Lainnya

8 Tips Memilih Warna Cat Tembok, Agar WFH di Rumah Terasa Nyaman

Published on
Min read
5 min read
time-icon
Ningtyas Dewanasari Kinasih

A newcomer in content writing who studied tourism. Very keen to learn about this field.

8_Tips_Memilih_Warna_Cat_Tembok__Agar_WFH_Di_Rumah_Terasa_Nyaman.jpg

Di masa pandemi seperti sekarang ini, tentunya kita banyak menghabiskan waktu di rumah. Perkantoran pun banyak menerapkan sistem WFH (work from home) untuk meminimalisir penyebaran virus. Kamu mungkin akan merasa bosan karena terlalu lama berada di rumah.

Mengatur ulang dekorasi rumah dapat menjadi salah satu solusi agar kamu lebih betah bekerja di rumah. Merubah suasana atau dekorasi rumah bisa kamu awali dengan memilih warna cat tembok yang tepat. Cat tembok memberi pengaruh besar terhadap suasana di dalam rumah secara keseluruhan, lho.

Nah, karenanya kamu harus memilih warna cat tembok yang tepat. Kalau begitu, kamu harus mengetahui trend warna di tahun ini dan tips memilih warna cat tembok yang tepat untuk rumahmu. Perhatikan ulasannya di artikel ini, ya!

Baca juga: 9 Tips Desain Interior Layaknya Profesional yang Bisa Kamu Praktikkan Di Rumah

Tren warna untuk cat tembok 2022


Biru muda menjadi salah satu warna tren 2022. (sumber: pexels)

Mengganti warna cat tembok rumah biasanya menjadi langkah pertama yang dilakukan apabila seseorang ingin melakukan dekorasi ruangan. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, mengganti cat tembok dapat merubah suasana ruangan secara keseluruhan.

Jika kamu merasa bosan dengan suasana rumah, kamu bisa memodifikasi atau mendekorasi ulang dengan mengecat tembok ruangan dengan trend warna terbaru. Dilansir dari ruparupa.com terdapat beberapa warna kekinian yang bisa mempercantik ruanganmu. Sebelum memilih warna cat tembok, berikut ini beberapa warna yang sedang populer untuk tahun 2022:

1. Krem

Memilih cat tembok warna soft ini sangat cocok untuk digunakan untuk berbagai jenis ruangan, termasuk ruang kerjamu. Warna yang cenderung kalem akan memacu produktivitas otak, sehingga dapat bekerja secara maksimal. Selain itu, warna ini akan memberikan kesan ruangan menjadi lebih luas.

2. Biru muda

Terdapat berbagai warna pastel yang bisa dijadikan pilihan, salah satu yang menjadi favorit adalah biru muda. Bukan tanpa sebab, biru muda memiliki warna yang lembut dan terkesan sejuk. Kamu juga bisa memadupadankan warna ini dengan memilih warna cat tembok lainnya, seperti putih, pink mudan, kuning, abu-abu, dan lainnya.

3. Putih

Putih merupakan warna yang banyak dijadikan pilihan karena memberikan kesan yang terang dan bersih. Jika cat tembok yang saat ini kamu gunakan memiliki warna yang bold, kamu bisa menggantinya dengan warna ini. Warna ini juga sangat netral, dapat digunakan dengan berbagai warna furnitur.

4. Lavender

Warna lavender kian populer digunakan untuk berbagai ruangan. Memilih cat tembok warna ini akan memberikan sentuhan mewah dan tenang pada ruangan.

5. Hijau

Hijau menjadi salah satu warna yang sedang tren di tahun ini. Apabila dikombinasikan dengan tepat, warna hijau akan menghadirkan suasana modern dan elegan.

Baca juga: 6 Tips menata ruangan kerja ini bantu tingkatkan produktivitasmu

Tips memilih warna-warna cat tembok


Mencari inspirasi dalam memilih warna cat tembok yang sesuai. (sumber: pexels)

Sebelum memilih warna cat tembok yang tepat, kamu perlu mempertimbangkan beberapa faktor, seperti jenis ruangan, kesesuaian dengan furnitur, selera, dan kombinasi cat dasar tembok. Kamu bebas mengeksplorasi warna cat yang sekiranya sesuai dengan keinginanmu.

Beberapa merk cat tembok memberikan pilihan ratusan warna yang bisa kamu pilih. Untuk dapat memilih warna cat  tembok yang paling tepat, perhatikan tipsnya di bawah ini:

1. Mencari inspirasi

Sebelum memilih warna cat tembok, kamu bisa mencari berbagai inspirasi sebagai referensi. Salah satu tempat mencari inspirasi adalah Pinterest, kamu bisa melihat beberapa inspirasi yang kira-kira cocok untuk kamu aplikasikan ke ruanganmu.

Carilah inspirasi yang sesuai dengan ruangan yang ingin kamu cat ulang, misalnya ruangan kerja atau kamar. Setelah melihat inspirasi, kamu bisa mempertimbangkan warna cat yang sesuai dengan ruangan, furniture, dan faktor lainnya.

2. Jangan memilih warna cat tembok lebih dulu

Saat akan memilih warna cat tembok, jangan lupa untuk mempertimbangkan faktor penting lainnya. Merupakan hal yang wajar apabila kamu sudah memiliki warna favorit yang ingin kamu aplikasikan ke tembok.

Tetapi, terdapat kemungkinan bahwa warna tersebut tidak sesuai dengan perabot dan warna cat tembok lainnya. Ada baiknya, kamu menyesuaikan warna dengan perabot yang ada dalam ruangan dan gaya rumah secara keseluruhan.

3. Menggunakan tester

Menggunakan tester terlebih dahulu saat memilih warna cat tembok merupakan langkah bijak untuk menghindari kesalahan. Kamu bisa membeli beberapa pilihan warna untuk tester dan mencobanya di dinding ruanganmu, untuk melihat kecocokan atau pencahayaannya.

Jika tidak ingin membeli tester kamu bisa melihat colour card yang disediakan oleh toko cat tembok untuk melihat berbagai pilihan warnanya. Beberapa brand cat tembok juga memiliki fitur atau aplikasi simulasi pengecatan ruangan. Kamu bisa mengeksplorasi dengan berbagai warna yang ada dan mencocokannya dengan ruanganmu, sehingga akan mempermudah kamu memilih warna cat tembok yang tepat.

4. Memilih warna netral

Ingin menggunakan warna cerah atau berani, bukanlah hal yang salah. Namun, kamu harus ingat ruangan apa yang akan kamu cat ulang. Jika kamu ingin menggunakan warna bold, pastikan semua barang yang ada dalam ruangan berwarna netral.

Hal ini untuk menghindari warna yang saling bentrok atau tidak saling melengkapi satu sama lain. Di sisi lain, jika kamu memiliki barang-barang yang memiliki banyak warna, akan lebih baik untuk memilih warna cat tembok yang netral seperti krem atau putih.

Baca juga: Bekerja dari rumah vs remote work, apa bedanya?

5. Pikirkan mood dan tujuan ruangan

Modifikasi atau dekorasi ulang suatu ruangan biasanya dilakukan karena ingin mengganti suasana atau bosan. Sebelum memilih warna cat tembok, sesuaikanlah dengan kegunaan dari ruangan itu sendiri. Apabila kamu ingin mendekorasi ruangan kerja atau kamar, kamu bisa menyesuaikan dengan mood yang ingin kamu capai.

Misalnya, memilih warna-warna hangat yang memiliki efek stimulasi agar lebih bersemangat atau warna yang cerah. Kamu juga bisa memilih warna yang membuatmu merasa lebih tenang. Memilih warna cat tembok dimana kamu akan menghabiskan banyak waktu harus dilakukan dengan hati-hati agar kamu merasa nyaman.

6. Perhatikan pencahayaan

Saat memilih warna cat tembok, biasanya penjual cat akan menunjukkan light boxes untuk pengetesan. Pengetesan dilakukan untuk memperlihatkan warna asli dari cat tersebut dalam kondisi pencahayaan normal.

Hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan dalam memilih warna cat tembok yang sesuai. Selain itu, memilih lampu yang tepat juga menjadi sangat penting memberikan nuansa yang diinginkan.

7. Mempelajari colour card

Ingin memilih warna cat tembok lebih dari satu? Jangan lupa untuk mempelajari colour card atau lingkaran warna. Hal ini akan membantu kamu untuk mengkombinasikan warna dengan tepat. Kamu pun dapat terhindar dari tabrakan warna yang tidak cocok.

8. Memahami undertones

Gunakan warna paling gelap dalam colour card atau colour strip yang disediakan oleh penjual cat untuk menemukan warna sebenarnya. Hal ini akan menyelamatkan kamu dari warna yang terlalu pink, biru, kuning, dan lainnya. Kamu juga dapat lebih mudah memilih warna cat tembok yang kamu inginkan.

Baca juga: 5 Rutinitas pagi hari agar kamu lebih produktif

Memilih warna cat tembok untuk mendekorasi ulang ruangan perlu mempertimbangkan berbagai faktor, seperti warna perabot. Walau kadang tidak mudah, mengganti warna cat tembok bisa membuat aktivitas yang sedang banyak dilakukan dalam rumah menjadi lebih nyaman. Termasuk saat kamu sedang WFH, dijamin kamu akan lebih produktif!

Melalui EKRUT kamu bisa mendapatkan informasi dan tips menarik seputar dunia kerja. Kamu juga bisa mengembangkan karier dengan mendaftarkan diri di talent marketplace EKRUT dan mendapatkan peluang kerja yang sesuai dengan keahlianmu. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, daftarkan dirimu di EKRUT sekarang!

sign up EKRUT

Rekomendasi Artikel:

Sumber:

  • ekonomi.bisnis
  • ruparupa
  • heytherehome
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_-_10_Studio_Foto_Jakarta_untuk_Berbagai_Keperluan_Beserta_Daftar_Harganya.jpg

    Lainnya

    10 Studio Foto Jakarta untuk Berbagai Keperluan beserta Daftar Harganya

    Sylvia Rheny

    14 October 2022
    5 min read
    H1-_9_Tips_Desain_Interior_Layaknya_Profesional_yang_Bisa_Kamu_Praktikkan_Di_Rumahmu.jpg

    Lainnya

    9 Tips Desain Interior Layaknya Profesional yang Bisa Kamu Praktikkan Di Rumah

    Lita Lia

    05 October 2022
    5 min read
    H1.jpg

    Lainnya

    10 Inspirasi Desain Interior Rumah Minimalis Bikin Betah

    Felixitas Yolanda

    28 September 2022
    5 min read

    Video