Published on

Lainnya

Promotion adalah: Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Contohnya

Chrissila Jessica

pexels-david-geib-3220846.jpg

Salah satu upaya perusahaan atau brand untuk lebih dikenal dan mendapatkan kesadaran masyarakat adalah promosi atau promotion. Promotion adalah salah upaya yang paling umum dengan cara yang berbeda-beda juga. Sebenarnya, apa tujuan promotion selain untuk meningkatkan kesadaran masyarakat? Yuk, simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Apa itu Marketing? Berikut Informasi Terlengkap yang Penting untuk Kamu Ketahui!

Apa itu promotion?


Promotion dapat mempengaruhi umur sebuah brand atau perusahaan. (sumber: Pexels)

Secara umum, promotion adalah suatu kegiatan yang dilakukan agar bisa meningkatkan perkembangan sesuatu, baik itu merek, produk, ataupun perusahaan itu sendiri. Teknik promotion juga memiliki bermacam-macam cara, mulai dari traditional promotion hingga mengikuti perkembangan zaman seperti digital promotion.

Dari semua cara promotion yang dilakukan, tujuannya perusahaan atau produk tetap sama, yaitu agar lebih dikenal oleh masyarakat. Setelah dikenal oleh publik, barulah perusahaan memutuskan mau dibawa ke mana produk yang sudah beredar di pasaran.

Menurut Feedough, promotion dapat memberikan manfaat yang baik untuk perusahaan atau brand. Promotion bisa membantu membangun perjalanan brand menjadi lebih panjang. Bahkan promotion juga bisa menciptakan sebuah komunitas yang nantinya akan berpengaruh pada kehidupan sebuah brand atau perusahaan.

Baca juga: 6 Contoh Surat Penawaran Barang Resmi yang Baik dan Benar

Pengertian promotion menurut para ahli


Beberapa ahli mengatakan bahwa promotion adalah upaya membujuk konsumen agar melakukan pembelian terhadap produk yang dituju. (sumber: pexels)

Selain pengertian secara umum, ada juga pengertian promotion menurut para ahli sebagai berikut.

1. Harper Boyd

Boyd menjelaskan bahwa promotion adalah suatu upaya dalam membujuk orang untuk menerima produk, konsep, ataupun gagasan.

2. Louis E. Boone & David L. Kurtz

Menurut Boone dan Kurtz, promotion adalah upaya untuk membujuk, memberikan informasi, dan mempengaruhi keputusan pembelian.

3. Philip Kotler

Kotler berpendapat bahwa promotion adalah salah satu bagian dan juga proses strategi pemasaran sebagai bentuk komunikasi dengan pasar melalui komposisi marketing mix.

4. Fandy Tjiptono

Berdasarkan Tjiptono, promotion adalah salah satu bentuk komunikasi pemasaran yang dilakukan untuk menyebarkan informasi, mempengaruhi, membujuk, atau meningkatkan pasar sasaran atas perusahaan dan juga produknya agar masyarakat bisa menerima, membeli, dan loyal pada produk yang ditawarkan oleh perusahaan.

Baca juga: 7 Strategi Market Penetration dan Manfaatnya untuk Perkembangan Bisnis

Tujuan promotion


Walaupun caranya sama, promotion memiliki tujuan berbeda tergantung dari visi atau misi perusahaan itu sendiri. (sumber: pexels)

Selain untuk membuat produk lebih banyak dikenal, promotion juga memiliki tujuan, yaitu:

  • Untuk mendapatkan konsumen baru serta mempertahankan loyalitas terhadap konsumen yang lama
  • Mendapatkan keuntungan atau menaikkan penjualan sesuai dengan target yang diatur oleh tiap perusahaan
  • Menyebarluaskan informasi mengenai produk ke khalayak ramai. Dengan kata lain, promotion dapat bertujuan untuk mendapatkan popularitas
  • Kebutuhan branding. Agar branding berhasil, perusahaan atau brand perlu mempromosikan produknya ke masyarakat
  • Memberikan informasi mengenai suatu produk secara luas pada calon konsumen potensial

Baca juga: Negosiasi: Pengertian, Tujuan, Manfaat, 3 Jenis Negosiasi, dan Tahapannya

Jenis-jenis promotion


Promotion bisa dilakukan dalam beberapa cara, salah satunya membuka booth dalam sebuah event. (sumber: pexels)

Cara promotion yang dilakukan oleh sebuah brand atau perusahaan sangat beragam. Menyebarkan flyer atau menempelkan stiker di tiang listrik sudah merupakan salah satu bentuk promotion yang paling sederhana. Ada beberapa jenis promotion yang bisa dilakukan oleh perusahaan sebagai berikut.

1. Promotion secara fisik

Promotion secara fisik biasanya bisa ditemukan dalam sebuah event seperti pameran atau bazar. Cara promotion secara fisik biasanya dilakukan dengan membuka booth untuk menginfokan barang yang mereka jual. Salah satu kelebihan dari promotion secara fisik adalah pemilik bisnis dapat menjangkau secara langsung konsumen yang datang.

Bahkan beberapa event sudah memiliki filter tersendiri sehingga pebisnis bisa langsung menemui calon konsumen yang potensial. Kekurangan dari promotion secara fisik ini adalah keterbatasan pebisnis dalam menjangkau jumlah konsumen. Hal ini dikarenakan terbatasnya ruang dalam promotion.

2. Promotion melalui media

Media bisa dimanfaatkan untuk promotion sebuah brand atau perusahaan. Media juga tidak terbatas bentuknya, ada media cetak maupun media elektronik. Promotion dengan media cetak bisa ditemukan di flyer, billboard, banner, bahkan memasang iklan di koran. Dalam media elektronik, brand bisa memasang iklan di banner digital, pop up ads, atau bahkan di media sosial.

Baca juga: 9 Contoh Iklan Lowongan Pekerjaan Beserta Tips untuk Membuatnya

Selain promotion dalam sebuah brand, promotion juga diperlukan oleh kamu, pelamar kerja. Promotion bisa dilakukan lewat CV yang andal, namun tetap jujur. Mempromosikan diri untuk mendapatkan pekerjaan impian juga bisa dilakukan melalui EKRUT yang memiliki banyak sekali lowongan pekerjaan sesuai dengan keahlianmu, lho!

Selain dari artikel EKRUT Media ini, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT Official. Nah, jika ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru, kamu cukup sekali sign up di EKRUT untuk mendapatkan lebih dari satu kali undangan interview oleh berbagai perusahaan ternama!

Sumber:

  • accurate.id
  • cashbac.com
  • money.kompas.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_user_experience_adalah.jpg

    Technology

    User Experience: Pengertian, Tujuan, dan 7 Aspek yang Penting dalam Membangunnya

    Alvina Vivian

    01 July 2022
    6 min read
    h1.jpg

    Lainnya

    Goodwill: Definisi, Jenis, Rumus, dan Cara Menghitungnya

    Tio Derma

    30 June 2022
    6 min read
    H1_1._Impression_Definisi__Jenis_dan_8_Tips_Untuk_Meningkatkan_Impression.jpg

    Technology

    Impression: Definisi, Jenis, dan 8 Tips untuk Meningkatkan Impression

    Anisa Sekarningrum

    30 June 2022
    5 min read

    Video