk Mengukur Performa Campaign

    Nelson Simbolon

    07 December 2022
    5 min read
    BEP_(Break_Event_Point)_Pengertian__konsep__tujuan__3_komponen_dan_cara_perhitunganya.jpg

    startup

    BEP (Break Event Point): Pengertian, Tujuan, dan 3 Komponennya

    Sylvia Rheny

    06 December 2022
    5 min read
    manajemen-pemasaran-adalah---EKRUT.jpg

    Expert's Corner

    Manajemen Pemasaran: Pengertian, Tujuan, Tugas, dan Strateginya

    Maria Tri Handayani

    06 December 2022
    8 min read

    Video