Lainnya

3 Contoh Warna Primer Beserta Panduan Untuk Menerapkannya

Published on
Min read
5 min read
time-icon
H1_3_Contoh_Warna_Primer_Beserta_Panduan_Untuk_Menerapkannya_(1).jpg

Warna adalah spektrum tertentu yang ada dalam suatu cahaya sempurna berwarna putih. Dalam teori Brewster, warna digolongkan menjadi 4 kelompok, yaitu warna primer, warna sekunder, warna tersier, dan warna netral. Warna primer adalah warna utama yang disebut juga sebagai hue. Contoh warna primer adalah warna merah, warna biru, dan warna kuning. Untuk lebih jelasnya, mari simak contoh warna primer beserta panduan untuk menerapkannya berikut ini.

Baca juga: 3 Contoh Warna Sekunder Beserta Panduan untuk Menerapkannya

Apa itu warna primer?


Warna primer adalah fondasi dari warna lain. Sumber: Pexels

Warna primer adalah warna pokok atau warna dasar. Warna primer adalah warna yang menjadi fondasi dari warna lain. Tanpa adanya warna kategori ini, maka tidak akan ada warna-warna yang lain. Semua warna pada dasarnya merupakan turunan dari campuran ketiga warna primer. Warna primer bisa dikatakan warna induk atau warna yang murni tanpa campuran warna lain. Warna primer inilah yang ditangkap oleh mata manusia, dikarenakan mata manusia seperti spesies lain yang memiliki tiga macam reseptor warna yang disebut trichromat.

Baca juga: Psikologi warna: 10 Warna yang memengaruhi marketing dan branding

3 Contoh warna primer


3 Contoh warna primer adalah warna merah, biru, dan kuning. Sumber: Pexels

Terdapat tiga contoh warna primer yang menjadi cikal bakal warna-warna lain, yaitu warna merah, warna biru, dan warna kuning. Kita dapat membuat warna apapun dengan perpaduan warna primer selama kombinasinya pas.

1. Warna merah


Contoh warna primer pertama adalah warna merah yang melambangkan semangat. Sumber: Pexels

Contoh warna primer yang pertama adalah warna merah. Warna merah melambangkan kekuatan, keberanian, gairah untuk melakukan tindakan, semangat, dan energi. Warna merah juga melambangkan hal-hal yang menggairahkan. Selain warna merah, ada juga warna merah muda atau yang biasa kita kenal dengan warna pink. Warna pink biasanya melambangkan cinta dan feminin.

2. Warna biru


Contoh warna primer kedua adalah warna biru yang dapat meningkatkan konsentrasi. Sumber: Pexels

Contoh warna primer yang kedua adalah warna biru. Dalam dunia desain interior, warna biru biasanya digunakan untuk menciptakan kesan sejuk, luas, dingin, stabil, dan relaksasi pada ruangan. Warna biru juga dinilai mampu untuk meningkatkan konsentrasi. Contoh warna primer ini melambangkan profesionalisme, rasa percaya diri, dan kekuatan.

3. Warna kuning


Contoh warna primer ketiga adalah warna kuning yang melambangkan optimisme. Sumber: Pexels

Contoh warna primer ketiga adalah warna kuning. Warna kuning adalah warna yang memberikan kesan bahagia, ceria, dan optimisme tinggi. Warna kuning dipercaya dapat meningkatkan kemampuan analisis seseorang. Warna kuning juga melambangkan kecerdasan, kreativitas, bijaksana, dan mampu menciptakan inovasi dan ide baru.

Baca juga: Mengenal pentingnya tipografi dan aturannya dalam desain grafis

Panduan untuk menerapkan warna primer


Warna primer dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Sumber: Pexels

Warna primer dapat kita gunakan sebagai dasar untuk menciptakan warna-warna lainnya. Setiap warna memiliki kekuatan untuk menyampaikan dan mengomunikasikan arti dan pesan tanpa menggunakan kata. Warna primer bisa kita gunakan sesuai dengan kebutuhan kita.

  • Warna merah: Penggunaan warna merah akan tepat jika digunakan untuk peringatan atau rambu lalu lintas. Kesan yang ditimbulkan oleh penggunaan warna merah adalah bahaya dan kekuatan. Sehingga, akan tepat jika digunakan untuk simbol larangan atau peringatan.
  • Warna biru: Kamu bisa menggunakan warna biru untuk menyampaikan kehandalan, rasa dapat dipercaya, dan komunikasi untuk mengekspresikan otoritas dan organisasi resmi. Penerapan warna biru bisa kita lihat pada bank yang ada di Indonesia, yang menjadikan warna primer ini sebagai warna utama pada logo. Warna biru pada bank mengindikasikan bahwa lembaga tersebut adalah lembaga yang dapat dipercaya dan bisa diandalkan.
  • Warna kuning: Warna primer ini biasanya digunakan sebagai perpaduan warna dalam logo lembaga-lembaga finansial atau perusahaan seperti halnya warna biru. Hal ini dikarenakan warna kuning memiliki kesan ramah dan penuh energi.

Baca juga: 8 Tips Memilih Warna Cat Tembok, Agar WFH di Rumah Terasa Nyaman

Itulah penjelasan mengenai contoh warna primer beserta panduan untuk menerapkannya. Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • dkv.binus.ac.id
  • materibelajar.co.id
  • salamadian.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    optimasi_instagram_ads.jpg

    Expert's Corner

    Optimasi Instagram Ads: 4 Metrik Utama untuk Mengukur Performa Campaign

    Nelson Simbolon

    07 December 2022
    5 min read
    BEP_(Break_Event_Point)_Pengertian__konsep__tujuan__3_komponen_dan_cara_perhitunganya.jpg

    startup

    BEP (Break Event Point): Pengertian, Tujuan, dan 3 Komponennya

    Sylvia Rheny

    06 December 2022
    5 min read
    manajemen-pemasaran-adalah---EKRUT.jpg

    Expert's Corner

    Manajemen Pemasaran: Pengertian, Tujuan, Tugas, dan Strateginya

    Maria Tri Handayani

    06 December 2022
    8 min read

    Video